REVIEW UP-TO-DATE

Review Indowebsite

Supportnya bagus dan bisa diandalkan, hanya saja rata-rata uptime nya masih buruk dan speed nya juga dibawah rata-rata

Uptime
Speed (TTFB)
Rating Support
98,60%
507 ms
5/5

1.6

Rating Kami

Oleh

/ Hosting Reviewer

Terakhir Update:

Pada mulanya, Indowebsite hanyalah sebuah layanan web desain yang dikelola secara personal.

Namun seiring berjalannya waktu ketika jumlah klien semakin bertambah, maka pendirinya memutuskan untuk mengelola web hosting sendiri.

Dan pada pertengahan tahun 2005 didirikanlah perusahaan hosting dengan nama dplanet, yang sekarang telah berganti nama menjadi Indowebsite.

Kini Indowebsite mengklaim telah memiliki lebih dari 40.000 pelanggan aktif dari seluruh nusantara dan dunia serta masuk dalam top 10 perusahaan hosting dengan market share terbesar di Indonesia.

Mereka telah memiliki 20 Server aktif yang berlokasi di IDC duren tiga Jakarta maupun USA dengan 99,9% SLA Uptime.

Sebuah pencapain yang bagus, bukan?

Apa yang Indowebsite Lakukan?

Jika Anda sudah lama berkecimpung dalam dunia website, mungkin Anda telah mengenal nama lama seperti MasterwebIDwebhost dan Rumahweb.

Hingga di pertengahan tahun 2022 ini, mereka masih bertengger di top 3 perusahaan hosting dengan jumlah klien terbanyak di Indonesia, kecuali IDwebhost yang sudah jatuh ke rank #24 (sebelum nya rank #2).

Pertanyaannya adalah apa rahasia dibalik kesuksesan Indowebsite dapat terus bertahan hingga kini?

Seperti yang Anda tahu, sekarang telah banyak bermunculan pesaing-pesaing baru yang tidak kalah inovatif, katakanlah NiagahosterDomaiNesia dan IdCloudHost.

Untuk mengetahuinya jawabannya, saya membeli paket Cloud Student Indowebsite. Menginstal WordPress didalamnya dan memonitoring uptime, speed serta menguji layanan supportnya sebelum akhirnya mempublikasikan review indowebsite ini.

Alternatif Terbaik
Rekomendasi Hosting Terbaik Kami
Review Domainesia

DomaiNesia↗

Seimbang antara harga yang terjangkau dengan performa yang cukup baik

Pilihan yang seimbang untuk Anda yang membutuhkan shared hosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang banyak, support yang baik dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Review..

Jasa Maintenance Website

HarunStudio.com↗

Biarkan kami yang mengelola website WordPress Anda sehingga Anda bisa fokus pada bisnis Anda.

Anda seperti memperkerjakan karyawan in-house yang memang ditugaskan untuk mengelola website Anda. Bedanya adalah layanan kami lebih luas dari itu dan dengan biaya yang jauh lebih murah.

Pelajari Selengkapnya..

Rangkuman Data Hasil Penelitian

Penelitian sudah berjalan selama 32 bulan yang dimulai sejak 1 Agustus 2019.

RATING KAMI1,6/5
SAMPLE:Paket Hosting 'Cloud Student' (Server Indonesia)
UPTIME SCORE:98,60% (1 Oktober 2021 - 31 Maret 2022)
SPEED (TTFB):507 ms (4 April 2022 - 4 April 2022)
LOAD IMPACT 10 VU:3905 ms (September 2021)
SUPPORT RATING:Rating: 5/5 (Tersedia via ticket, live chat, Whatsapp, Messenger, Telegram, DM Twitter, phone, Skype)
HARGA:Mulai dari Rp 50.000/bulan (renewal: Rp 61.667/bulan)
GARANSI:30 hari dengan syarat-syarat tertentu

Kelebihan Menggunakan Indowebsite

Jika Anda sudah membaca review hosting lainnya, saya yakin Anda sudah cukup paham bahwa ada tiga+satu indikator utama yang menentukan bagus/tidaknya kualitas suatu web hosting.

Yaitu uptime, load time (speed) dan support + load impact.

Berita baiknya, Indowebsite berhasil di salah satu faktor, tapi gagal di 2+1 faktor lainnya.

Kita akan mulai terlebih dahulu melihat apa saja yang menjadi kelebihan Indowebsite berikut ini:

1. Customer Support yang Dapat Diandalkan (Rating 5/5)

Update per Juni 2022:

Terakhir kali kami menguji layanan support Indowebsite adalah bulan September 2021 lalu. Kami akan melakukan pengujian ulang kemungkinan bulan November 2022 mendatang. Jadi, review ini mungkin tidak up-to-date dengan kondisi terkini, karena boleh jadi ada penurunan atau peningkatan layanan yang dilakukan Indowebsite sejak bulan September 2021 lalu.

Untuk menguji seberapa baik kualitas layanan supportnya, saya mencoba melakukan beberapa kali pengujian. 

Mulai dari pengujian yang sederhana, hingga pengujian yang agak technical. Dan karena agak panjang, maka saya membaginya menjadi tiga bagian dalam toggle dibawah ini.

Pengujian Pertama

Pesan saya ditanggapi kurang dari 2 menit oleh staff teknis.

Hal yang membuat saya tidak senang adalah dia menanyakan kembali apa yang bisa dibantu, padahal jelas saya sudah mengetik pertanyaan pada kolom form.

Dan seperti kebanyakan layanan hosting Indonesia lainnya, supportnya tidak membantu. Saya menanyakan pertanyaan dasar tentang bagaimana cara menambahkan sub domain dan add on di cPanel.

Tetapi staf teknis Indowebsite hanya mengirimkan sebuah link menuju panduan yang telah ditulis sebelumnya. Support seperti ini tidaklah bagus, seharusnya bisa memandu client hingga masalah/pertanyaan selesai, alih-alih membiarkan client ‘mengurus’ masalahnya sendiri.

Pengujian Pertama

Update 26 November 2020:

Saya melakukan pengujian ulang terhadap layanan support Indowebsite. 

Berbeda dengan pengujian yang pertama, kali ini lebih teknical.

Bagaimana caranya? Pertama, saya dengan sengaja membuat error pada website test Indowebsite. Error ini adalah error yang umum terjadi pada website WordPress, yaitu error establishing a database connection.

Saya percaya error ini dapat diperbaiki dengan mudah dan cepat, kurang dari 10 menit. 

Kemudian saya mengirimkan tiket dan mengeluhkan website saya yang muncul error.

Dan mendapatkan balasan pertama 6 menit kemudian. Staff support mereka membalas dengan bertanya tentang apa perubahan yang saya lakukan sebelum error terjadi.

Sebenarnya adalah suatu hal yang bagus dengan menanyakan kegiatan atau perubahan apa yang Anda lakukan sebelum error terjadi.

Meskipun di kebanyakan provider lainnya, saya temukan mereka langsung berinisiatif untuk memperbaiki error tanpa bertanya terlebih dahulu. Rata-rata dilakukan oleh provider hosting yang dalam catatan pengujian saya bisa memperbaiki error dalam 5 menit atau kurang, seperti Jetorbit, DomaiNesia dan Dracoola.

Dan 12 menit kemudian (dari awal saya mengirimkan ticket), error pun sudah berhasil di perbaiki.

Dibanding ke 18 provider lain, Indowebsite adalah yang tercepat ke #10 dalam hal kecepatan memperbaiki error.

Ngomong-ngomong, Indowebsite adalah satu dari sangat sedikit provider yang menyediakan banyak media untuk melayani konsumen mereka, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, Twitter hingga Telephone bahkan Skype Cal.

Pengujian Ketiga – Medium Technical Support Test

Supaya review ini lebih up-to-date, maka saya melakukan pengujian ulang.

Hampir sama dengan pengujian kedua, saya juga sengaja membuat error pada website test Indowebsite saya. Sama-sama error yang cukup umum terjadi pada website WordPress, yaitu critical error 500.

Error ini juga cukup mudah untuk diperbaiki, tapi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Dari 22 provider yang saya lakukan pengujian, rata-rata penyelesaian error adalah 17 menit. Bagaimana dengan Indowebsite?

Mereka berhasil memperbaiki error dalam waktu 8 menit saja. Ini adalah waktu tercepat, dan ada tiga provider yang juga dapat melakukannya dalam 8 menit selain Indowebsite, yaitu Qwords dan DomaiNesia.

Saya pikir Indowebsite adalah provider yang bagus untuk pemula, karena layanan support mereka bisa diandalkan.

2. Garansi Pengembalian Uang 30 Hari

Sama seperti kebanyakan layanan hosting lainnya, Indowebsite juga memberikan garansi hosting selama 30 hari.

Garansi di Indowebsite memang memiliki ketentuan-ketentuan tertentu. Tetapi, setelah saya membacanya sepertinya tidak ada ketentuan yang memberatkan konsumen.

3. Gratis Backup Harian dan Bulanan Secara Otomatis

Di Indowebsite, website Anda akan dibackup secara harian oleh sistem, sehingga Anda mungkin tidak perlu repot-repot melakukan backup secara manual.

Backup harian yang tersimpan adalah 3 hari terakhir dan ada backup bulanan di awal bulan (tanggal 1 setiap bulan) dan backup 2 bulan yang lalu (juga tanggal 1 setiap bulan).

Account Backup di Indowebsite

Mereka bahkan sudah menggunakan fitur JetBackup dimana pengguna dapat langsung melakukan restore file backup tanpa harus mendownload nya terlebih dahulu dan me-restorenya secara manual.

Faktanya, hanya beberapa provider Indonesia yang sudah menggunakan JetBackup dan Indowebsite adalah salah satunya.

4. Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain

Jika Anda sudah membuat website di provider hosting lain dan memutuskan pindah ke Indowebsite, mereka akan menawarkan gratis migrasi hosting kepada Anda secara gratis sampai website Anda aktif.

Biasanya proses migrasi akan berlangsung dalam 1×24 jam.

Selain itu, Indowebsite juga akan memberikang gratis domain, apapun paket Cloud Hosting yang Anda ambil dengan syarat Anda berlangganan hosting minimal secara tahunan.

5. Memiliki Halaman Knowledge Base yang Cukup Lengkap

Indowebsite memiliki halaman pusat pengetahuan.

Saya sudah memeriksanya dan sepertinya cukup lengkap. Disana Anda bisa belajar tentang banyak hal, baik tentang bagaimana mengoperasikan cPanel hosting, CMS, dan lain-lain.

6. Memiliki Tiga Pilihan Server

Indowebsite menawarkan tiga pilihan server yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Singapore, Indonesia dan USA. 

Kekurangan Menggunakan Indowebsite

Ada beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan apakah Indowebsite adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Dan sayangnya kekurangan yang dimaksud adalah kekurangan besar yang menentukan faktor penilaian saya dalam review ini, seperti uptime dan load time (speed).

Update Juni 2020: Sepertinya, Indowebsite sudah menghapus ketentuan denda keterlambatan pembayaran perpanjangan hosting dimana sebelumnya dikenakan denda 10%. Nah, pada update 10 juni, saya mencoba mengeceknya dan tidak menemukan ketentuan denda itu lagi. 

1. Rata-rata Uptimenya Sangat Tidak Stabil Dalam 6 Bulan Terakhir

Sebagian besar penyedia hosting di Indonesia menggaransi uptime 99,90%, tapi faktanya dari hasil penelitian saya sejauh ini, hanya ada 4 dari 22 penyedia hosting yang rata-rata uptimenya diatas 99,90%.

Sayangnya, Indowebsite belum mencapai score tersebut.

Mari kita lihat rata-rata uptime Indowebsite setiap bulannya dalam tabel dibawah ini:

BULANRATA-RATA UPTIMEDURASI DOWNTIMEJUMLAH DOWNTIME
Agustus 201999,60%3 jam59x
September 201997,18%20 jam85x
Oktober 201999,15%6 jam114x
November 201999,77%2 jam19x
Desember 201999,78%2 jam9x
Januari 202099,64%3 jam48x
Februari 202099,66%2 jam18x
Maret 202098,40%12 jam60x
April 202097,52%18 jam123x
Mei 202098,96%8 jam98x
Juni 202099,19%6 jam53x
Juli 202099,19%6 jam48x
Agustus 202099,86%1 jam9x
September 202099,99%2 menit1x
Oktober 202099,93%30 menit2x
November 202099,89%1 jam9x
Desember 202099,70%2 jam16x
Januari 202199,91%42 menit17x
Februari 202199,83%1 jam10x
Maret 202199,81%1 jam14x
April 202199,96%19 menit12x
Mei 202199,89%1 jam12x
Juni 202198,20%13 jam69x
Juli 202199,63%3 jam61x
Agustus 202199,82%1 jam18x
September 2021NO DATA
Oktober 202199,66%3 jam33x
November 202199,95%23 menit11x
Desember 202199,87%1 jam32x
Januari 202299,85%1 jam37x
Februari 202299,92%33 menit9x
Maret 202299,91%41 menit14x

Dilihat dari table diatas, rata-rata uptime Indowebsite sangat tidak stabil, terutama rata-rata uptime dalam 6 bulan terakhir.

Note: Terjadi pemadaman listrik pada Gedung Cyber tempat dimana server Indowebsite berada pada bulan Desember 2021 yang disebabkan insiden kebakaran. Itulah sebabnya rata-rata uptime mereka sangat buruk pada bulan tsb.

Tantangan dalam monitoring uptime:

Kami menemukan beberapa kali terjadi gangguan pada koneksi international di beberapa web hosts, seperti Dewabiz dan Dapur Hosting. Ini mungkin juga terjadi pada server Indowebsite. Gangguan koneksi international ini membuat alat monitoring kami, yaitu Pingdom (yang menggunakan server international), akan menganggap bahwa server sedang mengalami down, padahal website bisa diakses secara normal dari Indonesia. Hal ini dapat membuat hasil monitoring kami tidak 100% akurat. Kami memohon maaf atas keterbatasan ini.

2. Speednya Lambat dan Dibawah Rata-Rata Dari 21 Provider Lainnya

Dalam mengukur kecepatan server hosting dan membandingkannya antara satu provider dengan provider lainnya, saya memanfaatkan alat GTMetrix PRO dan menggunakan metrik TTFB sebagai acuan.

Apa itu TTFB? TTFB adalah singkatan dari time to first byte, yaitu sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur kecepatan atau durasi waktu ketika pengguna membuat permintaan HTTP, hingga menerima byte pertama dari server.

Itu artinya, TTFB erat kaitannya dengan server. Seberapa cepat nilai TTFB tergantung dari server itu sendiri. Jadi, saya pikir TTFB merupakan metrik yang paling tepat untuk membandingkan kecepatan server hosting dari semua provider yang saya review.

Jadi, menggunakan GTMetrix PRO dengan lokasi server Singapore, saya melakukan monitoring website test Indowebsite mulai dari tanggal 4 April hingga 11 April 2022.

Hasilnya dapat Anda lihat pada tabel dibawah ini:

ProviderRata-rataTerendahTertinggi
Indowebsite (Apr. 2022 test)507 ms284 ms1533 ms
Indowebsite (Sept. 2021 test)605 ms395 ms2716 ms
21 Provider Lainnya (Apr. 2022 test)426 ms38 ms20591 ms

TTFB ini nilainya semakin rendah maka semakin baik. 

Rata-rata TTFB Indowebsite adalah 507 ms dan mengindikasikan server hosting yang lambat. Terlihat ada penurunan sekitar 102 ms dibandingkan pengujian pertama, tapi belum bisa membuat rata-ratanya keluar dari kategori lambat.

Dan jika dibandingkan dengan 21 provider lainnya yang saya review, kecepatan Indowebsite hanya rangking ke #16. 

Rata-rata TTFB 22 provider adalah 426 ms. Artinya juga, kecepatan Indowebsite berada dibawah rata-rata. 

3. Terjadi Penurunan Performa Pada Pengujian Load Impact Dibandingkan Pengujian Satu Tahun Lalu

Pengujian load impact terakhir dilakukan pada bulan September 2021, itu artinya data yang kami publikasikan saat ini sudah tidak begitu update dan boleh jadi berbeda dengan kondisi saat ini.

Jika Anda sudah membaca review hosting lainnya, Anda mungkin sudah menyadari bahwa saya memasukkan faktor baru dalam review saya.

Yaitu Load Impact.

Singkatnya, dengan adanya pengujian Load Impact, Anda jadi bisa mengetahui bagaimana response server masing-masing provider dalam meng handle-traffic yang ramai.

Idealnya, Anda ingin kecepatan website Anda sama cepatnya baik pada saat pengunjung pertama datang, maupun ketika pengunjung ke-15 atau ke -25, ke-50 datang (secara bersamaan), bukan?

Nah, alat terbaik untuk mengukurnya adalah Load Impact.

Untuk mengetahui bagaimana performance server Indowebsite dalam meng-handle traffic yang cukup ramai, saya melakukan pengujian load impact dengan mengirimkan 10 hingga 15 virtual user (bisa disebut sebagai pengunjung), yang akan menjelajahi website test Indowebsite selama 10 menit.

Sejauh ini, saya telah melakukan tiga kali pengujian dan pengujian terakhir dilakukan pada bulan September 2021 (pengujian ketiga).

PENGUJIAN KEJUMLAH VIRTUAL USERERROSREQUEST HANDLED
(Higher is Better)
MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)
avg RESPONSE TIMES
(Lower is Better)
110 VU02062 reqs1364.92 ms-
215 VU02182 reqs2341.32 ms-
NEW!! 310 VU0964 reqs9363 ms3905 ms

Saya tidak menyertakan detail pada dua pengujian sebelumnya, karena saya berpikir bahwa datanya sudah tidak relevan dengan kondisi terkini.

Jadi, hanya pengujian terakhir atau ketiga yang saya sertakan.

Berikut grafik pengujian Load Impact yang saya lakukan pada bulan September 2021:

Pada pengujian load impact, yang perlu Anda perhatikan adalah waktu response nya. Dalam grafik diatas:

  • Waktu response yang berwarna biru (semakin rendah semakin baik)
  • Sedangkan jumlah virtual user yang berwarna abu-abu
  • Dan yang berwarna ungu menunjukan jumlah request/detik (Semakin tinggi semakin baik)

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, idealnya adalah waktu response tetap stabil atau tidak melambat baik ketika jumlah pengunjung (atau virtual user) yang datang masih satu, maupun ketika sudah ramai, seperti misalnya 10 pengunjung atau 15 pengunjung yang online bersamaan.

Tapi, seperti yang Anda lihat pada grafik diatas, ternyata waktu response (garis biru) justru meningkat seiring bertambahnya jumlah virtual user. Ini adalah indikasi yang buruk, yang menandakan bahwa kecepatan server hosting melambat seiring bertambahnya jumlah pengunjung yang masuk ke website.

Rata-rata waktu response servernya adalah 3905 ms atau 3,9 detik. Rata-rata ini juga dibawah rata-rata dari 22 provider yang saya uji (2435 ms).

Dibandingkan dua pengujian sebelumnya yang dilakukan pada tahun lalu, terlihat ada penurunan performa yang signifikan pada server hosting Indowebsite. 

Saya mungkin akan melakukan pengujian ulang pada update tahun mendatang. Semoga ada perbaikan yang dilakukan oleh Indowebsite.

Rangkuman Paket Hosting Indowebsite dan Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di Indowebsite:

Menurut saya, pilihan paket hosting di Indowebsite tidak efisien, karena perbedaan antara paket yang satu dengan lainnya tidak jauh, hanya jumlah storagenya saja yang berbeda.

Selain itu, untuk mendapatkan storage yang lebih besar Anda perlu beralih ke paket Corporate dengan harga yang saya pikir lebih mahal dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Indowebsite-pricing-mar22

Indowebsite memiliki banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari paket web hosting klasik, paket cloud hosting, WordPress Hosting, Suite Hosting, Reseller Hosting, bahkan ada lagi paket Hosting Murah.

Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: Singapore, Indonesia dan USA.
  • Aktifasi account: Aktivasi instan jika Anda memilih pembayaran instan atau perlu konfirmasi terlebih dahulu jika memilih pembayaran dengan transfer bank
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Apapun paket hosting yang Anda pilih, bahkan di paket termurah nya sekalipun tetap mendapatkan gratis domain jika memilih durasi sewa hosting selama 1 tahun.
  • Aktivasi domain: Jangan lupa untuk mengkonfirmasi domain Anda, yang konfirmasinya akan dikirimkan via email.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Indowebsite Kepada Anda?

Sebenarnya Indowebsite adalah provider hosting yang baik.

Mereka memiliki layanan support yang cepat dan dapat diandalkan, hanya saja permasalahan performa selalu menjadi penghalang saya untuk merekomendasikannya kepada Anda.

Indowebsite gagal di 2+1 faktor penting.

  • Rata-rata uptime yang buruk dalam 6 bulan terakhir (98,60%)
  • Speed yang lambat dan dibawah rata-rata dari 22 provider yang diuji
  • Dan gagal pada pengujian load impact

Jadi, saat ini, saya belum bisa merekomendasikan Indowebsite kepada Anda.

Tinggalkan Komentar

Gunakan nama asli Anda dalam berkomentar. Anonim dan nama website hampir dipastikan tidak saya approve.

6 Komentar

  1. denda keterlambatan untuk pembayaran setor bank atau kartu kredit yah? kalau saya mau coba untuk 6 bulan dulu gimana itu ?

    Reply