Review Jetorbit

Web Host dengan Performance yang Baik

Review Jetorbit (Shared Hosting) ini saya publikasikan setelah melakukan penelitian/monitoring terhadap performance Jetorbit dalam 3 bulan terakhir (1 Agustus 2019 - 31 Oktober 2019).

Paket hosting yang di uji dalam review ini adalah paket 'Merkurius'.

Jika dilihat dari tahun berdirinya, yaitu 2012, sebenarnya Jetorbit termasuk pemain yang masih relatif baru dalam industri web hosting Indonesia.

Jadi, tidak heran jika sebagian besar dari Anda belum mengenal hosting yang satu ini.

review Jetorbit Hosting

Dan sama seperti sebagian besar basis provider hosting yang lainnya, seperti Niagahoster & Hostinger Indonesia, DomoSquare, Jogja Host & ArdetaMedia dan DomaiNesia, Jetorbit juga berbasis di Yogyakarta, tepatnya di Kabupatan Sleman.

Saya pikir Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, namun juga kota Developer.


Apa yang Jetorbit Lakukan?

Well, tidak banyak yang bisa saya jelaskan disini, karena Jetorbit bahkan belum memiliki halaman 'Tentang Kami', tidak memiliki halaman perjalanan mereka selama 7 tahun ini.

Jadi saya akan langsung membahas apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan Jetorbit yang tentu saja, seperti review yang sudah-sudah juga dilengkapi dengan data yang dapat dibuktikan secara statistik.


Rangkuman Singkat

Jetorbit

Rating Keseluruhan:

4 / 5 (baik)

Uptime

Hanya ada 4 web host dengan rata-rata uptime yang stabil dalam 3 bulan montiroing terakhir. Jetorbit adalah salah satunya. Rata-rata uptime mereka stabil di 99,93%.

Speed

Server Jetorbit cukup responsive, terlihat dari rata-rata page load time (speed) Jetorbit, yaitu 0,907 detik (terbaik #1 dari 19 web host yang saya review sejauh ini)

Harga

Harga hosting Jetorbit termasuk yang termurah (#6 dari 19). Dengan peket Merkurius (paket yang saya gunakan dalam review ini), seharga Rp15,750/bulan.

Support

Support Jetorbit hanya 'OK. Tidak bagus, pun tidak jelek. Yang perlu Anda perhatikan adalah support mereka hanya berlaku mulai pukul 05:00 - 22:00 WIB saja.

Pengungkapan: Artikel ini berisi link affiliasi, yang artinya saya akan menerima komisi jika Anda mengklik link dan membeli hosting yang terdaftar disini. Ketika Anda mengklik link affiliasi, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Ini membantu saya untuk menjaga agar website ini dapat terus berjalan! Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap.


Kelebihan Menggunakan Jetorbit

Ada 3+1 faktor yang saya pakai untuk mengukur performance sebuah server hosting, yaitu uptime, support, dan tentu saja page load time (speed) + Load Impact.

Setelah selama 3 bulan melakukan monitoring, saya cukup terkejut menemukan fakta bahwa ternyata Jetorbit adalah hosting dengan performance yang bagus. Mereka mencatat hasil monitoring yang bagus di semua faktor.

Kita akan bahas satu per satu dalam kelebihan Jetorbit berikut ini.

1. Rata-rata Uptime yang Stabil

Dalam penelitian terbaru saya dalam 3 bulan terakhir, hanya ada 4 penyedia hosting yang mampu menjaga server nya tetap stabil dalam waktu yang ideal (99,90%), dan Jetorbit adalah salah satunya.

Rata-rata uptime Jetorbit stabil di 99,93%, hanya kalah dari Ard Hosting dan Hostinger Indonesia (99,94%).

Uptime Jetorbit Hosting

Data Penasihat Hosting untuk real time uptime Jetorbit: http://stats.pingdom.com/fvcwvtbg21vs/5359723

Rata-rata uptime Jetorbit dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

Agustus 2019

99,92%

September 2019

99,92%

Oktober 2019

99,96%

2. Page Load Time yang Cepat

Uptime yang stabil saja tidak cukup, Anda tentu saja juga membutuhkan server dengan page load time yang cepat bukan?

Idealnya adalah kecepatan website tidak lebih dari 2 detik. 

Bagaimana dengan page load time Jetorbit?

Tidak hanya dapat menjaga server nya tetap stabil, tetapi rata-rata page load time Jetorbit pun sangat baik. Server hanya membutuhkan rata-rata waktu 0,907 detik hingga halaman website test termuat secara sempurna.

Page speed test Jetorbit Hosting

Bagusnya lagi, rata-rata page load time 0,907 detik adalah yang terbaik diantara semua web host yang saya review dalam 3 bulan terakhir ini.

Page load time web host Indonesia

Rata-rata page load time Jetorbit dari bulan ke bulan:

BULAN

PAGE LOAD TIME (SPEED)

Agustus 2019

0,804 detik

September 2019

0,867 detik

Oktober 2019

1,05 detik

3. Berhasil Menyelesaikan Test Laod Impact Tanpa Ada Performance Issue

Dalam review terbaru ini, saya menambahkan satu test lagi, yaitu Load Impact.

Apa itu Laod Impact?

Secara singkat, melalui test ini, saya ingin melihat bagaimana response server Jetorbit ketika menerima 50 pengunjung secara bersamaan dalam 10 menit.

Idealnya adalah Anda ingin kecepatan website Anda sama baik ketika pengunjung pertama datang maupun ketika pengunjung ke-50 datang, bukan?

Cara terbaik untuk mengukurnya adalah dengan menggunakan tool Load Impact.

Test Ke

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

5

39157

1250ms

108,67 request/detik

Meskipun Jetorbit berhasil menyelesaikan test tanpa ada performance issue. 

Performance issue disini seperti misalnya server mengalami overload karena tidak mampu menahan beban banyaknya pengunjung yang datang.

Tetapi, ada 5 errors terjadi dan juga terjadi penurunan performances hingga 1,250 detik. Ini bukanlah pertanda yang bagus. Indikasinya adalah server website test pada paket Merkurius yang saya uji agak kerepotan melayani jumlah 50 pengunjung yang masuk.​​ 

Note: Saya akan coba melakukan test lagi pada update mendatang.​​

4. Gratis Domain dan Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti hampir semua penyedia hosting lainnya, ketika Anda memutuskan untuk pindah ke Jetorbit, Anda akan mendapatkan layanan gratis migrasi dari hosting lama Anda ke Jetorbit.

Dan Jetorbit juga memberikan penawaran gratis domain (berlaku perpanjangan) jika Anda berlangganan paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan.

5. Gratis Divi (Page Builder untuk WordPress)

Berita bagus bagi Anda pengguna WordPress yang biasa menggunakan page builder seperti Divi untuk membangun website, karena Jetorbit menawarkan gratis install Divi bagi setiap pengguna yang websitenya berada di hosting Jetorbit.


Kekurangan Menggunakan Jetorbit

Jetorbit merupakan pilihan hosting yang bagus. Mereka mencatatkan hasil yang baik di hampir semua faktor.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mempertimbangkan Jetorbit sebagai partner hosting baru Anda.

1. Memiliki Aturan Garansi Hosting yang Sangat Ketat = Tidak Ada Garansi

Jetorbit memberikan garansi hosting selama 30 hari, tetapi dengan syarat dan ketentuan yang sangat ketat hingga saya bisa mengatakan bahwa mereka sama saja tidak memberikan kesempatan untuk konsumen mengajukan refund.

Apa alasannya saya mengatakan demikian?

1. Klaim garansi berlaku jika uptime website Anda kurang dari 99% yang dimonitoring menggunakan UptimeRobot..com

Jetorbit sendiri memberikan jaminan uptime 99,9%, tetapi garansi hanya bisa diklaim jika uptime kurang dari 99%.

99,9% dan 99% mungkin tidak terlihat besar, hanya 0,9% bukan?

Tapi tahukah Anda dalam hitungan atau jika Anda menggunakan kalkulator uptime, perbedaan yang 'hanya' 0,9% ini adalah perbedaan yang sangat besar. 

99,9% uptime artinya website akan mengalami downtime rata-rata selama 43 menit dan 49.7 detik dalam satu bulan.

Sementara 99% artinya website Anda akan mengalami downtime rata-rata selama 7 jam 18 menit dan 17.5 detik dalam satu bulan.

Bedanya hampir 7 jam! Dan jika website Anda tidak mengalami downtime selama 7 jam dalam 30 hari pertama, maka Anda tidak bisa mengklaim garansi. Itupun Anda harus melakukan monitoring menggunakan UptimeRobot.com

2. Anda tidak bisa mengajukan mengklaim garansi tanpa bukti yang kuat.

Jika alasan Anda hanya karena Anda kecewa karena satu atau dua hal, dan Anda tidak punya bukti yang kuat, maka Anda sama sekali tidak bisa mengklaim garansi.

2. Support yang Hanya 'OK'

Sejujurnya support agak sulit untuk di review secara detail, karena meskipun saya benar-benar membeli paket Merkurius Jetorbit dan menginstall blog WordPress (default) untuk saya jadikan sebagai website test, namun saya bukanlah murni bertindak sebagai pengguna.

Artinya, website test yang saya pakai hanya digunakan untuk monitoring saja, tidak ada aktivitas apapun kecuali hanya untuk di monitoring.

Jadi, saya hanya melakukan uji coba support secara standar saja melalui live chat. 

Saya hanya menanyakan pertanyaan-pertanyaan standar yang tidak terlalu teknikal, seperti bagaimana cara menginstall SSL, membuat account email, dsb.

Dan pesan saya dibalas dengan cepat oleh support Jetorbit. Meskipun cepat, namun saya merasa pengalaman saya agak kurang menyenangkan, mungkin karena support nya yang tidak terkesan ramah PLUS sama seperti kebanyakan support pada provider Indonesia lainnya, support Jetorbit pun 'tidak melayani'.

Pertama, support yang agak teknikal perlu melalui tiket. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, support melalui tiket bukanlah sebuah support yang bagus, karena Anda perlu menunggu lebih lama untuk mendapatkan response, belum lagi jika Anda membutuhkan bantuan yang sifatnya urgent, misalnya website yang tidak bisa diakses karena sebab tertentu.

Jetorbit sendiri, dalam aturan layanannya, menulis bahwa proses dalam penanganan layanan bantuan diberikan dan dikerjakan dalam kurun waktu 1×24 jam melalui tiket.

Kedua, ketika saya menanyakan pertanyaan dasar, seperti bagaimana cara membuat account email, alih-alih mereka memandu saya, tetapi hanya menjawab dengan memberikan sebauh link ke panduan yang telah mereka tulis. Ini juga bukanlah bentuk support yang bagus, dan sayangnya hampir semua support provider di Indonesia melakukan hal yang sama.

Beberapa provider luar negeri seperti Siteground, MDD Hosting dan InMotion Hosting, WPX Hosting justru sebaliknya, mereka akan memandu dan memastikan hingga masalah Anda selesai sebelum chat ditutup, bahkan sebagian dari mereka seperti WPX Hosting dan Siteground mau membantu menginstall SSL atau membuat account email langsung untuk Anda.

Ketiga, ternyata support Jetorbit tidak online selama 24 jam, hanya tersedia mulai pukul 05:00 pagi sampai 22:00 malam. Ini alasan kuat mengapa saya masukkan support Jetorbit dalam kekurangan.

3. Backup Hanya Dilakukan 1x Dalam Seminggu

Ada keterbatasan dalam fitur backup yang ditawarkan oleh Jetorbit dimana backup pada akun hosting hanya dilakukan 1x dalam seminggu dengan retensi atau penyimpanan backup sebanyak 4x disetiap akun.

Beberapa penyedia hosting lokal lainnya seperti DomaiNesia dan Warna Hosting telah menyediakan layanan backup secara harian.

Tapi tetap saja, saya selalu menyarankan Anda untuk melakukan backup sendiri secara manual dan jangan tergantung kepada penyedia hosting, karena Anda tidak pernah tahu jikalau ternyata penyedia hosting Anda gagal melakukan backup yang dapat menghapus semua file-file website Anda.

Keterbatasan lainnya adalah Jetorbit hanya memberikan backup maksimal total 10 GB, jika lebih dari itu, maka kelebihannya tidak akan di backup.

4. Paket 'Pluto' Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Perlu Anda ketahui bahwa paket 'Pluto' hanya diperuntukkan untuk website/blog yang hanya memiliki beberapa halaman saja. Seperti mungkin website portofolio, CV, dan sebagainya.

Paket ini hanya memiliki jumlah storage sebesar 300MB saja.

5. Ada Denda Sebesar +30% dari Biaya Perpanjangan Hosting Jika Anda Telat Membayar Lebih dari 5 Hari

Terakhir, yang perlu Anda perhatikan adalah Jetorbit memberlakukan denda keterlambatan membayar tagihan hosting +30% dari total tagihan jika Anda telat membayar lebih dari 5 hari sejak jatuh tempo.

Jetorbit akan memberi tahu Anda pada 3 hari sebelum, 1 hari sesudah, 3 hari sesudah dan 5 hari sesudah tanggal jatuh tempo akan dikirimkan kembali email dan sms pengingat pembayaran tagihan.


Rangkuman Paket Hosting Jetorbit dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman Penawaran Paket Hosting di Jetorbit

Jetorbit menyediakan layanan:

1. Shared hosting (web hosting murah) = tipe hosting yang saya review dalam artikel ini.

Terbagi menjadi 3 paket, yaitu Paket Personal (Pluto, Merkurius, dan Mars), Paket Sensasional dan Paket Bisnis. (Venus, Earth, Jupiter).

Paket Personal Jetorbit

2. Paket WordPress Hosting

Khusus untuk website WordPress dengan biaya mulai dari Rp 59.000/bulan.

WordPress Hosting Jetorbit

Selain itu, Jetorbit juga menawarkan reseller hosting dengan panel DirectAdmin dan layanan Cloud Hosting dedicated server.

Informasi Lainnya yang perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: Indonesia dan USA
  • Metode pembayaran: Transfer bank (Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran) , PayPal.
  • Aktifasi acount: Dalam kurun waktu 10 menit setelah melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel untuk shared hosting dan DirectAdmin untuk reseller hosting
  • Gratis domain: Jika membeli minimal paket bisnis Venus dengan durasi 1 tahun.
  • Aktivasi domain: Untuk domain selain .ID, begitu order aktif, domain Anda bisa langsung aktif tanpa adanya propagansi domain yang biasanya memakan waktu 24-48 jam.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan Jetorbit?

Saya merekomendasikan Jetorbit kepada Anda. Hasil penelitian saya terhadap performance Jetorbit menunjukan hasil yang bagus. 

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi sebelum memutuskan Jetorbit sebagai partner hosting baru Anda.

Saya sudah merangkumnya dalam kolom dibawah ini.

  • Rata-rata page load time yang cepat (0,907 detik)
  • Rata-rata uptime yang stabil (99,94%)
  • Sedikit kesulitan menyelesaikan test Load Impact, dan 5 error terjadi selama test berlangsung.
  • Gratis Divi (page builder untuk WordPress)
  • Gratis domain (berlaku setiap perpanjangan) jika berlangganan minimal paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan dan gratis migrasi hosting.
  • Memiliki aturan garansi yang sangat ketat = tidak ada garansi hosting
  • Support nya hanya 'OK'
  • Paket 'Pluto' memiliki keterbatasan sumber daya
  • Backup hanya dilakukan 1x seminggu
  • Ada denda keterlambatan sebesar +30% dari total tagihan jika telat membayar tagihan perpanjangan hosting lebih dari 5 hari sejak jatuh tempo
>