Review JogjaHost

Bukan Pilihan Hosting yang Bagus (Uptime yang Buruk dan Speed yang Lambat)

WIllya-Randika

By Willya Randika / Hosting Reviewer
Last Updated: August 6, 2021 / 1 Komentar


JogjaHost didirikan pada tahun 2008 dengan tekad dan komitmen kuat untuk mewujudkan layanan yang berkualitas untuk Indonesia go online.

Begitulah kira-kira yang saya baca dalam halaman 'tentang kami' mereka.

Review JogjaHost

JogjaHost juga mengklaim bahwa mereka hanya menggunakan server teknologi prosesor Intel Xeon kualitas terbaik. Ditambah dengan SSD Disk yang menjamin data cepat diakses serta lebih aman.

Di halaman depan nya pun mereka menamakan web hosting nya dengan premium SSD web hosting.

(Apakah maksudnya lebih cepat dari SSD yang bukan premium dan yang masih menggunakan HDD tradisional? Secara teori, harusnya iya.)

Semua nya terdengar begitu meyakinkan, bukan?

Pertanyaan besar nya: apakah website yang ditempatkan dalam server JogjaHost memiliki speed yang lebih cepat? Apakah juga lebih stabil?

Saya telah menghabiskan waktu selama 17 bulan terakhir ini untuk me-monitoring performa JogjaHost, dan menghitung angka-angka untuk menyajikan review yang tidak bias.

Bagaimana performa JogjaHost dibandingkan dengan tumpukan pilihan hosting lainnya di luar sana?

Let’s find out.

Rangkuman Data Hasil Penelitian JogjaHost

RATING KAMI

SAMPLE

Paket Hosting 'BASIC'

WEBSITE TEST

UPTIME

99,60% (1 Agustus 2019 - 30 April 2021)

SPEED

1780 ms (1 Februari 2020 - 30 April 2021)

LOAD IMPACT 10 VU

364,8 ms (September 2020)

SUPPORT

Rating: 3/5 (Tersedia via email dan phone)

HARGA

Mulai dari Rp 15.000/bulan (renewal: Rp 30.000/bulan)

GARANSI

30 hari tanpa syarat apapun

Alternatif Terbaik Selain JogjaHost

Best Performance Shared Hosting

Pilih Niagahoster Hosting

Shared Hosting dengan Performa Terbaik

Overall Rating:

Pilihan terbaik jika Anda menginginkan shared hosting dengan performa terbaik + ditunjang dengan fitur yang banyak. Kekurangan nya? Support yang lambat dan harga yang lebih mahal.

Best Value

Review DomaiNesia

Seimbang antara harga yang murah dengan performa yang cukup baik

Overall Rating:

Pilihan yang seimbang untuk Anda yang membutuhkan shared hosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang cukup banyak, support yang baik, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Best of The Best

Review Cloudways

Managed Cloud VPS Hosting terbaik dengan harga yang lebih murah dikelasnya

Overall Rating:

Rekomendasi terbaik kami bagi siapapun yang menginginkan Managed Cloud VPS Hosting dengan performa terbaik (uptime yang handal dan speed yang mengesankan). 

Kelebihan Menggunakan JogjaHost

JogjaHost adalah salah satu penyedia hosting yang masuk radar hosting terbaik sejak awal saya memasukkan nya dalam daftar hosting yang akan di review selanjutnya.

Pertama, mereka memiliki basis pelanggan yang besar dan memiliki dua anak perusahaan hosting lainnya, yaitu ArdetaMedia dan Nusantara Host. 

Kedua, mereka juga mengklaim hanya menggunakan teknologi terbaik ditambah dengan penggunaan Premium SSD yang dapat membuat akses website menjadi lebih cepat.

Dan harus saya akui, saya punya ekspektasi yang cukup tinggi terhadap performa JogjaHost.

Tapi, ternyata hasil penelitian selama 16 - 21 bulan ini menunjukan hasil yang berbeda.

Sebelum membahas itu, mari kita lihat beberapa kelebihan JogjaHost berikut ini:

1. Layanan Support yang Saya Pikir Hanya 'OK' Saja

JogjaHost menyediakan layanan support selama 24/7 baik melalui live chat, email/ticket, dan Anda bahkan bisa langsung berkunjung ke kantor mereka di Sleman, Yogyakarta.

Kontak JogjaHost

Dimana support via live chat hanya untuk pertanyaan seputar produk, sedangkan untuk pertanyaan seputar hal teknis dilayani via email/tiket.

Sebenarnya support tidak bisa ditangani via live chat adalah kekurangan, karena umumnya support melalui email atau tiket membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan response.

Jadi, saya mencoba melakukan pengetesan untuk mengetahui bagaimana support JogjaHost via tiket. Saya menanyakan tiga pertanyaan teknis tentang cara mengaktifkan SSL, membuat account email dan fitur staging.

Pesan saya ditanggapi dengan cukup cepat oleh support JogjaHost jam 02:33 pagi. Ini membuktikan bahwa support mereka benar-benar tersedia 24 jam.

Test support via ticket JogjaHost

Update Desember:

Saya melakukan pengujian support kembali dengan tujuan untuk mengetahui seberapa baik staf support JogjaHost dalam meng-handle persoalan teknis pada website client.

Dalam hal ini, saya secara sengaja membuat error establishing a database connection, sama seperti yang saya lakukan juga pada ke 17 provider hosting lainnya.

Kemudian saya mengirimkan ticket dan mengeluhkan bahwa website saya muncul error dan meminta agar mereka membantu memperbaikinya.

Support JogjaHost

Tiket saya dibalas 3 menit kemudian yang isinya hanya sebuah konfirmasi bahwa laporan sudah mereka terima dan akan dibantu cek oleh teknisi.

Lalu, 10 menit kemudian mereka bertanya tentang aktivitas apa yang saya lakukan sehingga muncul error pada website.

Faktanya, dari 18 provider yang saya uji, hanya 2 provider yang bertanya tentang aktivitas saya sebelumnya, yaitu Indowebsite dan JogjaHost. Sementara ke 16 provider lainnya justru langsung mencari sumber masalah sendiri atau memperbaiki error tanpa bertanya.

Dan 10 menit (dari saya menjawab aktivitas yang saya lakukan), akhirnya error berhasil di perbaiki oleh staff teknis JogjaHost.

Support JogjaHost 2

Jadi, total waktu dibutuhkan adalah 21 menit dari awal tiket saya kirimkan. Dibandingkan ke 17 provider lainnya, kecepatan JogjaHost ini ada di ranked #14. Tidak lambat, tapi tidak cepat juga. Saya pikir hanya 'OK' saja.

2. Berhasil Pada Pengujian Load Impact Dengan 10 Virtual User

Load impact adalah faktor baru yang saya masukkan dalam update review di tahun 2020.

Secara singkat, saya ingin mengetahui bagaimana response server hosting semua provider yang saya uji ketika menghandle traffic yang ramai. 

Idealnya adalah waktu response server tidak mengalami kenaikan/ melambat ketika jumlah pengunjung semakin bertambah. Artinya speed atau load website tetap stabil walaupun terjadi peningkatan jumlah pengunjung dalam waktu yang bersamaan.

Nah, alat terbaik untuk mengukur nya menurut saya adalah Load Impact.

Dalam pengujian ini, saya mengirimkan 10 hingga 15 virtual user yang akan menjelajahi website test Jogja Host selama 10 menit.

Hasil nya dapat Anda lihat dalam tabel dibawah ini:

JUMLAH VIRTUAL USER

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

10 VU

0

3569

364.8 ms

15 VU

0

3575

1036.11 ms

Saya akan jelaskan cara membaca tabel nya, mulai dari:

1. Pengujian dengan 10 virtual user

  • Garis biru menunjukan rata-rata waktu response. Ideal nya adalah tidak meningkat seiring bertambah nya jumlah virtual user.
  • Garis hijau menunjukan jumlah virtual user, yang akan terus bertambah dan stabil di 10 virtual user hingga sebelum test berahir.
  • Garis ungu menunjukan jumlah permintaan (request) yang ideal nya akan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah virtual user.
Jogja Host 10VUs

Terlihat dari grafik diatas bahwa waktu response server nya stabil dari awal pengujian hingga sebelum akhir. Rata-rata nya adalah 364,38 ms tau 0,364.38 detik. Tergolong stabil dibandingkan ke 17 provider lainnya.

Apa artinya? Artinya server paket Basic Jogja Host yang saya gunakan mampu meng-handle 10 pengunjung yang datang secara bersamaan.

Bagaimana dengan 15 virtual user?

2. Pengujian dengan 15 virtual user

Berikut grafiknya:

Jogja Host 15VUs

Seperti yang Anda lihat, grafik waktu response nya mengalami peningkatan (atau melambat) seiring bertambahnya jumlah virtual user, kemudian menurun ketika jumlah virtual user juga mengalami penurunan.

Itu adalah indikasi yang buruk.

Load impact bahkan mendeteksi adanya masalah performance, yaitu throughput limit detected. Artinya adalah server mengalami overload, sehingga menyebabkan waktu response menjadi tinggi.

Tetapi, kalau saya perhatikan, kenaikan waktu response nya sudah terjadi ketika jumlah virtual user nya masih lima. Ini berbeda dengan pengujian pada 10 virtual user, dimana tidak ada kenaikan/peningkatan load time.

Yang bisa saya katakan adalah server mereka hanya tidak stabil.

3. Menawarkan Jumlah Sumber Daya yang Besar, Bahkan Pada Paket Termurah nya

Bagusnya di JogjaHost adalah semua paket hosting nya bahkan pada paket termurah nya, yaitu paket 'Basic' menawarkan jumlah resources unlimited, seperti SSD storage, bandwidth dan database unlimited.

Bahkan jumlah CPU, RAM, entry proses dan Inode nya sama, tidak ada perbedaan sama sekali. Yang membedakannya adalah fitur yang didapat, misalnya di paket 'Max', Anda akan mendapatkan fitur Premium Rapid SSL, prioritas support dan unlimited website.

Tapi ingat bahwa unlimited disini bukan benar-benar unlimited. Mereka tidak membatasi penggunakan storage dan bandwidth sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keterbatasan ini. Walaupun mereka tetap mengacu pada penggunaan wajar website pada umumnya.

Yang tidak wajar itu misalnya menggunakan storage sebesar 100GB, 500GB, 1TB.

Paket SSD Hosting JogjaHost

4. Garansi 30 Hari Tanpa Syarat

JogjaHost percaya diri memberikan garansi selama 30 hari kepada pelanggan barunya tanpa syarat apapun. Anda bisa mengklaim garansi dan uang Anda akan kembali 100% bila tidak puas dengan layanan JogjaHost.

Faktanya, hanya ada 7 dari 19 penyedia hosting yang memberikan garansi 30 hari tanpa syarat. Sisa 12 penyedia lainnya ada yang memberikan garansi 30 hari tapi dengan syarat atau ketentuan tertentu, ada yang hanya 15 hari dengan ketentuan tertentu, ada pula yang bahkan tidak memberikan garansi sama sekali.

JogjaHost adalah penyedia hosting yang adil. 

5. Sudah Menggunakan Fitur JetBackup

Empat atau lima bulan lalu, JogjaHost bahkan belum menawarkan fitur backup otomatis oleh sistem, yang artinya klien perlu meminta terlebih dahulu  ke customer support apabila menginginkan file backup.

Pada update bulan Mei 2021 ini, saya senang bahwa JogjaHost telah menambah fitur JetBackup, dimana backup otomatis dibuat oleh sistem dan tidak hanya itu saja, Anda bisa melakukan backup dan restore hanya dalam 1-2x klik saja.

Account Backups JogjaHost

Sayang nya, account backups hanya tersedia tiga file, yaitu:

  • Backup hari ini
  • Backup satu minggu yang lalu
  • Dan backup dua minggu yang lalu

6. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti semua penyedia hosting Indonesia lainnya, JogjaHost juga akan membantu Anda pindah dari hosting lama Anda ke JogjaHost secara cuma-cuma alias gratis.

Ketentuannya dapat Anda baca di halaman ini: https://www.jogjahost.co.id/transfergratis.php.

7. Memiliki Halaman Tutorial yang Cukup Lengkap

JogjaHost memiliki halaman tutorial dasar yang bermanfaat bagi pemula. Anda bisa mengakses nya melalui link ini: https://www.jogjahost.co.id/tutorial/

Saya sudah mengecek nya langsung dan sepertinya cukup lengkap.

Halaman pusat pengetahuan JogjaHost

Kekurangan Menggunakan JogjaHost

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa performa JogjaHost tidak sesuai dengan ekspektasi awal saya.

Faktanya, mereka gagal di 2 faktor utama:

  • Rata-rata uptime yang buruk, dan
  • Rata-rata load time yang lambat

Semua akan saya bahas dalam bagian kekurangan ini.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk (99,60%)

JogjaHost menggaransi uptime 99%. Ini tertera dalam halaman services legal agreement mereka.

Sejujurnya 99% adalah garansi yang sangat buruk.

Tahukah Anda bahwa 99% uptime berarti website Anda akan mengalami downtime selama 7 jam 18 menit dan 17 detik dalam 1 bulan?

Bisa dibayangkan berapa potensi penghasilan yang hilang akibat website Anda down selama 7 jam lebih?

Lalu, bagaimana hasil monitoring saya selama 21 bulan ini? Score uptime Jogjahost adalah 999,60%. Memang diatas dari yang mereka garansikan, tapi tetap saja buruk. Ingat score yang bagus minimal 99,90%.

Uptime report jogjahost 30 april 201

Beginilah rata-rata uptime JogjaHost ( Agustus 2019 - April 2021 ) :

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

Agustus 2019

99,69%

2 Jam

9x

September 2019

99,06%

7 Jam

127x

Oktober 2019

99,56%

3 Jam

49x

November 2019

99,85%

1 Jam

11x

Desember 2019

99,95%

21 Menit

4x

Januari 2020

99,93%

31 Menit

7x

Februari 2020

99,77%

2 Jam

11x

Maret 2020

99,94%

27 Menit

14x

April 2020

99,55%

3 Jam

13x

Mei 2020

99,93%

32 Menit

16x

Juni 2020

99,08%

7 Jam

23x

Juli  2020

99,55%

3 Jam

8x

Agustus 2020

99,58%

3 Jam

6x

September 2020

99,55%

3 Jam

16x

Oktober 2020

99,37%

5 Jam

9x

November 2020

99,75%

2 Jam

7x

Desember 2020

99,77%

2 Jam

27x

Januari 2021

98,97%

8 Jam

35x

Februari 2021

99,04%

6 Jam

23x

Maret 2021

99,79%

2 Jam

32x

April 2021

99,97%

12 Menit

5x

2. Rata-rata Load Time yang Hanya 'OK' Saja (1,780 Detik)

Sayangnya, rata-rata uptime JogjaHost yang buruk tersebut tidak bisa di tutupi dengan server nya yang responsive.

Berdasarkan hasil monitoring speed JogjaHost sejak 1 Februari - 30 April 2021 ini, ternyata rata-rata speed nya masih dibawah angka yang ideal, yaitu hanya 1,78 detik (atau hanya tercepat ke #16 dari 18).

Nampaknya teknologi yang mereka gunakan dan konfigurasi hosting yang mereka racik belum cukup mampu untuk me-ngangkat performa shared hosting mereka.

Speed report jogjahost 30 april 2021

Jika melihat grafik diatas, terlihat jelas ada kenaikan load time (naik berarti melambat), yang terjadi di awal tahun 2021 hingga update review ini saya update per Mei 2021.

Saya tidak tahu apa yang terjadi pada rentang waktu tersebut, namun kenaikan nya cukup signifikan.

Rata-rata speed JogjaHost dari bulan ke bulan:

BULAN

RATA-RATA UPTIME

Februari 2020

0,990 detik

Maret 2020

1,21 detik

April 2020

1,22 detik

Mei 2020

1,18 detik

Juni 2020

1,25 detik

Juli 2020

1,40 detik

Agustus 2020

1,26 detik

September 2020

0,870 detik

Oktober 2020

0,651 detik

November 2020

0,671 detik

Desember 2020

2,04 detik

Januari 2021

3,21 detik

Februari 2021

3,68 detik

Maret 2021

3,98 detik

April 2021

2,29 detik

3. Harga nya Memang Murah (Rp 15.000/bln), Tapi Hanya Jika Anda Mau Berlangganan Langsung Tiga Tahun

JogjaHost menawarkan paket hosting dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp15.000/bulan nya, tetapi ternyata harga yang murah ini bisa Anda dapatkan hanya jika Anda mau berlangganan langsung 36 bulan atau 3 tahun.

Bagaimana jika berencana berlangganan secara tahunan? Maka harganya menjadi Rp16.500/bulan nya.

Dan jika secara bulanan harganya menjadi Rp26.250/bulan nya.

jogja host paket

Sebenarnya, strategi permainan harga seperti ini sudah sangat umum dilakukan dalam industri web hosting. Bukan hanya provider lokal, tapi provider luar pun juga sama.

Rangkuman Paket Hosting JogjaHost dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di JogjaHost:

JogjaHost memiliki tiga pilihan dalam paket shared hostingnya, yaitu:

Paket SSD Hosting JogjaHost
  • Paket Baisc: Harga mulai dari Rp15.000/bulan, dimana Anda akan mendapatkan SSD storage, bandwidth dan database yang unlimited. Hanya bisa meng-host kan 1 website saja. Dan dengan jumlah CPU, RAM, entry proses dan Inode yang sama dengan dua paket yang lebih mahal lainnya.
  • Paket 'Big': Harga mulai dari Rp25.000/bulan, dimana Anda akan mendapatkan jumlah resources yang sama dengan paket 'Basic', hanya saja Anda bisa meng-host kan banyak website atau lebih dari satu.
  • Paket 'Max': Harga mulai dari Rp60.000/bulan. Anda akan mendapatkan jumlah resources yang sama dengan dua paket 'Big'. Bedanya adalah Anda akan mendapatkan rapid premium SSL dan prioirtas support.

Informasi lainnya yang perlu diketahui:

  • Pilihan server: Indonesia
  • Aktifasi acount: Diperlukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu sebelum domain/hosting aktif
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Tidak ada
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan JogjaHost?

Sangat sulit untuk merekomendasikan penyedia hosting yang gagal di uptime, karena saya yakin siapapun Anda pasti menginginkan hosting yang terbaik, yang jarang mengalami down, sehingga tidak mengurangi potensi penghasilan Anda.

JogjaHost juga gagal di faktor load time. Speed mereka diatas 1 detik dan hanya terbaik ke #10 dari 18.

Saat ini, saya belum merekomendasikan JogjaHost kepada Anda.

7 KELEBIHAN

  • Layanan support nya hanya 'OK' Saja
  • Berhasil Pada Pengujian Load Impact Dengan 10 Virtual User
  • Menawarkan jumlah sumber daya yang besar, bahkan pada paket termurah nya
  • Garansi 30 hari tanpa syarat
  • Gratis migrasi hosting
  • Memiliki halaman tutorial yang cukup lengkap
  • Sudah menggunakan fitur JetBackup

4 KEKURANGAN

  • Rata-rata Uptime yang Buruk (99,60%)
  • Rata-rata load time yang hanya 'OK' saja (1,780 Detik)
  • Harga nya memang murah (Rp 15.000/bln), tapi hanya jika Anda mau berlangganan langsung tiga tahun
  • Account backups hanya tersedia tiga account saja, yaitu backup hari ini, satu minggu yang lalu dan dua minggu yang lalu
  • Saya sudah menjelajah beragam web hosting dan menemukan hosting murah ini, karena saya selalu iseng bertanya promo saya dapat hosting Rp70Rb untuk 1 Tahun, luar biasa… Supportnya baik sekali walaupun memang harus lewat ticket, tapi kadang saya menggunakan sistem livechat + ticket. saya memantau apakah ticket saya sudah di baca atau belum melalui live chat dengan begitu lebih cepat. Masalah yang besar di pagespeed dan uptime, tapi saya percaya jogjahost akan berkembang lebih sukses lagi. Sistem backup yang keren yang saya suka, selain backup disimpan di storage hosting juga dicadangkan di storage milik jogjahost. Suatu ketika saya lupa membackup image upload saya meminta restore dan saya bersyukur karena tidak perlu mengulangi upload gambar dari awal…Terima Kasih Jogjahost.

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
    >