Review Jagoan Hosting

Apakah Hosting Berbiaya Murah ini “Worth it” Untuk Dibeli?

Ini adalah review terbaru Jagoan Hosting (Cloud Hosting ID) update November 2019. Data yang saya gunakan dalam review ini mengacu pada hasil penelitian yang dimulai dari 1 Agustus 2019 - 31 Oktober 2019).

review Jagoan Hosting

Mungkin Anda sudah mengenal hosting yang satu ini, karena cukup populer di tanah air.

Jagoan Hosting didirikan pada tahun 2007 dan merupakan bagian dari PT Beon Intermedia. Yap, Jagoan Hosting dan BEON sebenarnya adalah perusahaan yang sama, namun hanya beda entitasnya saja.

Sementara BEON diciptakan untuk melayani customer-customer premium yang menginginkan hosting yang handal, Jagoan Hosting lebih kepada untuk melayani customer entry-level yang tetap menginginkan kualitas hosting yang bagus, namun dengan harga yang murah.

12 tahun telah berlalu dan kini Jagoan Hosting mengklaim telah melayani lebih dari 70.000 website.


Rangkuman Singkat

jagoan hosting

Rating Keseluruhan:

3.625 / 5 (buruk)

Uptime

Server Jagoan Hosting tidak stabil. Rata-rata uptime mereka dalam 3 bulan terkakhir buruk. Server mengalami downtime total selama 9 jam!

Speed

Page load time Jagoan Hosting cukup cepat. Server hanya membutuhkan waktu 1,035 detik hingga halaman website test termuat secara sempurna.

Harga

Dibandingkan semua web host yang saya review, Jagoan Hosting adalah yang hosting termurah. Dengan Paket 'FAME', harga mulai dari Rp 10.000/bulannya.

Support

Saat ini Jagoan Hosting telah menyediakan support via live chat dan tersedia selama 24/7. Anda tidak perlu membuat tiket yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan response.

Pengungkapan: Artikel ini berisi link affiliasi, yang artinya saya akan menerima komisi jika Anda mengklik link dan membeli hosting yang terdaftar disini. Ketika Anda mengklik link affiliasi, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Ini membantu saya untuk menjaga agar website ini dapat terus berjalan! Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap.


Apa yang Dilakukan Jagoan Hosting?

Kalau yang saya perhatikan dalam website resminya, saya menilai bahwa mereka ​cukup concern terhadap teknologi.

passion Jagoan Hosting

Mereka mengklaim memiliki hardware-hardware terbaik di dunia. Server mereka menggunakan SUPERMICRO dan juga menggunakan INTEL XEON terbaru yang diklaim 2x lebih cepat dibandingkan infrastruktur pada umumnya.

Ini dilakukan untuk memastikan server dalam kondisi stabil sehingga website client selalu "alive" dan load time menjadi lebih cepat.

Pertanyaannya adalah apakah website yang ditempatkan di server Jagoan Hosting benar-benar memiliki load time yang cepat dan rata-rata uptime yang stabil?

Dalam rangka untuk mengetahui jawabannya, saya telah membeli paket hosting "ID FAME", kemudian melakukan monitoring terhadap uptime dan load time (speed) + melakuan pengujian Laod Impact.


Kelebihan Menggunakan Jagoan Hosting

Jagoan Hosting adalah salah satu hosting dengan perkembangan yang bagus di Indonesia. Sekarang mereka ada di urutan ke-4 sebagai perusahaan hosting dengan merket share terbesar di Indonesia.

Kita harus mengakui bahwa mereka sudah berpengalaman selama 11 tahun di industri web hosting dan telah berinovasi menggunakan teknologi-teknologi terbaru untuk melayani kebutuhan pasar.

Mereka bahkan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan yang dapat menghemat energi sebesar 92%.

Di dalam review ini saya akan bahas seluruh aspek yang saya temui yang menjadi kelebihan Jagoan Hosting.

1. Page Load Time (Speed) yang Cukup Cepat (1,035 detik)

Idealnya adalah page load time sebuah website tidak lebih dari 2 detik.

Untuk itu saya melakukan pengujian terhadap page load time Jagoan Hosting menggunakan alat Site24x7 yang di monitoring dari sebuah server di Jakarta.

Dan hasilnya cukup bagus dimana rata-rata page laod time Jagoan Hosting adalah 1,03 detik (terbaik ke #4 dari 19).

Page load time web host Indonesia

Tapi kalau dilihat dari grafik dibawah, memang kecepatan nya menurun dari awal nya rata-rata di 0,8 detik menjadi 1,035 detik. Tidak terlalu signifikan penurunannya, kita akan coba lihat update pada bulan mendatang.

Jagoan Hosting Page Load Time Report

Rata-rata page load time Jagoan Hosting dari bulan ke bulan:

BULAN

PAGE LOAD TIME

Agustus 2019

0,848 detik

September 2019

1,12 detik

Oktober 2019

1,14 detik

2. Berhasil Menyelesaikan Test Load Impact dengan Sempurna

Selain memiliki server dengan speed yang cukup cepat, Jagoan Hosting juga berhasil menyelesaikan test Load Impact dengan sempurna, tanpa ada error terjadi, ataupun ada penurunan performance.

Sebelumnya, apa itu Laod Impact?

Load Impact adalah faktor baru yang saya tambahkan dalam review terbaru kali ini. Secara singkat, test ini akan menunjukan bagaimana response server ketika menerima pengunjung yang banyak secara bersamaan.

Dalam pengujian Load Impact ini, saya mengirim 50 virtual user untuk menavigasi website test Jagoan Hosting selama 10 menit. Hasilnya Jagoan Hosting mampu menahan beban 50 virtual user secara bersamaan tanpa ada masalah apapun.

Test Ke

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

0

43885

54ms

107,33 request/detik

Berita bagusnya, hasil test Load Impact Jagoan Hosting adalah yang terbaik diantara 19 web host yang saya review. 

3. Support yang Cukup Bagus. Saya Pikir 7/10.

Pada review sebelumnya, saya memasukkan poin support ini sebagai kekurangan karena support Jagoan Hosting hanya tersedia via tiket. Namun sepertinya Jagoan Hosting mendengar keluhan client dan melakukan perbaikan. 

Saat ini, fitur live chat bisa Anda gunakan dan yang menjawab bukan lagi robot, tapi langsung dari support agent Jagoan Hosting.

Jadi, poin plus untuk Jagoan Hosting.

Namun (lagi-lagi), seperti hampir semua penyedia hosting di Indonesia, support Jagoan Hosting pun 'tidak melayani'.

Apa maksudnya tidak melayani disini?

Ketika Anda bertanya pertanyaan teknis, support hanya membantu mengirimkan sebuah panduan dari apa yang Anda tanyakan, alih-alih membantu dari awal hingga masalah Anda terselesaikan.

Sayangnya, support dengan pendekatan seperti ini sudah menjadi standar baku di hampir semua provider hosting di Indonesia.

Ingin support yang lebih melayani? Maka Anda perlu melirik VIP support dari Jagoan Hosting yang bekerja sama dengan Cloudweeb.

Dengan VIP support, Anda akan dilayani langsung apapun case yang Anda inginkan, mulai dari menginstall CMS WordPress, menginstall SSL, hingga memperbaiki error website. 

Sayangnya, VIP support ini berbayar. Saya sudah cek harganya, rata-rata biaya setiap case adalah Rp 45.000/case.

4. Memiliki Knowledge Base yang Lengkap dan Kamus Hosting

Jagoan Hosting memiliki halaman panduan layanan dan bahkan kamus hosting yang sangat berguna bagi pemula.

kamus hosting Jagoan Hosting

5. Garansi Pembelian Hosting Selama 30 Hari

Jagoan Hosting menggaransi pembelian hosting Anda selama 30 hari pertama.

Tapi garansi ini memiliki aturan yang cuku ketak,= dimana garansi tidak berlaku di beberapa kondisi dibawah ini:

  • Garansi tidak berlaku jika tagihan untuk bulan berikutnya sudah tercetak
  • Dan garansi tidak berlaku jika Anda sudah menggunakan bandwidth lebih dari 10GB selama periode layanan

Sayangnya 10GB bukanlah bandwidth yang banyak, jadi berhati-hatilah jika Anda memiliki rencana untuk mencoba hosting mereka terlebih dahulu.

6. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti kebanyakan layanan hosting lainnya, Jagoan Hosting juga menawarkan migrasi hosting dari hosting lama Anda ke hosting mereka secara gratis.

7. Gratis Backup Harian, Mingguan dan Bulanan

Sebenarnya fitur backup ini sudah menjadi fitur standar di hampir semua layanan hosting di Indonesia, akan tetapi fitur ini masuk ke dalam fitur premium di hosting luar negeri seperti Siteground atau Anda harus membayar sekitar $25-$35 untuk mengaktifkan fitur backup.

Untungnya, di Jagoan Hosting Anda akan mendapatkan keistimewaan fitur backup secara gratis. Bahkan website Anda akan di backup secara harian.

Hanya saja dalam aturan layanan pasal 4 yang saya baca, ada keterbatasan backup yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

"Khusus pengguna space di atas 10GB atau jumlah Inode lebih dari 75.000, Jagoan Hosting tidak bertanggung jawab untuk melakukan backup data"


Kekurangan Menggunakan Jagoan Hosting

Sebenarnya Jagoan Hosting bisa berada dalam daftar hosting Top Tier (Hosting dengan pengujian terbaik) nya Penasihat Hosting, karena mereka memiliki server yang cukup responsive plus tidak ada masalah performance dalam pengujian Load Impact, PLUS lagi support mereka sudah tersedia via live chat.

Namun sayang mereka gagal di faktor yang paling penting, yaitu uptime. 

1. Server yang Tidak Stabil (Rata-rata Uptime Buruk)

Uptime adalah faktor nomor satu yang menjadi pertimbangan saya ketika menilai kualitas suatu penyedia hosting.

Karena uptime ini dampaknya langsung ke pendapatan.

Saya mengetahui bahwa marketing online saat ini sulit dan terkadang tingkat keberhasilannya pun tidak lebih dari 5%.

5% tersebut hanya orang-orang yang berhasil Anda yakinkan untuk melihat website Anda - belum tentu membeli produk Anda.

5% bukanlah angka yang besar. Jadi, seandainya website Anda sering tidak bisa diakses hanya karena server hosting Anda sering mengalami downtime dan dalam waktu yang cukup lama, saya pikir itu tidak bisa diterima.

Anda sebagai pelaku bisnis tentu menginginkan hosting yang stabil bukan?

Karena itulah jika suatu provider hosting gagal mempertahankan kestabilan server nya dalam waktu yang ideal (rata-rata 99,90%/bulan), maka saya pun ragu untuk merekomendasikannya kepada Anda.

Uptime Jagoan Hosting 3 Bulan terakhir

Data real time uptime Jagoan Hosting: http://stats.pingdom.com/fvcwvtbg21vs/5342264

Jagoan Hosting sendiri memberikan jaminan uptime sebesar 99,90%.

Tetapi dalam 3 bulan terakhir, server website test Jagoan Hosting mengalami downtime selama 9 jam!. Begini rata-rata nya dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

Agustus 2019

99,87%

September 2019

99,52%

Oktober 2019

99,40%

2. Paket "FAME" Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Paket "FAME" memiliki sumber daya yang sangat terbatas, yaitu hanya memiliki storage 500MB dan 1 database.

Namun jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk kebutuhan blog pribadi atau sederhana, landing page dan katalog portofolio yang tidak membutuhkan banyak sumber daya dan tidak memiliki traffic yang banyak, persoalan ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Dan selain paket FAME (paket cloud hosting termurah), Jagoan Hosting juga punya produk baru, yang dinamakan 'Hosting Kece' dengan biaya Rp 2.300/bulan atau Rp 27.500 setahun! Sangat murah!

Tapi ya Anda mendapatkan seharga yang Anda bayarkan. Saya tidak merekomendasikan Hosting Kece, jika Anda serius ingin menghostkan website Anda, setidaknya Anda butuh hoting minimal paket FAME.

3. Ada Denda Untuk Biaya Restore Data Jika Telat Membayar Tagihan Perpanjangan Hosting

Dalam pasal 4 ayat 2 aturan layanan Jagoan Hosting Indonesia, tertera ketentuan yang menyatakan bahwa Anda akan dikenakan denda sebesar Rp 500.000 untuk restore data yang disebabkan oleh terminasi karena terlambat bayar perpanjangan.

Jadi, jika dikemudian hari Anda tidak ingin membayar dendanya, maka solusinya:

  1. Jangan telat melakukan pembayaran tagihan hosting Anda
  2. Selalu backup secara manual data website Anda, jadi jika account hosting Anda diterminasi karena telat membayar tagihan hosting, Anda dapat merestore data website Anda menggunakan data backup sendiri.

Rangkuman Paket Hosting Jagoan Hosting dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

Rangkuman paket hosting Jagoan Hosting:

Jagoan Hosting menawarkan 2 pilihan paket cloud shared hosting dengan lokasi server di Indonesia dan Singapore.

Paket Cloud Hosting Jagoan Hosting

Terdapat 3 pilihan paket hosting yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan:

  • Paket "FAME": Harga mulai Rp 10.000/bulan. Storage 500 MB dengan unlimited bandwidth. Jumlah database 1 dan dapat mengirimkan 10 mail/hour.
  • Paket "HITS": Harga mulai Rp 15.000/bulan. Inilah paket yang saya beli untuk kebutuhan testing. Jumlah storage 1 GB dengan unlimited bandwidth. jumlah database 10 dan 25 sendmail/hour. Anda akan mendapatkan cloud power hosting class A dan support piority class A.
  • Paket "SUPER STAR": Paket yang diklaim paling populer di Jagoan Hosting. Harga mulai dari Rp 45.000/bulan dengan jumlah storage dan bandwidth unlimited. Anda juga akan mendapatkan gratis 1 domain .COM bila berlangganan minimal durasi 1 tahun.

Updated: Jagoan Hosting menambah 2 jenis hosting baru (Hosting Kece dan Epic Hosting):

  • Paket Hosting Kece: Mulai dari Rp 27.500/tahun dengan jumlah storage 200 MB dan dapat menampung hingga 1.000 visitor/bulannya.
  • Paket Epic Speed Up Hosting (Angle, Seed dan Venture): Mulai dari Rp 75.000/bulan. Sudah mendapatkan SSD Storage mulai dari 10 GB dan jumlah CPU 2 core dengan 2 GB RAM.
  • Paket Epic Scale Hosting (Uni, Deca, Up Hecto): Harga mulai dari Rp 60.000/bulan. Jumlah CPU yang disediakan mulai dari 1 Core dengan RAM 1 GB dan jumlah storage nya mulai dari 10 GB SSD Storage.

Informasi Penting Lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Indonesia dan Singapore
  • Metode pembayaran: Rekening bank (BCA, Mandiri dan BNI), Indomaret, dan Virtual Account.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket "SUPER STAR" berdurasi minimal 1 tahun 
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Jagoan Hosting?

Sangat sulit merekomendasikan hosting dengan rata-rata uptime yang buruk.

Jagoan Hosting gagal menjaga servernya tetap stabil dalam waktu yang ideal. Mereka tidak berhasil menjamin uptime 99,90% sesuai yang dijanjikan.

Jika Anda memang mencari web host dengan biaya yang murah, namun dengan performance yang cukup bagus, mungkin Jagoan Hosting adalah jawabannya, tapi sekali lagi, pastikan Anda aware bahwa uptime Jagoan Hosting tidak lah stabil.

  • Page Load Time (Speed) yang Cukup Cepat (1,035 detik
  • Berhasil Menyelesaikan Test Load Impact dengan Sempurna
  • Support yang Cukup Bagus. Saya Pikir 7/10.
  • Memiliki Knowledge Base yang Lengkap dan Kamus Hosting
  • Garansi Pembelian Hosting Selama 30 Hari
  • Gratis Migrasi Hosting
  • Gratis Backup Harian, Mingguan dan Bulanan
  • Server yang Tidak Stabil (Rata-rata Uptime Buruk - 99,60%)
  • Paket "FAME" Memiliki Keterbatasan Sumber Daya
  • Ada Denda Untuk Biaya Restore Data Jika Telat Membayar Tagihan Perpanjangan Hosting
Apakah Anda pernah atau sedang menggunakan layanan hosting dari Jagoan Hosting? Bantu saya untuk memberikan review atau ulasan Anda pada kolom komentar dibawah ya. Positif atau negatif... yang penting jujur dan transparant 🙂
  • sekarang live chat Jagoan Hosting support teknis juga? apakah live chat mereka sudah 24 jam, mas Wilya? setidaknya 16 jam. karena di youtube mereka beberapa tahun lalu pernah bikin vlog, katanya live chat mereka hanya aktif di hari dan jam kantor saja.

    ini yang jadi kelemahan Jagoan Hosting padahal sebagai provider hosting terbanyak clientnya ke4 di Indonesia hampir 100.000 website

  • 2 Tahun di jagoanhosting asli kapok parah, awal belum pengalaman cuma cari yang murah2 aja, awal ok, support ok, tapi makin lama makin kacau ini itu dibatasi, banyak keluhannya di hosting ini, marketingnya sih bagus bisa dapetin pelanggan lumayan banyak di Indo, tapi kualitasnya asli dah kabur, yang udah pernah nyoba dan udah tau ya pasti kabur saya jamin deh, kualitas masih jauh sama penyedia hosting ga ternama juga kalah.

  • client areanya aja sering bad gateway, timeout .. dll
    jatah resource sering dampak kalo tetangga(own big resource power) lagi sibuk.
    kurang recomen.

  • Monitoring itu pakai apa ya mas? Saya ingin memonitor juga.

    Trus hosting yang recomended apa ya? Saat ini saya di Jagoanhosting, tapi ga pernah cek uptime.

  • Barusan nyoba (bukan trial tapi langganan paket termurah) layanan VPS jagoanhosting, awal create VPS lancar, lanjut setting VPS barunya eh tapi ga ada 2 jam tiba-tiba koneksi SSH kok jadi ngelag terus juga putus-nyambung, akhirnya coba ping IP server VPS nya eh bener sudah latensinya lama 600ms keatas terus ternyata RTO juga (pantesan mereka ga berani kasih trial), support buat VPS sama seperti hosting cuma pake sistem open tiket payah. TL:DR kalau mau pake VPS jangan pake VPS dari jagoanhosting, ga worth it.

    • web servernya pake apa gan? kok aneh ya, saya pake apache tapi yang keluar di response browser nginx ya… pernah ada info masalah itu?

  • kapok deh nyoba hosting di jagoanhosting. Teknikal supportnya sangat payah dan malah lebih sering ngasih link tutorial gak bagus kek hosting yg sebelah.

    Penilaian saya 2/10

  • saya pakai jagoan hosting masuk cpanel kadang masuk kadang tidak, nanya yang jawab robot … open ticket banyak sekali cabang pertanyaannya

  • “Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket “SUPER STAR” berdurasi minimal 1 tahun”
    kalau saya order 3 tahun, domain nya free untuk 3 tahun juga kah?

    • 6 bulan server tidak pernah down ini hampir mustahil si mas, kecuali mas ada datanya dari hasil monitoring yang mas lakukan?

  • >