Review up-to-date

Review Dewabiz

Jika kecepatanlah yang Anda cari, maka Dewabiz adalah jawaban terbaik kami. Masalah mereka adalah pada faktor uptime nya, sangat tidak stabil.

Oleh

/ Web Hosting Reviewer

Updated:
review dewabiz

Disclosure: Support Anda membantu website ini terus berjalan. Saya menerima komisi 50% recurring dari pembelian hosting Anda melalui link affiliasi tanpa ada biaya tambahan dibebankan kepada Anda. Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap…

Kelebihan

Provider shared hosting dengan catatan waktu response server terendah atau tercepat ke #1 berdasarkan penelitian kami

Layanan supportnya baik dan ada peningkatan kecepatan response (2022) dibandingkan satu tahun yang lalu (2021)

Gratis migrasi hosting dan gratis domain untuk paket tertentu dengan termin berlangganan hosting minimal 1 tahun

Terdapat 3 lokasi server yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan (Jakarta, United States dan United Kingdom)

Sudah menggunakan JetBackup sehingga memudahkan kegiatan backup dan restore

Memiliki produk yang sangat lengkap; mulai dari shared hosting murah, hingga dedicated server dan bare metal server tersedia di Dewabiz

Menawarkan garansi refund 30 hari dengan ketentuan yang cukup adil

Kekurangan

Rata-rata uptime yang buruk (99,69%)

Harus berlangganan 3 tahun untuk mendapatkan harga termurahya (Rp 9.900)

Fitur backup memiliki keterbatasan dimana website hanya di backup 1x dalam seminggu

Rating kami
Daftar isi:

Perkenalan

Dewabiz berdiri pada tahun 2016 dan berkantor pusat di Bekasi, Jawa Barat.

Mereka mengklaim telah memiliki lebih dari 10.000 pelanggan aktif.

Sebuah pencapaian yang bagus dalam 5 tahun berdirinya, bukan?

Apa kelebihan Dewabiz?

Mirip dengan sebagian besar provider hosting lainnya, layanan cloud hositng (shared) mereka juga memiliki fitur-fitur standar industri, seperti:

  • LiteSpeed Enterprise
  • Cpanel
  • Malware protection by Imunify360
  • JetBackup
  • Free SSL
  • Anti DDOS

Dalam penelusuran saya, mereka juga menggunakan hardware dengan spesifikasi yang bagus. 

Pada paket Cloud Hosting Starter Pro yang saya gunakan, mereka menggunakan model CPU Intel Xeon E5-2630v3 dengan clock speed 2.4Ghz-3.2Ghz dan RAM DDR4 2400Mhz ECC. Dibandingkan 21 provider lainnya, spesifikasi hardware yang Dewabiz gunakan termasuk bagus. Seharusnya kecepatan hosting mereka juga sebanding dengan spesifikasi hardware yang digunakan.

Bagaimana faktanya?

Penasihat Hosting telah melakukan pengujian terhadap kecepatan server Dewabiz. Juga melakukan monitoring uptime selama 12+ bulan terakhir. Plus, menguji layanan supportnya. 

Saya akan bahas secara cukup detail pada review ini.

Alternatif Terbaik
Rekomendasi Hosting Terbaik #1
review domainesia terbaru

DomaiNesia↗

Pilihan yang seimbang antara harga yang terjangkau dengan performa (uptime yang stabil dan support yang bisa diandalkan).

Pilihan yang ideal bagi Anda yang membutuhkan shared cloudhosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang banyak, support yang baik dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Review..

Jasa Maintenance Website
jasa maintenance website wordpress

HarunStudio.com↗

Fokus pada bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang pengelolaan WordPress Anda. Biarkan tim WordPress Specialist kami yang melakukannya.

Anda seperti memperkerjakan karyawan internal yang ditugaskan untuk mengelola website Anda. Namun, layanan kami lebih luas dan terjangkau dibandingkan dengan memperkerjakan karyawan internal secara langsung.

Pelajari Selengkapnya..

Rangkuman Data Hasil Penelitian

Penelitian telah berjalan selama 24 bulan yang di mulai dari 1 Januari 2021 dan review ini berdasarkan data update hingga 30 September 2022.

RATING KAMI3,5/5
SAMPLE:Paket 'Starter Pro'
WEBSITE TEST:www.penasihathosting-db.com
UPTIME SCORE:99,69% (1 Oktober 2021 - 30 September 2022)
LOAD IMPACT 10 VU:411,84 ms (September 2022)
SUPPORT RATING:Rating: 3,5/5
HARGA:Mulai dari Rp 20.833/bulan (renewal: Rp 20.833/bulan)
GARANSI:30 Hari dengan syarat-syarat yang cukup adil bagi konsumen

Update Dewabiz di 2022

Saya tidak menemukan informasi atau publikasi apapun tentang update atau improvement yang dilakukan Dewabiz di tahun 2022 lalu. Apakah memang tidak dipublikasikan atau tidak ada? Faktanya, saya juga tidak menemukan banyak update atau upgrade yang dilakukan oleh provider hosting lain.

Berdasarkan hasil penelitian sejauh ini, saya pikir Dewabiz harus lebih serius dalam memperhatikan kestabilan server mereka. Dalam monitoring yang dilakukan, website test Dewabiz yang kami gunakan sering mengalami HTTP Error 500 Internal Server Error dengan frekuensi yang cukup sering. Bukankah error 500 biasanya karena permasalahan dari server?

Saat ini, saya berpendapat bahwa Dewabiz sebagai provider yang cukup baik dari segi hardware, tetapi kurang dalam hal peningkatan dari sisi software.

Kelebihan Menggunakan Dewabiz

Dewabiz memiliki kelebihan yang sangat menonjol dari aspek kecepatan server hosting. Dewabiz juga merupakan salah satu dari sedikit provider hosting yang menyediakan produk yang sangat lengkap. Rasanya, apa yang Anda butuhkan pasti Anda akan mendapatkannya; mulai dari shared hosting murah, hingga dedicated server dan bare metal server tersedia di Dewabiz

1. Kecepatan Server Hosting yang Tercepat ke #1 dari 16 provider

Catatan tentang pengujian TTFB:

Mohon maaf, pada tahun 2022 kami belum dapat melakukan pengujian kecepatan TTFB karena belum menemukan alat open source yang sesuai untuk mendukung pengujian tersebut. Data yang kami tampilkan disini merupakan perbandingan data tahun 2021 dan 2020. Kemungkinan besar akan kami lakukan pengujian ulang TTFB semua provider di Q3 tahun 2023 ini.

Faktanya, kecepatan hosting Dewabiz cukup mengesankan saya.

Dalam pengujian TTFB atau time to first byte yang saya lakukan pada September 2021 lalu, rata-rata TTFB mereka adalah 178 ms. Nilai ini adalah yang tercepat ke #1 dari semua provider yang saya uji.

TTFB adalah ukuran dari kecepatan response server. Tinggi atau buruknya nilai TTFB dapat mengindikasikan buruknya performa sebuah server hosting. Itulah alasannya, kami menggunakan metrik TTFB dalam pengujian.

Saya menggunakan tool GTMetrix Pro dengan lokasi server Singapore untuk memonitoring TTFB Dewabiz. Monitoring dilakukan mulai dari 4 April hingga 11 April 2022.

Berikut hasil monitoring TTFB nya:

ProviderRata-rataTerendahTertinggi
Dewabiz (Apr. 2022 test)178 ms149 ms1178 ms
Dewabiz (Sept. 2022 test)190 ms135 ms1167 ms
21 Provider Lainnya426 ms36 ms36 ms

Rata-rata TTFB Dewabiz adalah 178 ms, sedikit lebih baik dari pengujian September 2021 lalu (190 ms). Itu artinya, kecepatan server hosting Dewabiz masih terjaga cepatnya. 

Rata-rata TTFB kurang dari 200 ms tanpa optimasi itu tergolong sangat cepat. Dalam pengujian per Maret 2022, hanya Dewabiz saja yang nilai TTFB nya dibawah 200 ms.

Sayangnya, kecepatan Dewabiz yang cukup mengesankan ini tidak diiringi dengan server yang stabil yang akan saya jelaskan pada poin pertama kekurangan Dewabiz nantinya.

2. Waktu Response Servernya Sangat Rendah pada Pengujian Load Impact

Untuk ukuran shared hosting, Dewabiz memang memiliki kecepatan yang diatas standar. Cukup mengesankan dimana mereka bisa memperoleh rata-rata TTFB dibawah 200ms. Namun, server yang cepat ini mestinya juga didukung oleh server yang “tahan banting”.

Apa yang saya maksud dengan “tahan banting”?

Kebanyakan website, jika tidak dioptimasi dan tidak ditempatkan di dalam server yang handal dengan konfigurasi yang baik, kerap kesulitan ketika menerima kunjungan yang banyak.

Idealnya adalah website tidak turun kecepatan load time nya baik ketika pengunjung pertama datang, maupun ketika pengunjung ke sekian datang, katakanlah ke 10, 20, 50 atau ke 100.

Nah, dalam rangka mengetahui bagaimana response server Dewabiz ketika menerima jumlah pengunjung yang banyak, maka saya melakukan pengujian load testing menggunakan alat open source Locust.io.

Dengan pengujian load testing, Anda dapat mengetahui bagaimana response server hosting ketika menerima pengunjung yang banyak. Apakah kecepatannya semakin melambat atau tetap stabil.

Dalam pengujian, saya mengirimkan 10 virtual user (yang bisa disebut sebagai pengunjung) yang akan menavigasi website test Dewabiz selama 10 menit.

Berikut grafiknya:

load testing dewabiz

Dalam pengujian load testing, saya juga tidak melakukan optimasi apapaun termasuk caching dan CDN.

Pada test ini, yang perlu Anda perhatikan adalah waktu response nya. Dalam grafik diatas:

  • Waktu response yang berwarna hijau
  • Sedangkan jumlah virtual user yang berwarna biru (jumlahnya dimulai dari 1 dan akan stabil di angka 10)
  • Dan yang berwarna merah menunjukan jumlah request/detik.

Berdasarkan pengujian, rata-rata waktu response Dewabiz dalam menghandle 10 virtual user adalah 411,84 ms. Ini adalah waktu yang sangat cepat, karena rata-rata 22 provider yang saya uji adalah 2493,05 ms atau 2,5 detik. Sangat jauh, bukan?

Catatan waktu response servernya adalah yang terbaik ke #1 dari 16 provider. Itu artinya, pengujian TTFB dengan pengujian Load Testing berbanding lurus dan memang seharusnya demikian.

3. Layanan Supportnya Cukup Baik, dan Waktu Response nya Ada Peningkatan Kecepatan Dibanding Pengujian Satu Tahun yang Lalu

Seberapa baik layanan support Dewabiz?

Untuk mengetahui jawabannya, saya melakukan pengujian sederhana. Pengujian yang sama juga saya lakukan terhadap semua provider hosting Indonesia yang saya review, yaitu pengujian teknis, tetapi masih dalam level yang cukup mudah, sehingga seharusnya ini bisa diperbaiki oleh staf teknis yang masih junior sekalipun.

Ohya, sejauh ini saya telah melakukan dua kali pengujia, pertama dilakukan bulan September 2021 dan yang kedua September 2022.

Jadi, saya membuat critical error pada website test Dewabiz saya (saya menghapus beberapa script dalam file wp-db.php yang terletak di folder wp-include), karena file ini berhubungan dengan WordPress core, maka mesti akan muncul error.

Lalu, saya kirim tiket dan mengeluhkan website saya yang muncul error. Tiket dikirimkan pukul 13:42 siang.

Tiket dibalas 13 menit kemudian, yang isinya adalah mereka akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Dan 17 menit setelah dilakukan pengecekan, mereka berhasil menemukan error dan memperbaikinya dengan cara yang benar.

Kesimpulan saya, layanan support nya bagus, mereka berhasil memperbaiki error umum yang terjadi pada website WordPress, hanya saja waktu perbaikannya cukup lama, yaitu 30 menit (dari awal tiket dirimkan).

Rata-rata waktu perbaikan dari semua provider adalah 17 menit, sedangkan Dewabiz 30 menit.

Untuk mengevaluasi perkembangan yang dilakukan oleh Dewabiz dalam layanan support, kami melakukan pengujian ulang setahun setelah pengujian pertama. Prosedur pengujian ini dilakukan secara teratur setiap tahun di Penasihat Hosting untuk menjaga kualitas dan keakuratan review kami.

Sama seperti pengujian sebelumnya, yaitu pengujian teknis, hanya saja pada pengujian ini fokus pada error yang terkait dengan gambar yang tidak muncul di WordPress. Walaupun masih termasuk error yang mudah diperbaiki, kami menetapkan standar kecepatan yang dianggap cepat adalah 15 menit. Jika melebihi dari waktu tersebut, maka kami menganggapnya lambat.

Pengujian dilakukan oleh salah satu tim kami, Randa Febrian. Dia mengirimkan ticket bantuan teknis pada pukul 14:41 dan mendapatkan balasan sekaligus perbaikan error pukul 15:01. Artinya, membutuhkan waktu 20 menit.

Dibandingkan pengujian pertama, ada peningkatan dari kecepatan waktu response dan perbaikannya. Oleh karena itu, saya memasukkannya dalam poin kelebihan, meskipun kecepatannya dibawah standar yang saya tetapkan.

pengujian support dewabiz

4. Gratis migrasi Hosting

Sama seperti banyak provider hosting lainnya, jika Anda berencana pindah ke Dewabiz, mereka akan memindahkan website Anda secara gratis alias tanpa dikenakan biaya.

Gratis apabila besar file website Anda tidak lebih dari 10 GB. Jika lebih dari 10 GB, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000.

5. Terdapat 3 Pilihan Lokasi Server

Tidak banyak provider hosting yang menyediakan banyak pilihan lokasi server selain Jakarta dan Singapore. Di Dewabiz, Anda dapat memilih dari 4 lokasi server, yaitu Jakarta, United Kingdom dan United States.

Jika target pengunjung Anda international, Anda dapat memilih lokasi server di US. Jika sebagian besar di Eropa, bisa memilih server di United Kingdom. Tapi, jika target nya adalah Indonesia, maka pilihan lokasi server di Jakarta adalah pilihan yang lebih tepat.

Ngomong-ngomong, ketika review ini saya update per 20 Januari 2023, Dewabiz tidak lagi menyediakan pilihan lokasi server di Singapore.

lokasi hosting dewabiz

6. Sudah Menggunakan JetBackup

Bagusnya, di Dewabiz Anda akan mendapatkan fitur JetBackup. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan backup dan restore dengan mudah, hanya dengan 1-2x klik saja. Tidak perlu mendownload file backup secara manual dan me-restorenya juga secara manual. Semua nya sudah otomatis.

Tidak semua provider memberikan fitur penting ini, jadi memiliki fitur JetBackup adalah sebuah keuntungan yang dapat Anda manfaatkan.

Dewabiz akan membackup website Anda secara otomatis secara mingguan, seperti terlihat dalam gambar file backups dibawah ini. Jumlah file backup nya ada 7 files.

7. Garansi Hosting 30 Hari Dengan Syarat

Dari 16 provider hosting yang saya review, hanya 6 provider yang memiliki kebijakan garansi refund selama 30 hari dan dengan ketentuan yang adil, dan Dewabiz adalah salah satunya.

Kekurangan Menggunakan Dewabiz

Selama kurang lebih 12+ bulan penelitian ini dilakukan, kami menemukan beberapa kekurangan dari Dewabiz berikiut ini:

1. Rata-rata Uptime yang Sangat Buruk (99,69%)

Dewabiz gagal pada faktor uptime.

Uptime selalu menjadi faktor nomor satu yang selalu menjadi pertimbangan saya dalam merekomendasikan hosting. Jika gagal di uptime, saya pun tidak percaya diri merekomendasikannya.

Jadi, dalam 12 bulan monitoring terakhir yang kami lakukan, rata-rata uptime Dewabiz sangat buruk. Anda bisa melihatnya pada table uptime dari bulan ke bulan dibawah ini.

rata rata uptime dewabiz dalam 12 bulan
BULANRATA-RATA UPTIME
Oktober 202198,52%
November 202199,77%
Desember 202199,69%
Januari 202299,65%
(terjadi gangguan koneksi international)
Februari 202299,89%
Maret 202299,37%
April 202299,56%
Mei 202299,91%
Juni 202299,93%
Juli 202299,95%
Agustus 202299,90%
September 202299,837%

Dewabiz sendiri di halaman websitenya,hanya menggaransi uptime sebesar 99%. Jika dilihat dari apa yang mereka janjikan, betul mereka telah berhasil. Tapi standar uptime yang baik adalah minimal 99,90%.

Jaminan uptime 99% menurut saya menunjukan ketidak percaya dirian mereka dengan kestabilan server yang mereka miliki. Saya percaya betul mereka perlu memprioritaskan pekerjaan bagaimana cara membuat servernya bisa menjadi lebih stabil.

Tantangan dan keterbatasan dalam monitoring uptime

Kami mencatat beberapa gangguan pada koneksi international pada server Dewabiz yang kami gunakan. Hal ini sangat merugikan dalam aktivitas monitoring uptime kami. Koneksi internasional yang terganggu menyebabkan alat monitoring kami yang menggunakan lokasi server di luar negeri (seperti Singapore) juga ikut terpengaruh. Ini menyebabkan alat monitoring kami menganggap website sedang “down”, padahal jika diakses secara lokal di Indonesia, website normal atau baik-baik saja. Hal ini berarti data monitoring uptime kami tidak 100% akurat. Kami mohon maaf atas keterbatasan ini.

2. Harus Berlangganan Minimal 3 Tahun Untuk Mendapatkan Paket Harga Termurah (Rp 9.900)

Dalam industri web hosting, permainan harga seperti seakan-akan memaksa konsumen untuk memilih durasi sewa yang lebih panjang untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah hal yang mungkin sudah lumrah.

Saya pribadi tidak setuju dengan cara seperti itu, kecuali mereka memberikan garansi pro rata seperti yang dilakukan oleh Kenceng Solusindo, dimana pelanggan dapat mengajukan garansi jika melebihi masa 30 hari, refund nya akan dihitung berdasarkan masa sisa pemakaian.

Namun, dari seluruh provider Indonesia yang pernah saya review, hanya Kenceng Solusindo yang menerapkan aturan seperti ini.

Sebenarnya tidak hanya Dewabiz, provider lain seperti Jagoan Hosting dan Indowebsite juga melakukan hal yang sama.

Harga di Dewabiz terlihat murah, semurah Rp 9.900/bulannya. Tapi… hanya jika Anda mau berlangganan langsung selama 3 tahun.

Perhatikan perbedaan harganya dalam gambar dibawah ini:

Harga yang tertera diatas adalah harga paket “Starter Pro”:

  • Jika memilih bulanan, harganya Rp 25.000/bln
  • 3 Bulanan tetap sama Rp 25.000/bln
  • 6 bulanan juga tetap sama Rp 25.000/bln
  • Untuk harga 1 tahun menjadi Rp 20.833/bln
  • Dua tahun juga sama dengan harga setahun Rp 20.833/bulan
  • Tetapi, jika berlangganan langsung 3 tahun, maka harganya menjadi jauh lebih murah, Rp 9.900/bulan

3. Fitur Backupnya Memiliki Keterbatasan

Masih ingat Dewabiz memiliki fitur JetBackup?

Fiturnya bukanlah sebuah kekurangan, tetapi memiliki keterbatasan yang mungkin akan mengganggu sebagian dari Anda, yaitu backupnya hanya dilakukan satu kali dalam seminggu.

Itu dia keterbatasannya.

Bagi website yang rutin melakukan update konten secara harian, tentu akan menjadi masalah besar ketika suatu saat perlu melakukan restore dari file backup.

Saya selalu menyarankan untuk melakukan backup secara mandiri, misalnya menggunakan plugin backup di WordPress.

Rangkuman Paket Hosting Dewabiz dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di Dewabiz:

Dewabiz punya banyak sekali produk, mulai dari paket shared cloud hosting, cloud VPS, bare metal, mail hosting, reselller hosting hingga dedicated server.

Untuk pemula atau yang baru membuat website, mestinya paket Shared Cloud hostingnya sudah cukup.

Berikut harga paket shared cloud hosting Dewabiz:

  • Starter Pro: Harga mulai dari Rp 9.900/bulan (min 3 tahun). 512 MB RAM, 1 Core CPU dan 1 GB storage.
  • Marketer Pro: Harga mulai dari Rp 40.000/bulan (min 3 tahun). 1 GB RAM dan 1 Core CPU dengan unlimited storage.
  • Business Pro: Harga mulai dari Rp 26.111/bulan (min 3 tahun). 2 GB RAM dan 2 Core CPU dengan unlimited storage.
  • Enterprise Pro: Harga mulai dari Rp85.555.bulan. 3 GB RAM dan 2 Core CPU dengan unlimited storage.

Informasi penting lainnya:

  • Pilihan server hosting: Jakarta, United Kingdom dan United States.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel control panel
  • Gratis domain: Jika membeli minimal paket ‘Marketer Pro’ dengan durasi 1 tahun
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Kami Merekomendasikan Dewabiz Kepada Anda?

Dewabiz adalah satu-satunya provider dengan hasil pengujian TTFB dibawah 200 ms. Kecepatannya mengesankan, lebih dari 2x lipat dari rata-rata semua provider. Mereka juga berhasil dalam pengujian load impact 10 virtual user dengan rata-rata waktu response yang rendah.

Selain itu, berdasarkan pengujian di tahun 2022 lalu, sepertinya ada peningkatan dari aspek kecepatan response ticket support dan ini adalah peningkatan yang baik.

Jika Dewabiz dapat menjaga kestabilan servernya sebagaimana impresifnya kecepatan server mereka, saya dapat menyatakan bahwa Dewabiz sulit dikejar di industri hosting tipe shared di Indonesia.

Jika kecepatan adalah faktor utama yang Anda cari, maka Dewabiz adalah pilihan yang cocok.

Namun, perlu diingat bahwa rata-rata uptime Dewabiz sangat buruk dan sebenarnya sulit merekomendasikan hosting dengan catatan uptime yang buruk.

Jadi, saya merekomendasikannya hanya jika Anda tidak peduli dengan tingkat kestabilan server mereka.

Host dengan www.Dewabiz.com

Tinggalkan Komentar

Gunakan nama asli Anda dalam berkomentar. Anonim dan nama website hampir dipastikan tidak saya approve.

7 Komentar

  1. Halo mas,
    kebetulan saya mengalami hal seperti screenshot berikut: https://ibb.co/26nWGJw

    Web saya selama sepekan terakhir mengalami 38 kali down berdasarkan laporan UptimeRobot, durasi downnya ini sama persis 5 menitan, kemudian on lagi. Hal itu berulang tiap beberapa jam.

    statusnya menurut laporan UptimeRobot, sama semua yakni: HTTP 502 – Bad Gateway.

    saya mau fix sendiri tadinya, sudah kesana kemari cari solusi baca2 referensi memang tidak ada solusi pasti Iniasi lah saya kontak CS, tapi CS bilang saya harus upgrade paket hosting, untuk semua error 500 ke atas masalahnya ada di resource.

    saya ingin memastikan menurut mas Willya apakah memang error 502 Bad Gateway tersebut berkaitan dengan Resource/kapasitas hosting?

    status web saya: pakai cloudflare, dewabiz cloud hosting business pro, sudah hampir 2 tahun tapi error begini baru semingguan berturut-turut, tiap hari pasti ada.

    terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Halo mas Farhan,
      Error 502 memang menunjukan masalah pada server. Boleh jadi juga berkaitan dengan resources hosting. Untuk memastikannya mas bisa cek history penggunaan resources (CPU dan RAM) selama seminggu terakhir.
      Kalau errornya muncul hanya sebentar-sebentar (kurang dari 5 menit) tetapi frekuensinya sering, kemungkinan sih iya resources hosting nya sering mentok.
      Ingat, di shared hosting masih berbagi resources. Boleh jadi website mas yang makan banyak resources, boleh jadi tetangga.

      Reply
    • Ada backup snapshoots atau backup file websitenya ga mas?
      Dewabiz dan sebagian provider VPS unmanaged lokal sepertinya memang sering bermasalah.

      Reply
  2. Saya baca review disini kemudian berlangganan, ternyata lemot dan supportnya buruk. Saya crosscheck lagi ke google ternyata di google reviewnya banyak yang mengalami masalah seperti saya.

    Reply
    • Terima kasih sudah share reviewnya mas Rizki.

      Mungkin boleh dibantu jelaskan lagi secara spesifik permasalahannya gimana. Mas nya langganan paket apa, kemudian bagaiamana spesifikasi websitenya, dan lemotnya setelah dicek menggunakan apa (menggunakan tools kah, kecepatan mata, setelah dibandingkan dg provider sebelumnya kah, etc..).

      Dan support nya buruk karena apa? Karena tidak bisa solve problem kah, tidak fast response, atau gimana?

      Agar pengguna yang lain bisa lebih terbantu.

      Reply
    • Setuju nih saya salah satu korban VPS Super Compute I/O nya kecil sekali, internet internationalnya buruk di bandingkan provider lain, saya bandingkan provider sebelah yang di bawah 100 ribu malah lebih baik dari pada langganan disini 300 ribu. Hosting juga saya tarik kembali ke provider lama setelah 19 hari pemakaian, mungkin perasaan saya aja yang tidak stabil, mudah-mudahan karena saya apes aja.

      Reply