Review IDCloudHost

Hosting Ini Masih Memiliki Masalah Serius di Uptime

Review IDCloudHost ini belum kami update dengan data penelitian terbaru. Anda bisa merujuk ke halaman ini untuk melihat rekomendasi hosting berdasarkan data penelitian update Oktober 2020.

__CONFIG_colors_palette__{"active_palette":0,"config":{"colors":{"17ee7":{"name":"Main Accent","parent":-1}},"gradients":[]},"palettes":[{"name":"Default Palette","value":{"colors":{"17ee7":{"val":"hsla(var(--tcb-main-master-h, 210), var(--tcb-main-master-s, 77%), var(--tcb-main-master-l, 54%), 1)"}},"gradients":[]},"original":{"colors":{"17ee7":{"val":"rgb(19, 114, 211)","hsl":{"h":210,"s":0.83,"l":0.45}}},"gradients":[]}}]}__CONFIG_colors_palette__
Temukan rekomendasi hosting terbaik update Oktober 2020
__CONFIG_group_edit__{}__CONFIG_group_edit__
__CONFIG_local_colors__{"colors":{},"gradients":{}}__CONFIG_local_colors__

Oleh Willya Randika | June 13, 2020 | 45 Komentar


Terakhir Diupdate: Juni 2020

IDCloudHost adalah salah satu wajah baru dalam dunia web hosting tanah air, awalnya didirikan pada bulan Juni tahun 2015.

IDCloudHost memang baru berusia 5 tahun, tetapi dalam kurun waktu 5 tahun ini, mereka mengklaim telah memiliki jumlah pengguna layanan lebih dari +80.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan mananegara.

Review IDCloudhost

Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi perusahaan hosting yang masih relatif baru ini bukan?

Mungkin Anda bertanya-tanya: Apa yang IDCloudHost Lakukan?

Sesuai namanya, IDCloudHost sudah menggunakan teknologi cloud terbaru, tidak lagi menggunakan teknologi klasik.

Dan seharusnya dengan teknologi cloud terbaru, speed web server mereka bisa lebih cepat dan uptimenya lebih stabil dibandingkan para pesaingnya yang masih menggunakan teknologi web hosting klasik.

Dari yang saya baca dihalaman resminya, IDCloudHost mengatakan bahwa mereka menggunakan prosesor tercepat di pasar Cloud Hosting saat ini, yaitu Intel E5 Processors dan juga menggunakan SSD pada storage mereka.

Bahkan mereka mengklaim jaminan uptime 99,99%.

Wo-hoo! Itu adalah klaim yang sangat berani.

Saya beritahu Anda: Semua web hoster suka sekali berbohong berlebih-lebihan dalam hal klaim untuk mempromosikan situs mereka.

Klaim-klaim seperti yang paling cepat, uptime 99,99%, support terbaik, harga hosting termurah itu sudah menjadi barang dagangan ampuh untuk meyakinkan pelanggan baru.

Dan seperti review saya yang sudah-sudah. Klaim-klaim dari perusahaan web hosting belum tentu sesuai dengan kenyatannya, apalagi klaim jaminan uptimenya.

Bahkan dalam penelitian saya selama 10 bulan terakhir ini, hanya ada 1 perusahaan yang uptime nya benar-benar diatas 99,90%.

Bagaimana dengan IDCloudHost?

Saya telah membeli paket hosting IDCloudHost "Starter Pro", lalu mengetesnya pada sebuah blog WordPress. Tujuannya adalah untuk mengetahui uptime, page load time dan layanan supportnya, sehingga 


Rangkuman Review


Overall Rating:

2.5 / 5

Uptime

Rata-rata uptime IdCloudHost masih buruk. Dari hasil monitoring terbaru menunjukan server mereka mengalami down selama lebih dari 24 jam dalam 10 bulan terakhir, meskipun sepertinya mulai ada perbaikan dalam 2 bulan terakhir monitoring.

Speed  

Saya pikir rata-rata page load time nya hanya 'OK' saja, artinya tidak cepat, tapi tidak lambat juga (1,02 detik). Agaknya teknologi cloud yang mereka gunakan tidak terlalu membantu untuk meningkatkan load time website klien.

Support

Supportnya cepat, baik melalui live chat ataupun tiket. Juga tersedia selama 24 jam. Tapi support yang berbau teknis, prosedurnya harus melalui tiket, tidak bisa dilayani via live chat.


Kelebihan Menggunakan IDCloudHost

Setelah melakukan monitoring performa dalam 10 bulan ini, saya bisa menyimpulkan apa-apa saja yang menjadi kelebihan IDCloudhost berikut ini.

1. Rata-rata Page Load Time yang Hanya 'OK' (1,02 Detik)

IDCloudHost sudah menggunakan prosesor tercepat di pasar cloud hosting saat ini dan mereka juga sudah menggunakan SSD storage, masih ingat?

Jujur saja, ekspektasi saya lumayan besar sejak awal monitoring dilakukan.

Monitoring dilakukan dari awal September 2019 dan selama 9 bulan terakhir ini kecepatannya ternyata tidak secepat klaim yang mereka sebutkan. Saya pikir hanya 'OK' saja. Tidak cepat - tidak lambat juga.

Waktu load halaman yang hanya 'OK' ini sayangnya tidak diiringi dengan server yang stabil yang akan saya bahas nanti.

BULAN

PAGE LOAD TIME

September 2019

0,779 Detik

Oktober 2019

0,678 Detik

November 2019

0,918 Detik

Desember 2019

1,19 Detik

Januari 2020

1,19 Detik

Februari 2020

0,985 Detik

Maret 2020

1,05 Detik

April 2020

1,08 Detik

Mei 2020

1,17 Detik

Secara keseluruhan rata-rata speed nya adalah 1,02 detik.

IdCloudHost Page Speed Test Report

Di Test dari Server Singapore. Data real time bisa diakses disini.

2. Layanan Support yang Cukup Baik. Saya Pikir 7/10

Untuk mengetahui seberapa baik layanan supportnya, saya melakukan pengetesan melalui live chat. Saya menanyakan beberapa pertanyaan dasar saja tentang bagaimana cara menambahkan sub domain di cPanel, juga menanyakan tentang lokasi server yang stabil uptimenya.

Pesan saya ditanggapi kurang dari 5 menit, yang mana ini sangat bagus.

Mereka transparan soal server dengan mengatakan bahwa lokasi server di Singapore dan Indonesia banyak peminatnya dan membuat server kemungkinan lebih sering mengalami down karena ramainya aktivitas pada server.

chat-IdCloudHost
chat-IdCloudHost-2
chat-IdCloudHost-3

Tetapi, sayangnya jika Anda menanyakan pertanyaan yang agak technical seperti bagaimana cara menambahkan sub domain, mereka hanya akan mengirimkan link ke panduan mereka, alih-alih memandu dari A sampai Z atau hingga masalah Anda selesai.

Sebagai informasi, support seperti ini sudah menjadi standar baku di Indonesia (bukan sebuah pertanda yang bagus, ya kan?).

Apalagi jika Anda mengetahui bahwa sudah banyak hoster luar melakukan pendekatan yang lebih melayani seperti Siteground.

Jadi, saya pikir nilai 7 sudah cukup baik.

3. Pilihan Paket Hosting Fleksibel (+Tersedia Juga Pilihan Paket Hosting yang Menggunakan Plesk Panel)

IDCloudHost menawarkan 2 pilihan paket cloud hosting, yaitu cloud hosting yang menggunakan cPanel dan yang menggunakan Plesk Onyx.

Sebenarnya, tidak banyak hoster Indonesia yang menawarkan hosting dengan Plesk. Ada Masterweb dan IdCloudHost sejauh ini. Kabar baik bagi Anda yang lebih suka menggunakan Plesk, ya kan? 🙂

Namun, pada dasarnya kedua control panel ini tidak jauh berbeda, hanya saja pengguna di Indonesia sudah lebih dulu familiar dengan cPanel (untuk pemula saya juga menyarankan cPanel).

4. Harga Hosting yang Murah dan Adil

Harga hosting di IDCloudHost termasuk yang termurah jika saya bandingkan dengan semua web host lokal lainnya yang saya review.

Bahkan, Anda juga bisa berlangganan secara bulanan dengan harga yang sangat adil. Tidak ada permainan harga atau trik-trik yang mereka lakukan untuk memaksa konsumen memilih paket yang lebih mahal.

Faktanya, tidak banyak hosting yang adil seperti ini. Hanya ada 6 dari 19 provider yang saya review sejauh ini dan IDCloudHost adalah salah satunya.

Harga hosting IDCloudHost sangat fair

5. Memberikan Garansi Selama 30 Hari Tanpa Syarat

Sebelumnya, IDCloudhost hanya memberikan garansi selama 10 hari saja dan jelas itu adalah sebuah kekurangan, tapi pada akhir Maret 2019 saya mendapatkan pemberitahuan bahwa mereka memperpanjang masa garansi menjadi 30 hari.

Bagusnya lagi, garansi 30 hari ini tidak memiliki aturan yang ketat alias garansi nya tanpa syarat!

Hanya ada t7 dari 19 provider yang saya review yang memberikan garansi yang adil ini kepada konsumen barunya, dan IDCloudHost adalah salah satunya.

Dua jempol untuk IDCloudHost.

6. Gratis Domain dan Migrasi atau Transfer Hosting

Bagi Anda yang sudah memiliki website dan di hosted kan ditempat lain, IDCloudHost akan membantu mentransfer/migrasi website Anda secara gratis (plus diberikan diskon hosting 50%).

Dan bagi Anda yang baru memulai membuat website, Anda akan mendapatkan gratis domain 1 tahun, sayangnya ini hanya akan Anda dapatkan apabila berlangganan minimal paket "Business Pro" berdurasi 1 tahun.

7. Menjalankan Program Sosial Untuk Membantu Orang Banyak

Saya pikir ini boleh dimasukkan kedalam salah satu kelebihan IDCloudHost. Bukan soal layanannya, tapi apa yang mereka lakukan untuk membantu orang banyak patut diapresiasi.

IDCloudHost memiliki program CSR seperti:

  1. Program Beasiswa: Pemuda/i Indonesia akan diberikan beasiswa hingga lulus + diberikan pengalaman kerja dan manfaat lainnya.
  2. Program NGO Digital: Akan diberikan hosting gratis, domain hingga pembuatan website bagi NGO atau Non Goverment Organization dengan syarat dan ketentuan tertentu dengan tujuan untuk membantu NGO memperluas dampaknya melalui akses digital.
  3. Program Ekabima: Dengan tujuan untuk membangun Indonesia maju. IdCloudHost membantu sekolah-sekolah untuk mendapatkan hosting dan domain .sch gratis, hingga pembuatan website secara gratis juga dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Program CSR IdCloudHost

Kekurangan Menggunakan IdCloudHost

Persoalan server yang tidak stabil menjadi masalah serius bagi IdCloudHost.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk (99,63%)

Dalam 10 bulan saya memonitoring server IDCloudHost, saya menemukan bahwa rata-rata uptime mereka masih buruk. Ini berbeda dengan apa yang mereka janjikan (IDCloudHost menggaransi uptime 99,99%).

Hosting dengan server yang cepat dan dukungan support yang bagus adalah faktor yang kritis.

Namun, apabila ada ketidak konsistenan dan website sering mengalami down dalam jangka waktu yang lama, saya pikir itu adalah masalah yang lebih lebih serius.

Jadi, rata-rata uptime IdCloudHost dalam 10 bulan ini adalah 99,63%. Itu artinya, server mereka sudah down lebih dari 24 jam dari total 161 outages.

IDCloudhost uptime test report

Data real time uptime bisa diakses disini.

Berikut detail rata-rata uptime IdCloudHost dari bulan ke bulan:

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

Agustus 2019

99,23%

6 Jam

26x

September 2019

99,98%

7 Menit

4x

Oktober 2019

99,97%

13 Menit

5x

November 2019

99,56%

3 Jam

42x

Desember 2019

98,30%
(maintenance server)

13 Jam

17x

Januari 2020

99,95%

24 Menit

10x

Februari 2020

99,66%

2 Jam

11x

Maret 2020

99,83%

1 Jam

18x

April 2020

99,90%

42 Menit

13x

Mei 2020

99,94%

25 Menit

9x

Jika melihat data dari bulan ke bulan diatas, yang menjadi persoalan IDCloudhost adalah ketidakstabilan server. Terkadang uptime nya bagus, terkadang buruk. 

Jika Anda mengetahui bahwa pada review IDCloudHost sebelumnya, saya mengatakan bahwa uptime IDCloudHost adalah yang terburuk dalam industri.

Rata-rata uptime IdCloudHost review sebelumnya

Namun pada bulan Maret 2019 saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa IDCloudhost sedang melakukan upgrade teknologi software dan hardware untuk meningkatkan performa.

Perbaikan yang dimaksud sepertinya sudah mulai kelihatan dari sisi uptime, tapi 2 bulan bukanlah waktu yang ideal untuk menyimpulkannya, jadi kita akan lihat data uptime+load time IDCloudhost untuk bulan-bulan selanjutnya insya Allah.

2. Gagal Dalam Test Load Impact

Pada update April 2020 ini, saya menambahkan faktor penilaian baru dalam review IDCloudHost ini, yaitu Load Impact.

Sebelumnya, apa itu Load Impact?

Secara singkat, dengan adanya test load impact, Anda bisa melihat bagaimana response server IDCloudHost dalam meng-handle traffic yang ramai. Idealnya, kecepatan website harus sama cepatnya baik ketika pengunjung pertama datang, maupun ketika pengunjung kesekian, katakanlah ke-5, ke-15 atau ke-25 datang. Nah, alat terbaik untuk mencapai hal ini adalah Load Impact.

Dan sama seperti pengujian pada provider hosting lainnya, saya mengirimkan 15 hingga 25 virtual user (bisa disebut pengunjung juga), untuk menjelajahi website test IDCloudHost sehingga kita bisa melihat apakah kecepatan website (load time) tetap stabil atau malah melambat seiring meningkatnya jumlah virtual user (pengunjung).

Test Ke

JUMLAH VIRTUAL USER

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

15 VU

0

1.5K

5.41 detik

4 request/detik

2

25 VU

0

1.6K

8.48 detik

4 request/detik

1

Test Pertama dengan 15 Virtual User

Test diawali dengan 1 virtual user dan terus bertambah hingga 15 virtual user. Durasi test adalah 10 menit. 

Yang perlu Anda perhatikan adalah grafik response times (garis biru) yang terus meningkat (atau melambat) seiring bertambahnya jumlah virtual user. Ini bukanlah pertanda yang bagus.

Apa artinya bagi website Anda? Itu artinya speed website Anda akan terus melambat seiring bertambahnya jumlah pengunjung yang online di website Anda.

Ini terbukti dengan adanya masalah performance yang ditemukan oleh Load Impact, yaitu throughput limit detected, yang mengindikasikan bahwa server menjadi overload karena banyaknya pengunjung yang masuk (15 virtual user sudah serius menciptakan 'kegaduhan' dalam server).

Anda mungkin harus upgrade paket hosting Anda ke yang lebih tinggi atau upgrade ke VPS jika rata-rata pengunjung yang online di website Anda lebih dari 15.

IDCloudHost Load Impact Test 15VU

2

Test Kedua dengan 25 Virtual User

Tidak jauh berbeda dengan test dengan 15 virtual user. Waktu response pada test dengan 25 virtual user juga terus melambat seiring bertambahnya jumlah virtual user.

IDCloudHost Load Impact 25VU

3. Fitur Backup Memiliki Keterbatasan (Backup Otomatis Tidak Dilakukan Setiap Hari)

IdCloudHost menyediakan fasilitas backup otomatis gratis kepada semua pelanggannya, bahkan juga tersedia di paket termurah IdCloudHost, yaitu paket starter.

fitur backup IdCloudHost

Mereka menggunakan fitur JetBackup Premium dimana file website Anda akan di backup secara berkala selama 4x dalam seminggu dan file backup tersimpan selama 30 hari.

Backup selama 4x seminggu tentu menjadi kekurangan untuk website yang di update secara harian seperti website berita. 


Rangkuman Paket Hosting IdCloudHost dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Rangkuman penawaran paket cloud hosting cPanel di IdCloudHost:

Harag hosting IDCloudHost
  • Paket Starter Pro: Harga mulai dari Rp 15.000/bulan. Anda akan mendapatkan storage 1GB, bandwidth unlimited, virtual memory 512MB dan CPU 1 core <- Paket hosting yang saya beli dalam pengetesan ini.
  • Paket Basic Pro: Harga mulai dari Rp 30.000/bulan dengan ketersediaan storage 3GB, bandwidth unlimited, VM 1GB dan CPU 1 core.
  • Paket Entrepreneur Pro: Harga mulai dari Rp 50.000/bulan. Storage 7GB dengan unlimited bandwidth. Virtual memory 2GB dengan CPU 2 core. Di paket ini Anda juga belum mendapatkan fitur add on domain.
  • Paket Business Pro: Harga mulai dari Rp 85.000/bulan dengan jumlah storage 13GB dengan unlimited bandwidth. CPU 3 core dan VM 2GB (sumber daya yang bagus sekali untuk performance website Anda). Oia, Anda juga aka mendapatkan gratis domain dan bisa meminta fitur add on domain mulai dari pada paket ini.
  • Paket Elite Pro: Harga mulai dari Rp 170.000/bulan dengan storage 25GB dan bandwidth unlimited. VM 3GB dan CPU 4 core.
  • Paket Advance Pro: Harga mulai dari Rp 230.000/bulan. Storage 35GB dengan unlimited bandwidth. CPU 5 core dan VM 4GB.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Singapore, Jakarta, London
  • Aktifasi acount: Order akan langsung aktif secara otomatis, tetapi apabila tidak aktif begitu pembayaran Anda lakukan, silahkan konfirmasi pembayaran secara manual dengan mengunjungi halaman: https://idcloudhost.com/panduan/konfirmasi-pembayaran/
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel dan Plesk Onyx
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket "Business Pro"
  • Aktivasi domain: Begitu order aktif, domain tidak bisa langsung aktif. Ini yang dinamakan propagansi domain yang biasanya memakan waktu hingga 48 jam.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan IdCloudHost?

Sayangnya, IdcloudHost masih memiliki masalah yang serius karena rata-rata uptimenya yang masih buruk.

Saya pribadi tidak mau menggunakan hosting dengan server yang sering mengalami down, karena tentu saja itu dapat menghilangkan pendapatan saya sekian persen, tentu Anda sebagai pelaku usaha juga tidak mau itu terjadi pada Anda, bukan?

Karena saya percaya siapapun Anda pastinya menginginkan hosting yang terbaik, yang tidak hanya cepat, namun juga ditunjang oleh server yang stabil dan dukungan support yang bagus.

IDCloudhost gagal di uptime dan load impact, jadi saat ini saya tidak bisa merekomendasikannya kepada Anda.

Kelebihan:

  • Rata-rata page load time yang hanya 'OK', yaitu 1,02 detik
  • Layanan support yang cukup baik (7/10), tapi persoalan teknis hanya bisa dilayani via tiket yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan response
  • Pilihan paket hosting yang fleksibel (+tersedia control panel Plesk)
  • Garansi 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain mulai dari paket Business Pro durasi 1 tahun dan gratis migrasi hosting

Kekurangan:

  • Rata-rata uptime yang buruk (99,63%)
  • Gagal dalam test load impact
  • Fitur backup memiliki keterbatasan dimana backup hanya dilakukan selama 4x dalam seminggu alias website Anda tidak di backup secara harian
Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan layanan hosting dari IdCloudHost? Tertarik untuk membagikannya? Positif atau Negatif! yang penting jujur dan transparan... atau ingin bertanya satu dua hal kepada admin? Silahkan kirimkan saja melalui kolom komentar dibawah ya.
  • Hari ini server singapore mereka pun down, saya sebenarnya agak kecewa sih, entahlah sampa berapa lama situs saya dapat di akses lagi. Buat admin Willya Randika, apakah ada hosting yg rekomended, saya sangat mohon sarannya?

    Terimakasih sebelumnya…

  • Saya pernah kehilangan semua data website saya di ID Cloudhost, katanya karena ada masalah apa gitu kurang detail dijelaskan oleh mereka, tapi sebagai gantinya saya dikasih tambahan 1 tahun untuk layanan saya tersebut. Tapi tetep aja database saya semua hilang 🙁

  • Yap, uptime nya benar-benar buruk…
    Saya mengalami kerugian hampir jutaan karena down semalaman sehingga tidak ada visitor sama sekali.

    Mungkin bbrp hari kedepan saya akan mingrasi dan mencari alternatif lain.
    Sebenarnya saya cukup puas di awal2, karena support nya bagus dan load nya cepat, hanya saja website saya udah lebih dari 3x down.

    Ini tidak bisa di toleransi

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
    >