Review IdCloudHost

Hosting Ini Cepat, Tapi Sayang Masih Memiliki Masalah Serius di Uptime

Review IdCloudHost (Cloud Hosting) ini saya publikasikan setelah melakukan penelitian/monitoring terhadap performance IdCloudHost dalam 3 bulan terakhir (1 Agustus 2019 - 31 Oktober 2019).

Paket hosting yang di uji dalam review ini adalah paket 'Starter Pro'.

Apa Itu IdCloudHost? dan Apa yang Mereka Lakukan?

IdCloudHost adalah salah satu wajah baru dalam dunia web hosting tanah air, awalnya didirikan pada bulan Juni tahun 2015.

IdCloudHost memang baru berusia 4 tahun, tetapi dalam kurun waktu 4 tahun ini, IdCloudHost mengklaim telah memiliki jumlah pengguna layanan lebih dari 40.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan mananegara.

Sebuah pencapaian yang bagus bagi perusahaan hosting yang masih relatif baru ini bukan?

Review IdCloudHost

Apa yang IdCloudHost Lakukan?

Sesuai namanya, IdCloudHost sudah menggunakan teknologi cloud terbaru, tidak lagi menggunakan teknologi klasik.

Dan seharusnya dengan teknologi cloud terbaru, speed web server mereka bisa lebih cepat dan uptimenya lebih stabil dibandingkan para pesaingnya yang masih menggunakan teknologi web hosting klasik.

Dari yang saya baca dihalaman resminya, IdCloudHost mengatakan bahwa mereka menggunakan prosesor tercepat di pasar Cloud Hosting saat ini, yaitu Intel E5 Processors dan juga menggunakan SSD pada storage mereka.

Bahkan mereka mengklaim jaminan uptime 99,99%.

Itu adalah klaim yang sangat berani.

Saya beritahu Anda: Semua web hoster suka sekali berbohong berlebih-lebihan dalam hal klaim untuk mempromosikan situs mereka.

Klaim-klaim seperti yang paling cepat, uptime 99,99%, support terbaik, harga hosting termurah itu sudah menjadi barang dagangan ampuh untuk meyakinkan pelanggan baru.

Dan seperti review saya yang sudah-sudah. Klaim-klaim dari perusahaan web hosting belum tentu sesuai dengan kenyatannya, apalagi klaim jaminan uptimenya.

Untuk mengetahui kebenarannya, saya telah membeli paket hosting IdCloudHost "Starter Pro", lalu mengetesnya pada sebuah blog WordPress. Tujuannya adalah untuk mengetahui uptime, page load time dan layanan supportnya.


Rangkuman Singkat

Rating Keseluruhan:

3.5 / 5 (buruk)

Uptime

Rata-rata uptime IdCloudHost masih belum stabil. Dari hasil monitoring terbaru menunjukan server mereka mengalami down selama 6 jam dalam 3 bulan terakhir

Speed

Server IdCloudHost boleh dibilang cukup responsive. Rata-rata page load time mereka 1,19 detik. Bukan yang tercepat dalam industri (rank #11 dari 19)

Harga

Mengacu pada harga 12 bulan, harga hosting di IdCloudHost termasuk yang termurah saat ini.

Support

Supportnya cepat, baik melalui live chat ataupun tiket. Juga tersedia selama 24 jam. Tapi support yang berbau teknis, prosedurnya harus melalui tiket, tidak bisa dilayani via live chat.


Kelebihan Menggunakan IdCloudHost

Berita baiknya, IdCloudHost merupakan pilihan cloud hosting yang cepat dan ini sudah saya buktikan, ada datanya.

Tapi, cepat saja tidak cukup, untuk mendukung kebutuhan bisnis Anda memerlukan hosting dengan server yang stabil dan juga layanan support yang bagus bukan?

Mari kita lihat apa-apa saja yang menarik dari IdCloudHost berikut ini:

1. Rata-rata Page Load Time yang Cukup Cepat (#11 dari 19)

IdCloudHost sudah menggunakan prosesor tercepat di pasar cloud hosting saat ini dan mereka juga sudah menggunakan SSD storage, masih ingat?

Jujur saja, ekspektasi saya lumayan besar sejak awal monitoring saya lakukan terhadap server IdCloudHost.

Monitoring dilakukan dari awal Agustus 2019 dan selama 3 bulan terakhir ini kecepatannya memang cukup cepat, tapi bukan yang tercepat dalam industri saat ini. Mereka hanya ranked #11 dari 19.

Waktu load halaman yang cepat ini (sayangnya tidak diiringi dengan server yang stabil yang akan saya bahas nanti).

BULAN

PAGE LOAD TIME

Agustus 2019

0,995 detik

September 2019

1,23 detik

Oktober 2019

1,34 detik

Secara keseluruhan rata-rata speed nya adalah 1,19 detik.

IdCloudHost Average Speed

2. Layanan Support yang Cukup Baik. Saya Nilai 7/10

Untuk mengetahui seberapa baik layanan supportnya, saya melakukan pengetesan melalui live chat. Saya menanyakan beberapa pertanyaan dasar saja tentang bagaimana cara menambahkan sub domain di cPanel, juga menanyakan tentang lokasi server yang stabil uptimenya.

Pesan saya ditanggapi kurang dari 5 menit, yang mana ini sangat bagus. Support dilayani oleh Herry. Mereka transparan soal server dengan mengatakan bahwa lokasi server di Singapore dan Indonesia banyak peminatnya dan membuat server kemungkinan lebih sering mengalami down karena ramainya aktivitas pada server.

chat-IdCloudHost
chat-IdCloudHost-2
chat-IdCloudHost-3

Tetapi, sayangnya jika Anda menanyakan pertanyaan yang agak technical seperti bagaimana cara menambahkan sub domain, mereka hanya akan mengirimkan link ke panduan mereka, alih-alih memandu dari A sampai Z atau hingga masalah Anda selesai.

Sebagai informasi, support seperti ini sudah menjadi standar baku di Indonesia, (bukan sebuah pertanda yang bagus, ya kan?).

Apalagi jika Anda mengetahui bahwa sudah banyak hoster luar melakukan pendekatan yang lebih melayani seperti Siteground.

Jadi, saya pikir nilai 7 sudah cukup baik.

Ah, ada kekurangan yang menurut saya agak kritis, dimana support via live chat ini hanya untuk melayani pe

3. Pilihan Paket Hosting Fleksibel (+Tersedia Juga Pilihan Paket Hosting yang Menggunakan Plesk Panel)

IdCloudHost menawarkan 2 pilihan paket cloud hosting, yaitu cloud hosting yang menggunakan cPanel dan yang menggunakan Plesk Onyx.

Sebenarnya, tidak banyak hoster Indonesia yang menawarkan hosting dengan Plesk. Ada Masterweb dan IdCloudHost sejauh ini. Kabar baik bagi Anda yang lebih suka menggunakan Plesk, ya kan? 🙂

Namun, pada dasarnya kedua control panel ini tidak jauh berbeda, hanya saja pengguna di Indonesia sudah lebih dulu familiar dengan cPanel (untuk pemula saya juga menyarankan cPanel).

Harga paket hostingnya juga boleh dikatakan murah. Dengan storage 1GB, bandwidth unlimited dan CPU 1 core Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp 15.000/bulannya.

Sebagai informasi tambahan, IdCloudHost juga menawarkan VPS Server dan Dedicated Server Hosting.

4. Memberikan Garansi Selama 30 Hari Tanpa Syarat

Sebelumnya, IDCloudhost hanya memberikan garansi selama 10 hari saja dan jelas itu adalah sebuah kekurangan, tapi pada akhir Maret 2019 saya mendapatkan pemberitahuan bahwa mereka memperpanjang masa garansi menjadi 30 hari.

Bagusnya lagi, garansi 30 hari ini tidak memiliki aturan yang ketat alias tanpa syarat!

Hanya ada enam web host yang saya review yang memberikan garansi yang adil ini kepada konsumen barunya, dan IdCloudHost adalah salah satunya.

Jadi, dua jempol untuk IdCloudHost.

5. Gratis Domain dan Migrasi atau Transfer Hosting

Bagi Anda yang sudah memiliki website dan di hosted kan ditempat lain, IdCloudHost akan membantu mentransfer/migrasi website Anda secara gratis (plus diberikan diskon hosting 50%).

Dan bagi Anda yang baru memulai membuat website, Anda akan mendapatkan gratis domain 1 tahun, sayangnya ini hanya akan Anda dapatkan apabila berlangganan minimal paket "Business Pro" berdurasi 1 tahun.

6. Menjalankan Program Sosial Untuk Membantu Orang Banyak

Saya pikir ini boleh dimasukkan kedalam salah satu kelebihan IdCloudHost. Bukan soal layanannya, tapi apa yang mereka lakukan untuk membantu orang banyak patut diapresiasi.

IdCloudHost memiliki program CSR seperti:

  1. Program Beasiswa: Pemuda/i Indonesia akan diberikan beasiswa hingga lulus + diberikan pengalaman kerja dan manfaat lainnya.
  2. Program NGO Digital: Akan diberikan hosting gratis, domain hingga pembuatan website bagi NGO atau Non Goverment Organization dengan syarat dan ketentuan tertentu dengan tujuan untuk membantu NGO memperluas dampaknya melalui akses digital.
  3. Program Ekabima: Dengan tujuan untuk membangun Indonesia maju. IdCloudHost membantu sekolah-sekolah untuk mendapatkan hosting dan domain .sch gratis, hingga pembuatan website secara gratis juga dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Program CSR IdCloudHost

Kekurangan Menggunakan IdCloudHost

Sebenarnya dengan kelebihannya dalam hal kecepatan dapat membuat IdCloudHost berada pada peringkat atas dalam daftar hosting terbaik di Indonesia.

Sayangnya, persoalan server yang tidak stabil menjadi masalah serius bagi IdCloudHost.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk (#11 dari 19)

Dalam 3 bulan saya memonitoring server IdCloudHost, saya menemukan bahwa rata-rata uptime IdCloudHost masih buruk. Ini berbeda dengan apa yang mereka janjikan (IdCloudHost menggaransi uptime 99,99%).

Hosting dengan server yang cepat dan dukungan support yang bagus adalah faktor yang kritis.

Namun, apabila ada ketidak konsistenan dan website sering mengalami down dalam jangka waktu yang lama, saya pikir itu adalah masalah yang lebih lebih serius.

Jadi, rata-rata uptime IdCloudHost dalam 3 bulan ini adalah 99,73%.

Berikut detail rata-rata uptime IdCloudHost dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

Agustus 2019

99,23%

September 2019

99,98%

Oktober 2019

99,97%

Sebenarnya jika melihat data 2 bulan terakhir, yaitu bulan September dan Oktober, rata-rata uptime IdCloudHost sangat mengesankan. 

Jika Anda tahu bahwa pada review IdCloudHost sebelumnya, saya mengatakan bahwa uptime IdCloudHost adalah yang terburuk dalam industri.

Rata-rata uptime IdCloudHost review sebelumnya

Pada bulan Maret 2019 saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa IDCloudhost sedang melakukan upgrade teknologi software dan hardware untuk meningkatkan performa.

Saya belum bisa memastikan bahwa perbaikan yang dilakukan IdCloudHost inilah yang menjadi alasan kestabilan uptime server IdCloudHost dalam 2 bulan terakhir.

Tapi yang jelas patut ditunggu hasil monitoring pada bulan bulan berikutnya.

2. Tidak Ada Fitur Add On Domain Pada Paket Personal

Perlu dicatat bahwa IdCloudHost tidak menyediakan fitur add on domain mulai dari Paket "Starter Pro" hingga "Enterpreneur Pro". Minimal Anda baru bisa menggunakan fitur addon domain apabila berlangganan paket "Business Pro" (itupun perlu request dengan mengirimkan tiket).

Saya tidak tahu alasan tepatnya, tapi Anda perlu memperhatikan poin ini jika berencana menghosted kan beberapa website.

Tetapi, apabila Anda hanya berencana menempatkan 1 website saja, kekurangan ini tidak akan jadi masalah yang berarti.

3. Fitur Backup Memiliki Keterbatasan (Backup Otomatis Tidak Dilakukan Setiap Hari)

IdCloudHost menyediakan fasilitas backup otomatis gratis kepada semua pelanggannya, bahkan juga tersedia di paket termurah IdCloudHost, yaitu paket starter.

fitur backup IdCloudHost

Mereka menggunakan fitur JetBackup Premium dimana file website Anda akan di backup secara berkala selama 4x dalam seminggu dan file backup tersimpan selama 30 hari.

Backup selama 4x seminggu tentu menjadi kekurangan untuk website yang di update secara harian seperti website berita. 


Rangkuman Paket Hosting IdCloudHost dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Rangkuman penawaran paket cloud hosting cPanel di IdCloudHost:

  • Paket Starter Pro: Harga mulai dari Rp 15.000/bulan. Anda akan mendapatkan storage 1GB, bandwidth unlimited, virtual memory 512MB dan CPU 1 core <- Paket hosting yang saya beli dalam pengetesan ini.
  • Paket Basic Pro: Harga mulai dari Rp 30.000/bulan dengan ketersediaan storage 3GB, bandwidth unlimited, VM 1GB dan CPU 1 core.
  • Paket Entrepreneur Pro: Harga mulai dari Rp 50.000/bulan. Storage 7GB dengan unlimited bandwidth. Virtual memory 2GB dengan CPU 2 core. Di paket ini Anda juga belum mendapatkan fitur add on domain.
  • Paket Business Pro: Harga mulai dari Rp 85.000/bulan dengan jumlah storage 13GB dengan unlimited bandwidth. CPU 3 core dan VM 2GB (sumber daya yang bagus sekali untuk performance website Anda). Oia, Anda juga aka mendapatkan gratis domain dan bisa meminta fitur add on domain mulai dari pada paket ini.
  • Paket Elite Pro: Harga mulai dari Rp 170.000/bulan dengan storage 25GB dan bandwidth unlimited. VM 3GB dan CPU 4 core.
  • Paket Advance Pro: Harga mulai dari Rp 230.000/bulan. Storage 35GB dengan unlimited bandwidth. CPU 5 core dan VM 4GB.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Singapore, Jakarta, London
  • Metode pembayaran: Transfer Bank (BCA, BRI, Mandiri Syariah, Mandiri, BNI), Credit Card, PayPal, Western Union dan Bitcoin.
  • Aktifasi acount: Order akan langsung aktif secara otomatis, tetapi apabila tidak aktif begitu pembayaran Anda lakukan, silahkan konfirmasi pembayaran secara manual dengan mengunjungi halaman: https://idcloudhost.com/panduan/konfirmasi-pembayaran/
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel dan Plesk Onyx
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket "Business Pro"
  • Aktivasi domain: Begitu order aktif, domain tidak bisa langsung aktif. Ini yang dinamakan propagansi domain yang biasanya memakan waktu hingga 48 jam.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan IdCloudHost?

Jika kecepatan yang Anda cari, IdCloudHost mungkin adalah pilihan yang tepat. Namun sayangnya, mereka memiliki masalah yang serius karena rata-rata uptimenya yang masih buruk.

Saya pribadi tidak mau menggunakan hosting dengan server yang sering mengalami down, karena tentu saja itu dapat menghilangkan pendapatan saya sekian persen, tentu Anda sebagai pelaku usaha juga tidak mau itu terjadi pada Anda, ya kan?

Karena saya percaya siapapun Anda pastinya menginginkan hosting yang terbaik, yang tidak hanya cepat, namun juga ditunjang oleh server yang stabil dan dukungan support yang bagus.

IDCloudhost gagal di uptime, jadi saat ini saya ragu merekomendasikannya kepada Anda.

Tapi.... Jika melihat data dalam 2 bulan terakhir, sepertinya IdCloudHost memang melakukan perbaikan yang sudah kelihatan hasil nya. Namun, saya pikir kita perlu menunggu hasil monitoring pada bulan bulan selanjutnya untuk lebih memastikan keakuratan data.

  • Rata-rata page load time yang cukup cepat (#11 dari 19)
  • Layanan support yang cukup baik (7/10), tapi persoalan teknis hanya bisa dilayani via tiket yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan response
  • Pilihan paket hosting yang fleksibel (+tersedia control panel Plesk)
  • Garansi 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain mulai dari paket Business Pro durasi 1 tahun dan gratis migrasi hosting
  • Rata-rata uptime yang buruk (#11 dari 19)
  • Tidak ada fitur add on domain pada paket personal
  • Fitur backup memiliki keterbatasan dimana backup hanya dilakukan selama 4x dalam seminggu alias website Anda tidak di backup secara harian
Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan layanan hosting dari IdCloudHost? Tertarik untuk membagikannya? Positif atau Negatif! yang penting jujur dan transparan... atau ingin bertanya satu dua hal kepada admin? Silahkan kirimkan saja melalui kolom komentar dibawah ya 🙂
  • Saya baru saja memindahkan website saya dari RumahWeb ke IDCloudHost. Baru kurang dari 1 bulan belum ada kendala si.

    Cuma yang disayangkan ketika menanyakan masalah teknis harus melalui tiket, alangkah lebih baiknya jika bisa interaktif melalui chat seperti yang pernah saya dapatkan di RumahWeb.

    Selanjutnya akan saya bagi pengalaman saya menggunakan IDCloudHost di sini.

  • Saya sering mengalami down, untuk website sekelas 2000 online. pakai paket hosting di idcloudhost. akhirnya saya pindah ke domainesia dan tidak mengalami lagi, sebelumnya sering ganti2. di metroworldhost, idcloudhost dan akhirnya sreg di domainesia.

  • MInggu ini malah down, database ilang, nyesek banget rasanya, bener lelah pikiran kalau seperti ini. Saat ini memutuskann untuk menarik web dr IDCLOUDHOST

  • saya saranin jangan di ID cloud host, cari yang lain aja
    saya sudah alami berkali kali DOWN server mereka , dan memakan waktu lebih dari 1 hari , bayangin aja jika kalian pake jasa mereka untuk aplikasi perusahaan

  • saya punya pengalaman buruk, mereka ternyata tidak membackup data clientnya ! padahal server crash bukan kesalahan klien
    di provider lain (Q****) saya pernah punya masalah serupa, lebih parahnya itu memang kesalahan kami (web terhack) namun provider lain selalu punya database backup daily, disini mereka tidak bisa merecovery kesalahan mereka sendiri

    • ya..tepat hari rabu 15/5/2019 , database saya hilang, dan itu merupakan kesalahan server mereka.. dan mereka tidak punya backup nya.. saya rasa untuk kerja sama jangka panjang dengan mereka cukup berbahaya.. kalau sudah berhubungan dengan data.. harusnya mereka gak main main..

  • Dulu (beberapa bulan lalu), Idcloudhost bagus, laju dan tahan banting. Saking puasnya, saya pindahkan web saya yang lain ke IDCH. Tapi sekarang down melulu. Kalau pas lagi down, kirim ticket lama balasnya, kadang asal-asalan balasnya. Sempat, malah saya yang disalahin karena webnya down. Tapi anehnya, promo jalan teruuuussss… Pengen migrasi nih tapi masih cari-cari…

  • promo melulu, kualitas ga di bagusin
    tulisnya 99.99% uptime
    nyatanya sebulan ntah berapa kali down
    ini website saya dari pagi hingga sekarang masih belum bisa dibuka

    ooohhh idcloudhost, idcloudhost, mantap memang

  • Jujur saja, uptimenya memang benar buruk. Sedikit kecewa karena belum genap seminggu menggunakan idcloudhost, blog saya sudah down selama 4 kali, dan 3 dari 4 kali itu terjadi dalam satu hari. Alhasil artikel di pageone turun dan ada yang hilang dari SE.

  • Untuk paket starter pro, berapa banyak pengunjung yang dapat dilayani sekaligus? Mengingat paket yang ditawarkan oleh IDCloudHost agak berbeda dengan hosting provider lainnya. Saya agak kesulitan menentukan jumlah Virtual Memory dan CPU yang dibutuhkan.

    • Saya tidak tahu berapa. Saran saya mulai saja dulu dari Starter Pro, nanti kalau memang tidak cukup tinggal di upgrade dengan mudah kok.

    • Halo mbak Icha
      Untuk paket Hosting IDcloudhost tersedia dengan berbagai paket sesuai dengan kebutuhan Anda. bagi Anda yang kesulitan dalam memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda jangan ragu untuk menghubungi tim IDcloudhost di Website atau melalui email ke care@idcloudhost.com

      Terima kasih

  • sekedar menambahkan review sesuai pengalaman nyata dari saya yang merupakan pengguna lama hosting ini.

    1. dari segi harga saya akui sangat terjangkau dan bisa bayar bulanan.

    2. page load time juga saya akui bagus

    3. uptime nya : sesuai yang sudah di review

    4. supportnya : kalau melalui live chat mungkin cepat menjawab. tapi kalau sudah berbau teknis pasti diarahkan ke tiket.

    Pengalaman menggunakan tiket rata rata dijawab adalah 1-2 Jam dan belum tentu mendapatkan penyelesaian memuaskan. dan terakhir saya kirim issue sudah tiga hari belum ada penyelesaian. setiap ditanyakan selalu di jawab lagi proses.

    Rekomendasi : silahkan anda menilai sendiri

      • Halo mas Riyan, Terima kasih banyak atas informasi serta rekomendasi yang diberikan :D.

        Pastinya kita akan terus meningkatkan segala aspek untuk bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk siapapun.

        Terima kasih

  • Terima kasih atas ulasannya mas, kebetulan lagi pindah hosting dan tampaknya IDCloudHost boleh juga nih

    • Halo mas Rona,

      Terima kasih banyak atas kepercayaannya, Jika butuh bantuan terkait hal ini jangan ragu untuk menghubungi tim IDCloudhost melalui Chat di Website atau ticket ya.

      Semoga layanan kami bisa memberikan solusi untuk Anda.
      Terima kasih

  • menurut saya dari semua segi memang idcloudhost jagoannya tetapi jika dalam masalah “uptime” masih sangat buruk
    saya pernah coba membeli plan advanced pro nya dan hasilnya hampir setiap hari, memang tidak lama hanya 20-60menit, terkadang 2hari sekali dan terkadang sehari sekali

    rating : 2/5

    • Halo mas Johnsen

      Terima kasih banyak atas segara feedback dan sarannya. Kita berharap hal ini bisa terus ditingkatkan untuk mendapatkan segala pengalaman positif serta hal lainnya guna kepuasan pelanggan IDcloudHost.

      Terima kasih

  • Halo mas Willya Randika

    Suatu kehormatan mendapatkan review dari tim Penasihat Hosting terhadap layanan IDCloudHost – Web Hosting Indonesia.

    Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya memasukkan IDCloudHost sebagai salah satu Web Hosting Terbaik Indonesia. Semoga Web Hosting Indonesia bisa terus memberikan kontribusi terbaik melayani banyak pengguna.

    Fyi kita juga ada program sosial yang kitanya bisa menjadi nilai tambah untuk postingan ini yang bisa di cek secara lengkap di halaman : https://idcloudhost.com/program-csr/

    Salam Sukses
    Tim IDCloudHost

    • Halo IdCloudHost Team,

      Saya tidak menyangka akan mendapatkan tanggapan secepat ini dari IdCloudHost, karena rasanya baru beberapa jam yang lalu saya mempublikasikan postingan ini :).

      Terima kasih buat feedbacknya. Saya sudah membaca informasi tentang Program CSR IdCloudHost dan saya suka sekali dengan program beasiswa, NGO Digital, Ekabima dan Communitynya, terutama program NGO Digital dan EKabima, dimana IdCLoudHost tidak hanya memberikan gratis domain dan hosting saja, tetapi juga membantu dalam pembuatan websitenya. Saya akan masukkan ini sebagai nilai tambah dalam review saya pada update selanjutnya.

      Anyway, Keep up the good work. Cheers:-)

      • Halo mas Willya Randika

        Terima kasih banyak atas informasi tambahannya. Sukses selalu dan keep on work dan kita suka banget dengan materi serta informasi yang diberikan oleh blog ini.

        Salam Sukses!
        IDCloudHost Team

  • >