Panduan Web Hosting Lengkap Dari A – Z Ditulis Khusus Untuk Pemula

willya randika

Updated:

Dalam panduan ini, setiap langkah akan dijelaskan secara rinci beserta screenshot yang detail untuk memudahkan pemahaman Anda.

Anda ingin belajar dasar-dasar web hosting?

Tidak yakin darimana untuk memulainya?

Sementara ada begitu banyak panduan web hosting di luar sana yang ditulis oleh orang-orang yang biasa disebut “super technical” yang lupa bahwa pemula tidak memiliki tingkat pemahaman yang sama.

Jangan khawatir. Panduan ini khusus saya buat untuk pemula, jadi:

Anda yang saat ini sama sekali belum memahami sedikitpun tentang web hosting, diakhir panduan ini Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana cara kerja web hosting dan domain.

Dan bagi Anda yang sudah menjalankan website/blog sendiri, panduan ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin menggangu Anda.

Panduan ini berisi 5 bab, ditulis untuk pemula yang ingin mempelajari tentang web hosting. Saya akan bahas topik-topik mulai dari yang paling dasar, apa itu web hosting dan domain hingga pengetahuan tentang nameserver dan DNS.

Saya menyarankan Anda untuk membaca keseluruhan panduan dari atas sampai bawah untuk mendapatkan pemahaman yang kuat.

Mari mulai dari bab 1.

Panduan Hosting V2 1

BAB 1: Perkenalan Web Hosting

Anda akan mempelajari apa itu web hosting dan mengapa Anda memerlukan layanan web hosting untuk menyimpan dan mengelola website Anda. Anda juga akan memahami kelebihan menggunakan layanan web hosting, seperti pasokan listrik yang stabil, koneksi internet super cepat dan stabil, alamat IP statis, dan pemeliharaan hardware yang dilakukan oleh tim professional.

Mulai dari Bab 1

BAB 2: Tipe-Tipe pada Web Hosting

Anda akan menemukan penjelasan tentang empat tipe web hosting yang umum digunakan, yaitu Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server Hosting, dan Cloud Hosting. Setiap tipe web hosting memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk harga, kontrol server, kapasitas penyimpanan, tingkat keamanan, kecepatan server, dan kehandalan. Anda akan memahami perbedaan masing-masing tipe web hosting dan rekomendasi penyedia layanan terbaik untuk setiap tipe hosting.

Baca Bab 2

Bab 3: Perkenalan Domain

Pada bab ini, Anda akan mempelajari tentang domain dan hosting, serta perbedaan antara keduanya. Anda akan mengetahui apa itu domain, bagaimana domain memberikan identitas pada website, dan contoh-contoh domain seperti google.com. Selain itu, Anda juga akan memahami perbedaan antara web hosting dan domain, serta jenis-jenis domain seperti TLD (Top Level Domain), TLDcc, dan sub domain.

Baca Bab 3

Bab 4: Memilih Nama dan Mendaftar Domain

Anda akan dipandu dalam memilih nama domain yang tepat dan mendaftar domain untuk website Anda. Anda akan mempelajari pentingnya nama domain dalam membangun merek, menentukan target pasar, dan menanamkan kepercayaan kepada pengunjung. Bab ini juga akan memberikan aturan sederhana dalam pemilihan nama domain, strategi memilih nama domain, serta merekomendasikan tempat terbaik dan terpercaya untuk mendaftar domain. Anda juga akan memahami pentingnya data WHOIS dan privasi domain.

Baca Bab 4
Apa-itu-Nameserver-dan-DNS-1

Bab 5: Nameserver & DNS

Pada bab ini, Anda akan mempelajari tentang nameserver dan DNS (Domain Name System). Anda akan belajar tentang pentingnya nameserver dalam menghubungkan alamat IP dengan nama domain website. Bab ini menjelaskan pengaturan nameserver, proses perubahan, propagasi DNS, dan pentingnya menjaga kerahasiaan informasi nameserver Anda. Anda akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana website dapat diakses melalui nama domain.

Baca Bab 5

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hosting
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_hosting_service
http://www.hostingadvice.com/the-basics/
http://www.webhostingsecretrevealed.net/web-hosting-beginner-guide/

72 Komentar

  1. komentator
    Muhammad

    Makasih bang/mba. jujur aja ke sini karena abis gagal interview, pengen banget kerja di hosting gini hehehe

    Mau nanya dikit bang/mba. trus bedanya name server sama subnet mask apa, ya?

  2. komentator
    Didik haryanto

    Terimakasih banyak penasihathosting.com
    Saya lebih tahu apa itu hosting dan domain yg masih sangat awam sekali …recommended sekali bagi yg ingin belajar dasar-dasarnya…thanks penasihathosting.com

  3. komentator
    UWAISALQORNY

    terimakasih banget…….. penasihathosting.com
    saya jadi lebihh mengerti tentang web dan domain buat kalian yang mau belajar dasr2 nya saya recommended banget sama website ini

    thanks…….

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Tergantung dari paket cloud hosting nya. Tiap provider beda-beda. Dan tergantung dari berapa kebutuhan jumlah visitor website mas, mau 10.000/bulan ataupun 1.000.000/bulan pasti selalu ada paket yang sesuai kebutuhan.

  4. komentator
    Juned

    Artikelnya sangat edukatif. Semoga yang mas Randi usahakan senantiasa berkah.

    Saya mau tanya terkait migrasi dari blog wordpress ke website/self-hosted. Kalau blog saya sudah punya traffic yang lumayan dan saya beralih ke website dengan domain yang sama, apakah akan berdampak negatif ke trafficnya? Step nya seperti apa seharusnya. Kalau kita ingin merintis dari blog dan berangsur membangun website sendiri.

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Aamiin, terima kasih doanya mas Juned πŸ™‚

      Menurut saya, kalau dengan domain yang sama dan konten yang sama, saya pikir tidak akan ada masalah. Ini sama seperti ganti hosting dari WordPress.com ke self-hosted, kecuali domainnya mas masih menggunakan sub-domain.
      Caranya mudah kok karena di WordPress.org sudah ada fitur import semua post dan pages, comment, custom field, dll dari WordPress.com.

  5. komentator
    Abraham

    Trims mas Willya unt artikelnya.. sy ada bbrp pertanyaan :
    – berarti baik hosting shared, vps, dedicated itu semua sewa y?
    – kalo unt website marketplace spt tokopedia, bukalapak itu kr2 pakai yg mana mas? tetap sewa salah satu jenis di atas atau punya sendiri y?
    – pertanyaan ke3 mgkn agak OOT, bisa tlong jelaskan soal SSL mas? jenis2 dll? atau mgkn sdh ada artikelnya? sy masih bingung soal SSL soalnya

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      -Iya mas, betul. Hosting itu akadnya sewa, bisa sewa bulanan, tahunan, dua tahunan, dsb.
      -Kalau tidak salah Tokopedia pakai Alibaba Coud dengan lokasi server di Singapore, kalau Bukalapak saya tidak tahu, sepertinya lokasi server Bukalapak di Jakarta. tapi kalau mas mau tahu, perusahaan sekelas Apple saja hostingnya masih sewa di Amazon AWS dan jangan tanya berapa miliar Apple habiskan untuk sewa hosting per bulannya.
      -Ini agak panjang mas kalau mau di jelaskan. Butuh artikel tersendiri. Mas nya bisa baca di artikel ini ya soal SSL: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-ssl/

      Semoga menjawab.

  6. komentator
    Heriecool

    Hallo mas
    Sangat bermanfaat sekali artikel ini.
    Saya pemula untuk lebih mengenal n memahami tentang web hosting dan sebagainya.
    Untuk pemula cara yang paling mudah dan langkah apa yg harus saya lakukan untuk memulai bermain web hosting ini?
    Dan apa bisa memulai nya dengan smartphone yg saya gunakan?
    Mohon di bantu
    Terima kasih

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Halo, saran saya sebaiknya panduan web hosting nya dibaca lagi sampai tuntas πŸ™‚

  7. komentator
    FAL

    Terima kasih untuk sharing artikel nya. Skrg saya jd lebih mengerti tentang dunia per internet an.
    Sukses selalu.

  8. komentator
    labuan bajo

    slamat malam mas, maaf di tahun 2019 ini saya masih bertanya, karena selama ini sibuk dunia offline. maaf kalau pertanyaannya salah ini ya mas. sebenernya utk domain dot com saya udah lumayan lama membelinya dari rumahweb (mungkin 6 tahun lalu lah) tapi hostingnya selama ini masih pake blogspot gratisan. bbrp tahun terakhir pengin beli hosting, tapi saya bingung mas, bingungnya gini:
    1. kalau beli hosting baru itu ibarat beli rumah kosong tanpa furniture polos ya mas?
    2. apa kira2 dgn hosting berbayar nanti saya harus upload & rekap ulang semua yg di blogspot atau cukup transfer fileΒ² mas?
    3. templatenya itu bisa berubah juga atau gimana nanti ya mas? soalnya selama ini saya pake template blogspot dari blogger yg saya udah suka banget, apa kalau saya pakai di hosting baru bisa mas?
    ini yg jadi pertanyaan slama ini. mohon maaf karena ilmu saya minim sekali, selama ini asal2an aja ibarat main2an. makasih ya mas, salam πŸ™‚

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      1. Iya. Saya sarankan panduan ini dibaca sampai habis agar mengerti apa itu web hosting
      2. bisa di transfer kok dari blogspot
      3. tergantung, kalau di WordPress ada template yang sama dengan yang mas pakai sekarang, bisa saja dipakai. Tapi kalau tidak ada, bisa cari yang lebih baik.

  9. komentator
    Fajar

    Saya mau bertanya, untuk memulai website bisnis dari nol saya berniat menggunakan hosting wordpress dengan domain yg berbeda, namun untuk menuju profesional jika nantinya besar dan ingin pindah ke penyedia hosting apakah bisa? Atau apakah sebaiknya saya memulai dari penyedia hosting terpisah saja? Terima kasih

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Maksudnya mas mau mulai dari WordPress gratisan di WordPress.com, nanti kalau sudah besar ingin pindah ke hosting berbayar? Saran saya kalau memang serius ingin memulai usaha, langsung saja menggunakan hosting sendiri, dan pilih hosting terbaik untuk kebutuhan mas. Silahkan dibaca rekomendasinya disini: https://penasihathosting.com/

      • komentator
        Fajar

        Terima kasih sarannya, dan saya juga sudah membaca postingan tentang hosting terbaik itu, saya berminat untuk menggunakan hosting niagahoster paket personal dlu, pertanyaan saya selanjutnya layanan hosting yang diberikan itu termasuk apa? Shared hosting atau cloud hosting? Atau bagaimana?
        Ohiya, sebagai pemula atau awam, apakah untuk membuat, membangun, dan mengelola website itu sulit? Jika iya saya ingin belajar juga mas. Terima kasih kasih

  10. komentator
    Zidan

    Wah terima kasih banyak, gan… Sangat membantu sekali buat saya yang ingin mempelajari web hosting, penjelasannya mudah dicerna..
    Sekali lagi terima kasih

  11. komentator
    Andi

    halo. maaf mas saya mau tanya. saya beli hosting + domainnya. apakah memungkinkan jika main domain saya arahkan ke blogspot, sementara saya buat sub domain dan saya arahkan ke hosting yg sudah saya beli?
    sehingga domain saya menjadi,
    contohblog.id —> blog saya di blogspot
    sub.contohblog.id –> hosting bawaan
    Mohon petunjuknya, terima kasih

  12. komentator
    dodo

    selamat siang mas Randika, klu kita beli hosting dapat free domain.. terus jika kita mau pindah hosting, bagimana dengan domain yang kita dapatkan free tersebut? terimakasih.

  13. komentator
    gunawan

    mantap sekali artikel nya memotivasi saya.. sebelum nya maaf kang saya mau tanya sekaligus mau sharing. oya, nama saya gunawan dari bogor.
    saya sekarang lagi nganggur, dan saya punya rencana mau usaha hosting dan domain (reseller).
    pertanyaan saya, kira2 bisa ga ya, kalau sy berlangganan di satu hosting server, tp sy ingin membeli produk (domain/hosting) di hosting server yang berbeda?

    kalau bisa, tolong pencerahan dan bantuan nya ya kang.
    trimakasih

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Ini maksudnya gimana ya kang? Akang ingin berlangganan di satu provider hosting, tapi ingin membeli produkna di provider yang berbeda? Saya kurang tangkap ini maksudnya. Apakah maksudnya website jualan akang dengan produk jualan (reseller hostingnya) yang berbeda provider, begitu? Jika benar begitu tentu saja bisa.

  14. komentator
    Erland

    Terima kasih penjelasannya sangat membantu untuk saya yang pemula di dunia web.

    Ingin sedikit konsultasi.
    Sebelumnya, saya punya web yang hanya membeli domain, hostingnya masih ‘numpang’ gratisan di blogger karena sejujurnya saya masih belum paham tentang hosting, hingga saya berusaha memperdalam pengetahuan dan akhirnya melihat artikel bermanfaat ini.

    Saya ingin mengembangkan web saya dengan menggunakan hosting berbayar. Saya minta pendapat, lebih baik menggunakan hosting ‘biasa’ (maaf saya tidak tau bahasa yang tepat untuk menyebutnya apa) atau hosting wordpress? Apa kelebihan dan kekurangannya hosting wordpress?
    Oh iya, kebutuhan saya adalah web bisnis, mempromosikan bisnis. Ingin web bisnis dan produk saya mudah ditemukan oleh calon pelanggan di mesin telusur seperti Google.

    Sekian, maaf kalau terlalu panjang. Semoga mudah dipahami. πŸ™‚

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Kalau kamu berencana menggunakan WordPress, sebaiknya pilih WordPress hosting karena WP hosting sudah didesain sedemikian rupa supaya lebih optimal pada platform WP dan juga page load time websitenya akan lebih cepat pada WP hosting. Itu kelebihannya, kekurangannya dibanding shared hosting yang umum si tidak ada, hanya saja WP hosting khusus buat website WordPress saja loh ya.

  15. komentator
    Muhamad Syafei

    Makasih mas atas infonya buat saya yg masih baru sangat menambah wawasan, saya mau tanya, kalau mau usaha menyewakan hosting
    1. Kemana ya tempat yg menjual hosting untuk kita sewakan kembali
    2. Keterampilan apa aja untuk bisa memulai usaha sewa hosting ini
    3. Berapa total biayanya untuk memulai usaha ini
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Pertama, saya bukan pemain, jadi tidak tahu secara tepat bagaimana cara memulai bisnis web hosting ini. Jadi ini hanya pendapat pribadi saja yang bukan dari praktisinya:
      1. Boleh mulai dari reseller hosting terlebih dahulu.
      2. Mengerti dan memahami selak beluk web hosting, domain dan website baik secara teori dan teknikalnya.
      3. Biaya tergantung budget mas Syafei. Reseller hosting mulai dari sekitar $20/bulan.

  16. komentator
    AriefLuky

    Superb! Sangat bermanfaat sekali artikelnya mas Randi. Terutama bagi saya yg masih awam dalam dunia hostingdan akan memulainya. Satu hal yg ingin saya tanyakan apakah materi tsb ersedia dalam format pdf yg bisa diunduh? Terima kasih. Salam sukses..

  17. komentator
    Bisma

    Terima kasih sudah berbagi informasi ini, tp saya masih bingung mengenai name server, apakah penting untuk pemula seperti saya memahami betul apa itu karena di atas anda menyebutkan bahwa “… dapat timbul masalah yang cukup serius jika informasi name server digunakan oleh domain yang spam.” maksudnya digunakan oleh domain spam itu bagaimana?

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Maksudnya adalah domain/website yang dibuat untuk tujuan yang jelek/buruk, miisalnya spamming email. Atau bisa saja website yang isinya terlalu over SEO On pagenya, seperti penggunaan keyword yang over, banyaknya artikel yang sama/duplicate, dsb.

  18. komentator
    rosyidi

    saya mau tanya sy tidak perlu domain tapi saya butuh hosting (VPS) hanya web hosting bisa ngga ya trims.
    maksud saya bisa di bukakah web nya tapi hanya orng tertentu yg bisa buka karna masing2 di berikan username dan password

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Sepertinya Anda tidak membaca panduan ini ya. Maksud saya, bagaimana mungkin orang mau berkunjung ke rumah Anda (web hosting), tapi Anda tidak berikan alamatnya (domain), kira-kira orang tsb bakal sampai ga kerumah Anda? πŸ˜›

  19. komentator
    Iip aripin

    Luar biasa kang WR… Penjelasanya benar2 bermanfaat.. oh ya maaf perkenalkan saya iip Aripin sy adalah korban PHK saat ini sy ingin mencoba membuka toko online.. mohon saran nya u/ membuat toko online domainnya yang baik com atau co.id dll. Untuk hosting harus ke mana saya mendaftarkannya saya benar2 sebagai.. pemula banget thx

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Untuk pemiihan domain ini jangan tanyakan sama saya, terserah Akang mau yang mana πŸ™‚ Tapi kalau mau pakai .co.id harus dipersiapkan dokumen surat ijin usaha. Dan untuk pemilihan hosting bisa baca panduannya disini: https://penasihathosting.com/

  20. komentator
    Han Han

    Mas/Mba permisi, aku udah punya domain tapi masih ngehost ke blogger, nah kemaren saya daftar pesen hosting. udah dapet, tapi saya kebingungan.
    Apakah ada panduan link tutorial, cara mengelola website hosting native, untuk pemula yg masih awam,

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Hosting native maksudnya apa ya mas? Web hosting tidak perlu dikelola mas, cukup di pahami saja. Silahkan dibaca panduan ini sampai habis untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang web hosting. Kalau sudah, selanjutnya bisa dibaca panduan cPanel disini: https://penasihathosting.com/panduan-cpanel/

  21. komentator
    Andi

    Terima kasih, penjelasannya luar biasa mudah. Mau tanya, seandainya saya membuat sebuah web dengan web hosting lokal, lalu suatu saat saya ingin pindah ke web hosting luar negri, apakah bisa dilakukan? Terima kasih banyak

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Sangat bisa mas, itu mudah sekali dilakukan, bahkan kebanyakan dari mereka (hosting luar negeri) mau mentransfer web mas dari hosting lokal ke hosting mereka secara gratis.

      • komentator
        windu

        halo mas
        saya mau tanyak hosting sya lokal nah sya mau pindah ke hosting luar negeri , cara ngerubah nya gmna mas?
        tolong di bantu mas
        sya masih bingung
        trimaksi

        • admin
          Willya RandikaHosting reviewer

          Mas sekarang hosting di provider mana? Minta saja kepada provider hosting mas untuk diganti servernya dari lokal ke luar negeri.

  22. komentator
    Lisian

    Hi,
    saya sedang belajar buat web dengan memakai free template yang banyak tambahan gambar, audio dan video (bukan wordPress dll) sekarang mau percobaan untuk publish kan.
    Apakah terlalu berlebihan bila pakai VPS?
    Tolong kasih saran.
    Terimakasih

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Hi, menurut saya iya berlebihan menggunakan VPS hosting hanya untuk tujuan belajar. Solusinya kamu bisa menggunakan localhost saja.

  23. komentator
    Andar

    Halo mas,
    Terimakasih atas penjelasannya

    Oh ya, apakah untuk penggunaan toko online lokal, hosting dari niaga hoster masih tetap mas rekomendasi?

    Bagaimana dengan hosting di dewaweb, ?

    Terimakasih mas. Salam

  24. komentator
    wildan

    Terimakasih banyak mas atas ilmunya. Untuk seorang pemula semuanya mudah dicerna. saya sudah punya website dan berjalan beberapa bulan kebelakang. rencana nanti ingin pindah hosting. Apah di web ini ada artikel yang berhubugan dengan perpindahan itu mas? kalo ada, linknya. kalo ngga ada bisa jadi bahan lagi tuh hehe

  25. komentator
    wahyu

    Selamat malam mas, mohon maaf sebelumnya, saya baru permula dan ingin belajar membuat hosting, apakah buku mas bisa di download?? kalau bisa tolong share dong web nya saya sangat membutuhkan nya

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Saya tidak menyediakan buku mas, silahkan dibaca saja langsung dari halaman ini panduannya.

  26. komentator
    Indra

    Malem mas, terima kasih saya ada 2 pilihan ini mas andika untuk menggunakan hosting yaitu rumahweb dan idcloudhost yg satu share hosting satu lagi cloud host. Lebih baik ambil yg mana sih mas jika anda jadi saya.
    2. Saat ini saya mempunyai Fokus online shop di instagram, dan BL. Saya menggunakan nama saya di toko tersebut. Rencana nama saya, saya jadikan domain utk website olshop. Jika nama domain pakai nama saya, apakah berpwngaruh dalam fitur tools dalam seo??

    Terima kasih mas

  27. komentator
    Dipa

    mas saya mendapat error 404 not found. di salah satu link website saya. saya mendapat error karena ada file di index.html yg tidak lengkap (kurang .html nya). tpi setelah saya perbaiki, kenapa error 404 nya msih muncul? kalau di tab websitenya saya isi .html baru mau menuju linknya..
    tolong bantuannya

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Maaf mas, ini saya kurang mengerti maksudnya. Mas boleh kirim pertanyaan langsung ke email saya di randi(at)penasihathosting(dot)com ya supaya lebih cepat. Tolong juga kasih tahu link yang matinya biar saya bantu cek dari sini. Kalau tidak tahu url nya saya tidak bisa cek langsung.

  28. komentator
    FERRY

    Terima kasih mas Randika. Tulisan Anda sangat membantu saya sbg newbie utk memahami seluk-beluk seputar topik tsb diatas.

  29. komentator
    jetli

    sungguh sangat bermanfaat sekali stelah saya membaca dengan telitit dan mudah untuk di pahami bagi orang awam/pemula seprti saya. trimakasih untuk penasehat hosting yang telah berbagi.

    saya ingin, bertanya. Mungkin sedikit menyimpang dari apa yang telah di sampaikan mengenai seputar dan seluk beluk web hosting,
    menurut penasihathosting.com dimana saya dapat memperoleh informasi atau jasa layanan paypal yang trust untuk seorang pemula? karna terlau bayak refrensi dan sulit dipahami mengenai paypal.
    Trima kasih.

    regards,

    jetli

    • admin
      Randika PHHosting reviewer

      Halo mas Jetli. Saya senang panduan ini dapat bermanfaat bagi mas dan semua orang.
      Mengenai PayPal, ini maksudnya mas mau bikin account PayPal baru atau mau membeli balance PayPal dari seller yang terpecaya? Kalau soal ini, mas bisa kontak saya via email saja ya dengan mengunjungi halaman kontak di blog ini, karena pertanyaannya diluar topik πŸ™‚

  30. komentator
    ishad

    Sedikit melenceng mas. Saya mau tanya

    Setelah domain saya gunakan hampir 1 tahun di platfrom blogger sya berniat ingin membuat sub domain tersebut. Kebetulan ada hosting gratisan dari provider domain yg saya beli jadi saya gunain itu. Setelah hosting active saya langsung ngaarahin domain ke hosting melalui update name server. Tetapi yg jadi masalah kenapa sekarang blog tidak bisa di akses ?

    Apa yg harus di setting pada cpanel ?

    Domain saya menggunakan SLL dari cloudflare sebelumnya mas.

    • admin
      Randika PHHosting reviewer

      jadi domainnya mas Ishad awalnya diarahkan ke blogspot/blogger dan kemudian karena ingin menggunakan sub domainnya untuk membuat website dihosting gratisan lalu mas Ishad mengarahkan nameservernya ke hosting gratisan tersebut?

      Tentu saja blog yang di blogspot tidak dapat diakses, karena nameservernya sudah diarahkan ke hosting tsb (tidak lagi mengarah ke blogspotnya mas Ishad).
      Saya sejujurnya tidak banyak mengetahui blogspot, tapi menurut saya ini tidak bisa dilakukan.
      Jadi mas Ishad perlu memilih menggunakan self-hosted atau yang free hosted-blogspot.

      Semoga menjawab πŸ™‚

  31. komentator
    Alifathun Sidiq

    mas misal kita beli domain+hostingnya juga dan kebetuan ketika pertama saya registrasi dapet domain free dari harga yang ditawarkan ,setelah diaktifasi saya kebingungan mengenai domain free yg diberikan tersebut untuk bisa digunakan .nah yang saya mau tanyakan ,apakah domain free yg dimaksudkan provider tersebut adalah addon atau apa ? saya kurang paham karena masih baru,masalahnya tidak ada cantuman keterangan di cPanel milik akun saya … mohon bantuannya ya ? terima kasih

    • admin
      Randika PHHosting reviewer

      Biasanya, hampir semua provider hosting, ketika mas beli hosting + dapet free doamin dari mereka atau kalau engga dapet free domainpun (mas tetep bayar beli domain di provider hosting yang sama), domainnya itu istilahnya sudah nancep mas di cPanelnya (nameservernya domain tersebut sudah terarah langsung ke hostingnya mas), jadi ga perlu di addon kan lagi domainnya.

Comments are closed.