A2 Hosting Review: Hosting Tercepat Untuk Kategori Shared Hosting

Review oleh Randika | Terakhir diupdate: Juli 2017


Mungkin Anda tidak pernah mendengar nama A2 Hosting

Begitu juga dengan saya pada awalnya.

Karena meskipun mereka telah lama berdiri sejak tahun 2001 (awalnya bernama Inquinet, lalu rebranding pada tahun 2003 menjadi A2 Hosting), mereka tidak sepopuler Bluehost dan SiteGround.

​Akan tetapi, A2 Hosting adalah satu dari sedikit penyedia hosting yang terus mengembangkan dan menerapkan teknik-teknik canggih terbaru untuk mengoptimalkan kinerja server hosting.

More...

Tidak heran bila A2 Hosting mengklaim bahwa dapat mempercepat kecepatan server hingga 20x lebih cepat.

Sebagai tambahan, A2 Hosting juga menjamin 99,9% uptime serta layanan support terbaik yang tersedia selama 24 jam.

Jadi, apa yang menarik disini?

Sebuah perusahaan hosting yang mengklaim sebagai yang tercepat dengan jaminan uptime yang bagus serta didukung oleh layanan support terbaik? Ataukah hanya perusahaan yang bagus dalam arti 'bahasa marketing', tetapi buruk dalam hal kualitas?

Mari kita cari tahu.

Dalam rangka untuk mengetes sebagus apa kualitas A2 Hosting, saya menggunakan blog WordPress 'default' yang telah dihostkan di A2 Hosting menggunakan paket shared hosting A2 yang termurah, yaitu "Lite".

Jadi, teruskan membaca untuk menemukan hasil tesnya...

Review a2 hosting

Kelebihan Menggunakan A2 Hosting

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Saya memberikan rating 4,85 untuk A2 Hosting, dan menjadikan A2 Hosting sebagai hosting terbaik didalam review saya updated April 2017.

Inilah alasannya.

#1 Penyedia Hosting Tercepat

A2 Hosting mengklaim bahwa hosting mereka 20x lebih cepat daripada pesaing, masih ingat?

Saya pikir mereka sangat berani membuat klaim tersebut.  

Pertama,  A2 telah melakukan pencegahan dengan menggunakan teknik-teknik yang mengesankan untuk membuat kinerja hosting mereka tetap dalam performa yang terbaik dan stabil, seperti membatasi jumlah pengguna dalam server shared hosting.

Kedua,  beberapa web hosting lainnya menawarkan SSD (Solid State Drive) hosting, tapi hanya menghostkan OS atau database MYSQL Anda saja, tidak dengan file-file Anda.

Tetapi A2 Hosting menggunakan SSD untuk segala sesuatunya, sehingga membuat kemampuan server meningkat.

Itulah sebabnya A2 Hosting lebih cepat daripada pesaing-pesaingnya.​

Sebagai informasi tambahan, Prestashop telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa A2 Hosting lebih cepat daripada pesaing-pesaingnya.

Ini menarik.

Karena itu, saya mengetes sendiri kecepatan server A2 dengan menggunakan tools Pingdom dan membandingkannya dengan hosting lainnya.

Hasilnya?

Sangat mengesankan.

Seperti Anda lihat digambar diatas, hanya membutuhkan waktu 331ms atau 0,3 detik untuk server A2 Hosting membuka suatu halaman website.

Meskipun saya menggunakan paket shared hosting A2 yang termurah, yang tidak termasuk fitur turbo server (20x lebih cepat), tetapi page load time A2 tetap yang tercepat bila dibandingkan pesaingnya di kategori shared hosting.​


#2 Uptime Yang Mengesankan, - 99,99%

Hosting yang cepat saja tidak cukup bila kita menginginkan pilihan hosting yang terbaik.

Satu hal yang paling penting adalah uptime.

Karena uptime sering dijadikan pertimbangan utama untuk mengetahui seberapa bagus kualitas dari sebuah hosting.​

​Bagaimana dengan uptime A2 Hosting?

Selama kurun waktu 12 bulan, rata-rata uptime dari A2 hosting adalah 99,99%, dan menjadikan A2 sebagai hosting dengan rata-rata uptime terbaik dalam review hosting luar negri saya.

referensi: HostingFacts.com


#3 Bagaimana Dengan Supportnya? Saya Pikir 10/10

Hosting yang cepat, dan skor uptime yang mengesankan tidaklah cukup sebagai faktor yang menentukan bagusnya suatu web hosting.

A2 Hosting berbasis di United States (US) dan mereka tidak pernah mengoutsource karyawan yang dipekerjakan dalam posisi customer support.

A2 Hosting menawarkan layanan support melalui email, live chat, telephone dan tiket bantuan.

Mereka tersedia selama 24/7/365, jadi Anda tidak perlu khawatir kapanpun Anda menemui masalah dengan website Anda, mereka siap membantu Anda.

Saya mecoba untuk menghubungi customer support A2 melalui live chat untuk memberikan review yang fair dan tidak bias.

Pesan saya dibalas dalam waktu 1 menit, mereka juga sangat ramah, dan membantu. Begini isi percakapan saya dengan support A2 Hosting, saya menanyakan berapa lama biasanya tim migrasi hosting A2 untuk memindahkan website dari hosting lama ke hosting A2.


#4 Kompatibel Dengan Berbagai CMS yang Populer

Menginstal CMS / platform seperti WordPress, Drupal, Joomla, Prestashop, Magento, dsb di A2 Hosting sangat mudah, hanya memerlukan 1 kali klik dan prosesnya pun juga sangat cepat hanya beberapa detik saja atau selambat-lambatnya 1 menit.


#5 Gratis Migrasi Hosting

A2 Hosting akan membantu Anda memigrasi atau mentransfer website/blog Anda dari hosting lama Anda ke hosting mereka tanpa biaya, - Gratis!

​Perlu diketahui bahwa migrasi hosting memerlukan kehati-hatian dan agak rumit prosesnya untuk pemula, serta memakan waktu bila website/blog Anda memiliki banyak halaman, tetapi A2 Hosting memberikan jasa ini secara gratis kepada Anda.

Sebagai informasi bahwa di Bluehost, jasa migrasi hosting ini tidaklah gratis, Anda akan dikenakan biaya sebesar $149,99.


#6 Menawarkan Data Center di Singapura

Berita baik bagi Anda yang memutuskan untuk mendaftarkan website berbahasa Indonesia atau website dengan target negara Indonesia, Malaysia dan Brunei, A2 Hosting menyediakan pilihan server di Singapura.

Sebagai informasi tambahan, A2 Hosting memberikan pilihan server dikota-kota berikut:

  • USA – South field, Michigan
  • Europe – Amsterdam
  • Asia – Singapore.

Beberapa foto data center A2Hosting yang saya ambil dari website resmi A2:

Data center A2Hosting 2

#7 Jaminan Uang Kembali Selama 30 Hari

Jangan khawatir bila Anda mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan selama menggunakan A2 Hosting dalam 30 hari pertama, karena A2 menjamin uang Anda akan kembali.

Tapi perlu dicatat bahwa biaya pendaftaran domain, biaya SSL certificate, biaya setup dedicated server tidak dapat dikembalikan.

“Refunds are issued for hosting when a request to cancel a hosting package is submitted via our cancellation form within 30 days of account signup. Domain registrations, dedicated server setup fees and SSL certificates are not refundable. Refunds requested for remaining months on canceled prepaid packages must be submitted within 120 days of payment. Customers who desire a refund on a prepaid account will be re-billed at the regular price as opposed to the discount. Only the difference between the prepaid amount and the re-billed regular price will be refunded.


Kekurangan Menggunakan A2 Hosting

Tidak ada web hosting yang sempurna, dari berbagai hosting yang sudah saya review, mustahil untuk tidak menemukan kekurangan, begitu juga dengan A2 Hosting.

Berikut beberapa kekurangan yang saya temukan di A2 Hosting.

#1 Harga Yang Lebih Mahal Dari Rata-rata

harga hosting A2 Hosting

Harga hosting A2 sedikit lebih mahal dari pesaingnya (SiteGround dan GreenGeeks), yaitu  $3,92/bulannya.

Sama seperti prosedur harga di Bluehost, A2 Hosting juga memiliki prosedur yang menyediakan harga termurah bila Anda mendaftar dalam jangka waktu yang lama.

Prosedurnya adalah Anda harus mendaftar selama 24 bulan untuk mendapatkan harga $3,92/bulan.

Namun jika Anda berencana untuk mendaftar selama 12 bulan, maka harganya menjadi $4,4/bulannya.​

Begini hitung-hitungannya bila Anda mendaftar selama 12 bulan.

Memang harga lebih mahal dari rata-rata, tapi sangat worthed karena server mereka sangat stabil dan kecepatan servernya adalah yang tercepat.


#2 Paket  Shared "Lite"  Memiliki Keterbatasan

Perlu diperhatikan bahwa didalam paket ' Lite' / paket termurah dari A2 Hosting, memiliki fitur-fitur yang terbatas.

Paket Lite A2 Hosting hanya untuk 1 website, 5 database​ dan tidak termasuk "turbo (up to 20x faster).

Bila Anda menginginkan fitur turbo, maka Anda perlu beralih ke paket premium / yang lebih mahal, yaitu paket Turbo.​

Namun....

Anda tidak perlu khawatir bila mendaftar di paket "Lite" , karena seperti pengujian yang telah saya lakukan, paket "Lite" dari A2 masih memiliki kecepatan yang tercepat bila dibandingkan dengan paket shared hosting pesaingnya.


Apakah Saya Merekomendasikan A2 Hosting?

Tentu saja, saya tidak akan ragu untuk merekomendasikan A2 kepada Anda.

Meskipun mungkin Anda baru mengenal A2 Hosting, yang saya yakini karena mereka tidak melakukan kampanye/iklan yang besar seperti pesaingnya, tetapi mereka mempunyai kualitas yang sudah terbukti bagus.

Memang A2 Hosting bukanlah pilihan yang termurah.

Namun....

Bila kecepatan dan uptime, serta layanan support yang baik yang menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih hosting, maka A2 Hosting adalah pilihan yang terbaik.

Leave a Comment:

Add Your Reply