Review Warna Hosting

Web Host Berbiaya Murah. Bagaimana Uptime dan Speed nya?

Updated 25 June 2019:

Penasihat Hosting selalu berkomitmen untuk memberikan Anda review yang jujur, menggunakan data yang valid (dapat dibuktikan), transparan, dan tidak bias.

Dan karena alasan tertentu review WarnaHost ini saya tangguhkan.

Saat ini saya sedang melakukan pengujian ulang terhadap performa server WarnaHost (uptime dan speed) nya yang memakan waktu 3 bulan dan akan kembali di update di awal Agustus 2019. 

Sementara ini saya belum bisa merekomendasikan WarnaHost kepada Anda.

Saya membeli paket "Cloud Personal" WarnaHost sejak akhir Agustus 2018 dan mulai melakukan monitoring terhadap kinerja server mereka untuk mendapatkan data rata-rata uptime dan page load timenya.


Saya juga melakukan pengujian support secara manual sehingga hasil review WarnaHost ini lebih kuat karena didukung oleh data yang valid.

Apa itu WarnaHost?

WarnaHost atau Warna Hosting memiliki tujuan untuk menyediakan layanan web hosting bagi kebutuhan personal maupun coorporate dengan harga yang "bersaing".

Didirikan pada tahun 2010, mereka berkantor pusat di Mamboro, Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

review warna hosting

Warna Hosting sudah menggunakan pure SSD dan LiteSpeed Web Server pada semua paket hostingnya yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan website hingga 40x dibanding menggunakan web server biasa.

40x lipat adalah janji yang sangat berani. Apakah mereka mampu menepatinya?

Dalam rangka untuk mencari tahu, saya menginstall blog WordPress yang diset up secara default pada akhir Agustus 2018 dan melakukan monitoring terhadap server Warna Hosting untuk menemukan rata-rata uptime dan speednya (page load time).

Kelebihan Menggunakan Warna Hosting

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Warna Host mencatat rata-rata page load time yang lumayan mengesankan.

Kecepatan server mereka terbaik ke-3 dari 20.

Mari kita lihat detailnya beserta kelebihan-kelebihan Warna Hosting lainnya.

1. Hosting dengan Server yang Cepat - (#9 dari 20)

Warna Hosting mengirimkan waktu load time yang cepat. Server mereka hanya membutuhkan rata-rata 857ms (0,85 detik) untuk meload halaman website test hingga termuat secara sempurna.

rata-rata speed Warna Host Update Maret 2019

Data lengkap dapat dilihat disini

Memang tidak sampai 40x lipat dibanding web server biasa dan bukan yang tercepat, tetapi hasilnya masih sangat baik mengingat penundaaan 1 detik pada load halaman dapat mengakibatkan berkurangnya 7% tingkat konversi.

Begini detail rata-rata speed Warna Host dari bulan ke bulan selama 7 bulan terakhir:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

690ms

Oktober 2018

578ms

November 2018

527ms

Desember 2018

682ms

Januari 2019

778ms

Februari 2019

1224ms

Maret 2019

1426ms

2. Layanan Support yang Cepat dan Efisien

Warna Hosting adalah salah satu dari sedikit penyedia hosting dengan layanan support yang cepat dan efisien.

Saya melalukan pengetesan terhadap layanan support Warna Hosting melalui live chat. Perlu diketahui bahwa support via live chat belum tersedia 24 jam, baru tersedia mulai jam 9 pagi sampai 10 malam.

Jadi, pesan saya ditanggapi oleh Kang Ivan. Setelah menanyakan beberapa pertanyaan teknis, saya menilai supportnya sangat baik, pertanyaan saya juga dijawab dengan cepat dan sangat jelas.

Support dengan Warna Hosting

Berbeda dengan kebanyakan support pada penyedia hosting lainnya dimana ketika Anda menanyakan hal-hal berbau teknis, mereka hanya akan mengirimkan Anda sebuah link panduan dan Anda perlu menyelesaikan masalah Anda sendiri.

Tapi di Warna Hosting, Anda akan mendapatkan support yang tidak seperti 'robot', tapi lebih melayani.

Jadi, saya pikir nilai 8/10 sangat layak diberikan untuk support Warna Hosting.

3. Ada Fitur Daily/Weekly Backup

Daily backup adalah fitur premium.

Beberapa web hosting justru menyediakan fitur daily backup ini jika Anda berlangganan paket bisnis atau paket yang lebih mahal, bahkan beberapa web hosting lainnya tidak memiliki fitur daily backup atau hanya tersedia weekly backup.

Untungnya, di Warna Hosting Anda akan mendapatkan fitur premium ini secara gratis bahkan jika Anda berlangganan paket termurah sekalipun.

4. Garansi Hosting 30 Hari

Warna Hosting memberikan Anda garansi 30 hari. Ini bagus, jadi Anda bisa melakukan 'test drive' terlebih dahulu dalam waktu yang relatif panjang.

5. Gratis Migrasi Hosting

Bagi Anda yang bukan orang 'technical', Anda tidak perlu khawatir ketika ingin memindahkan file website Anda dari hosting lama ke Warna Hosting, karena mereka akan memindahkannya untuk Anda secara gratis alias tanpa biaya.

Kekurangan Menggunakan Warna Hosting

Dengan rata-rata page load time dan kualitas support yang baik, saya pikir Warna Hosting dapat bertengger di papan atas web hosting terbaik Indonesia, sayangnya mereka gagal di uptime.

Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Rata-rata Uptime yang Kurang Stabil

Sebenarnya, Warna Host mencatat rata-rata uptime yang baik. Mereka hanya tidak konsisten atau kurang stabil saja.

Sebagian besar rata-rata uptime dalam 7 bulan terakhir ini bagus, hanya dalam 2 bulan rata-rata uptime nya sangat buruk, yaitu di Oktober 2018 (saya tidak tahu ada apa pada bulan ini, tidak ada pemberitahuan juga), tetapi pada bulan Maret 2019 mereka memang melakukan maintenance server, sehingga server mengalami downtime yang sangat lama.

Begini detailnya dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,97%

363ms

Oktober 2018

99,46%

369ms

November 2018

100%

459ms

Desember 2018

99,93%

759ms

Januari 2019

99,93%

714ms

Februari 2019

99,93%

1235ms

Maret 2019

99,14%
(Maintenance)

1126ms

Secara keseluruhan rata-rata uptime Warna Host adalah 99,76%, yang mana hanya menduduki rank #8 dari 20.

Rata-rata uptime Warna Host Maret 2019

Data lengkap dapat dilihat disini

Ngomong-ngomong, Warna Hosting memiliki halaman uptime server dimana Anda bisa mengecek langsung berapa rata-rata uptime yang Anda terima pada server tempat website Anda ditempatkan.

Penyedia hosting yang transparan, bukan?

Uptime server Warna Hosting

2. Paket "Cloud Hemat" Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Paket "Cloud Hemat" menawarkan SSD disk space sebesar 512MB, unlimited bandwidth, 1 addon domain, dan physical memory sebesar 512MB.

Sumber daya yang ditawarkan tersebut sangat terbatas, tapi jika Anda hanya berencana membangun 1 website saja untuk tujuan personal atau hobby, saya kira keterbatasan ini tidak akan menjadi masalah buat Anda.

3. Kebijakan Refund Memiliki Batasan Tertentu

Perlu Anda ketahui bahwa kebijakan refund di Warna Hosting hanya berlaku untuk akun pertama dan order pertama saja, jika Anda sudah pernah order sebelumnya, maka garansi sudah tidak berlaku lagi.

kebijakan pengembalian uang

Rangkuman Paket Hosting Warna Hosting dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di Warna Hosting:

Warna Hosting menawarkan 6 paket web hosting mulai dari harga Rp 15.000/bulannya. Perbandingan fiturnya dapat Anda lihat disini.

Paket Warna Hosting
  • Cloud Hemat (Rp 15.000/bulan): SSD Storage 512 MB dengan unlimited bandwidth. 512MB PMem, 1 host website dan free SSL. Estimasi dapat menampung ±1.000 pengunjung/hari.
  • Cloud Personal (Rp 25.000/bulan): 2 GB SSD Storage dan unlimited bandwidth. Dapat menampung hingga 4 website dengan jumlah Phys Memory 768 MB. Estimasi dapat menampung ±3.000 pengunjung/hari. Ini adalah paket yang saya beli untuk tujuan pengetesan.
  • Cloud Mikro (Rp 35.000/bulan): Dengan jumlah SSD storage 3 GB dan unlimited bandwidth. Di paket ini, Anda dapat menempatkan 7 website. Estimasi dapat menampung ±5.000 pengunjung/hari.
  • Cloud Mega (Rp 100.000bulan): 10 GB SSD storage dengan unlimited bandwidth, unlimited website. 2048 PMem dan CPU 2 Core. Estimasi dapat menampung ±10.000 pengunjung/hari.
  • Cloud Giga (Rp 200.000/hari): 20 GB SSD storage dengan unlimited bandwidth, unlimited website. 2048 PMem dan CPU 2 Core. Estimasi dapat menampung ±15.000 pengunjung/hari.
  • Cloud Exa (Rp 300.000/hari): 30 GB SSD storage dengan unlimited bandwidth, unlimited website. 2048 PMem dan CPU 2 Core. Estimasi dapat menampung ±25.000 pengunjung/hari.

Informasi penting lainnya:

  • Pilihan server: Jakarta (IIX)
  • Metode pembayaran: Bank transfer (BCA, Mandiri, BNI,CIMB Niaga, Maybank, PermataBank), Alfamart, Indomaret, Pos Indonesia, Pegadaian, BCA klikpay, CIMB clicks, mandiri clickpay, kartu kredit dan PayPal
  • Aktifasi acount: instanc activation
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Jika membeli minimal paket Cloud Mega
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Warna Hosting?

Warna Hosting adalah penyedia hosting yang bagus.

Mereka cukup berpengalaman karena sudah berdiri sejak tahun 2010. Mereka memiliki rata-rata page load time yang cepat (857ms) dan layanan support yang sangat baik (8/10), namun sayang rata-rata uptime mereka sejauh ini belum stabil (99,76%).

Jadi, pada saat review ini di update pada bulan April 2019, saya belum merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Jika Anda ingin melihat daftar web hosting yang sukses di tiga faktor: uptime, page load time dan support. Silahkan lihat perbandingan 20 web hosting terbaik Indonesia disini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
WarnaHost
Author Rating
31star1star1stargraygray
  • Selamat malam, mas Willya. Saya mau tanya kelebihan pake SSD Storage dibanding yg nggak itu apa ya? Karena dua website terbaik di review Anda tidak menggunakan SSD ini, tapi toh performanya bagus. Tapi banyak yg bilang, kalau bisa pilih yg SSD. Saya agak awam, jadi bingung. Mohon masukannya. Terima kasih banyak. Review2 Anda jernih dan sangat membantu.

    • Halo Bu Sri. Kelebihannya adalah SSD diklaim lebih cepat dari HDD pada umumnya. Tapi SSD itu hanya satu dari sekian teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan website. Bagaimana cara penyedia hosting mengatur jaringan server, infrastruktur yang digunakan, itu semua mempengaruhi, jadi bukan hanya dari SSD saja.

      Tidak ada jaminan juga yang udah pakai 100% SSD lebih cepat dari yang lain. Thats why, saya di Penasihat Hosting melakukan penelitian untuk mencari hosting dengan performa yang terbaik 🙂

      Ngomong-ngomong, dua penyedia hosting terbaik di review saya menggunakan SSD kok, yang satu sudah 100%, yang satu belum.

      • Wah terima kasih banyak atas jawabannya, mas. Oh ya ya, Niagahoster sama Domainesia udah pake SSD ya? Soalnya pas tak baca2 speknya kok gak dicantumin.

        Anyway, saya boleh minta sedikti advis ya, Mas Willya. Saat ini website saya saya host di inmotion hosting. Langganan dua tahun saya udah mau habis, jadi sudah akan dapat harga yg normal (bukan promo lagi) dan tahu sendiri kan mahalnya kek apa. Mana dalam dollars pula. Tapi harus aku akui, support mereka sangat bagus. Secara kemampuan teknis maupun profesionalitas dan keramahan serta ke-helpful-lan luar biasa. Jadi, aku agak ragu juga mau ganti ke hosting dalam negeri. Apakah support mereka akan sebaik hosting luar ini? Masalahnya, aku nih ya awam banget. Jadi kadang utk hal sepele saja masih perlu bantuan support. Menurut mas gimana aku seharusnya?

        Atau ganti aja ke hosting luar lainnya, manfaatin harga promo? Tapi capek kan bolak balik migrasi dan belajar baru lagi. Hosting saya berakhir tgl 29 April besok. Terima kasih banyak atas jawabannya, mas. Sukses terus buat Anda.

        • Website mbak berbahasa Inggris? Atau target pengunjungnya mayoritas international? Atau targetnya Indonesia dan memilih lokasi server Singapore di InMotion Hosting?

          Kalau terbatas budget, saran saya manfaatin harga promo saja dan pindah ke hosting yang lebih baik, yaitu Siteground (saya yakin supportnya lebih baik dari InMotion). Dapat free migration juga.

          Untuk tahun berikutnya semoga penghasilan dari websitenya jauh lebih bagus dan bisa mengcover biaya hosting nya 🙂

  • Reviewnya yang bagus mas, saya sudah masuk 2 tahun menggunakan warnahost, selama ini yang saya rasakan bukan hanya support via live chat saja yang cepat, lewat tiket kadang saya jam 2 pagi mereka masih bisa membalas tiket. Kecepatan servernya juga oke, kebetulan saya pakai server US dan Jakarta untuk website organisasi saya dari WH ini dan hasilnya seperti tidak ada perbedaan antara website yang berlokasi di Jakarta dan US.

    Jadi buat yang sedang mencari hosting murah dan support bagus bisa mempertimbangkan ke warnahost.

    Kebetulan lainnya saya masih satu pulau (Sulawesi) dengan ownernya dan pernah berjumpa ketika bencana di Palu kemarin ketika menjadi relawan karna saya datang dari Manado.
    Sukses selalu mas Willya Randika, salam dari Manado

  • >