Review ArdHosting

Hosting ini Memiliki Speed yang Cepat, Namun Sayang Uptime Mereka Masih Belum Stabil

Saya sudah menjadi pelanggan ArdHosting sejak akhir Agustus 2018, dan sejak saat itu mulai melakukan pengetesan terhadap server mereka (uptime dan page load time) untuk menentukan apakah hosting ini bagus/tidak.


Pengujian support juga dilakukan. Jadi, tidak seperti review hosting lainnya, review ini sangat mengandalkan data.

Apa itu ArdHosting? Dan Apa yang Mereka Lakukan?

ArdHosting bukanlah pemain baru dalam industri web hosting, mereka sudah lama berdiri sejak tahun 2000. Usianya bahkan lebih tua daripada Rumahweb yang didirikan tahun 2002 ataupun Masterweb tahun 2004.

Hingga tahun 2018 ini, mereka masih termasuk perusahaan hosting dengan market share terbesar di Indonesia versi HostAdvice (posisi 6).

review ArdHosting

Dan harus kita akui bahwa mereka sudah sangat berpengalaman.

Tapi seperti review saya yang sudah-sudah, perusahaan hosting yang berpengalaman belum tentu yang terbaik.

Apakah ArdHosting juga demikian?

Itulah yang sedang kita cari tahu.

Dalam review ArdHosting ini saya juga akan membahas beberapa aspek yang berbeda dari paket hosting Ard dan menyajikannya dengan data-data valid agar isi review ini menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu Anda dalam menentukan apakah ArdHosting adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Untuk memulainya, saya telah menyewa paket hosting "UKM INDO - 500" dan men setup blog WordPress untuk tujuan pengetesan. Kemudian saya monitoring uptime dan page load timenya menggunakan alat Site24x7.

Kelebihan Menggunakan ArdHosting

Seperti halnya dengan semua review hosting yang telah saya publikasikan, saya selalu berkomitmen untuk memberikan Anda informasi yang tidak bias dan transparan.

Semua review juga sangat mengandalkan data yang relevan dan metrik yang dapat dihitung untuk menentukan kualitas suatu layanan web hosting.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan layanan ArdHosting

1. Memiliki Web Server dengan Speed yang Cepat - 631ms (#5 dari 20)

Saya telah melakukan monitoring sejak Mei 2016 dan saya mengambil kesimpulan bahwa rata-rata page load time yang bagus adalah 1 detik atau kurang.

Semua website yang saya bangun untuk tujuan pengetesan, seperti website tes untuk ArdHosting (http://penasihathosting-ah.com) adalah website yang telah diinstal WordPress secara default.

Tidak banyak konten pada website test, yang artinya ketika Anda membangun website dengan konten yang banyak, otomatis load halaman menjadi lebih lama.

Jadi, saya mengambil kesimpulan bahwa 1 detik adalah kecepatan ideal atau minimun yang seharusnya dicapai.

ArdHosting mencatat rata-rata page load time yang baik, walaupun pada bulan pertama monitoring catatan waktu load time mereka tergolong buruk.

Rata-rata page load time ArdHosting selama 7 bulan terakhir: 632ms

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

1386ms

Oktober 2018

535ms

November 2018

584ms

Desember 2018

587ms

Januari 2019

685ms

Februari 2019

774ms

Maret 2019

669ms

Rata-rata Speed ArdHosting

(Data lengkap bisa dilihat disini)

2. Layanan Support yang Cukup Baik - Saya Pikir 7/10

Untuk menguji seberapa baik layanan support ArdHosting, saya melakukan pengetesan dengan menghubungi support melalui live chat.

Sebagai informasi, saya selalu melakukan pengetesan melalui live chat, karena terkadang open ticket tidak bisa diandalkan, umumnya Anda perlu menunggu lebih lama.

Support dijawab oleh Thaufan.

Seperti yang sudah-sudah, saya hanya menanyakan 1-2 pertanyaan yang sederhana, yaitu bagaimana cara menambahkan domain (add on) di cPanel.

Saya menilai bahwa support mereka tergolong standar, maksudnya hampir sama dengan support layanan hosting Indonesia pada umumnya yang tidak banyak membantu.

Alih-alih membantu hingga masalah selesai, mereka hanya mengirimkan sebuah link menuju panduan yang telah mereka tulis dan saya perlu membaca panduan tersebut untuk menyelesaikan masalah saya sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa support seperti ini tidaklah bagus.

Layanan hosting internasional seperti Siteground justru melakukan pendekatan yang lebih melayani. Sebelum menutup chat mereka akan memastikan bahwa masalah Anda telah terselesaikan dengan sempurna dan akan membantu Anda step by step hingga selesai.

Karena tidak semua client adalah orang yang mengerti hal-hal berbau teknis bukan?Maka tugas technical support disini harusnya menuntun client hingga masalah beres.

Itulah definisi support yang baik menurut saya. Disini ArdHosting belum mencapai level tersebut.

Berita baiknya adalah support mereka tersedia 24/7 baik melalui live chat, email, telephone dan ticket.

support dengan ArdHosting

3. Memiliki Fitur Utama yang Mumpuni

Sejujurnya saya jarang membahas fitur dalam review hosting yang sudah-sudah, tapi jika Anda memperhatikan kembali rata-rata uptime dan load time ArdHosting diatas, Anda akan melihat bahwa mereka memiliki kualitas server yang bagus.

ArdHosting menggunakan teknologi terbaik seperti teknologi hardware dari Supermicro, storagenya bahkan sudah pure SSD , lalu menggunakan Web Sever LiteSpeed yang diklaim mampu membuat load website 40x lebih cepat.

Saya akan update review ArdHosting ini dari bulan ke bulan untuk memastikan bahwa server mereka memang stabil seperti 2 bulan kebelakang.

fitur utama ArdHosting

4. Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain di Semua Paket Hosting

Sama seperti kebanyakan layanan hosting lainnya, ArdHosting juga menawarkan migrasi hosting secara gratis alias tanpa biaya.

Berita baik lainnya adalah Anda akan mendapatkan gratis satu domain  .com/ .net/ .org/ .biz/ .info/ .web.id/ .or.id walaupun Anda membeli paket hosting yang termurah sekalipun (UKM 250 di Linux Shared Hosting).

Tapi gratis domain ini tidak berlaku di paket shared hosting yang menggunakan Windows.

5. Memiliki Fitur Backup Harian, Mingguan dan Bulanan

Untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam meletakkan data website di sever, ArdHosting menawarkan fitur layered backup local maupun remote yang akan membackup data website Anda secara harian, mingguan dan bulanan.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot melakukan backup sendiri secara manual.

Tapi untuk berjaga-jaga, saya selalu menyarankan Anda untuk membackup website Anda sendiri di hosting manapun bahkan yang menawarkan cloud backup seperti DomaiNesia.

Kekurangan Menggunakan ArdHosting

Dengan 18 tahun pengalaman dalam industri web hosting belum bisa membuat ArdHosting sempurna, ini wajar bahkan bagi perusahaan di bidang manapun di dunia.

Pertama, rata-rata uptime mereka masih belum stabil.

Selain itu, ArdHosting memiliki beberapa kekurangan lain yang menurut saya agak unik, karena tidak banyak dijumpai di layanan hosting lain pada umumnya.

1. Rata-rata Uptime yang Kurang Stabil - 99,88% (#4 dari 20)

Idealnya sebuah layanan web hosting mampu menjaga servernya tetap stabil di angka 99,90% dalam satu bulan.

Jika kurang dari 99,90%, maka server bisa dikatakan tidak stabil.

Dalam 7 bulan kebelakang, saya mulai memonitoring server ArdHosting dan menemukan bahwa server mereka kurang stabil meski pada bulan September, November dan Desember 2018 sangat stabil.

Begini rata-rata uptime ArdHosting dari bula ke bulan:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,97%

358ms

Oktober 2018

99,88%

248ms

November 2018

99,98%

239ms

Desember 2018

100%

264ms

Januari 2019

99,44%

306ms

Februari 2019

99,88%

542ms

Maret 2019

99,99%

379ms

Secara keseluruhan rata-rata uptimenya adalah 99,88%.

Rata-rata Uptime ArdHosting

Data lengkap dapat dilihat disini

2. Ada Setup Fee Untuk Paket Hosting UKM

Saya hampir tidak percaya bahwa ArdHosting masih membebankan setup fee, walaupun hanya dibebankan untuk paket hosting UKM.

Menurut saya setup fee adalah biaya yang harusnya sudah tidak dibebankan.

Saya sudah mencoba lebih dari 20 web hosting yang berbeda baik dalam negeri maupun luar negeri, dan seingat saya hanya 1-2 perusahaan saja yang masih membebankan setup fee kepada pelanggan baru, dan sayangnya ArdHosting termasuk dari 1-2 tersebut.

Setup fee yang dibebankan adalah sebesar Rp 50.000,-

3. Garansi Hanya Berlaku Selama 7 Hari

Umumnya layanan hosting memberikan garansi pembelian hosting selama 30 hari pertama, tapi di ArdHosting garansi hanya berlaku selama 7 hari saja.

Dan ada ketentuan khusus dimana garansi akan hangus jika Anda sudah menggunakan lebih dari 50% resource bandwidth.

Selain itu, garansi tidak berlaku untuk setup fee yang saya bahas pada poin diatas dan juga tidak berlaku untuk nama domain.

4. Terdapat Biaya-Biaya yang Dikenakan Untuk Beberapa Layanan Tertentu

ArdHosting mengenakan biaya untuk beberapa layanan seperti:

  • Downgrade paket hosting akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000
  • Biaya Untuk Pergantian Server (Switch Server): Rp 50.000
  • Biaya penggantian main domain pada hosting: Rp 50.000

Saya memasukkan ini sebagai kekurangan karena dikebanyakan layanan hosting layanan-layanan diatas bahkan ditawarkan secara gratis alias tanpa biaya.

Oleh karena itu, pada saat Anda melakukan pembelian hosting perhatikan benar-benar bahwa Anda telah memilih lokasi server yang benar, nama domain yang benar dan paket hosting yang benar agar tidak dikenakan biaya untuk penggantian nantinya.

5. Website Tidak Menggunakan SSL (Not Secure)

Menurut saya agak aneh ketika suatu layanan web hosting yang bahkan menjual SSL Certificate tidak menggunakan SSL pada websitenya.

SSL/HTTPS ini sangat penting untuk melindungi data privasi pelanggan. (sumber)

Dan penggunaan SSL/HTTPS dapat membantu melindungi informasi pelanggan dengan mengenkripsi perjalanan data antara browser dan server web (dalam hal ini server layanan web hosting).

Jadi, saya pikir sudah seharusnya ArdHosting mempertimbangkan untuk segera menginstall SSL pada website resmi mereka untuk menambah kepercayaan dan keamanan data pelanggan.

ArdHosting tidak menggunakan SSL

Rangkuman Paket Hosting Ard dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman Paket Hosting Ard:

ArdHosting menawarkan berbagai pilihan paket hosting untuk segala kebutuhan, mulai dari paket hosting untuk UKM, Corporate, Unlimited hosting, Email Hosting dan WordPress hosting.

Selain itu, juga ada paket hosting untuk reseller, paket cloud hosting untuk performa yang lebih bagus, VPS (virtual private server) dan yang paling tinggi adalah dedicated server hosting.

Jadi, apapun kebutuhan Anda, ArdHosting menawarkan segalanya.

Saran saya untuk Anda yang baru memulai, Anda dapat memilih paket hosting UKM 500 atau 750 terlebih dahulu, tidak perlu langsung memilih paket corporate ataupun unlimited hosting, karena website baru belum membutuhkan resource yang besar dan belum mendapat traffic yang tinggi.

Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: Singapore, Indonesia dan USA. 
  • Metode pembayaran: Transfer bank ke BCA, Mandiri, BNI, dan CIMB Niaga,
  • Aktifasi acount: Anda harus konfirmasi pembayaran terlebih dahulu sebelum account hosting dan domain Anda diaktifkan: http://ardhosting.com/payment-confirmation.php
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Apapun paket hosting yang Anda pilih kecuali paket hosting Windows
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan ArdHosting?

ArdHosting memiliki server dengan rata-rata uptime yang kurang stabil (99,88%).

Meskipun rata-rata page load time ArdHosting cepat (659ms) dan layanan support yang cukup baik (7/10), tapi uptime tetap menjadi faktor terbesarnya.

Disamping itu, mereka masih belum menggunakan SSL dimana tidak aman bagi privasi pelanggan, jadi saat ini saya belum bisa merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Jika Anda ingin memilih web hosting yang berhasil dalam 3 faktor utama: uptime, page load time dan support. Silahkan lihat perbandingannya dalam halaman 20 web hosting terbaik Indonesia ini.

Catatan dan batasan review:

  • Saya menginstal blog WordPress dengan pengaturan default dalam pengujian ini: www.penasihathosting-ah.com.
  • Review ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan paket "UKM 500" dengan pilihan lokasi server di Indonesia. Jika Anda memilih server di lokasi lainnya, maka uptime dan page load time yang Anda terima mungkin akan tidak sama.
Jika Anda mempunyai pengalaman menggunakan layanan dari ArdHosting atau ingin bertanya, silahkan ketik dikolom komentar dibawah ya:)
Summary
Review Date
Reviewed Item
ArdHosting
Author Rating
41star1star1star1stargray
  • Paket apa yg lebih direkomendasi untuk ardhosting?
    Paket ukm (500mb) : 280.000/thn
    Atau
    Paket ecommerce (2GB) : 238.800/thn
    Kok harganya beda jauh ya kak?
    Padahal paket ecommerce tidak dalam promo/diskon…

    • Saya juga tidak tahu, tp yang pasti paket UKM dikenakan biaya setup hosting pertama kali sebesar Rp 50.000.
      Silahkan tanyakan ke customer support Ard Hosting langsung masalah harga, produk dan lain-lainnya.
      Kalau dilihat dari spesifikasi keduanya si tidak begitu jauh, jadi lebih baik ambil paket ECOMM.

  • >