Review Dewaweb

Bagus Hanya Jika Anda Memilih Hosting dengan Lokasi Server Singapore

"Saya telah membeli paket hosting "Hunter" Dewaweb dan mengetesnya pada sebuah blog WordPress dengan pengaturan default. Tujuanya adalah untuk mengetahui kualitas uptime, page load time dan layananan supportnya.


Jadi, ini adalah review dari pengguna ke pengguna (+berdasarkan data yang aktual).

Apa itu Dewaweb?

Dewaweb boleh dibilang termasuk salah satu pemain baru dalam dunia web hosting tanah air. Mereka beroperasi sejak pertengahan tahun 2013, tetapi baru melakukan soft launching pada bulan September 2014.

Meskipun baru, Dewaweb bukanlah web hoster yang sama dari para pendahulunya, Edy Budiman, Founder dan juga CEO dari Dewaweb mengatakan bahwa Dewaweb adalah layanan shared hosting pertama di Indonesia yang menggunakan 100% teknologi Cloud dari level software, hardware, dan network.

Review Dewaweb

Dewaweb hadir sebagai jawaban dari masalah yang kerap kali menjadi keluhan bagi pemiliki website, yaitu load website yang lambat dan server hosting yang sering down.

Bahkan di halaman resminya, Dewaweb mengklaim 100% uptime dan aplikasi web berjalan 40x lebih cepat.

100% uptime dan web berjalan 40x lebih cepat adalah klaim yang sangat berani.

Apakah website yang ditempatkan dalam server Dewaweb benar-benar sesempurna itu?

Itulah salah satu tujuan saya melakukan pengujian ini.

Dan untuk mengetahui jawabannya, saya membeli paket "Hunter" Dewaweb dan mengetesnya pada sebuah blog WordPress (pengaturan default).

Updated: Saya melakukan upgrade dari paket Hunter ke Warrior pada akhir Januari 2019

Saya monitoring menggunakan tool Site24x7 untuk mendapatkan data uptime dan page load timenya, serta melakukan pengujian support secara manual.

Ingin tahu apa yang saya temukan?

Silahkan dilanjut membaca review Dewaweb ini 🙂

Kelebihan Menggunakan Dewaweb

Setelah mendaftarkan hosting untuk tujuan pengetesan, saya sangat antusias untuk mulai memonitoring server mereka dan melihat sebagus apa server dengan teknologi cloud yang mereka gunakan.

Namun saya agak kecewa karena uptime servernya tidak sebagus yang mereka klaim, speed nya juga tidak lebih cepat dari penyedia hosting lainnya.

Tapi sebelum kita masuk ke dalam poin kekurangan, mari kita lihat terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan Dewaweb berikut ini:

1. Layanan Support yang Cukup Baik. Saya Pikir 7/10

Untuk mengetahui seberapa bagus support Dewaweb saya melakukan pengujian menggunakan live chat, karena support melalui live chat biasanya lebih bisa diandalkan, umumnya Anda tidak perlu menunggu lebih lama.

Poin plusnya adalah pesan saya mendapatkan tanggapan kurang dari 3 menit yang mana ini bagus.

Tetapi (lagi-lagi), sama dengan semua web hoster di Indonesia, support dari Dewaweb pun tidak menggunakan pendekatan yang lebih melayani. Maksudnya, jika Anda menanyakan pertanyaan yang agak technical seperti bagaimana cara menambahkan add on domain, mereka hanya akan mengirimkan Anda sebuah link menuju panduan mereka, alih-alih memandu hingga masalah Anda selesai.

Faktanya, support dengan pendekatan seperti itu sudah menjadi standar baku di Indonesia, dan sejauh yang saya tahu belum ada satupun web hoster yang melakukan sebuah gebrakan dalam layanan supportnya seperti apa yang dilakukan oleh penyedia web hoster terbaik luar negeri (Siteground dan InMotion Hosting).

Jadi, saya pikir 7 adalah nilai yang cukup baik.

chat-dewaweb

2. Tidak Ada Trik atau Permainan Harga di Dewaweb

Di Dewaweb, Anda dapat berlanggan hosting secara bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, tahunan hingga 3 tahun. Yang menarik adalah tidak ada permainan harga disini. Umumnya, harga paket hosting akan semakin murah ketika Anda berlangganan dengan durasi yang lebih panjang.

Tapi tidak di Dewaweb. Mereka bahkan memberikan harga yang flat bahkan jika Anda memutuskan berlangganan secara bulanan sekalipun.

Tidak ada trik permainan harga di Dewaweb

3. Menawarkan Garansi Selama 90 Hari dan Gratis Migrasi Hosting

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari. Tetapi Dewaweb sangat percaya diri memberikan pelanggan barunya garansi yang sangat panjang, yaitu selama 90 hari. 

Faktanya, hanya ada 4 dari 20 penyedia hosting yang memberikan garansi lebih dari 30 hari, dan Dewaweb adalah salah satunya.

Sebagai tambahan, Dewaweb juga memberikan layanan migrasi hosting secara gratis bagi Anda yang ingin pindah hosting ke tempat mereka.

4. Gratis Domain Seumur Hidup

Bahkan jika Anda membeli paket hosting termurah Dewaweb, yaitu paket Scout dengan hanya Rp 20.000/bulan, Anda juga akan mendapatkan gratis domain seumur hidup, maksudnya selama Anda berlangganan di Dewaweb, Anda tidak perlu membayar biaya perpanjangan domain, cukup hosting saja.

5. Tersedia Fitur Time Machine Backup

Dewaweb memiliki fitur Time Machine Backup. Dengan fitur ini website Anda secara otomatis akan di backup setiap hari dan diarsip sampai 2 minggu kebelakang. Jadi, ketika Anda membutuhkan data backup, Anda dapat mengklik icon "Time Machine Backup" di cPanel untuk pilihan restore.

Mudah bukan? Poin plus untuk Dewaweb.

6. Memiliki Security yang Baik

Jika Anda perhatikan bagian security di cPanel Dewaweb, Anda akan menemukan bahwa mereka memiliki banyak sekali fitur security sebagai perlindungan untuk website Anda. 

Mulai dari SSH Access yang bahkan juga tersedia di paket termurah Dewaweb, Scout. Kemudian ada free SSL Let's Encrypt, hingga Imunify360.

Security yang baik Dewaweb

Kekurangan Menggunakan Dewaweb

Sebenarnya, Dewaweb adalah pilihan hosting yang bagus. Mereka memiliki security yang bagus dan customer supportnya pun cukup bagus.

Tapi ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan Dewaweb sebagai partner hosting Anda.

Mari kita lihat.

1. Rata-rata Uptime Server Lokasi Indonesia Buruk (#9 dari 20)

Uptime adalah faktor terbesar yang menentukan kualitas suatu penyedia hosting.

Dan saya senang melaporkan bahwa server Dewaweb (Singapore) sangat stabil 99,98% dalam 7 bulan sejak uptimenya saya monitoring menggunakan tool Site24x7. 

Rata-rata 99,98% adalah yang terbaik diantara semua penyedia web hosting Indonesia yang saya review dalam situs ini.

Rata-rata uptime Dewaweb dengan server Singapore:

BULAN

UPTIME

Februari 2018

99,99%

Maret 2018

99,94%

April 2018

100%

Mei 2018

100%

Juni 2018

100%

Juli 2018

99,99%

Agustus 2018

100%

Akhir agustus 2018, saya memutuskan untuk memindahkan server test website Dewaweb dari Singapore ke Indonesia demi keadilan dalam review hosting di Penasihat Hosting (menyamakan semua web server pada lokasi yang sama, yaitu di Indonesia).

Kecuali Hostinger ID yang masih tetap di Singapore karena mereka tidak memiliki server yang berlokasi di Indonesia.

Jadi, setelah server dipindahkan ke Indonesia, beginilah rata-rata uptime Dewaweb terbaru:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,89%

769ms

Oktober 2018

99,03%

1503ms

November 2018

99,70%

1065ms

Desember 2018

99,95%

913ms

Januari 2019

99,52%

971ms

Februari 2019

99,88%

1055ms

Maret 2019

99,99%

1110ms

Sepertinya ada perbedaan teknologi yang digunakan antara server yang berlokasi di Singapore dan Indonesia jika kita membandingkan performa keduanya.

Seperti terlihat dalam table diatas, server Indonesia sangat tidak stabil. Kesimpulan saat ini adalah Dewaweb hanya bagus jika Anda memilih server yang berlokasi di Singapore saja.

Average Uptime of Dewaweb Hosting

2. Page Load Time yang Lambat (#15 dari 20)

Dewaweb menggunakan webserver LiteSpeed Enterprise yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan aplikasi website 40x lipat.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa 40x lipat adalah klaim yang sangat berani.

Jadi, dalam 7 bulan monitoring ini, saya menemukan bahwa rata-rata page load time Dewaweb masih jauh dari harapan, yaitu hanya 1285ms (1,285 detik). Hasil ini dibawah rata-rata kecepatan ideal (dibawah 1 detik).

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

1040ms

Oktober 2018

1248ms

November 2018

1222ms

Desember 2018

1191ms

Januari 2019

1330ms

Februari 2019

1436ms

Maret 2019

1444ms

Page Speed Test Dewaweb

3. Sangat Terbatasnya Sumber Daya Pada Paket Scout

Paket Scout hanya diperuntukan untuk 1 website saja dengan storage 500MB, 0,5 core CPU, physical memory yang hanya 128MB dan Anda tidak mendapatkan fitur add on domain pada paket ini.

Tetapi, apabila Anda hanya berencana untuk membuat sebuah blog personal atau blog hobby saja saya rasa keterbatasan ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Rangkuman Paket Hosting Dewaweb dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Kode Promo Dewaweb:

Spesial diskon 15% khusus untuk pengunjung Penasihat Hosting dengan kode promo: PENASIHATHOSTING

Kode promo tersebut dapat diaplikasikan dengan membeli paket hosting Dewaweb minimal paket Hunter dengan durasi bulanan atau tahunan.

Penawaran paket hosting di Dewaweb:

  • Paket Personal Scout: Paket termuah di Dewaweb dengan harga Rp 20.000/bulan. Storage 500MB.
  • Paket Personal Hunter: Harga Rp 40.000/bulan dengan storage 2GB dan bandwidth unlimited. Anda dapat menambahkan 1 add on domain lagi.
  • Paket Personal Warrior: Harga Rp 90.000/bulan dengan storage 3GB dan Anda dapat menempatkan 5 add on domain disini. Poin plusnya, Anda juga akan mendapatkan gratis domain seumur hidup dan fitur Spam Experts.
  • Paket Personal Guardian: Harga Rp 140.000/bulan dengan jumlah storage 6GB dan Anda dapat menempatkan hingga 10 addon domain didalamnya. Unlimited database & email serta fitur Spam Experts.
  • Paket Corporates (Crusader, Paladin dan Oracle): Harga mulai dari Rp 200.000/bulan dengan jumlah storage mulai dari 10GB hingga 30GB. Unlimited addon, email, database dan parked domains. Anda juga akan mendapatkan gratis domain seumur hidup, fitur Spam Experts, dan free Rapid SSL ($49). 
  • Paket SSD Cloud Server (VPS): Harga mulai dari Rp 300.000/bulan dan Anda dapat memilih menggunakan Linux Server atau Windows Server dan jenis VPS yang digunakan adalah KVM. Untuk pemula saya sarankan tidak perlu mengambil paket ini.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Singapore dan US (hingga review ini saya tulis, saya menemukan bahwa tidak adanya pilihan server di Indonesia).
  • Metode pembayaran: Transfer bank menggunakan BCA, Kartu Kredit (Visa atau Master), dan IPAYMU
  • Aktifasi acount: Jika Anda membeli hosting sekaligus domain, Anda perlu melakukan konfirmasi domain terlebih dahulu yang dikirim melalui email. Dan tanyakan status domain Anda via live chat supaya lebih cepat aktif.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Gratis disemua pilihan paket, bahkan di Paket Personal Scout.
  • Aktivasi domain: Aktivasi instan
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Dewaweb?

Dari hasil pengujian yang telah saya lakukan Dewaweb hanya bagus jika Anda memilih hosting dengan lokasi server di Singapore.

Namun jika Anda memilih lokasi server di Indonesia, maka uptime dan load time yang Anda terima sama seperti yang saya sebutkan pada review ini= tidak bagus.

Keputusan ada ditangan Anda.

N/B: Jika Anda ingin melihat hosting terbaik yang berhasil dalam uptime, page load time dan support, silahkan kunjungi halaman hosting terbaik Indonesia ini.

Apakah Anda memiliki pengalaman bersama Dewaweb? Positif atau negatif! yang penting reviewnya jujur dan transparan. Atau punya pertanyaan yang ingin dilayangkan ke admin? Silahkan ketik saja dikolom komentar.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Dewaweb Review
Author Rating
21star1stargraygraygray
  • mas mau tanya, saya newbee

    Dari kalimat, Paket Personal Hunter: Harga Rp 40.000/bulan dengan storage 2GB dan bandwidth unlimited. Anda dapat menambahkan 1 add on domain lagi.

    maksudnya storage 2 gb itu apa ya?
    lalu ada keterangan memory di paket hunter 256mb itu apa ya artinya?
    1 add on domain, apa ya?

    Terima kasih

  • Hanya menambahkan, gak hanya server Indonesia.

    Saya menggunakan server Singapore udah mau setahun kalau dihitung bisa puluhan kali downtime. Gak tanggung-tanggu lagi, sekali down bisa sampai 1 jam sudah beberapa kali saya alami sendiri seperti ini. Salahnya saya langsung berlangganan 1 tahun, jadi mau ga mau harus dinikmati.

  • Dulu saya pakai DomainNesia lalu pindah ke dewaweb, memang betul kata mas ini pageload nya bener kaya diatas bisa dibilang buruk.

    Dan server uptime nya bener juga kaya mas diatas, selama yang saya rasakan beberapa bulan dengan dewaweb sering kali gangguan sama server nya, terakhir kali kalinya uptimerobot sering banget ngasih notifikasi down server 🙁

    Akhirnya saya mau memutuskan pindah ke NiagaHoster atau DomainNesia lagi setelah membaca berkali-kali berbagai macam review termasuk dari mas Willya Randika ini.

  • >