Managed Cloud Hosting Terbaik

Lelah dengan keterbatasan pada shared hosting? Coba Managed Cloud Hosting Ini


Apakah Anda memiliki masalah dengan loading website yang lambat?

Atau masalah hosting yang sering sekali down dan membuat pendapatan Anda terus menurun dari hari ke hari?

Atau mungkin juga Anda ingin menempatkan website Anda pada hosting dengan tingkat security yang lebih baik.

managed cloud hosting terbaik

Atau boleh jadi, Anda ingin membangun website Anda langsung dengan cloud VPS, karena Anda menginginkan performa terbaik untuk menunjang bisnis Anda.

Apapun masalah Anda, solusi terbaik dari semua permasalahan diatas umumnya bisa diatasi dengan meng-upgrade hosting Anda dari shared hosting ke Cloud Hosting VPS.


Managed Cloud Hosting Terbaik Untuk Segala Kebutuhan Anda

Managed Cloud Hosting Terbaik Untuk Website WordPress: KINSTA

Kinsta Managed Cloud Hosting

5 of 5 Stars


Jika Anda ingin tahu dimana saya meng-hostingkan Penasihat Hosting, Kinsta adalah jawabannya.


Kinsta punya segala kelebihan, seperti uptime yang stabil, speed yang cepat dan support yang luar biasa.


Kekurangannya hanya dua, biayanya yang mahal dan hanya tersedia untuk platofrm WordPress saja. 


Managed Cloud Hosting Terbaik Untuk Segala Platform: CLOUDWAYS

Cloudways Manged Cloud Hosting

5 of 5 Stars


Cloudways adalah alternatif terbaik jika Anda menginginkan managed cloud hosting dengan biaya yang lebih murah.


Bagusnya, Cloudways tidak hanya bekerja untuk platform WordPress saja, tetapi platofrm lainnya seperti Laravel, Drupal, Joomla, dll.


Kekurangannya? Dibanding Kinsta, saya rasa halaman dashboard Cloudways terlihat lebih technical, terutama untuk pemula.


Gunakan kode promo: PHCW30
Untuk mendapatkan diskon 30% selama 2 bulan




Disclosure: Review ini berisi link affiliasi, yang artinya saya akan menerima komisi jika Anda mengklik link dan membeli hosting yang terdaftar disini. Ketika Anda mengklik link affiliasi, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap.

Mengapa hanya ada dua provider saja?

Sebenarnya ada banyak pilihan lain di luar sana dan sebelum memulai penelitian ini pun saya sudah melihat beberapa opsi lain, seperti WP Engine, Liquidweb, Flywheel, WPX Hosting dan tidak lupa juga beberapa provider lokal.

Tetapi memilih provider yang Anda tidak akan menyesal setelah mencobanya adalah sulit. 

Diantara banyaknya pilihan, Kinsta dan Cloudways akan lebih cocok untuk kebutuhan Anda, dan akan sangat cocok jika target pengunjung Anda dari Indonesia.

Ada banyak sekali alasan, tapi alasan utamanya adalah:

  • Diantara semua provider luar, hanya Kinsta dan Cloudways yang menawarkan opsi pilihan lokasi server dekat dengan Indonesia, yaitu Singapore.
  • Harga hosting Cloudways (Digital Ocean) bahkan lebih murah dari beberapa provider lokal dan memiliki performance yang lebih tinggi
  • Infrastruktur yang digunakan masih jauh lebi baik dari provider lokal. Kinsta menggunakan Google Cloud Platform, itu artinya Anda menggunakan hosting yang dibuat dan di kelola oleh Google, sedangkan Cloudways memiliki 5 pilihan yang juga masih terbaik saat ini, yaitu Digital Ocean, Vultr, Linode, Google Cloud dan Amazon Web Services.

Tentang Kinsta: High Performance WordPress Hosting

Anda menggunakan WordPress sebagai platform website Anda?

Menginginkan hosting dengan performa terbaik untuk menunjang bisnis Anda?

Tidak mau repot mengelola server dan ingin professional yang menjaga website WordPress Anda dengan keamanan dan sistem back-up yang baik?

Jika demikian, maka Kinsta adalah satu-satunya hosting yang mungkin Anda cari-cari selama ini.

Kinsta Managed Cloud Hosting

Kinsta didirikan oleh Mark Gavalda pada tahun 2013 dan memiliki kantor di London, Los Angeles, dan Budapest. Meskipun baru berdiri beberapa tahun belakangan ini, tetapi Kinsta tidak bisa disebut sebagai pendatang baru lagi dalam hal WordPress hosting.

Karena tidak seperti kebanyakan provider lainnya, Kinsta hanya berfokus pada platform WordPress saja.

Itu membuat mereka bisa bergerak lebih cepat dari para pesaingnya.

Sebagai contoh, pada 10 Desember 2019 lalu Kinsta baru saja mengumumkan akan memindahkan semua website client ke mesin Google Cloud Platform compute-optimized virtual machines (C2) generasi terbaru, dimana setelah dilakukan pengetesan performance, adanya peningkatan performance 30% hingga 200%.

Google Cloud Platform

Yes, mereka menggunakan Google Cloud dan merupakan yang pertama dalam industri menggunakan Google Cloud secara ekslusif di WordPress.

Ini yang membedakan Kinsta dengan provider lainnya. Itu artinya website WordPress Anda akan di-host pada infrastruktur yang dibuat dan dikelola oleh Google, yang juga digunakan oleh perusahaan seperti HTC, Best Buy, dan Philips.

Bagusnya lagi, mereka menggunakan jaringan tingkat premium nya Google Cloud (bukan yang standar) yang menawarkan 20 lokasi data center yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Singapore (yang dekat dengan Indonesia).

google-cloud-data-center-locations-20

Rangkuman Hasil Penelitian

Inilah rangkuman hasil penelitian Penasihat Hosting setelah hampir 2 bulan penuh menguji performance Kinsta.

Website test: penasihathosting-ks.com (paket starter - $30/month).
Terinstall: Kinsta CDN (untuk file-file statis) dan Kinsta Caching plugin

kinsta logo
Header

Harga

Mulai dari $30/bulan

Average Uptime

99,98%

Average Response Times

0,567 detik

Load Impact (average response times)

0,04 detik

Support

10/10

Harga Kinsta

Pertama, Kinsta bukanlah low-cost budget hosting.

Tapi sekali lagi, Anda mendapatkan harga yang Anda bayarkan.

Paket 'termurah' nya adalah paket 'Starter' dengan harga $30/bulan untuk 1 website dengan maksimal traffic 20.000/bulannya. Paket ini cocok buat Anda yang baru memulai.

Anda bisa berlangganan secara bulanan, tetapi jika Anda berlangganan secara tahunan, mereka akan memberikan gratis hosting selama 2 bulan.

Kinsta juga memberikan garansi uang kembali selama 30 hari. Jika tidak puas dalam 30 hari pertama, Anda bisa klaim garansi Anda. Tidak ada resiko, no worry!

Harga Kinsta

Bagaimana dengan metode pembayaran di Kinsta?

Sayangnya sampai saat ini Kinsta belum menerima PayPal (hanya credit card saja). Tetapi, untungnya Anda dapat menggunakan prepaid card seperti Payoneer (saya menggunakan ini) dan juga Anda bisa menggunakan VCN (Virtual Credit Number) yang dikeluarkan oleh BNI Syariah.

Bagi Anda nasabah BNI Syariah, bisa request VCN melalui aplikasi mobile banking BNI Anda. Kalau masih bingung bagaimana caranya, bisa mengunjungi artikel dari Mas Lukman berikut ini: https://www.lukmanulhakim.id/bni-syariah-sudah-bisa-vcn/.

Perkenalan Dashboard Kinsta

Sebelum masuk ke hasil penelitian, saya akan ajak Anda berkenalan dengan dashboard Kinsta yang menurut saya sangat ramah untuk pemula, mudah dinavigasi dan terlihat cantik.

Berbeda dengan dashboard pada umumnya, Kinsta membuat custom dasboard mereka sendiri.

  • Dashboard kinsta
  • tools
  • backups
  • analytics
  • cdn
Dashboard Kinsta

Seperti yang Anda lihat, dashboard Kinsta terlihat sangat berbeda dengan cPanel atau dashboard web host pada umumnya.

Secara singkat, dashboard Kinsta lebih berfokus pada apa yang Anda butuhkan untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan hosting atau platform WordPress Anda.

Langsung pada Dashboard Anda bisa menambahkan website WordPress baru, melihat statistik penggunaan resources, backups, bahkan ada bagian website performance (analytics).

Rata-rata Uptime dan Response Times Kinsta

Saya menggunakan alat monitoring Pingdom.com untuk memonitoring uptime Kinsta selama dua bulan dari 1 September 2019 - 29 November 2019.

Rata-rata uptime Kinsta sangat mesankan, yaitu 99,98%. Hanya ada 1x downtime terjadi dengan durasi 17 menit.

Kemudian, rata-rata response times Kinsta adalah 0,537 detik. Faktanya, dari puluhan provider yang saya monitoring termasuk Cloudways, sejauh ini Kinsta adalah yang tercepat.

Catatan: Website yang saya jadikan sebagai test dalam pengujian ini bahkan belum dipindahkan ke mesin Google Cloud generasi terbaru. Jadi, ada kemungkinan peningkatan kecepatan 30% hingga 200%.
Kinsta Uptime Test Report

Selain itu, untuk lebih meningkatkan kecepatan website Anda, Kinsta menyediakan CDN (bekerja sama dengan KeyCDN) yang bisa Anda gunakan secara GRATIS. CDN ini berguna untuk meng-host kan file-file statis Anda (CSS, JavaScript, Gambar) 

kinsta CDN

Load Impact dengan 200 Virtual User

Selain memantau uptime dan response times Kinsta selama 1 bulan, saya juga menguji seberapa baik performa Kinsta ketika menerima tekanan dari 200 pengunjung yang mengakses website secara bersamaan.

Saya menggunakan alat Load Impact dalam pengujian kali ini.

Pengujian dimulai dari 1 pengunjung dan terus meningkat hingga 200 pengunjung yang berlangsung selama 10 menit (perhaikan garis hijau untuk jumlah pengunjung).

Load Impact Test KINSTA

Grafik diatas menunjukan waktu load (perhatikan garis biru) tetap konsisten dari awal mulai pengujian hingga berakhirnya pengujian. Tidak ada kenaikan load time yang signifikan terjadi selama pegujian bahkan ketika jumlah pengunjung menjadi 200.

Jika Anda melihat pengujian load impact pada shared hosting di halaman ini, Anda akan melihat bahkan hanya dengan 25 pengunjung saja masih banyak provider yang kesulitan menyelesaikan test.

Mungkin Anda berpikir bahwa 200 pengunjung itu masih tergolong sedikit. 

Bagaimana dengan 2000 lebih pengunjung? Saya memang belum melakukan pengetesan untuk 2000 pengunjung, tapi bagaimana dengan kasus dibawah ini?

Bagaimana dengan Support nya? Saya Pikir 10/10

Support Kinsta tersedia 24 jam dan semua supportnya nya adalah WordPress Expert. Mereka sangat paham WordPress.

Sudah 10 bulan saya menggunakan Kinsta dan selama ini tidak ada satupun masalah yang tidak bisa diatasi oleh support Kinsta.

Jadi, saya yakin apapun permasalahan Anda nantinya juga bisa diatasi dengan baik dan cepat, bahkan ketika website Anda di serang sekalipun.

no issues goes unsolved

Anda bisa konsultasi dan bertanya tentang cara melakukan ini-itu, bahkan mereka bisa bantu Anda untuk melakukan blocking pada website yang mengirimkan fake/spam traffic.

Support Kinsta

Dan jika Anda beruntung, ada beberapa orang dari team support Kinsta yang berasal dari Indonesia. Sejauh yang saya tahu ada dua orang, yaitu Mas Agus dari Jakarta dan Mas Thoriq dari Surabaya.

Jika kesulitan dalam bahasa, mungkin Anda bisa minta untuk di forward ke mereka.

Saya pikir Kinsta cukup serius merambah pasar ke Indonesia dengan adanya dua orang support dari Indonesia ini.
support dari orang Indonesia di Kinsta

Kinsta Bagus Untuk Siapa?

Kinsta sangat bagus dan cocok untuk Anda yang menginginkan hosting WordPress dengan performance tinggi dan support terbaik dari WordPress expert.

Dan bagi Anda yang ingin fokus dalam pengembangan website saja, tanpa ingin repot-repot mengurus segala hal tentang hosting seperti security, backup, konfigurasi server dan masalah technical lainnya.

Saya pribadi juga menggunakan Kinsta untuk meng-host kan semua website yang saya miliki termasuk Penasihat Hosting.

Jika harga hosting bukanlah masalah untuk Anda, maka saya tidak bisa merekomendasikan hosting yang lebih baik selain Kinsta untuk website WordPress Anda.

Kelebihan:

  • Menggunakan Google Cloud Platform tingkat premium (bukan yang standar)
  • Rata-rata uptime 99,98%
  • Waktu respons server yang sangat cepat, yaitu hanya 0,563 Detik
  • Support tersedia 24/7 dan langsung ditangani oleh WordPress expert. Response dalam menangani masalah cepat.
  • Tidak ada peningkatan waktu response atau error terjadi pada test load impact dengan 200 pengunjung secara bersamaan
  • Memiliki dashboard yang cantik dan mudah digunakan untuk pemula sekalipun
  • Gratis CDN untuk host file-file statis (bekerja sama dengan KeyCDN)
  • Gratis migrasi hosting
  • Website di backup setiap hari dengan backup penyimpanan selama 14 hari
  • Tersedia fitur staging
  • Sudah tersedia PHP versi 7.4 untuk performance yang lebih baik
  • Memiliki security yang baik
  • Memiliki knowledgabase yang sangat lengkap. Selain itu, blog Kinsta juga sangat aktif, ada banyak tutorial yang sangat berguna untuk pemula sekalipun.
  • Fitur-fitur yang ada di Kinsta sudah dioptimalkan untuk menunjang website WordPress

Kekurangan:

  • Kinsta bukanlah low-cost budget hosting
  • Resources yang ditawarkan memilki keterbatasan, seperti misalnya paket 'Starter' untuk website dengan tingkat kunjungan maksimal 20.000/bulannya.
  • Kinsta adalah WordPress managed cloud hosting. Mereka tidak menyediakan email hosting seperti di cPanel hosting.
  • Kinsta tidak menjual domain, jadi Anda perlu membeli domain terpisah di tempat lain.
  • Sayangnya, Kinsta belum menerima PayPal sebagai metode pembayarannya (hanya kartu kredit), tetapi Anda bisa menggunakan prepaid master card seperti Payoneer atau VCN mastercard dari BNI Syariah.

Tentang Cloudways: Managed Cloud Hosting Terbaik Untuk Segala Platform Website

Cloudways adalah alternatif terbaik jika Anda menginginkan managed cloud hosting dengan performance yang tinggi, namun dengan biaya yang lebih murah.


Untungnya, Cloudways lebih fleksible. Platform mereka tidak hanya bekerja untuk WordPress saja, tetapi juga bisa untuk Laravel, Drupal, Joomla, Prestashop, dll.


Itu artinya, apapun platform website yang Anda butuhkan, semua ada di Cloudways.


Gunakan kode promo: PHCW30
Untuk mendapatkan diskon 30% selama 2 bulan


Cloudways Manged Cloud Hosting

Tidak banyak perusahaan hosting yang mampu menjaga keseimbangan antara harga dan fungsionalitas, Cloudways adalah salah satunya. Cloudways hadir dengan banyak fitur dan nfrastuktur yang digunakan juga dibangun untuk mengoptimalkan performance, security dan tentu saja speed. 

Saya yakin Anda akan tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Cloudways.

Perusahaan yang berkantor pusat di Malta dan sudah menjalankan bisnis sejak akhir tahun 2011 ini berbeda dengan Kinsta yang sudah saya bahas sebelumnya.

Platform Cloudways tidak hanya bekerja untuk website WordPress saja, tetapi juga untuk platform lainnya seperti Joomla, Drupal, Magento, Prestashop, dan lain-lain.

Platform Cloudways

Bagusnya lagi, Cloudways juga menyediakan 5 pilihan cloud provider yang bisa Anda pilih dan sesuaikan sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Ada pilihan dengan biaya yang lebih murah (mulai dari $10/bulan), yaitu Digital Ocean, Vultr dan Linode.

Ada juga pilihan dengan biaya yang mahal (mulai dari $33,30/bulan), yaitu Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud Platform (GCP).

Pilihan provider cloud di Cloudways
Untuk pemula, mungkin akan kesulitan ketika memilih provider mana yang tepat sesuai kebutuhan, tapi Anda tidak perlu khawatir karena saya akan bahas semuanya dalam rangkuman hasil penelitian dibawah ini.

Rangkuman Hasil Penelitian

Hasil penelitian dibawah ini saya dapatkan setelah melakukan monitoring performance tiga provider cloud, yaitu Digital Ocean, Vultr dan Linode selama dua penuh pada November 2019.

Website test
Digital Ocean : penasihathosting-cwdo.com ($10/bulan)
Vultr: penasihathosting-cwvu.com ($11/bulan)
Linode: penasihathosting-cwli.com ($12/bulan)
Terinstall: Cloudways CDN (untuk file-file statis) dan Brezee Caching Plugin (Bawaan Cloudways)

logo cloudways

Digital Ocean

Vultr

Linode

kinsta logo

Harga

Mulai dari $10/bulan

Mulai dari $11/bulan

Mulai dari $12/bulan

Mulai dari $30/bulan

Average Uptime

99,99%

 100%

 100%

99,98%

Avg. Response Times

0,616 detik

0,788 detik

0,677 detik

0,567 detik

Load Impact (Avg. response times)

0,06 detik

0,04 detik

0,09 detik

0,04 detik

Support

8/10

10/10

Mengapa saya tidak memasukkan AWS dan Google Cloud?

Pertama, sejujurnya budget saya terbatas. Biaya AWS dan Google Cloud jauh lebih mahal dari ketiga provider lainnya. 

Kedua, saya meyakini bahwa jika saya bandingkan performance nya antara satu sama lain, pun bedanya juga tidak akan terlalu signifikan.

Ketiga, saya percaya bahwa Anda tidak membutuhkan hosting dengan biaya yang mahal. FYI, biaya hosting dengan server Singapore di AWS adalah mulai dari $46.93/bulan, sedangkan di Google Cloud mulai dari $40.94 (jauh lebih mahal dari biaya server di US).

Apalagi jika Anda mengetahui bahwa bandwidth yang ditawarkan hanya 2GB/bulan untuk paket 'termurah' nya. Sedangkan bandwidth ketiga provider lainnya ditawarkan mulai dari 1TB/bulan.

Bandwidth Google Cloud

Terakhir, jika Anda pengguna WordPress dan mampu untuk membayar hosting lebih mahal, saya yakin Anda akan lebih memilih Kinsta.

Namun, mengapa Anda memilih Cloudways? Karena biaya nya lebih terjangkau dan memiliki performance yang bagus.

Harga dan sistem pembayaran di Cloudways

Berbeda dengan sistem pembayaran pada umumnya, Cloudways menganut sistem Pay As you Go Service, yang artinya Anda hanya membayar untuk sumber daya yang Anda gunakan saja.

Tidak ada kontrak yang mengikat dimana Anda harus berlangganan secara bulanan, tiga bulanan ataupun tahunan. Dengan kata lain Anda dapat berhenti kapan saja Anda mau. No worry!

Harga hosting Cloudways

Bagaimana dengan metode pembayaran di Cloudways?

Untungnya, Cloudways menerima metode pembayaran via PayPal. 

Selain itu, mereka juga menerima pembayaran via prepaid card, seperti Payoneer (kartu yang saya gunakan untuk pembayaran online) dan juga Anda bisa mencoba menggunakan Virtual Credit Number yang dikeluarkan oleh BNI Syariah.

Bagi Anda nasabah BNI Syariah, bisa request VCN melalui aplikasi mobile banking BNI Anda. Kalau masih bingung bagaimana caranya, bisa membaca artikel dari Mas Lukman berikut ini: https://www.lukmanulhakim.id/bni-syariah-sudah-bisa-vcn/.

Perkenalan Dashboard Cloudways

Sebagai gambaran, saya akan memperkenalkan kepada Anda dashboard Cloudways.

Kesan pertama saya adalah halaman dashboard ini seperti dibuat untuk developer, karena menurut saya telihat ​agak technical untuk pemula.

Jadi, Anda mungkin perlu waktu untuk mengenal semua fungsi yang ada hingga terbiasa menggunakannya. 

  • deploy
  • Dashboard 
  • Application
  • server
  • backups
  • CDN

Jika Anda baru saja memulai. Halaman pertama yang Anda akan temui adalah halaman 'Deploy Your Managed Application'.

Sebagai permulaan, Anda perlu memilih aplikasi apa yang akan Anda instal, misalnya WordPress. 

Setelah itu memilih provider, ukuran server dan lokasi server.

deploy website atau aplikasi

Rata-rata Uptime dan Response Times

Monitoring dilakukan selama 2 bulan penuh di bulan September - November 2019 dan hasilnya sangat bagus dimana rata-rata uptime ketiga provider sangat stabil bahkan Vultr dan Linode rata-ratanya 100%.

Namun, saya tidak bisa menjamin bahwa Anda akan mendapatkan rata-rata 100% setiap waktu, karena bahkan website sekelas Google, Facebook dan Amazon pun pernah mengalami downtime.

  • digital ocean
  • vultr
  • linode
Cloudways Linode Uptime Test

Sampai sini mungkin Anda bertanya-tanya, apa provider yang sebaiknya saya pilih? 

Mari coba kita bandingkan hasil test performances ketiga provider ini.

logo cloudways

Digital Ocean

Vultr

Linode

Harga

Mulai dari $10/bulan

Mulai dari $11/bulan

Mulai dari $12/bulan

Average Uptime

99,99%
(down 7 menit)

 100%

 100%

Avg. Response Times

0,639 detik

0,802 detik

0,703 detik

Jika Anda lihat pada tabel diatas, sebenarnya ketiga provider mencatatkan hasil test yang hampir sama.

Tetapi, jika Anda menginginkan provider dengan speed yang paling cepat, maka Digital Ocean lah jawabannya. Rata-rata response times Digital Ocean terendah dari ketiga provider (rendah lebih baik), yaitu 0,616 detik.

Meskipun kalah di rata-rata uptime, tapi saya rasa down selama 7 menit masih bisa di toleransi.

Bahkan WordPress dalam sebuah artikel juga merekomendasikan Digital Ocean.

WordPress merekomendasikan Digital Ocean

Dan FYI, sebelum pindah ke Kinsta 10 bulan lalu, Penasihat Hosting juga menggunakan Digital Ocean.

Test Load Impact dengan 200Vus

Uptime yang stabil dan speed yang cepat saja tidak cukup, Anda juga membutuhkan server yang tahan banting, yang mampu menahan tekanan atau beban ketika website tiba-tiba mendapatkan traffic yang ramai.

Misalnya ketika ada artikel Anda yang tiba-tiba viral.

Idealnya adalah kecepatan website tidak menurun atau melambat baik ketika jumlah pengunjung hanya 1 orang, maupun ketika jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan orang.

Nah, untuk mengetes nya, saya menggunakan Load Impact dan mengirimkan 200 virtual user untuk melihat bagaimana performance masing-masing provider.

Hasilnya bisa Anda lihat pada 'box' berikut.

  • Load impact test - digital ocean
  • linode
  • vultr
Load Impact Digital Ocean - Cloudways

Agar lebih mudah dipahami, saya buat table perbandingannya:

logo cloudways

Digital Ocean

Vultr

Linode

Minimun
Response Times

3ms

4ms

3ms

Maximun
response Times

26ms

24ms

801ms

Request handled

149171

221572

160446

Average Request Rate

249 request/second

370 request/second

268 request/second

Jika melihat hasil Load Impact diatas, sebenarnya hasil semua provider bagus, walaupun waktu response Linode sempat meningkat hingga 801ms (0,801 detik) yang hanya terjadi satu kali dengan durasi yang tidak lama.

Yang terbaik dalam pengujian ini adalah Vultr. Server Vultr mampu meng-handle request lebih banyak dan rata-rata request rate nya pun paling tinggi.

Tetapi jika melihat data minimun/maximun response times nya, antara Digital Ocean dan Vultr boleh dibilang berimbang.

Note: sejauh ini, saya masih merekomendasikan Digital Ocean. Pilihan kedua adalah Vultr.

Bagaimana dengan Support nya? Saya Pikir 8/10

Cloudways menyediakan support gratis via live chat dan ticket selama 24/7/365.

Perbedaan live chat dan ticket adalah live chat hanya untuk permasalahan yang tidak membutuhkan inspeksi yang detail. Mungkin sebatas permasalahan-permasalahan yang mungkin bisa di selesaikan dalam waktu kurang dari 20 menit, seperti masalah pada SSL, masalah pada backup, install CDN, dsb.

4 Support Cloudways

Dan standard (free) support dari Cloudways ini memiliki keterbatasan dimana durasi live chat maksimal adalah 20 menit.

standard sla free support

Jika Anda menggunakan live chat, Anda tidak bisa langsung chat dengan agent Cloudways, tetapi akan dimulai dari bot/robot terlebih dahulu. Jika masalah Anda tidak bisa diselesaikan dari bot, maka Anda bisa meminta untuk langsung di hubungkan dengan salah seorang agent.

Tapi biasanya sebelum itu, CloudwaysBot akan meminta beberapa detail seperti server IP, domain dan detail-detail lainnya yang diperlukan.

Cloudways Bot

Sepengalaman saya, agent support nya bervariasi. Maksudnya kualitas agent support nya tidak semuanya sama. 

Oia, ngomong-ngomong Cloudways menawarkan support yang dapat membantu segala permasalahan Anda, yaitu di Advanced dan Premium support dengan biaya mulai dari $100/bulan nya.

Dengan ini Anda tidak perlu menggaji atau mencari developer untuk membantu maintenance, fixing errors, dan customization themes/plugins dan masalah-masalah lainnya.

support dari cloudways

Cloudways Bagus Untuk Siapa?

Sekali lagi, Cloudways  cocok untuk Anda yang menginginkan managed cloud hosting dengan performa yang tinggi, namun dengan biaya yang lebih murah.

Dengan Cloudways - Digital Ocean, Anda bisa mulai dengan harga $10/bulan.

Gunakan kode promo: PHCW30
Untuk mendapatkan diskon 30% selama 2 bulan

Kelebihan:

  • Harga yang lebih terjangkau (mulai dari $10/bulan nya)
  • Menerima pembayaran via PayPal dan prepaid card seperti Payooner dan Anda juga bisa mencoba menggunakan VCN yang dikeluarkan oleh BNI Syariah
  • Cloudways tidak menganut model sistem kontrak. Sitem pembayaran mereka adalah model Pay As You Go service. Artinya, Anda hanya akan membayar apa (resources/sumber daya) yang Anda gunakan saja
  • Cloudways tersedia untuk hampir semua platform (tidak hanya WordPress)
  • Performance yang baik di semua provider
  • Tidak ada peningkatan waktu response atau error terjadi pada test load impact dengan 200 pengunjung secara bersamaan
  • Rata-rata uptime yang sangat stabil (99,98% - 100%)
  • Support yang baik
  • Security yang baik
  • Tersedia fitur staging
  • Backup dan restore hanya 1x click. Anda juga bisa melakukan manual backup (backup dilakukan setiap hari dan tersimpan hingga 10 hari kebelakang)
  • Gratis SSL yang bisa di aktifkan hanya dengan 1x klik
  • Gratis migrasi dari hosting lama ke Cloudways
  • Gratis trial hosting selama 3 hari

Kekurangan:

  • Dashboard nya mungkin kurang friendly buat pemula.
  • Tidak menjual domain, jadi Anda perlu membeli domain di tempat terpisah
  • Cloudways CDN berbayar $1/25GB
  • Support nya tidak langsung ditangani oleh agent, tetapi dimulai dari robot. Dan setelah beberapa kali mencoba support nya, saya merasa kualitas support dari Agent nya bervariasi.
    • Managed cloud hosting yang menggunakan cPanel pasti bisa, tapi baik digunakan untuk transactional email ataupun mailbox si sejujurnya tidak bisa diandalkan. Saya menyarankan untuk selalu menggunakan layanan third party untuk pengiriman email yang lebih aman.

      Dan sebenarnya Cloudways menyediakan layanan email kok, tapi sebagai “add on”. Untuk transactional email bisa menggunakan Elastic, sedangkan mailbox menggunakan Rackspace dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan layanan email lainnya, yaitu hanya $1/account.

  • Mas ada perbedaan signifikan antara kita beli langsung di Digital Ocen (unmanaged) dengan kita beli di Kinsta/Cloudways dengan paket yang sama?

        • Betul, perbedaan harganya memang 1/2 nya jika mas beli atau sewa server langsung dari sumbernya. Jelas lebih murah karena dikelola sendiri.

          Dengan Cloudways, mas membeli server plus manajemen server, tentu saja biaya nya lebih tinggi. Karena dibantu kelola.

          Kalau mau pilihan yang lebih murah, ServerPilot bisa jadi alternatif. Tapi tidak benar-benar managed disana.

  • Mas Randi,

    Untuk Cloudways bisa digunakan untuk berapa website ya?
    Apakah memungkinkan jika ada lebih dari 1 website?

  • Mas wilya, saya mau bertanya. maksudnya 20.000 kunjungan pada kinsta itu apakah maskudnya 20.000 user yg berkunjung / sebulan ?

    Btw saya pakai di domainesia sekarang. user yang berkunjung bulan lalu sampe 40k+. saya pake paket bisnis mikro. dan website masih kenceng-kenceng ajah.

    berarti ga ush upgrade ya mas?

    • 20.000 yang ang paket starter ya? Betul, itu untuk 20.000 kunjungan/bulan.

      Tidak perlu kalau tidak ada masalah, kecuali mas ingin performance yang lebih tinggi.

  • jadi Kinsta ya mas Willya, di posting shared hosting terbaik saya nulis komentar menanyakan hosting yg mas Willya pakai.

    Saat ini saya pakai WordPress.com Business plan untuk web utama (atau lebih tepatnya proyek idealis saya) dan shared hosting untuk website/blog saya yg lain. Untuk shared hosting saya pakai website mas Willya sebagai rujukan.

    Apa ada kemungkinan untuk review managed WP EasyWP nya Namecheap mas karena harganya relatif murah tapi belum banyak review di mana-mana.

    • Iya betul mas saya sudah sejak 10 bulan lalu pindah ke Kinsta dari Digital Ocean (unmanaged cloud VPS).

      Sayangnya WP EasyWP tidak menyediakan server Singapore atau Indonesia mas, jadi tidak saya masukkan kesini. Kecuali blog mas target nya international saya pikir baru layak untuk dipertimbangkan.

  • Mas Willya Randika, terima kasih atas review hostingnya dan atas pilihannya untuk meng-hosting web https://penasihathosting.com/ pada server Kinsta 😀 .

    Saya dan mas Thoriq sangat berterima kasih juga sudah menyebutkan nama kami disini 🙂
    Hanya sedikit koreksi, Mas Thoriq yang ada di Surabaya, sedangkan saya di Jakarta.

    Sukses selalu buat kita semua! Amin.

    • Sama2 Mas Agus 🙂
      Dan terima kasih buat koreksinya, sudah saya perbaiki.
      Nantikan juga review individual Kinsta yang mungkin baru selesai saya tulis di minggu pertama bulan tahun depan.
      Aamiin!

  • >