Review JogjaHost

Harga hosting termurah diantara semua provider + layanan support yang responsif, sayang rata-rata uptime mereka sangat buruk + speed yang lambat.

Review up-to-date

Next update: Juli 2024

TL;DR:

Uptime
Speed
Support
Fitur
Harga
Kelebihan

Layanan support yang cepat dan bisa diandalkan

Harga hosting termurah diantara semua provider yang kami review

Menawarkan jumlah sumber daya yang sangat besar / melimpah

Gratis migrasi hosting dan gratis domain dengan ekstensi .my.id atau .biz.id

Garansi 30 hari tanpa syarat

Memiliki halaman panduan yang cukup lengkap dan berguna untuk pengguna pemula

Kekurangan

Rata-rata uptime yang buruk (99,882%)

Rata-rata wakut response server yang lambat pada pengujian load testing (2188,91 ms)

Tidak menggunakan control panel cPanel (mereka menggunakan Plesk)

Rating kami

⭐️⭐️⭐️

Daftar isi:

Perkenalan

JogjaHost didirikan pada tahun 2008 dengan tekad dan komitmen kuat untuk mewujudkan layanan yang berkualitas untuk Indonesia go online.

Begitulah kira-kira yang saya baca dalam halaman ‘tentang kami’ mereka.

JogjaHost mengklaim bahwa mereka hanya menggunakan server teknologi prosesor Intel Xeon kualitas terbaik. Ditambah dengan SSD Disk yang menjamin data cepat diakses serta lebih aman.

Di halaman depan nya pun mereka menamakan web hosting nya dengan Enterprise Web Hosting. Enterprise.. Namun dengan harga hosting yang murah.

Terdengar cukup meyakinkan, bukan?

Pertanyaan nya: apakah website yang ditempatkan dalam server JoßgjaHost memiliki speed yang lebih cepat? Apakah juga lebih stabil?

Saya telah menghabiskan waktu selama 30+ bulan terakhir ini untuk me-monitoring performa JogjaHost, dan menghitung angka-angka (statistik) untuk menyajikan review yang tidak bias.

Bagaimana performa JogjaHost dibandingkan dengan tumpukan pilihan hosting lainnya di luar sana?

Let’s find out.

Alternatif Terbaik
Rekomendasi Hosting Terbaik #1
review domainesia terbaru

DomaiNesia↗

Pilihan yang seimbang antara harga yang terjangkau dengan performa (uptime yang stabil dan support yang bisa diandalkan).

Pilihan yang ideal bagi Anda yang membutuhkan shared cloudhosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang banyak, support yang baik dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Review..

Jasa Maintenance Website
jasa maintenance website

HarunStudio.com↗

Fokus pada bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang pengelolaan WordPress Anda. Biarkan tim WordPress Specialist kami yang melakukannya.

Anda seperti memperkerjakan karyawan internal yang ditugaskan untuk mengelola website Anda. Namun, layanan kami lebih luas dan terjangkau dibandingkan dengan memperkerjakan karyawan internal secara langsung.

Pelajari Selengkapnya..

Rangkuman Data Hasil Penelitian JogjaHost

RATING KAMI2,7/5
SAMPLE:Paket 'Basic' (Server Indonesia)
UPTIME SCORE:98,882% (1 Oktober 2021 - 31 Mei 2023)
LOAD TESTING 10 VU:2188,91 ms (Oktober 2022)
SUPPORT RATING:Rating: 5/5 (Tersedia via email dan phone)
HARGA:Mulai dari Rp 16.500/bulan (renewal: Rp 16.500/bulan)
GARANSI:30 hari tanpa syarat

Kelebihan Menggunakan JogjaHost

JogjaHost adalah salah satu penyedia hosting yang masuk radar hosting terbaik sejak awal saya memasukkan nya dalam daftar hosting yang akan di review selanjutnya.

Pertama, mereka memiliki basis pelanggan yang besar dan memiliki dua anak perusahaan hosting lainnya, yaitu ArdetaMedia dan Nusantara Host. 

Kedua, mereka juga mengklaim hanya menggunakan teknologi terbaik ditambah dengan penggunaan Premium SSD yang dapat membuat akses website menjadi lebih cepat.

Dan harus saya akui, saya punya ekspektasi yang cukup tinggi terhadap performa JogjaHost. Tapi, ternyata hasil penelitian selama ini menunjukan hasil yang berbeda.

Sebelum membahas itu, mari kita lihat beberapa kelebihan JogjaHost berikut ini:

1. Layanan Support yang Cepat

Kami di PenasihatHosting.com memutuskan untuk tidak melanjutkan pengujian layanan dukungan di tahun 2023:

Alasan utamanya adalah komitmen kami untuk menghadirkan hasil yang objektif dan mencerminkan realitas layanan yang diterima oleh pelanggan pada umumnya. Kami menyadari bahwa apabila penyedia hosting mengetahui keberadaan pengujian kami, mereka mungkin memberikan perlakuan khusus kepada kami. Hal ini berpotensi menghasilkan bias dalam penilaian dan tidak mencerminkan pengalaman pelanggan sehari-hari.

JogjaHost menyediakan layanan support selama 24/7 baik melalui live chat, email/ticket, dan Anda bahkan bisa langsung berkunjung ke kantor mereka di Sleman, Yogyakarta.

kontak JogjaHost

Dimana support via live chat hanya untuk pertanyaan seputar produk, sedangkan untuk pertanyaan seputar hal teknis dilayani via email/tiket.

Sebenarnya support tidak bisa ditangani via live chat adalah kekurangan, karena umumnya support melalui email atau tiket membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan response. Tapi, siapa sangka ternyata support via ticket JogjaHost sangat responsive.

Jadi, saya mencoba melakukan pengetesan untuk mengetahui bagaimana support JogjaHost via tiket. Saya menanyakan tiga pertanyaan teknis tentang cara mengaktifkan SSL, membuat account email dan fitur staging.

Pesan saya ditanggapi dengan cukup cepat oleh support JogjaHost jam 02:33 pagi. Ini membuktikan bahwa support mereka benar-benar tersedia 24 jam.

Update Desember 2020:

Saya melakukan pengujian support kembali dengan tujuan untuk mengetahui seberapa baik staf support JogjaHost dalam meng-handle persoalan teknis pada website client.

Dalam hal ini, saya secara sengaja membuat error establishing a database connection, sama seperti yang saya lakukan juga pada ke 21 provider hosting lainnya.

Kemudian saya mengirimkan ticket dan mengeluhkan bahwa website saya muncul error dan meminta agar mereka membantu memperbaikinya.

Tiket saya dibalas 3 menit kemudian yang isinya hanya sebuah konfirmasi bahwa laporan sudah mereka terima dan akan dibantu cek oleh teknisi.

Lalu, 10 menit kemudian mereka bertanya tentang aktivitas apa yang saya lakukan sehingga muncul error pada website.

Faktanya, dari 18 provider yang saya uji, hanya 2 provider yang bertanya tentang aktivitas saya sebelumnya, yaitu Indowebsite dan JogjaHost. Sementara ke 16 provider lainnya justru langsung mencari sumber masalah sendiri atau memperbaiki error tanpa bertanya.

Dan 10 menit (dari saya menjawab aktivitas yang saya lakukan), akhirnya error berhasil di perbaiki oleh staff teknis JogjaHost.

Jadi, total waktu dibutuhkan adalah 21 menit dari awal tiket saya kirimkan. Dibandingkan ke 17 provider lainnya, kecepatan JogjaHost ini ada di ranked #14. Tidak lambat, tapi tidak cepat juga. Saya pikir hanya ‘OK’ saja.

Sekitar 9 bulan setelah pengujian kedua dilakukan, maka saya melakukan pengujian ulang. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada update perbaikan dari layanan support Jogja Host atau justru sebaliknya.

Sama seperti pengujian kedua, saya juga melakukan pengujian teknis. Bedanya adalah pada pengujian ini, saya secara sengaja membuat file core WordPress corrupt, sehingga menyebabkan WordPress tidak bisa diakses dan muncul critical error.

Sebenarnya, error ini masih masuk dalam kategori mudah. Dari 22 provider yang saya uji, rata-rata perbaikan errornya adalah 17 menit. Bagaimana dengan waktu perbaikan Jogja Host?

Saya mengirimkan tiket pada pukul 20:32 malam, mengeluhkan website test JogjaHost saya mengalami critical error. Kemudian, pukul 20:55 mereka membalas tiket saya dengan mengatakan bahwa error telah berhasil diperbaiki.

Waktu yang dibutuhkan adalah 23 menit atau tercepat ke #11.

Dalam eksperimen saya pada tahun 2022, saya sengaja menciptakan sebuah error pada gambar di situs WordPress yang saya host di JogjaHost.

Error ini sebenarnya cukup mudah untuk diperbaiki, namun bisa menjadi tantangan bagi staf teknis yang kurang paham tentang WordPress. Eksperimen ini bisa memberikan gambaran tentang kompetensi teknis staf JogjaHost, sekaligus sebagai perbandingan dengan staf dari provider hosting lain yang saya ulas.

Untuk menguji layanan mereka, saya mengirimkan tiket dukungan pada pukul 14:43 siang, meminta bantuan dalam mengatasi masalah tersebut.

support jogjahost

Respons yang saya terima sangat cepat dan efektif: hanya dalam waktu 5 menit (pukul 14:48), tiket saya sudah ditanggapi. Staf teknis mereka dengan sigap mengatasi error tersebut, terutama terkait masalah pada izin file.

Kecepatan respons ini menempatkan JogjaHost sebagai salah satu yang tercepat, berada di peringkat ketiga teratas dari 16 provider yang saya uji. Ini menunjukkan tingkat kesiapsiagaan dan efisiensi layanan pelanggan mereka yang luar biasa.

2. Menawarkan Jumlah Sumber Daya yang Besar

Diantara semua provider yang saya uji, JogjaHost adalah provider yang menawarkan jumlah sumber daya terbesar untuk semua klien nya.

Dengan ahrga Rp 111.000/tahun termasuk PPN, Anda akan mendapatkan:

  • Gratis domain .my.id atau .biz.id
  • Unlimited bandwidth
  • Unlimited akun email
  • Unlimited website
  • 3 core vCPU
  • 6GB RAM
  • Server Indonesia
  • 30 hari masa garansi

Saya yakin Anda tidak akan menemukan paket hosting yang lebih murah dan menawarkan jumlah sumber daya sebanyak di JogjaHost, tapi ingat bahwa di shared hosting semua sumber daya yang Anda dapat masih berbagi meskipun Anda memiliki ruang yang cukup besar.

2023 12 19 11 03 56

3. Harga hosting yang murah

Diantara semua provider yang saya review, harga hosting di JogjaHost adalah yang termurah.. tidak sampai 10rb per bulannya dan sekali lagi, jumlah sumber daya yang ditawarkan sangat melimpah.

4. Garansi 30 Hari Tanpa Syarat

JogjaHost percaya diri memberikan garansi selama 30 hari kepada pelanggan barunya tanpa syarat apapun. Anda bisa mengklaim garansi dan uang Anda akan kembali 100% bila tidak puas dengan layanan JogjaHost.

Faktanya, hanya ada 7 dari 19 penyedia hosting yang memberikan garansi 30 hari tanpa syarat. Sisa 12 penyedia lainnya ada yang memberikan garansi 30 hari tapi dengan syarat atau ketentuan tertentu, ada yang hanya 15 hari dengan ketentuan tertentu, ada pula yang bahkan tidak memberikan garansi sama sekali.

JogjaHost adalah penyedia hosting yang adil. 

5. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti semua penyedia hosting Indonesia lainnya, JogjaHost juga akan membantu Anda pindah dari hosting lama Anda ke JogjaHost secara cuma-cuma alias gratis.

Ketentuannya dapat Anda baca di halaman ini: https://www.jogjahost.co.id/transfergratis.php.

6. Memiliki Halaman Tutorial yang Cukup Lengkap

JogjaHost memiliki halaman tutorial dasar yang bermanfaat bagi pemula. Anda bisa mengakses nya melalui link ini: https://www.jogjahost.co.id/tutorial/

Saya sudah mengecek nya langsung dan sepertinya cukup lengkap.

Halaman pusat pengetahuan JogjaHost

Kekurangan Menggunakan JogjaHost

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa performa JogjaHost tidak sesuai dengan ekspektasi awal saya.

Faktanya, mereka gagal di faktor paling penting, yaitu rata-rata uptime yang buruk.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk (98,882%)

JogjaHost menggaransi uptime 99%. Ini tertera dalam halaman services legal agreement mereka.

Sejujurnya 99% adalah garansi yang sangat buruk.

Tahukah Anda bahwa 99% uptime berarti website Anda akan mengalami downtime selama 7 jam 18 menit dan 17 detik dalam 1 bulan?

Bisa dibayangkan berapa potensi penghasilan yang hilang akibat website Anda down selama 7 jam lebih?

Lalu, bagaimana hasil monitoring saya sejauh ini? Beginilah rata-rata uptime JogjaHost (October 2021 – mei 2023):

BULANRATA-RATA UPTIME
October 202199,91%
November 202199,75%
December 202198,65%
January 202299,74%
February 202299,94%
March 202299,07%
April 202298,00%
May 202298,04%
June 202298,19%
July 202295,66%
August 202296,50%
September 202299,69%
October 202299,67%
November 2022-
Desember 2022-
Januari 2023-
Februari 2023-
Maret 202399,780%
April 202399,560%
Mei 202399,960%

Dari table diatas, jelas terlihat bahwa rata-rata uptime JogjaHost tidak stabil alias sering mengalami down. Rata-rata uptime nya termasuk yang terburuk dari semua provider yang saya uji di Penasihat Hosting.

Tantangan dalam monitoring uptime:

Kami menemukan adanya gangguan koneksi internasional di beberapa provider seperti Dapur Hosting dan Dewabiz ketika melakukan inspeksi secara manual. Fakta ini cukup mengejutkan kami mengingat kami sangat berusaha untuk menjaga tingkat keakuratan dari data uptime kami selama ini. Apa akibat dari temuan ini? Tentu saja data kami boleh jadi tidak 100% akurat, karena gangguan koneksi international ini tidak bisa terdeteksi secara otomatis oleh alat monitoring kami, yaitu Pingdom. Terlebih lagi, pihak provider hostingpun tidak memberitahu jika ada gangguan. Jadi, kami meminta maaf sebesar-besarnya atas keterbatasan ini.

2. Rata-rata waktu response server yang lambat pada pengujian load testing

Secara singkat, melalui pengujian load testing, saya ingin mengetahui bagaimana response server hosting semua provider yang saya uji ketika menghandle traffic yang ramai. 

Idealnya adalah waktu response server tidak mengalami kenaikan/ melambat ketika jumlah pengunjung semakin bertambah. Artinya speed atau load website tetap stabil walaupun terjadi peningkatan jumlah pengunjung dalam waktu yang bersamaan.

Bagaimana cara mengukurnya? Yaitu dengan dilakukan pengujian load testing. Alat yang saya gunakan dalam pengujian ini adalah Locust.io (open source) yang saya install di server VPS Digital Ocean saya pada lokasi server Singapore.

Dalam pengujian ini, saya mengirimkan hingga 10 virtual user yang akan menjelajahi website test Jogja Host selama 5 menit.

Hasil nya dapat Anda lihat dalam tabel gambar grafik dibawah ini:

jogja host performance test

Saya akan jelaskan cara membaca grafik nya:

  • Garis hijau menunjukan rata-rata waktu response. Ideal nya adalah tidak meningkat seiring bertambah nya jumlah virtual user.
  • Garis biru menunjukan jumlah virtual user, yang akan terus bertambah dan stabil di 10 virtual user hingga sebelum test berahir.
  • Garis merah menunjukan jumlah permintaan (request) yang ideal nya akan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah virtual user.

Berdasarkan grafik diatas, terlihat bahwa waktu response server (garis hijau) terus meningkat seiring bertambahnya jumlah virtual user (garis biru) yang artinya bahwa kecepatan website akan terus menurun atau melambat seiring bertambahnya jumlah pengunjung. Dan juga saya melihat ada error sekitar 1% selama pengujian.

Rata-rata waktu response server nya secara keseluruhan adalah 2188,91 ms atau termasuk yang terlambat diantara semua provider.

3. Tidak menggunakan control panel cPanel standar industri

Meskipun JogjaHost menawarkan harga hosting yang terjangkau, mereka tidak menyediakan cPanel, yang umumnya dianggap sebagai standar industri.

Sebagai gantinya, pelanggan mendapat control panel Plesk. Plesk sendiri merupakan alternatif yang andal, meski kurang populer dibandingkan cPanel. Hal ini bisa jadi salah satu alasan mengapa harga hosting di JogjaHost bisa lebih ekonomis dibandingkan provider lain.

Rangkuman Paket Hosting JogjaHost dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di JogjaHost:

Per Desember 2023, saya hanya melihat satu pilihan paket hosting JogjaHost:

2023 12 19 11 03 56

Informasi lainnya yang perlu diketahui:

  • Pilihan server: Indonesia
  • Aktifasi acount: Diperlukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu sebelum domain/hosting aktif
  • Control Panel yang digunakan: Plesk
  • Gratis domain: .my.id atau .biz.id

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan JogjaHost?

Jika Anda mencari hosting yang termurah + sumber daya yang besar, maka JogjaHost adalah salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Mereka memiliki strong point di layanan support yang cepat dan bisa diandalkan dan memiliki aturan garansi yang adil (30 hari tanpa syarat).

Namun, tiga hal yang perlu Anda ingat adalah:

  1. Rata-rata uptime mereka sangat buruk
  2. Rata-rata kecepatan waktu response server yang lambat
  3. Tidak menggunakan control panel standar industri, yaitu cPanel

Mereka gagal di dua faktor penting (uptime dan speed) dan ini yang menjadi alasan besar mengapa saya tidak bisa merekomendasikannya kepada Anda

willya randika

Penulis: Willya Randika

Willya Randika adalah satu-satunya penulis dan web hosting reviewer di PenasihatHosting.com. Dia telah menggeluti dunia hosting sejak tahun 2013 dan telah mereview lebih dari 30+ provider hosting. Dia juga sering memberikan saran dan konsultasi gratis kepada para pemilik website tentang bagaimana cara meningkatkan performa website mereka.

Diskusi & Review Pengguna

7 Diskusi

7 Komentar

  1. komentator
    Ncep

    Bang review nya di update lagi dong..nanti ya september 2023 ini? Saya mau pakai jogjahost rencananya..tapi mau liat review” terbaru hosting saat ini..makasih bang review nya..sehat selalu

    • admin
      Willya RandikaHosting reviewer

      Insya Allah, kemungkinan kalau gak bulan ini atau bulan depan. Sukses selalu juga buat mas nya. Terima kasih do’anya.

  2. komentator
    Dika Jack

    iya memang betul jogjahost supportnya memang bagus , saya pernhah chat habis subuh lagnsung di respon

    Good job jogjahost pertahankan kualitas anda

  3. komentator
    Muhammad Haulul Azkiyaa

    Saya sudah menjelajah beragam web hosting dan menemukan hosting murah ini, karena saya selalu iseng bertanya promo saya dapat hosting Rp70Rb untuk 1 Tahun, luar biasa… Supportnya baik sekali walaupun memang harus lewat ticket, tapi kadang saya menggunakan sistem livechat + ticket. saya memantau apakah ticket saya sudah di baca atau belum melalui live chat dengan begitu lebih cepat. Masalah yang besar di pagespeed dan uptime, tapi saya percaya jogjahost akan berkembang lebih sukses lagi. Sistem backup yang keren yang saya suka, selain backup disimpan di storage hosting juga dicadangkan di storage milik jogjahost. Suatu ketika saya lupa membackup image upload saya meminta restore dan saya bersyukur karena tidak perlu mengulangi upload gambar dari awal…Terima Kasih Jogjahost.

0 review pengguna
❗ Tidak ditemukan review pengguna untuk provider hosting JogjaHost.

🔥 Menjadi pionir! Jadilah orang pertama yang mengulas provider hosting ini dan bagikan pengalaman Anda dengan yang lain.