Review Niagahoster

Web Host dengan Support yang Baik


Ini adalah review terbaru Niagahoster (SHARED HOSTING) update November 2019. Data yang saya gunakan dalam review ini mengacu pada hasil penelitian yang dimulai dari 1 Agustus 2019 - 31 Oktober 2019).

Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama Niagahoster sebelumnya.

Penyedia hosting yang sedang 'naik daun' ini sudah masuk peta persaingan industri web hosting tanah air sejak tahun 2014.

Masih tergolong baru, tetapi mereka sudah sangat berpengalaman dalam industri.

Review Niagahoster

Apa yang saya maksud dengan sudah sangat berpengalaman?

Karena Niagahoster merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting international yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia.

Mungkin tidak terlalu mengherankan juga, dengan pengalaman yang dimilikinya, dalam kurun waktu 5 tahun ini Niagahoster telah berhasil mengumpulkan lebih dari 52.000+ pengguna terdaftar dan masuk dalam top 3 perusahaan hosting dengan klien terbanyak di Indonesia.

Saya pikir Niagahoster telah melakukan sesuatu yang luar biasa.

Karena pertumbuhan mereka boleh dikatakan sangat cepat dan dapat menyaingi perusahaan hosting lainnya yang telah lebih dulu berdiri.


Rangkuman Singkat

Niagahoster

Rating Keseluruhan:

3.5 / 5 (buruk)

Uptime

Niagahoster melakukan maintenance server pada bulan Oktober 2019, mengakibatkan server down selama 6 jam! Rata-rata uptime Niagahoster menjadi tidak stabil pada update kali ini.

Speed

Server Niagahoster boleh dibilang responsive dan cepat (1,021 detik), bahkan ketika terjadi lonjakan traffic atau beban yang tinggi (Load Impact test 50 Vus).

Harga

Harga hosting Niagahoster murah jika menggunakan diskon up to 75% yang berlaku saat ini. Tapi, jangan lupa perhatikan harga renewal nya (up to 4x lipat dari harga diskon).

Support

Niagahoster telah menerapkan system conversation dimana semua keluhan dapat langsung dilayani 100% via live chat. Anda tidak perlu menunggu lama hingga pesan di respons.

Pengungkapan: Artikel ini berisi link affiliasi, yang artinya saya akan menerima komisi jika Anda mengklik link dan membeli hosting yang terdaftar disini. Ketika Anda mengklik link affiliasi, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Ini membantu saya untuk menjaga agar website ini dapat terus berjalan! Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap.

Apa yang Dilakukan Niagahoster?

Di halaman resminya, Niagahoster mengklaim bahwa mereka sangat memprioritaskan kecepatan dan keamanan website serta layanan support yang baik dan handal.

Mereka juga mengklaim harga hosting yang murah dan website yang akan selalu online dengan uptime 99,98%.

Saya pikir Niagahoster telah membuat klaim-klaim yang sangat berani disini. Apalagi klaim uptime 99,98% itu sangat sulit di capai jika melihat hasil monitoring rata-rata sebagian besar hosting Indonesia setahun kebelakang ini.

Pertanyaannya: apakah klaim-klaim tersebut yang menjadi kelebihan Niagahoster?

Untuk mengetahui jawabannya, saya telah membeli paket hosting Niagahoster 'Bayi', menginstall blog WordPress untuk tujuan pengetesan performa, kemudian, saya juga mengetes kualitas support nya.

Ingin tahu apa saja yang saya temukan?

Kelebihan dan kekurangan Niagahoster akan saya bahas dengan sangat detail dalam review ini.


Kelebihan Menggunakan Niagahoster

Seperti halnya semua review yang saya tulis di Penasihat Hosting, saya selalu berkomitmen untuk memberikan Anda informasi yang tidak bias, transparan dan selalu bergantung pada data yang relevan.

Jadi, setelah meneliti kualitas dari Niagahoster, berikut saya bisa menyimpulkan beberapa yang menjadi kelebihan Niagahoster.

1. Rata-rata Page Load Time yang Cukup Cepat (1,021 detik)

Memiliki hosting dengan server yang handal saja tidak cukup untuk menunjang kebutuhan bisnis, Anda memerlukan hosting dengan server yang cepat juga.

Apalagi sekarang Google juga memperhitungkan kecepatan website sebagai salah satu faktor dalam algoritmanya untuk menentukan peringkat website di mesin pencari mereka.

Idealnya adalah website Anda tidak termuat lebih dari 1 detik.

Dengan menggunakan alat yang berbeda, yaitu Site24x7, saya memonitoring page load time Niagahoster dan hasilnya cukup bagus.

Page Load Time Niagahoster

Rata-rata page load time Niagahoster dalam bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

Agustus 2019

0,894 detik

September 2019

0,970 detik

Oktober 2019

1,19 detik

Rata-rata page load time dalam 3 bulan terakhir adalah 1,021 detik.

2. Paket 'Bayi' yang Saya Uji Mampu Menahan Beban Hingga 50 Pengunjung Secara Bersamaan, Akan Tetapi...

Pada update Oktober 2019 ini, saya menambahkan faktor baru di dalam pengujian, yaitu Load Impact.

Secara singkat, Load Impact akan mengukur bagaimana respons server ketika menerima beban yang cukup banyak. Idealnya adalah waktu respons server tidak jauh berbeda baik ketika pengunjung pertama datang maupun ketika misalnya pengunjung ke-50 datang. 
Test LoadImpact Niagahoster

Saya mengetes respons server dengan mengirimkan 50 virtual user yang akan menelusuri halaman website test Niagahoster dan Load Impact akan mengukur respons saat navigasi berlangsung.

Test Ke

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

8

37902

2710ms

108,67 request/detik

Hasil test menunjukan tidak adanya penurunan performance secara signifikan ketika jumlah pengguna meningkat hingga pengguna ke-50 datang.

Tetapi, ada sedikit lonjakan terjadi ketika test berlangsung di menit ke 6 hingga menit 8, dimana waktu respons mulai meningkat hingga 2710ms (2,710 detik), tetapi kembali turun setelah berselang sekitar 1 menit.

Indikasinya adalah ada error terjadi dalam rentang waktu tersebut. Setelah saya lakukan pengecekan ternyata memang benar aa 8 error terjadi.

Dan error yang muncul adalah http error 503 yang bisa disebabkan karena web server tidak dapat mendapatkan respon dari skrip PHP. Kenapa tidak bisa mendapat respon dari skrip PHP? bisa jadi disebabkan penggunaan sumber daya yang terlalu tinggi. Artinya beban 50 pengunjung sudah serius menciptakan penggunaan sumber daya yang tinggi bagi server.

Saya mungkin akan coba melakukan test ke 2 pada update mendatang untuk melihat perkembangannya.

3. Layanan Support yang Baik dengan Respons yang Sangat Cepat

Sejak lebih dari satu tahun lalu, Niagahoster sudah tidak menggunakan layanan support via tiket lagi, jadi semua pertanyaan, keluhan, komplain, bantuan teknis dan non teknis serta konsultasi semua langsung dilayani via live chat.

Jadi, Anda sebagai klien tidak perlu menunggu lebih lama hingga masalah Anda teratasi oleh support Niagahoster.

Dari ke 19 penyedia hosting yang saya review, baru Hostinger Group yang memberlakukan sistem conversation seperti ini. Poin plus lagi untuk Niagahoster.

chat-dengan-Niagahoster-1

Nah, untuk mengetahui seberapa cepat dan bagus kualitas support Niagahoster, maka saya lakukan pengetesan langsung dengan menanyakan beberapa pertanyaan teknis dasar.

Pesan saya ditanggapi dengan cepat hanya dalam 2 menit. Komunikasi berlangsung tanpa ada gangguan seperti harus menunggu lama hingga pertanyaan berikutnya dijawab.

Saya sudah beberapa kali melakukan pengetesan support Niagahsoter, pengalaman saya jika Anda bertanya pertanyaan yang agak technical, mereka biasanya hanya akan mengirimkan link panduan terkait hal yang Anda tanyakan, alih-alih melayani dan memandu hingga masalah Anda selesai.

4. Pilihan Paket Hosting Fleksibel

Niagahoster menawarkan empat pilihan paket shared hosting: Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis.

Menurut saya pembagiannya adalah seperti ini:

  • Paket Bayi: untuk blog baru yang belum memiliki banyak pengunjung dan tidak membutuhkan resources yang besar, misalnya: blog personal atau blog hobby.
  • Paket Pelajar: untuk blog dengan traffic yang low to medium.
  • Paket Personal: adalah paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna terdaftar di Niagahoster, karena selain menawarkan security yang lebih baik, juga fitur dan harga yang boleh dikatakan seimbang.
  • Paket Bisnis: biasanya digunakan oleh pengguna yang benar-benar menginginkan fitur-fitur tambahan yang tidak didapat pada paket personal, dan menginginkan resources yang lebih besar.

Dan pilihan hosting di Niagahoster cukup fleksibel, Anda dapat upgrade dan downgrade paket hosting Anda kapanpun dengan sangat mudah, cukup dengan 1x klik pada dashboard Niaghoster Anda.

5. Memiliki Panduan Atau Pengetahuan Dasar yang Lengkap (+video tutorial)

Menurut saya ini adalah poin yang paling menonjol dari poin "Help & Support", yaitu adanya sebuah portal berisi tutorial-turoial dasar yang sangat membantu pengguna.

Saya sudah memeriksa portalnya dan kelihatannya memang lengkap.

Ada ratusan panduan atau tutorial yang dapat Anda pelajari guna mendapatkan pemahaman yang kuat tentang domain, hosting, WordPress dan lain-lain.

panduan di Niagahoster

Dan yang menjadi poin plusnya adalah Niagahoster memiliki ratusan video tutorial yang dapat Anda akses secara gratis di Youtube channel mereka.

Well, saya acungi dua jempol untuk Niagahoster.

6. Garansi Pengembalian Uang 30 Hari Tanpa Syarat dan Gratis Domain Untuk Tahun Pertama

Apabila Anda membeli paket pelajar, personal dan bisnis, Anda akan mendapatkan gratis 1 domain untuk tahun pertama.

Dan untuk memastikan kepuasan pelanggannya, Niagahoster memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari tanpa syarat! Jadi, jika Anda tidak puas dengan layanan hosting Niagahoster, Anda bisa mengklaim garansi kapanpun dalam 30 hari pertama. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan!

Tapi ingat, biaya registrasi domain tidak bisa di refund. Hanya biaya hosting saja.

7. Gratis migrasi hosting

Sama seperti kebanyakan web hoster lainnya, Niagahoster juga akan membantu untuk memindahkan file-file website Anda dari hosting lama Anda ke hosting mereka secara gratis.


Kekurangan Menggunakan Niagahoster

Niagahoster merupakan pilihan hosting yang bagus. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Rata-rata Uptime yang Tidak Stabil

Hampir semua penyedia web hosting menggaransi uptime, ada yang 99,90%, 99,95%, bahkan ada yang menjamin hingga 100%.

Masalahnya adalah hampir semua penyedia hanya menggaransi uptime tanpa menunjukan data yang akurat tentang rata-rata uptime mereka setiap bulannya.

Tahukah Anda:

Rata-rata uptime 99% menunjukan bahwa website Anda akan mengalami down (web tidak bisa diakses) selama 7 jam 18 menit dan 17,5 detik dalam 1 bulan.

Bagaimana dengan Niagahoster?

Niagahoster memberikan jaminan uptime 99,98%!

Untuk mengetahui angka pastinya, saya melakukan monitoring server Niagahoster menggunakan Pingdom.com, yang hasilnya dapat Anda lihat pada screenshoot dibawah ini:

Uptime Niagahoster update November 2019

Data uptime dapat dilihat di: http://stats.pingdom.com/fvcwvtbg21vs/5359721

Rata-rata uptime Niagahoster dalam bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

Agustus 2019

99,94%

September 2019

99,98%

Oktober 2019

99,25% (Maintenance Server)

Sebenarnya server Niagahoster termasuk stabil jika kita melihat dalam 2 bulan pertama monitoring, hanya saja pada bulan Oktober 2019, Niagahoster melakukan maintenance pada server selama 6 jam.

Berdasarkan pengalaman saya selama lebih dari 1 tahun kebelakang, Niagahoster cukup sering melakukan maintenance pada server, terkadang 10 menit, 15 menit, dan kejadian maintenance selama 6 jam baru terjadi pada Oktober 2019.

Pemberitahuan Adanya Maintenance Server Niagahoster

Website tidak bisa diakses pada awal jam kerja sampai menjelang siang tentu sangat merugikan klien.

Itulah sebabnya mengapa rata-rata uptime Niagahoster pada update review kali ini sangat jatuh.

2. Paket 'Bayi' Memiliki Keterbatasan

Paket "Bayi" atau paket hosting termurah di Niagahoster memiliki fitur-fitur yang terbatas.

Paket bayi hanya diperuntukkan untuk 1 website dengan disk space maksimal 500mb, hanya bisa membuat 1 account email saja dan Anda tidak akan mendapatkan gratis domain pada paket "Bayi".

Tapi apabila Anda hanya bertujuan untuk menghostkan sebuah blog personal saja atau blog hobby, saya pikir keterbatasan ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

3. Fitur Backup Memiliki Keterbatasan

Niagahoster menyediakan fitur instant backup pada semua paket hostingnya, tetapi fitur backup ini memiliki keterbasan sebagai berikut:

  • Backup hanya dilakukan satu kali dalam seminggu.
  • Batasan backup yang berlaku untuk paket bisnis adalah 15GB, sedangkan untuk paket Personal, Pelajar dan Bayi dibatasi hingga 10GB.
batasan backup Niagahoster

Backup secara mingguan jelas sebuah kerugian bagi blog atau website yang sering melakukan update rutin, seperti website berita atau blog yang berisi artikel-artikel yang diupdate secara harian.

Jadi, saran saya adalah Anda harus melakukan backup secara manual. 

4. Harus Berlangganan Dengan Durasi yang Lama (3 tahun) Untuk Mendapatkan Harga Termurah (Rp 10.000/bulan)

Sebenarnya harga hosting Niagahoster engga murah-murah banget.

Dengan performance yang mereka miliki, berdasarkan hasil penelitian saya dan dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya, saya pikir harusnya harga hosting Niagahoster bisa lebih rendah.

Pada paket termurahnya, yaitu paket Bayi, untuk mendapatkan harga Rp 10.000/bulan, Anda harus berlangganan dengan durasi yang lama, yaitu 3 tahun.

Bagaimana jika memilih durasi pembayaran 1 tahun? Biayanya jadi Rp 21.250/bulan. Dan tidak ada pilihan untuk berlangganan secara bulanan.

diskon di Niagahoster

Dan mungkin perlu saya singgung sedikit tentang penawaran harga hosting di Niagahoster.

Seperti yang Anda lihat pada harga terbaru pada gambar diatas, agaknya konsumen 'dipaksa' untuk memilih paket Personal (tentu saja karena harganya lebih murah dari paket Pelajar, dan saya kira sedikit yang memilih paket 'Bayi' dikarenakan tidak mendapatkan gratis domain dan harganya tidak jauh berbeda dengan paket diatasnya).

Yang ingin saya katakan adalah perhatikan harga renewal atau perpanjangannya agar Anda tidak shock ketika masa sewa hosting Anda akan berakhir dan Anda perlu membayar 4x lipat dari harga awal.

5. Tidak Bisa Memilih Lokasi Server Pada Saat Memesan Hosting

Niagahoster menyediakan 2 pilihan lokasi server, yaitu Jakarta, Indonesia dan Singapore.

Umumnya di hampir semua penyedia hosting lainnya, client selalu bisa memilih lokasi server yang dibutuhkan, tetapi tidak di Niagahoster! Anda tidak dapat memilih lokasi server pada saat melakukan pemesanan hosting.

Website Anda akan ditempatkan secara acak (Singapore atau Indonesia).

Jika Anda tidak suka, Anda bisa meminta untuk memindahkan lokasi server dari Singapore ke Indonesia atau dari Indonesia ke Singapore setelah hosting Anda aktif dengan menghubungi support via live chat dan biasanya pemindahan lokasi server memakan waktu 15 menit hingga 1 jam tergantung jumlah storage file website Anda.


Rangkuman Paket Hosting Niagahoster dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Extra 10% Off - Kode promo hosting Niagahoster

Agar Anda mendapatkan harga yang lebih murah, saya menghubungi marketing manager Niagahoster untuk melakukan negosiasi harga hosting yang lebih murah khusus untuk pengunjung Penasihat Hosting.

Untungnya, mereka mau memberikan extra diskon sebesar 10%. Bagusnya lagi, diskon spesial ini bisa digabung dengan diskon up to 75% yang ditawarkan Niagahoster di websitenya.

Masukkan kode promo: PENASIHATHOSTING pada saat checkout.

Rangkuman penawaran paket hosting di Niagahoster:

Niagahoster menawarkan 3 jenis paket hosting, yaitu shared hosting, cloud hosting (baru) dan cloud VPS.

Untuk pemula atau website baru, biasanya paket shared hosting sudah cukup. Berikut saya jabarkan perbedaan dari tiap-tiap paketnya dengan penawaran diskon up to 75%.

Hraga hosting terbaru Nia

Jika saya lihat harga hosting Niagahoster sekarang ternyata ada kenaikan harga, khususnya di Paket Bayi yang awalnya mulai dari Rp 8.000/bulan sekarang menjadi Rp 10.000/bulan. Saya kira mungkin dikarenakan kenaikan harga cPanel.

  • Paket Bayi: Harga mulai dari Rp 10.000/bulan. Diperuntukan hanya untuk 1 website dengan maksimal storage 500 MB. Estimasi maksimal dapat menampung hingga 1.000 pengunjung/hari.
  • Paket Pelajar: Harga mulai dari Rp 40.223/bulan, dimana Anda dapat menempatkan 10 website dengan sumber daya storage dan bandwidth yang juga unlimited. Estimasi max dapat menampung hingga 1.500 pengunjung/hari.
  • Paket Personal: Harga mulai dari Rp 26.253/bulan. Semua serba unlimited, baik storage, bandwidth, database, email dsb. Estimasi 2.000 pengujung/hari.
  • Paket Bisnis: Harga mulai dari Rp 85.724/bulan. Mendapatkan semua fitur pada paket personal + layanan support VIP, SpamExpert Mail Protection dan Magic Auto Backup & Restore. Cocok untuk website dengan tingkat kunjungan 3.000/harinya.

Informasi penting lainnya:

  • Pilihan server: Singapore dan Jakarta
  • Metode pembayaran: Bank lokal (BCA, BRI, BNI dan Mandiri), PayPal, Virtual Account, Credit Card (Visa/Master), Alfamart, Indomaret, Mandiri Clickpay.
  • Aktifasi acount: Tidak perlu melakukan konfirmasi transfer jika Anda mentransfer pembayaran kurang dari 15 menit, lebih dari itu Anda perlu melakukan konfirmasi transfer.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Jika membeli minimal paket pelajar.
  • Aktivasi domain: Untuk domain selain .ID, begitu order aktif, domain Anda bisa langsung aktif tanpa adanya propagansi domain yang biasanya memakan waktu 24-48 jam.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Niagahoster Kepada Anda?

Sebenarnya Niagahoster merupakan pilihan hosting yang bagus.

Tetapi mereka gagal menjaga server tetap stabil dalam waktu yang ideal. Niagahoster cukup sering melakukan maintenance pada server, yang paling lama dan saya kira merugikan konsumen adalah ketika update bulan Oktober 2019 lalu dimana mereka melakukan maintenance selama 6 jam pada pukul 05:00 - 11:00 pagi.

Ini yang membuat rata-rata uptime Niagahoster menjadi tidak stabil.

Kita akan melihat bagaimana performance Niaghoster selanjutnya, dari bulan ke bulan. Namun untuk saat ini, sejujurnya saya ragu merekomendasikan Niagahoster kepada Anda.

Kelebihan Niagahsoter

  • Page load time yang cukup cepat (1,021 detik)
  • Niagahoster sedikit kesulitan menyelesaikan test Load Impact, dan 8 error (http error 503) terjadi selama test berlangsung.
  • Layanan support yang baik karena telah menerapkan sistem conversation dimana Anda tidak perlu lagi mengirimkan tiket bantuan untuk pertanyaan teknis dan non-teknis (8/10).
  • Pilihan paket hosting yang fleksibel
  • Memiliki panduan atau pengetahuan dasar yang lengkap (+video tutorial)
  • Garansi 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain selamanya dan gratis migrasi hosting

Kekurangan Niagahsoter

  • Rata-rata uptime yang tidak stabil (99,72%) 
  • Paket 'Bayi' memiliki keterbatasan
  • Fitur backup memiliki keterbatasan
  • Harus berlangganan dengan durasi yang lama (lebih dari 3 tahun) untuk mendapatkan harga hosting termurah (Rp 10.000/bulan)
  • Tidak bisa memiih lokasi server pada saat melakukan pemesanan hosting. Server akan di acak (Jakarta atau Singapore)

Catatan dan batasan review:

-Saya menginstal blog WordPress dengan pengaturan default dalam pengujian ini: www.penasihathosting-nh.com.
-Review ini berdasarkan pengalaman dan pengujian yang telah saya lakukan pada paket "Bayi" Niagahoster dengan pilihan lokasi server di Jakarta.

Apakah Anda memiliki pengalaman di Niagahoster? Atau memiliki pertanyaan tentang layanan mereka? Silahkan tulis review atau komentar kalian di kolom komentar ya πŸ™‚
  • Uptime untuk bulan Oktober 2019 mungkin jatuh sekali ya karena ada maintenance 6 jam website down? Itu terjadi karena kasus tertentu atau sebelumnya memang pernah ada maintenance yang lama seperti itu juga?

    • Pertanyaan bagus mas Sein.
      Iya betul sangat jatuh sekali dan sudah ke detect oleh alat monitoring kami. Seperti yang sudah saya katakan bahwa Niagahoster agak rutin melakukan maintenance tiap berapa bulan sekali, tapi sepengalaman saya tidak pernah selama ini.

  • Ralat Mas Randi. Mulai 26 Februari 2019 Niagahoster tidak memberikan 1 gratis domain selamanya lagi, tapi hanya gratis domain di tahun pertama saja untuk pembelian paket Pelajar, Personal, Bisnis dengan minimal durasi pembelian 1 tahun.

    Penjelasannya bisa dilihat di bagian “Syarat dan Ketentuan” Niagahoster bagian paling bawah.

    • Terima kasih mas, saya sampai tidak double check lagi soal penawaran gratis domainnya..dan sudah saya update dengan informasi terbaru.

  • Pak misal saya punya 5 website untuk paket pelajar, apakah estimasi 1500 pengunjung/hari itu untuk per satu website? Atau total 5 website yg saya miliki?

    Terimaksih

  • Assalamualaikum pak..
    Saya masih ragu …
    Apakah betul ketika saya beli paket pelajar sekali aja atau sebulan.. mendapatkan domain gratis selamanya.. Tanpa harus pesan” lagi..
    Dan apakah domainnya di acak.. atau kita yang pilih sendiri dan akhiirannya apa.. .com / .id
    ..
    Maaf pak .. banyak nanya.. soalnya masih pemula dan masih bermain di blogger bukan wordpress πŸ˜…

    • Wa’alaykumsalam,
      kalau bapak pakai blogger/blogspot tidak perlu beli hosting pak. Kan hostingnya sudah free dari Google. Cukup domain saja, biayanya sekitar 100rb an setahunnya.

  • Halo Pak, saya rencana pindah hosting dalam waktu beberapa hari kedepan, bolehkah saya dapat rekomondasi buat menentukan target hosting baru yang handal baik support maupun up/load time? apakah pilihan masih jatuh ke niagahoster atau adakah hosting lain. Sebelumnya terima kasih atas bantuannya.

    • Dalam review ulang yang sudah saya jalankan sejauh ini, rata-rata uptime Niagahoster tidak stabil (masih dibawah 99,90%). Sementara page load time nya termasuk yang tercepat. Terkait support, penilaian saya masih sama dengan review sebelumnya.

      Saran saya sebaiknya hosting di Siteground jika memang menginginkan hosting dengan support yang baik, uptime yang handal dan load time yang cepat.

      Setidaknya sampai 7 bulan penelitian ini, belum ada hosting lokal yang berhasil di semua (tiga) faktor tersebut.

  • Mas, ini kalo di niagahoster harus pakai wordpress dll ya?

    atau bisa manual? scriptnya di buat sendiri terus di upload.

  • Mas, kalau utk website indo bagusnya servernya di indo apa di singapura ya? Kalau yg saya dengarΒ² bgs sgp, apa bener mas?

    • Kalau Niagahoster saya tidak tahu, karena belum membandingkan mana yang lebih cepat antara server SG dan Indonesianya. Yang saya test disini server yang berlokasi di Indonesia.

    • Masih bisa kok mas Herman. Apa ada kendala?

      *Kode promo berlaku hanya untuk order pertama dan akun pertama saja dengan pembelian paket hosting mulai dari Paket Pelajar dengan durasi langganan minimal 12 bulan atau 1 tahun.

      Jadi, jika sudah pernah order sebelumnya, saya ragu kalau kodenya masih bisa digunakan atau tidak.

  • Kalau dibandingkan dengan GCP (Google Cloud) gimana ya? Dari segi kecepatan misal yang paling tinggi dari Niagahoster Cloud VPS Enterprise dibandingkan dengan GCP. Saya pake GCP server Singapore tetapi costnya gila, apalagi kalau web lagi rame. Rencana mau pindah Cloud VPS Indonesia dan kayaknya Niagahoster ini menarik dari segi harga.

    • Setahu saya Niagahoster masih menggunakan jenis VPS OpenVZ, jadi tidak heran harga yang ditawarkannya lebih murah. Kalau memang harga menjadi bahan pertimbangannya, namun tetap menginginkan performa yang handal, Anda bisa mencoba VPS hosting di Digital Ocean, Vultr atau UpCloud.

  • mas willya numpang tanya lagi
    apakah pengaruh jika aku pindah dari domanesia ke niagaholster ini untuk menambah ke cepatan loadingspeed
    recomended ga mas denga price yang aku keluarin?

    regard’s
    kiki

    kameranesia.com

    • Yang pasti berpengaruh, karena dari hasil pengujian Niagahoster lebih cepat dibanding DomaiNesia. Soal worth it atau engganya dengan uang yang akan mas keluarkan nanti saya tidak bisa menjamin apakah pengaruhnya signifikan atau tidak, karena kecepatan website bukan dipengaruhi oleh hosting saja, meskipun hosting salah satu faktor terbesarnya.

      Tapi saya coba analisis di GTMetrix, sebenarnya website mas ini masih memiliki banyak ruang untuk di optimasi. Sebaiknya dicoba optimasi dulu saja sampai maksimal. Pindah hosting itu jadi opsi terakhir dan sebaiknya pindahnya bukan ke sesama shared hosting, tapi pertimbangkan untuk upgrade hosting ke yang lebih tinggi, seperti VPS atau cloud hosting yang sudah dedicated resources bisa jadi opsi yang patut dicoba.

      Saya lihat Niagahoster sudah menyediakan layanan cloud hosting dengan dedicated resources seperti pada layanan VPS hosting. Sudah fully managed dan menggunakan cPanel control panel dengan resources yang mumpuni, karena paket termurahnya saja sudah menawarkan RAM 3 GB dan 2 Core CPU. Saran saya kalau masnya mau coba layanan ini, coba langganan 1 bulan dulu saja untuk melihat performanya.

      Good luck!

  • Mohon maaf mas, saya mau bertanya apakah kecepatan website sangat berpengaruh untuk SEO website kita??

    Terima kasih Salam sukses selalu

    • Setahu saya iya berpengaruh, tapi tidak banyak. Yang sangat berpengaruh masih tetap 3 faktor: link, content dan rank brain.

  • kok ribet yah sekarang jadi member di niagahoster padahal saya jad member sudah 2 tahun sekarang saat saya beli domain baru di harus pake syarat kayak gini

    – Scan Bukti Pembayaran Hosting maupun Domain di Niagahoster (Pembayaran pertama kali)
    – Scan KTP Anda
    – Scan surat pernyataan bermaterai yang telah ditandantangani dengan format berikut: https://goo.gl/K91iK6
    hedehh capek dehh….

    • Syarat yang Anda sebutkan itu bukan syarat membeli domain baru, tapi syarat untuk melakukan perubahan pada email. Ini wajar-wajar saja, karena untuk memastikan bahwa semua orderan Anda di email sebelumnya benar milik Anda. Kalau tidak ada syarat ini, account member Niagahoster bisa dengan mudah di hack.

    • Sama saya mau tambahkan sedikit. Untuk registrasi domain my.id harus punya KTP Asli yang dilampirkan sebagai bukti kewarganegaraan. dan domain id lainya menggunakan surat2 pendukung (kecuali .id)

  • Mas bagaimana cara mengatur 2 WordPress di 1 hosting paket personal? Review niagahoster untuk paket personal bisa unlimited storage tuh jdi bisa 2 atau lebih WordPress

    • Bukan unlimited storage, tapi unlimited addon domain, maksudnya bisa menambah lebih banyak domain lagi untuk membangun website tambahan.

      Kalau mas mau membuat website WordPress lagi dengan domain yang baru (berbeda), pertama create addon domain dulu di cPanel (usahakan dibikin folder baru untuk website WordPres kedua ini). Kemudian arahkan NS domain baru ke NS Niagahoster (lihat bagian detail akun hosting untuk melihat NS Niagahoster). Terakhir tinggal di instal saja WordPress nya seperti biasa di folder baru yang sudah dibuat pada langkah pertama.

    • Makasih banyak mas udah kasih tahu. Biasa manusia tidak luput dari kesalahan πŸ™‚ Tapi pas mas checkout sudah diganti dengan kode promo yang benar kan mas? PENASIHATHOSTING

  • Saya benar-benar sangat terbantu sekali dengan jawaban dari cs Niagahoster, mereka dengan cepat merespon dan membantu memberi titik terang disaat masalah yang tidak bisa saya pecahkan dalam merapihkan tampilan website, terimakasih Niagahoster.

  • Mau tanya mas, kalau untuk situs dengan pengunjung 5.000 – 6.000 /hari.

    1. apakah masih layak pake shared hosting?

    2. Kalau layak, paket pelajar cocok ngga ya? Ini situs saya total ukurannya sekitar 500Mb-an.

    3. Untuk paket pelajar, kira2 kuat nampunh berapa pengunjung /hari?

    • 1. Sudah tidak layak, saatnya pindah ke VPS mas. Boleh mulai dari VPS dengan RAM 2GB dan CPU 1 Core dulu.
      3. Sudah saya jelaskan diatas, estimasi maksimal 1.500/hari untuk paket Pelajar.

          • Kalau mas Gugling si banyak mas, tapi harus sabar mencarinya. Saran terbaik saya sebaiknya mas ikut kursusnya saja. Di Udemy banyak yang buka. Saya dulu juga dari ikut kursus di Udemy belajar cara setup unmanaged VPS.

  • maaf mas, untuk kode promo di niagahoster berlakunya hanya sekali saja atau bisa buat perpanjang juga seperti domainesia?
    dan pemakaian kode promonya cuma buat akun baru yang belum pernah order atau bisa juga buat akun lama?
    sepertinya aku tertarik dengan niagahoster karna support nya

  • maaf pak saya punya web jualan tapi hanya memasarkan di indonesia. dan kunjungan 1juta/perbulan, sekarang saya menggunakan ipage dan lemot bgt.

    bila niagahoster dibandingkan dengan a2 hosting bagus mana ya pak?

    terima kasih

    • Kalau kunjungan website bapak sudah 1 juta/bulan, saran saya sebaiknya bapak mempertimbangkan untuk upgrade hostingnya ke dedicated server hosting, karena tingkat kunjungan sudah besar jadi membutuhkan resources yang besar juga.

      Kebetulan A2 Hosting menawarkan produk dedicated server. Biayanya mulai dari $99,59/month. ATAU di Niagahoster ada produk VPS Cloud. Boleh coba dulu paket yang BizExtra, biayanya sekitar Rp 560.000/bulan. Kalau butuh konsultasi lebih lanjut, mungkin saya bisa bantu. Kontak saja via email.

  • Gara-gara baca ini blog, saya berencana balik lagi ke Niagahoster mengingat bulan ini udah musti perpanjang langganan.
    Cek dan ricek pernah langganan hosting personal tahun 2015 masih 300ribu-an, sekarang mau langganan lagi udah harga 800ribu-an :((

  • Halo mas randika,, saya mau tanya mengenai review dari layanan hostinger. bagaimana pendapat mas tentang hostinger

  • Mas untuk keperluan bisnis jasa regional kira-kira paket personal cukup enggak? rencananya mau build website buat marketing online

    • Cukup kok. Tidak usah khawatir cukup/tidak, karena paket bisa di upgrade/downgrade dengan mudah 1x klik di pengaturan Niagahoster nantinya.

  • Halo mas Randika, mo tanya soal layanan hosting nih..
    saya bukan bermaksud membandingkan si A dan B, tapi minta review dan sarannya..

    saya udah pake layanan hosting dari jagoan hosting paket superstar. kendalanya hosting sering banget down, paling enggak 3-7 hari kadang gk bisa di akses kode error internal server error, 505, dan kode lainnya. walaupun sekaran udah agak berkurang.

    Nah, untuk mas Randika sendiri gimana ngrasain pake niagahoster. Saya juga cek sana-sini niagahoster masih banyak kendala dengan review yang gk bagus tentunya.

    ada niatan mau pindah ke hosting lain.. memang saya tergiur harga yang murah dan pembayaran yang mudah.. maunya sih pake hosting luar kaya namecheap dan hostgator tapi ribet pembayarannya.

    terimakasih..

  • Saya binung bang, gak tau apa2 soal VPS dan yang disediakan di niagahoster Unmanaged VPS.

    nah kalau mau pindah dari shared hosting (Cpanel) ke VPS (Webuzo) gimana ?
    kan ane ada 3 addon domain lainnya juga

    • Gimana apanya nih mas Adam? Caranya kah? Pada intinya tidak jauh berbeda antara Webuzo dengan cPanel. Mereka sama-sama punya file manager, addon domain, PhpMyadmin, dll, jadi cara pindahnya pun ga jauh beda dengan cPanel ke cPanel.
      Mau 3 addon domainpun bisa-bisa saja kok asal resourcesnya cukup. Saran saya mulai dari paket VPS yang bawah saja.

  • Saya juga pakai niagahoster dengan paket shared hosting Personal, sejauh ini sih pelayanannya memuaskan.. Namun 2x saya disuspend tanpa pemberitahuan sebelumnya karena trafik cukup tinggi, 20rb visitors per hari..

    Akhirnya saya upgrade ke VPS meskipun awalnya kaget dgn harganya yg jauh lebih tinggi jika dibandingkan Shared Hosting.

    BTW salut dgn blog Mas ini, penjelasannya sangat detail dan tampilan blognya sangat rapi.. Meskipun sy penasaran pendapatan Mas ini dari mana.. hehehe..

    Sukses terus..

    • Halo Mas Taufiq. Wow blog mas ramai sekali sampai 20rb visitor/day. Tapi dalam kasus mas itu menurut saya wajar2 saja kok mas di suspend, sebab pemakaian resource website dengan traffic segitu sudah sangat melebihi kapasitas normal, dan pasti berdampak ke website lainnya dalam server yang sama mas pakai sekarang. FYI, paket shared hosting personal itu idealnya kurang dari 2rb/hari, jadi mau gamau memang harus upgrade ke VPS biar stabil.

      Terima kasih buat feedbacknya dan sukses terus juga buat mas Taufiq πŸ™‚

  • mungkin secara kecepatan memang cepat dan uptimenya juga sangat memuaskan, namun masalah resourse yang menajdi masalah apabila kunjungan sudah mencapai 3000an resourse nya full baik ram ataupun cpunya…

    • Jika kunjungan sudah 3.000 an per hari, wajar-wajar saja penggunaan resource jadi full, sebaiknya pindah ke VPS bu agar stabil.

  • Emang pelanggan bisa memonitoring server niagahoster ya pak? bukannya server niagahoster itu gak cuma satu, terus yang dimonotoring server yang mana pak randika kalau boleh tahu?

    • Kita bisa monitoring sendiri menggunakan tools seperti Pingdom.com, UptimeRobot.com, dll. Yang dimonitoring hanya satu server saja tempat website saya dihostkan, tapi itu sudah cukup untuk menjadi sample seperti yang sudah saya perjelas diawal bahwa saya sudah membeli paket shared hosting “Personal” Niagahoster dan mengetesnya pada sebuah blog WordPress. Tujuannya adalah untuk mengetahui uptime dan load timenya.

  • Pelayanan yang sangat memuaskan. Keputusan untuk berlangganan di niagahoster bukan keputusan yang salah. Apa yang saya dapatkan dengan berlangganan di Niagahoster sangatlah sepada dengan biaya yang saya keluarkan. Sukses selalu Niagahoster

  • Aku juga pake niagahoster, udah langganan dari lama tapi selalu puas sama pelayanannya. Layanan Cepat dan Profesional, proses pindah domain dan hosting ke Niaga Hoster hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam saja. Sangat di rekomendasikan untuk anda yang sedang mencari hosting murah tapi tidak murahan menggunakan niagahoster

  • Suhu mau tanya kalau untuk paket personal kira2 cocok untuk berapa domain/website? dan masing2 rekomendasinya untuk web dengan visitor maksimal berapa yah? saya lagi butuh hosting untuk mengelola beberapa website jadi butuh referensi thanx…

    • Saya tidak tahu tepatnya, karena belum pernah tes sendiri maksimalnya berapa.

      Tapi, menurut pendapat saya idealnya adalah untuk website dengan tingkat kunjungan 40.000 visitor per bulannya. Jadi, misalkan Bpk punya 3 website dengan total kunjungan kurang dari 40.000 visitor per bulan, berarti cocok-cocok saja.

      Saran saya Bpk bisa coba ambil paket personal terlebih dahulu, kalaupun nanti tidak mencukupi dikemudian hari bisa diupgrade dengan mudah kok.

  • Review yang sangat baik, aktual dengan data, netral tidak menyudutkan. Saya juga salah satu pengguna nya. Sampai sekarang aman tidak ada laporan downtime dari UpTimeRobot. Memang Hosting yang murah meriah.

  • Kalau kebijakan niagahoster untuk recource limit bagaimana? Seperti yang kita tahu kan WP gampang banget CPU spike ke 100%, nah apakah situs kita bakal langsung kena otomatis suspend?

    Kalau di hawkhost kan dia setting servernya setiap user dikasih limit masing2, jadi saat itu situs saya diserang DDOS dan cpu mentok di 100% berhari2, mereka ngga suspend. Kalo hostgator kan otomatis suspend tanpa pemberitahuan?

    Kalau niagahoster bagaimana ya? saya mau buat blog baru targetnya Indonesia, menurut research saya sih niagahoster terbaik karena ada live chat, saya test jam 3 pagi juga dijawab ternyata. hahaha

    • Sepengalaman saya dalam beberapa kali si engga pernah ke suspend kalau penggunaan CPU spiking to 100%, tapi kalau DDOS ataack saya belum pernah ngalamin. Setau saya Niagahsoter saat ini sudah sangat baik mencegah adanya serangan DDOS pada server mereka.

      Tapi, kalau web Anda kena DDOS, menurut saya wajar si di suspend sementara waktu sampai resolve masalahnya, karena kalu engga bisa impact ke website lainnya dalam server yang sama.

      Saran saya, untuk lebih detailnya pak Key boleh tanyakan langsung ke Niagahoster supportnya perihal masalah ini πŸ™‚

      • Saya udah menginjak tahun ke -5 menggunakan niagahoster paket dulu namanya personal yang serba unlimited, kalo disuspend karena penggunaan cpu 100 mentok sih saya rasa belum pernah, tapi beberapa saat yang lalu situs saya disuspend tanpa pemberitahuan karena penggunaan diskspace hosting yang tidak wajar (bukannya unlimited ya) dan saya harus menjelaskan dan memastikan bahwa file file tersebut memang dibutuhan untuk website saya dan tidak melanggar hukum karena memang murni hasil karya saya sendiri (photography) yang sudah barang tentu akan saya pajang di website saya. Dan sekarang sudah dibuka lagi dengan syarat saya harus mengurangi file saya ?, sepertinya saya harus mulai memikirkan mengupgrade paket saya supaya bisa mengakomodir keperluan saya, tapi ditempat yang lain, bukan niagahoster, yang paketnya “unlimited beneran” ?. Ternyata 5 tahun menjadi pelanggan setia, tidak serta merta membuat kita selalu mendapatkan pelayanan terbaik dari cs nya, mendapatkan jawaban yang kaku dan terkesan menghakimi sangat tidak mengenakkan (mungkin karena saya ngechatnya jam 4 pagi ?). Yah mungkin sudah waktunya saya hijrah.

        • Iya mas Iwan, setau saya hampir disemua provider memang mempunyai ketentuan tersendiri dalam mengartikan kata “unlimited” itu. Makdusnya disk space yang unlimited itu tidak benar-benar tidak terbatas. Ada istilah yang namananya “more disk space/bandwidth than you will ever used”, artinya bisa saja terbatas. Saya pikir ini sudah saatnya mas Iwan upgrade ke paket yang lebih tinggi atau langsung saja upgrade ke VPS dimana jumlah disk space yang didapat ukurannya pasti, jadi tidak akan menggangu seperti yang Mas Iwan alami seperti sekarang ini.

          Tapi sangat disayangkan jika support mereka memang terkesan buruk dalam menghadapi masalah ini, semoga pesan ini dibaca oleh pihak Niagahoster.

  • saya pakai share Hosting di idwebhost , sangat mengecewakan skali rasannya disamping lambat dalam membuka halaman server mereka pun sering down. haaaa…Nasib,
    Ada rekomendasi gak untuk hosting yang bagus untuk visitor 50.000/hari

    • Jadi website Anda tingkat kunjungannya 50rb/hari dan masih menggunakan shared hosting??
      Saya jamin provider manapun yang Anda gunakan tidak akan kuat nampung visitor setinggi itu. Saran terbaik saya gunakanlah dedicated hosting, biayanya memang jauh lebih mahal, tapi sangat cocok dengan kebutuhan website Anda.

    • Pak Wawan Hidayat jika sudah pengunjung sebanyak itu harusnya sudah migrasi ke VPS atau Dedicated. Jujur saya salut dengan IDWebhost yang masih mwmbolehkan dan mampu menahan trafik di hosting mereka karena shared hosting diangkat trafik diatas 25 ribu perhari langsung down dan disuruh upgrade. Ini pengalaman saya saat masih host di shared Hostgator dulu dan akun langsung di suspend beberapa hari.

  • sy juga pake niagahoster, cuma untuk renew sy masih ragu soalnya harganya jd mahal beda banget sama harga pas pertama beli.
    BTW, saya sangat terkesan dengan review yg ada di website ini.

    • Iya mas Agus, kebanyakan provider hosting termasuk Niagahoster memang hanya memberikan diskon untuk tahun pertama saja.
      Untuk tahun kedua dan seterusnya harga kembali normal. BTW bulan Oktober-November 2016, Niagahoster sempat menawarkan diskon 40% seumur hidup lo :D.

      Terima kasih buat feedbacknya mas Agus πŸ™‚

      • saya joint belum lama di niaga hoster. Alhamdulillah dapat diskon 50% selamanya. kalo mau dpt diskon selama, harus sering pantau info diskonnya.

      • Nanya nih mas, saya hosting di niagahoster tahun 2015 sewaktu diskon 40% di server Singapura, seandainya saya ingin pindah ke server Indonesia bisa gak mas? Dengan domain dan hosting yang sama.

        • Bisa kok mas, kirim tiket saja ke technical supportnya bilang ingin pindah server ke Indonesia. Tanpa dikenakan biaya tambahan.

  • Niagahoster merupakan salah satu provider layanan hosting termurah di dalam negeri. Meski murah, namun kualitas layanannya terbilang cukup bagus. Hal tersebut yang mendasari keputusan saya untuk menggunakan Niagahoster dibeberapa website milik saya.

  • memang kalau dari kecepatan dan ketangguhan sangat baik dan bagus, namun yang menjadi masalah hosting dengan paket yang paling tinggi hanya tahan untuk kunjungan kurang dari 5000 per hari.

    • Katakanlah 4.000/hari, artinya 120.000/bulan. Dengan tingkat kunjungan setinggi itu sudah saatnya pindah ke VPS atau Dedicated, karena pada umumnya shared hosting hanya cukup untuk kunjungan 10.000-25.000/bulan.

  • Mantap mas reviewnya, dijabarin semua sampe up time-nya pun disuguhkan.
    Hanya saja masih banyak orang awam yang ga mengerti hosting, karena mereka belum paham kebutuhan yang mereka butuhkan.

    • Terima kasih mas Abdul buat feedbacknya.
      Bagi yang masih belum mengerti tentang kebutuhan hosting, dapat membaca panduan web hosting saya dihalaman ini,
      disitu saya menjabarkan secara lengkap tentang apa itu hosting, domain, dan hal-hal dasar lainnya.

      Saran saya, jika websitenya masih baru, ambil paket bayi/pelajar Niagahoster juga tidak masalah, nanti ketika kebutuhannya meningkat bisa diupgrade dengan mudah, dan bagi yang sudah memiliki traffic, saran saya ambil paket personal saja (kebetulan dibulan November ini juga lagi promo 50%).

  • >