Mohon maaf, review individual ini belum saya update dengan data terbaru.
Silahkan kunjungi halaman ini untuk melihat rekomendasi hsoting terbaik berdasarkan data update 5 Oktober 2019.

Review Dracoola

Host Cepat dengan Uptime yang Buruk (Baca Mengapa)

Review Dracoola ini sangat mengandalkan data. Saya sudah melakukan monitoring terhadap server Dracoola sejak awal September 2018.


Data seperti rata-rata uptime, page load time dan kualitas layanan support adalah tiga indikator utama yang menjadi tolak ukur dalam review Dracoola ini.

Apa itu Dracoola Multimedia?

Tidak seperti kebanyakan web hosting lainnya yang menggunakan nama identik dengan web hosting, hosting yang satu ini justru menggunakan nama Dracoola.

Yes, Dracoola adalah sebuah brand dari penyedia web hosting di Indonesia. Dracoola didirikan pada tanggal 19 April 2003.

review dracoola

Biasanya, ketika Anda mengunjungi situs penyedia hosting pertama kalinya, Anda akan disuguhkan dengan bahasa-bahasa marketing seperti "server kami sangat cepat", "kami memberikan jaminan uptime 99,99%" atau "support kami terbaik di Indonesia".

Proporsi nilai seperti itu dapat membantu pelanggan non teknis untuk dapat memahami apa yang akan mereka dapatkan ketika mendaftar.

Tapi tidak di Dracoola.

Anda akan melihat sebuah situs dengan nuansa horror ala "Dracoola", ucapan selamat datang tanpa embel-embel bahasa marketing yang saya sebutkan diatas.

Tidak ada yang mereka janjikan disini, kecuali penawaran harga domain dan tarif web hosting dengan harga yang rasional plus kualitas dan layanan terbaik.

Dan harus saya akui, ini cukup menarik. 

Kemudian untuk mengetahui tentang apa yang Dracoola lakukan, saya membeli paket "DUSK-ID" pada akhir Agustus 2018.

Selama beberapa bulan terakhir, saya telah meninjau statistik kinerja server mereka termasuk uptime dan page load time serta mengumpulkannya dalam review Dracoola ini.

Ingin tahu bagaimana hasilnya? Mari kita mulai dahulu mengenal beberapa kelebihan Dracoola berikut ini:

Kelebihan Menggunakan Dracoola Multimedia

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, harusnya Dracoola bisa bertengger di papan atas web hosting terbaik Indonesia.

Support yang sangat baik adalah kelebihan utamanya. Sementara page laod timenya termasuk yang tercepat, namun mereka memiliki masalah besar karena tidak bisa menjaga servernya tetap stabil di angka yang ideal (uptime yang buruk).

1. Support yang Cepat dan Efisien

Info yang saya dengar dari beberapa pengguna, saya lupa entah di forum Kaskus atau Diskusi Web Hosting, bahwa support Dracoola sangat memuaskan.

Oleh karena itu saya dengan penuh semangat melakukan pengetesan terhadap support Dracoola.

Pesan saya ditanggapi kurang dari 5 menit oleh, well, seorang "arwahtawon" 😀 Yang jelas bukan arwah yang sebenarnya, hanya nama samaran saja. Tapi yang terpenting disini adalah supportnya sangat baik, bahkan lebih baik dari manusia-manusia pada umumnya (uuupps :P).

Saya menangkap bahwa customer support Dracoola sangat mengerti hal teknis, tidak hanya sekedar ramah dan cepat.

support Dracoola Hosting

Dikebanyakan kasus, ketika saya menanyakan hal teknis seperti bagaimana cara menambahkan addon domain di cPanel, CS hanya mengirimkan sebuah link menuju panduan yang telah ditulis sebelumnya.

Alih-alih menerangkan dan memastikan masalah selesai, saya disuruh untuk membaca panduannya dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Support seperti itu tidak bagus, dan ini tidak terjadi di Dracoola, mereka bahkan menjawab pertanyaan saya dengan sangat detail.

Support-2-Dracoola

Sebagai informasi tambahan, Dracoola juga menawarkan 24/7 emergency support yang bisa dirasakan oleh semua paket, bahkan jika Anda berlangganan paket termurah sekalipun.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat meminta layanan online services dengan segera dengan cara mengirimkan SMS ke support Dracoola, nanti apapun kepentingan atau masalah Anda akan bisa diatasi dengan lebih cepat.

Jadi, saya pikir nilai 9/10 layak diberikan untuk Dracoola.

2. Hosting dengan Server yang Cepat (#4 dari 20)

Dracoola mengirimkan rata-rata load time yang cepat, yaitu 612ms (terbaik ke 4 dari 20 hosting). Dan rata-rata kecepatan load time per bulannya pun cukup konsisten.

Namun sayang kecepatan yang baik ini tidak diiringi dengan rata-rata uptime yang stabil (yang akan saya bahas nanti pada poin kekurangan).

Detail rata-rata page load time Dracoola dalam 7 bulan terakhir:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

553ms

Oktober 2018

567ms

November 2018

601ms

Desember 2018

586ms

Januari 2019

612ms

Februari 2019

631ms

Maret 2019

684ms

Secara keseluruhan, total rata-ratanya adalah 612ms.

rata-rata speed Dracoola update per Maret 2019

3. Hosting yang Apa Adanya, Transparan.

Dracoola adalah hosting yang tidak neko-neko.

Tidak ada biaya tersembunyi, harga hosting yang ditawarkan pun adil dan flat, bahkan jika Anda memutuskan untuk berlangganan secara bulanan pun harganya masih sama, artinya tidak ada permainan harga disini.

Yang paling mengejutkan adalah harga hosting Dracoola sejak 30 Juli 2008 bahkan nyaris tidak ada perubahan sama sekali.

Saya sudah mengeceknya langsung di situs Wayback Machine.

Dracoola di 2008

Sudah 10 tahun berlalu, harga hostingnya masih segitu-segitu saja.

Apakah harga hosting mereka tidak terpengaruh dengan tingkat inflasi yang terus meningkat sekitar 3% setiap tahunnya? Hmm pertanyaan yang menarik.

Terakhir, tidak ada trik yang memaksa Anda untuk berlangganan paket termahal untuk mendapatkan fitur premium. 

Meskipun dalam semua paket hostingnya Dracoola masih membatasi pemakaian sumber daya, seperti storage dan bandwidth per bulannya.

Tentu, pada paket termurahnya "DAWN" ada keterbatasan sumber daya, tapi jika Anda perhatikan, Anda akan mendapatkan unlimited:

  • Sub domains
  • FTP Accounts
  • POP3 Email Accounts
  • Daily and weekly backup
Detail paket hosting Dracoola Multimedia

4. Tersedia Fitur Backup Harian Untuk Semua Paket

Dikebanyakan web hosting, fitur backup harian hanya tersedia jika Anda memilih paket bisnis atau minimal paket yang lebih tinggi, tetapi di Dracoola Anda akan mendapatkan keistimewaan ini bahkan jika Anda berlangganan paket termurah sekalipun.

Disuatu saat pada tengah malam hingga pukul 05:00 pagi, daily routine backup server Dracoola Multimedia akan bekerja membackup website Anda secara keseluruhan tanpa terkecuali.

Selain itu, setiap minggunya mereka juga akan melakukan backup mingguan sehingga Anda akan selalu memiliki 2 jenis backup.

5. Gratis Migrasi Hosting

Dracoola Multimedia, seperti halnya sebagian besar web hosting di Indonesia juga menawarkan gratis migrasi hosting.

Maksudnya, jika Anda sudah memiliki hosting ditempat lain dan berencana pindah ke Dracoola, maka Dracoola akan membantu Anda memindahkan file website Anda secara gratis ke server mereka.

Jika Anda sudah memiliki file full backupnya yang diunduh dari cPanel, mereka bahkan dapat memindahkan file website dalam dalam 1 jam!

2 jempol buat Dracoola.

Kekurangan Menggunakan Dracoola Multimedia

Pertama, saya pikir ini mungkin bukanlah sebuah kekurangan yang perlu dimasukkan dalam daftar, tapi sejak Juli 2008 hingga review Dracoola ini saya publikasikan, design website mereka tidak ada perubahan sama sekali.

Well, saya pikir Dracoola bisa melakukan hal yang lebih baik dari sisi design.

Dracoola di 2008

Tapi, mari kita kembali pada kualitas server dan layanan dari Dracoola Multimedia.

Hmm, setidaknya ada 3 kekurangan yang perlu Anda ingat sebelum memutuskan apakah Dracoola adalah hosting terbaik Anda berikutnya.

1. Rata-rata Uptime yang Buruk

Sejak 7 bulan terakhir, saya melakukan monitoring terhadap server Dracoola (Indonesia) untuk menemukan jawaban terhadap kestabilan server mereka.

Saya menetapkan standar uptime yang stabil adalah 99,90%, tetapi sayangnya Dracoola belum mencapai level tersebut, bahkan rata-rata uptime pada bulan Oktober sangat mengecewakan.

Berikut detailnya:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,89%

220ms

Oktober 2018

98,67%

243ms

November 2018

99,96%

247ms

Desember 2018

99,95%

262ms

Januari 2019

99,19%

276ms

Februari 2019

99,95%

291ms

Maret 2019

99,95%

350ms

Jika dilihat dalam tabel rata-rata uptime Dracoola diatas, sebenarnya uptime mereka bisa dikatakan sangat baik. Permasalahannya adalah hanya tidak konsisten di beberapa bulan.

Untuk saat ini, saya masih ragu merekomendasikannya kepada Anda karena persoalan uptime yang belum stabil ini.

Rata-rata keseluruhan uptime Dracoola selama 7 bulan terakhir bisa Anda lihat pada gambar dibawah:

rata-rata uptime Dracoola Multimedia update Maret 2019

2. Garansi Hanya Berlaku Selama 14 Hari

13 dari 20 web hosting Indonesia yang saya review memberikan garansi hosting selama minimal 30 hari, sayangnya, di Dracoola Anda hanya akan mendapatkan garansi dalam 14 hari saja.

3. Paket "DAWN" Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Biaya hosting pada paket "DAWN" adalah Rp 10.000/bulannya, Anda akan mendapatkan sumber daya yang terbatas, seperti storage hanya 200 MB dengan bandwidth hanya 20 GB, 1 addon domain atau total 2 domains dalam account hosting Anda.

Tetapi, jika Anda hanya ingin membangun blog personal, saya kira keterbatasan ini tidak akan terlalu bermasalah buat Anda.

Rangkuman Paket Hosting Dracoola Multimedia dan Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

Rangkuman penawaran paket hosting di Dracoola Multimedia:

Dracoola menyediakan layanan hosting dengan server Indonesia dan USA.

Setiap lokasi server terdapat 4 pilihan paket hosting dengan jumlah sumber daya yang sama, namun harganya berbeda dimana harga hosting server Indonesia agak lebih mahal.

harga hosting Dracoola Multimedia
  • Paket DAWN-id: Harga mulai Rp 12.500/bulan. Jumlah storage 200 MB dengan bandwidth 20 GB. Anda bisa menampung 2 website didalamnya dengan unlimited sub domains, email accounts dan FTP accounts.
  • Paket DUSK-id: Harga mulai Rp 25.000/bulan. Jumlah storage 500 MB dengan bandwidth 50 GB. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 5 domain.
  • Paket NIGHT-id: Harga mulai Rp 50.000/bulan. Jumlah storage 1000 MB dan 100 GB bandwidth. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 11 domain.
  • Paket MIDNIGHT-id: Harga mulai Rp 100.000/bulan. Jumlah storage 2500 MB dan 250 GB bandwidth. Total domain yang bisa ditampung sebanyak 26 domain.

Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: USA dan Indonesia
  • Metode pembayaran: Bank transfer (BCA dan Mandiri), Kartu Kredit dan PayPal
  • Aktifasi acount: Hosting akan aktif dalam 3 menit hingga 1 jam setelah Anda melakukan konfirmasi pembayaran
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: tidak ada
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Dracoola Multimedia Kepada Anda?

Dracoola Multimedia bukanlah pemain baru dalam industri web hosting tanah air. Mereka sudah berusia 15 tahun.

Kualitas layanan support mereka masih terjaga baik selama ini dan harga hosting yang mereka tawarkan pun adil dan tidak ada permain harga mereka lakukan untuk memaksa konsumen membeli paket yang mahal untuk mendapatkan fitur premium.

Dracoola Multimedia adalah hosting yang transparan.

Hasil pengujian saya menyimpulkan bahwa Dracoola termasuk hosting yang cepat (612ms), support yang baik (9/10), namun mereka memiliki rata-rata uptime yang buruk (99,53%).

Dan sayangnya, karena mereka gagal di faktor uptime, untuk saat ini saya belum bisa merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Ada beberapa hosting lainnya yang sukses dalam 3 faktor: uptime, page load time dan support. Lihat informasi lengkapnya di halaman perbandingan web hosting disini.

Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan Dracoola Multimedia? Kami ingin dengar pengalaman Anda, positif atau negatif, asalkan review Anda jujur dan transparan, silahkan ketik dalam kotak komentar dibawah.

Catatan dan batasan review:

-Saya menginstal blog WordPress dengan pengaturan default dalam pengujian ini: www.penasihathosting-dc.com.

-Review ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan paket "Web Hosting DUSK-id" dengan pilihan lokasi server di Indonesia.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Dracoola Multimedia
Author Rating
31star1star1stargraygray
  • Sejak mulai membangun website-website untuk diri sendiri dan klien sekitar tahun 2012, inilah penyedia hosting terbaik di Indonesia dalam hal layanan (dan harga yang sangat bersaing).

    Sejak CS-CS penyedia hosting lain cuma aktif di jam kerja normal, para makhluk halus dracoola sudah siap 24/7 untuk selalu melayani segala kebutuhan saya dan klien. Mulai dari hal remeh masalah instalasi, pengetahuan tentang cPanel, backup/restore, hingga masalah pembersihan web yang kena hack. Dan itu semua GRATIS!

    Memang ada sedikit delay support pada jam sahur. But it’s okay. Makhluk halus juga perlu bubuk cantik!

    Top support service inilah yang membuat saya menjadi katak dalam tempurung. Sampai tidak sempat menyicipi penyedia-penyedia hosting lain yang tumbuh-mati di Indonesia. Sudah kadung jatuh hati dan merasa berhutang budi (sangat banyak terbantu oleh support-nya Dracoola). Dan para klien lawas Dracoola pasti menyadari bahwa Dracoola secara rutin melakukan penggantian CPU server-nya, sehingga kita merasa aman atas data yang kita titipkan.

    Belasan (mungkin puluhan) website pernah saya buat di sini, tidak pernah ada permasalahan berarti dari sisi hosting.

    Memang ada beberapa kekurangan sumber daya atau teknologi dibandingkan para pesaing barunya sekarang, sehingga penyedia hosting yang satu ini seakan tertinggal beberapa langkah. Tetapi bagi saya, Dracoola is my lovely HEROSAURS – jadul, tetapi pahlawan tetaplah pahlawan.

    Saya beberapa kali merekomendasikan Dracoola bagi para pembuat website pemula. Karena mereka akan memiliki backup team support hosting terbaik di negeri ini. Dan itu adalah sebuah pertimbangan utama bagi mereka yang baru terjun di pembuatan website.

    NB: Still, I have a dream that Dracoola could fight in the same level with its new competitors.

    Terus maju, Kisanak!

  • Yap, benar sekali, untuk urusan support, saya rasa Dracoola adalah yang terbaik. Pernah saya menggunakan layanan di penyedia lain, lalu terjadi masalah, sudah mengirim tiket namun responnya lama, chat ke live chat responnya juga lama. Hal itu membuat saya berfikir untuk pindah hosting, secara tidak sengaja ketemu dracoola di DWH, lalu saya cek, curhat tentang masalah saya, dan… Tak disangka-sangka, responnya bagus, pihak Dracoola sampai memberi tahu saya bahwa (waktu itu kalau tidak salah dns acak-acakan mungkin karena server down, karena pihak penyedia tidak memberikan kejelasan). Padahal waktu itu saya belum menjadi pelanggan di Dracoola. Menurut saya, strategi seperti ini lebih bagus dan nyata ketimbang mengeclaim memiliki support terbaik dan lain-lain di halaman depan. Hehe 😀 Dan karena supportnya yang lebih bagus dari manusia pada umumnya, sekarang saya menjadi penguna layanan Dracoola 😀

    Btw, kalau masalah desain webnya saya anggap unik karena berani tampil beda 😀

  • Menurut saya salah satu point penting yang sering terlupakan ketika mengulas suatu produk hosting adalah parameter kecepatan DNS (Domain Name System) masing-masing hoster.

    Selama ini ulasan terfokus pada parameter uptime atau Page Load Time saja padahal kecepatan pembaca DNS cukup berpengaruh terhadap pencarian query domain yang tersimpan di nameserver hosting.

    Sebagai contoh, tentu akan ada perbedaan kecepatan DNS antara NS1 dan NS2 Domainesia.net dengan, katakanlah, NS1, NS2 dan NS3 Deweweb.com.

    Dari sana akan terlihat hosting mana yang memiliki kecepatan pembacaan dari query DNS walaupun memang secara kasat mata, pengunjung tidak akan merasa perbedaannya karena semuanya berjalan dalam milisecond.

    Dengan adanya data real dan valid terhadap hasil dan komperasi DNS maka calon konsumen yang peka terhadap kualitas dapat mengetahui hosting mana yang bisa total dalam mengurusi paket all-in hosting. Soalnya sekarang semua hal bisa dilakukan dari sisi hosting, mulai dari zonasi DNS, Mail Exchange, DNS Hosting, CDN dan lain-lain.

    Memang sih, kalau mau mendapatkan hasil DNS yang memuaskan kita harus berlangganan layanan Premium DNS Hosting yang cukup banyak di pasaran sana dan webhosting sesuai namanya hanya untuk menyimpan konten web tapi tentu tidak ada salahnya mencoba memasukkan DNS sebagai paramater untuk ulasan-ulasan selanjutnya.

    Salam.

    • Iya, memang betul ada perbedaan kecepatan DNS antara satu provider dengan provider lainnya, tapi perbedaannya kecil sekali dan hampir tidak terasa (kurang dari 100ms), karena itu mungkin tidak ada situs review hosting yang menambahkan metrik ini sebagai acuan.

      Tapi sebenarnya, di dalam menentukan total page load itime tu sudah penambahan dari DNS Time + Connection Time + First Byte Time + Start Render = Document Complete / Total Page load Time.

      Dan karena kita memang bisa menggunakan DNS premium seperti DNSMadeEasy, CloudNS, Cloudflare, dll maka saya pikir ini sifatnya opsional saja.

  • >