Tools

Mungkin tidak seperti yang lainnya, tools yang saya bagikan kepada Anda adalah yang telah saya teliti atau yang benar-benar saya gunakan untuk semua website WordPress saya sendiri dan juga website klien kami di Harun Studio.

Disclaimer: saya menggunakan link affiliasi di hampir semua layanan dan produk yang saya rekomendasikan dibawah ini. Ini dapat membantu saya untuk membuat Penasihat Hosting bisa terus berjalan. Terima kasih atas support Anda!

speedypage 1

SpeedyPage adalah provider hosting yang transparan, memiliki fitur yang sangat lengkap dan menggunakan spesifikasi hardware yang mumpuni.

Anda akan mendapatkan Managed WordPress Hosting dengan harga yang affordable di kelasnya + dengan fitur-fitur yang sangat menunjang, termasuk BunnyCDN (dengan Bunny Optimzier nya), daily dan bi-daily backups, hingga DDoS dan cPanel. Saya yakin Anda tidak akan menemukan fitur selengkap SpeedyPage di tempat lain + dengan harga yang lebih murah.

Anda bisa mencoba hosting mereka $1 untuk bulan pertama. Saya merekomendasikannya.

Kunjungi SpeedyPage

speedypage 1

Sebagai seorang yang menjalankan WordPress Agency, saya teliti ketika memilih provider hosting terbaik untuk meng-hostingkan website klien-klien saya.

Uptime dan performa tentu saja menjadi pertimbangan utamanya. Ini bisa tercermin dari apa hardware server yang digunakan, seperti CPU, storage dan RAM. Dari seabrek pilihan unmanaged VPS yang ada, SpeedyPage VPS adalah pilihan terbaik untuk lokasi Singapore / Asia Tenggara, karena mereka sudah menggunakan CPU AMD Ryzen 7500, NVMe storage, DDR5 RAM, dan 100GBIT+ DDOS PROTECTION.

Support mereka juga bagus dan cepat. Kekurangannya hanya 1, server VPS Singapore mereka tidak scalable. Alasannya? Stok nya selalu cepat habis.

Kunjungi SpeedyPage VPS

closte logo

Saya telah menjajal berbagai Managed WordPress hosting, mulai dari Kinsta, FlyWheel, WPX Hosting, Templ, Rocket.net, hingga WordPress hosting lokal seperti DomaiNesia. Namun, Closte menawarkan performa dan stabilitas terbaik dengan harga yang sangat kompetitif.

Sebelum saya memutuskan untuk mengelola server mandiri, saya menghostingkan semua website saya dan klien di Closte. Performanya mengungguli Kinsta sekitar 15% dengan harga yang lebih ekonomis. Cocok untuk developer, tetapi mungkin kurang ramah bagi pemula karena dukungan teknis mereka yang kurang.

Kunjungi Closte

logo-domainesia

Berdasarkan hasil penelitian Penasihat Hosting update bulan Juni 2023 lalu, DomaiNesia adalah provider shared hosting Indonesia terbaik #1. Mereka adalah pilihan shared hosting dengan rata-rata uptime yang stabil, dukungan support yang baik dan harga yang kompetitif. Sayangnya, kecepatan hosting mereka tergolong lambat.

Update: Per September 2023, saya mendapatkan info bahwa mereka telah melakukan penyegaran dari sisi hardware dengan menggunakan CPU AMD EPYC (mungkin satu-satunya di Indonesia) dan telah diaplikasikan ke paket web hosting mereka + per November 2023, mereka telah melakukan perbaikan kecepatan dari client area atau dashboard mereka.

Kunjungi DomaiNesia

digitalocean 2

Jika Anda menginginkan server yang scalable, artinya bisa di downgrade dan upgrade setiap saat + didukung oleh infrastruktur yang mumpuni, maka Digital Ocean dan Vultr adalah jawabannya.

Vultr lebih cepet dari aspek speed, namun Digital Ocean lebih stabil dari sisi uptime nya. Favorit saya adalah Digital Ocean.

Kunjungi Digital Ocean

logo runcloud

Saya telah mencoba berbagai cloud panel sejauh ini, mulai dari pilihan yang mahal seperti GridPane sampai pilihan yang lebih terjangkau seperti RunCloudPloi, dan Cleavr, juga pilihan cloud panel gratis seperti CloudPanel (pilihan cloudpanel gratis terbaik menurut saya sejauh ini), Moss.sh dan Cipi.

Berdasarkan pengujian saya, RunCloud adalah pilihan yang paling ramah untuk pengguna yang baru terjun menggunakan VPS hosting. UI nya cantik, harganya masuk akal, fiturnya banyak (termasuk memiliki File Manager seperti di cPanel) dan support yang bisa diandalkan.

Kunjungi Runcloud

bunnynet logo dark

Penggunaan CDN sangat mengurangi ketergantungan dari server, plus dapat meningkatkan kecepatan loading halaman. Anda bisa menyimpan file-file statis website Anda (HTML, CSS, JS dan gambar) di server yang berbeda dari server website Anda.

BunnyCDN adalah CDN dengan performa paling tinggi berdasrkan CDN Performance test yang dilakukan oleh CDNPerf. Biayanya terjangkau, mungkin termasuk yang termurah, sayangnya BunnyCDn hanya support CDN untuk file-file statis saja (CSS, JS dan Image).

Kunjungi Bunny.net CDN

litespeed logo

Merupakan kombinasi yang hebat jika Anda mengkombinasikan Web Server LiteSpeed + Plugin LiteSpeed Cache di website WordPress Anda. Penggunaannya mudah dan merupakan alternatif gratis terbaik dari plugin cache berbayar seperti WP Rocket dan Swift Performance. Menggunakan keduanya secara bersamaan memiliki keunggulan Varnish dan dapat mengungguli caching lainnya.

quic cloud logo light stack 600px

Saya adalah fans beratnya LiteSpeed dan sangat antusias dengan proyek mereka yang satu ini, yaitu QUIC.cloud. Selama ini, penggunaan CDN, mungkin boleh disebut tradisional, adalah untuk men-CDN kan file-file statis saja, bukan? Bagaimana dengan file yang sifatnya dinamis atau berubah-rubah? Apakah mungkin untuk di cache? Jawabannya bisa dan mungkin, yaitu dengan QUIC.cloud.

Kebayang website Anda akan secepat apa jika file dinamis pun bisa di cache? Saya mungkin akan menulis review nya di lain hari, tapi Anda dapat mencoba QUIC.cloud gratis (dengan keterbatasan tentu saja) apapun tipe web server yang Anda gunakan, tetapi ada kelebihan jika Anda menggunakan LiteSpeed Enterprise.

Alternatif dari QUIC.cloud? yaitu Cloudflare APO.

cloudflare logo.svg

Tahukah Anda bahwa DNS berpengaruh ke kecepatan load halaman? Pengaruhnya adalah ke TTFB. Menggunakan DNS seperti di Cloudflare adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada menggunakan DNS registar domain Anda.

Berdasarkan DNSPerf, Cloudfalre DNS bahkan memiliki performance yang paling tinggi atau rank #1. Lebih cepat dari Google Cloud DNS dan DNSMadeEasy. Kelebihannya adalah Cloudflare DNS gratis, alias tidak perlu keluar biaya untuk bisa menggunakannya.

Tapi, ingat: saya tidak berbicara mengenai Proxy atau WAF mereka. Faktanya, Anda bisa mengaktifkan DNS nya tanpa perlu menggunakan CDN nya.

Selain terkenal dengan CDN dan DNS nya, Cloudflare juga ikut meramaikan pasar persaingan dalam bisnis domain. Harga domain mereka adalah yang termurah sedunia. Kabarnya mereka tidak melakukan mark up harga sama sekali.

generatepress logo

Saya menggunakan tema GeneratePress PRO yang dibuat oleh Tom Usborne untuk semua website yang saya kelola. Saya juga menggunakannya untuk semua website klien. GeneratePress adalah tema yang sangat ringan dan berfokus pada kecepatan. Saya tidak punya masalah dengan Core Web Vitals sejak menggunakan tema ini.

Tema ini mungkin tidak cocok untuk semua pengguna, karena Anda memerlukan sedikit banyaknya pengetahuan CSS untuk mengkustomisasi tema sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sisi baiknya, mereka memiliki layanan support yang baik. Jadi, jika Anda tidak tahu bagaimana cara merubah ini dan itu, atau menambah ini dan itu, mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Pengalaman saya, supportnya benar-benar dapat diandalkan.

Kunjungi GeneratePress

generateblocks

Untuk urusan design, saya telah jatuh hati dengan GenerateBlocks. Awalnya saya tidak suka dengan Gutenberg, mungkin sama dengan sebagian besar dari Anda, tapi block adalah masa depan dari WordPress dan saya pikir mau tidak mau perlu menggunakan block. Lagipula, penggunaan page builder seperti Elementor dan Thrive sangat merepotkan proses optimasi kecepatan website.

GenerateBloks juga dibuat atas asas kefleksibelitas dan performance. Saya sempat sulit dalam menentukan antara Kadence (pilihan Gutenberg block lainnya yang perlu Anda pertimbangkan) dan GenerateBlocks, jadi Anda mungkin perlu melakukan percobaan antara kedua pilihan ini.

Review singkat saya: Kadence memiliki lebih banyak fitur, tapi dari pengujian selama beberapa hari yang saya lakukan, GenerateBlocks lebih nyaman dalam pengoperasiannya karena kesederhanaan dan kefleksibilitasnya.

Kunjungi GenerateBlocks

antispam bee icon

Untuk mem-blokir komentar-komentar spam tanpa captcha dan tanpa mengirimkan informasi pribadi ke layanan pihak ketiga. 100% gratis. Ini adalah alternatif terbaik dari Akismet.

Pelajari selengkapnya

tablepress icon

Saya menggunakan plugin ini untuk membuat semua tabel yang ada di website Penasihat Hosting. 100% gratis. Layanan supportnya sangat baik. Saya benar-benar merekomendasikannya.

Pelajari selengkapnya

simple css icon

Ingin membuat custom CSS yang hanya berlaku di post atau pages tertentu?

Pelajari selengkapnya

safe svg plugin

Sederhananya, Anda bisa meng-upload file SVG di WordPress Anda dengan aman.

Pelajari selengkapnya

icon 256x256 1

Saya memiliki 15 widget yang berbeda dan ditempatkan di 15 post yang berbeda-beda. Plugin ini membantu saya melakukan hal itu. 100% gratis dan merupakan alternatif terbaik dari Widget Options.

Pelajari selengkapnya

icon (1)

Ketika Anda membutuhkan sebuah fungsi untuk memudahkan Anda melakukan duplikat pada post, pages dan block.

Pelajari selengkapnya

seo framework icon

Plugin SEO yang paling ringan, memiliki fitur-fitur yang Anda butuhkan saja, whitehat SEO dan paling sederhana. Saya adalah salah satu fans besarnya.

Pelajari selengkapnya

seopress icon 1

Pilihan plugin SEO lainnya yang saya sukai. Tidak ada iklan sama seperti TSF (The SEO Framework). Fitur-fiturnya lebih banyak dari TSF dan merupakan pilihan yang bagus jika Anda membutuhkan fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh TSF, seperti instant indexing.

Pelajari selengkapnya

generateblocks icon

Saya berhasil mengganti fungsi dari page builder Thrive Architect dengan GenerateBlocks. Plugin block ini ringan dan berfokus pada kecepatan. Merupakan kombinasi yang tepat jika disandingkan dengan tema GeneratePress.

Pelajari selengkapnya

icon (1)

Bisa digunakan secara gratis dan cukup powerfull untuk men-disable semua css, js atau plugin yang tidak digunakan di post atau pages tertentu di halaman website Anda. Jika Anda sangat peduli dengan setiap inci dari bagian-bagian yang dapat meningkatkan kecepatan website Anda, pertimbangkan menggunakan plugin ini. Dari pengujian saya, mereka lebih baik dari Clearfy.

Pelajari selengkapnya

contact form 7 icon

100% gratis dan mudah dikustomisasi. Saya menggunakannya di web PenasihatHosting.com untuk form review, form reply review dan form kontak. Namun, saya kira UI dan UX nya tidak ramah untuk pemula. Anda juga perlu melakukan styling dengan CSS untuk membuat form Anda terlihat cantik.

Pelajari selengkapnya

cfdb7 icon

CFDB7 adalah addon yang memungkinkan Anda menyimpan semua data yang disubmit melalui Contact Form 7 ke database WordPress Anda, memudahkan pengelolaan dan akses data.

Pelajari selengkapnya

code block0aicon

Sangat sedikit plugin contact form yang hanya memberikan dampak minimal pada penggunaan memory hosting. HappyForms adalah salah satunya.

Pelajari selengkapnya

fluentsmtp icon

Tugas plugin ini adalah menghubungkan email WordPress dengan email hosting Anda sehingga WordPress Anda bisa mengirimkan email. Sehingga juga pengunjung bisa menghubungi Anda via form. Plugin ini 100% gratis. Salah satu fitur unik yang tidak dipunyai oleh plugin SMTP lainnya adalah Anda bisa menghubungkan banyak email sekaligus. Merupakan pilihan yang sangat solid. Saya pun menggunakannya di semua website saya dan klien.

Pelajari selengkapnya

code snippets icon

Untuk menyimpan file-file PHP, HTML, JS dan CSS dengan mudah. Dibutuhkan ketika Anda ingin meng-custom sesuatu, seperti fungsi, fitur dan lain. Contohnya seperti apa? Anda sudah lihat fitur baru Penasihat Hosting dimana Anda bisa meninggalkan review? Saya membuat fitur User Review ini dengan memanfaatkan plugin ini untuk menyimpan semua kode PHP yang dibutuhkan.

Pelajari selengkapnya

wps hide login icon

Sejujurnya saya tidak banyak menggunakan plugin security di WordPress. Saya lebih suka mengatur security dari level server. Tapi, tidak ada salahnya menambah lapisan keamanan di level website, bukan? Tidak banyak yang saya gunakan, diantaranya adalah WPS Hide Login, yang bisa merubah URL login Anda dari “/wp-admin” menjadi apapun, sebagai contoh “/login”.

Pelajari selengkapnya

ninjafirewall icon

Ninja Firewall tidak sepopuler Wordfence ataupun Sucuri, tapi plugin security ini ringan alias tidak memberatkan website dan memiliki fitur-fitur keamanan penting untuk menjaga website Anda tetap dalam keadaan yang aman. Saya menggunakan nya di website Penasihat Hosting dan website-website klien saya. Saya 100% merekomendasikannya.

Pelajari selengkapnya

perfmatters logo

Mirip seperti Asset Cleanup, tapi memiliki fitur-fitur yang lebih banyak dengan UI yang lebih ramah dan merupakan kombinasi yang bagus jika Anda tidak menggunakan Litespeed cache. Mengapa? Saya menemukan kombinasi antara Litespeed cache + Asset Cleanup sudah cukup menggantikan peran Perfmatters.

Pelajari selengkapnya

sidekick-browser

Sidekick dibangun dengan asas untuk menunjang produktivitas Anda dalam bekerja. Browser ini memiliki fitur-fitur yang dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah, seperti:

  • Fitur split screen (fitur favorit)
  • Fitu session dan workspaces (satu-satunya browser setahu saya yang punya fitur ini dan salah satu alasan mengapa saya pindah dari Vivaldi ke SideKick)
  • dan aplikasi yang ditempatkan di sidebar (fitur favorit)

Sayangnya, browser ini baru tersedia di MacOS saja. Tidak bisa bekerja di Windows.

Pelajari selengkapnya

arc browser

Arc browser. Browser ini beda dari yang lain. Unik. Dibuat untuk menciptakan nuansa yang berbeda dalam berselancar di dunia maya. Saat ini saya menggunakannya sebagai pengganti Sidekick. Memiliki fitur-fitur seperti:

  • 100% gratis, tidak seperti Sidekick (freemium)
  • Split screen (sama seperti Sidekick, namun dengan cara yang berbeda)
  • Workspaces (untuk membedakan antara spaces kerja dan personal misalnya)
  • Vertical bar
  • Fully Customize

Pelajari selengkapnya

uptimia logo

Saya menggunakannya dalam penelitian Penasihat Hosting karena mereka memiliki server di Jakarta. Tidak ada versi gratisnya.

  • Uptime monitoring
  • Speed monitoring
  • SSL monitoring
  • Transaction dan real user monitoring
  • Integrasi dengan WhatsApp, Email dan lain-lain

Pelajari selengkapnya

cronitor

Gratis untuk 5 monitoring dan memiliki banyak server termasuk Singapore. Mereka bahkan dapat memonitoring uptime website Anda dengan interval setiap 30 detik sekali. Merupakan pilihan gratis terbaik berdasarkan pengujian saya.

  • Uptime monitoring
  • Cronjob monitoring
  • Gratis 5 monitoring
  • Pilihan gratis terbaik menurut penelitian kami

Pelajari selengkapnya

healthchecks

Alat ini hanya fokus ke satu tugas saja, yaitu cronjob monitoring. Penggunaannya mudah dan to the point. Saya menggunakannya untuk monitoring semua cronjob saya dan yang paling saya sukai adalah sudah punya integrasi langsung untuk mengirimkan notifikasi up atau downtime ke WhatsApp dan Email. Merupakan pilihan gratis yang bagus (free 20 monitoring cronjob).

Pelajari selengkapnya

umami analytics

Saya tidak suka dengan Google Analytics karena tiga alasan:

  • Pertama, script mereka cukup menambah beban load halaman (kecuali Anda host secara lokal),
  • Kedua, jika pengunjung menggunakan Ad Blocker, maka tidak akan terdeteksi,
  • Ketiga, Google Analytics 4 sangat kompleks

Bagaimana jika ada alternative dari Google Analytics yang memiliki script yang ringan (< dari 6kb), bisa bypass penggunaan Ad Blocker dan sederhana? Jawabannya adalah Umami Analytics.

FYI, Umami Analytics telah merelease versi cloud. Kabar baiknya? Tersedia versi gratis.

chatgpt

Siapa yang belum tahu dengan chatGPT? Saya kira hanya segelintir orang saja. Saya menggunakan chatGPT setiap hari dengan waktu penggunaan yang bervariasi. Saya menggunakannya baik langsung dari chatGPT, maupun menggunakan wrapper seperti Voila.

ChatGPT membantu pekerjaan saya dalam semua hal, mulai dari coding, translate, menulis konten, update konten, menulis cold email, jurnal, memperbaiki grammar, dan lain-lain.

7 Komentar

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Saran saya, sebaiknya mas coba ketiganya mana yang kira-kira paling cocok dengan kebutuhan mas.

  1. komentator
    akbar

    Tolong kedepannya bikin riset tentang WordPress Hosting Lokal Terbaik

    ini yg kami butuhkan

    terimakasih

  2. komentator
    Nico

    Ada saran untuk plugin yang wajib diinstal untuk wordpress baru? Karena sering coba-coba install plugin tapi sering ndak sesuai dan berharga mahal, juga nambah-nambah memori saja. Mungkin rekomendasi plugin paling esensial seperti di bagian security, seo, email, management post, image, caching, rollback, backup dll sangat membantu saya yang masih pemula. Terimakasih banyak pak penasihathosting, saya amat sangat terbantu dengan semua rekomendasi hosting anda :). Sekarang sudah online tapi masih kebingungan di bagian wordpressnya

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Sebagian sudah saya sebutkan dalam list diatas, sebagian lagi mungkin pada update selanjutnya : )

      • komentator
        Nico

        Yup saya sudah menggunakan beberapa bahkan yang berbayar, tapi seperti ada yang masih kurang saja ketika melihat banyaknya opsi di plugin marketplace. :’. Pertanyaan tambahan, Saya menggunakan digital ocean dan domain dari namecheap, cp pake gratisan yakni cloudpanel. Apakah masih perlu ngerubah cdn ke cloudflare? Karena melihat Beberapa tutorial, banyak yang menautkannya kesana, apakah dengan digital ocean saja kurang cukup? apakah perbedaannya krusial jika menggunakan cloudflare, saya takutnya itu dapat mempengaruhi seting ssl, dns, nameserver yang sudah diatur sedemikian rupa.

        • admin
          Willya RandikaHosting reviewer

          Tujuannya apa dulu mas? Untuk optimasi speed, keamanan, atau yang lain?
          Kemudian, pengunjung website mas lokal atau international?

Comments are closed.