Review Rumah Hosting

Rumah Hosting adalah salah satu pemain senior dalam industri web hosting tanah air.

Mereka telah berdiri sejak tahun 2004 dan dipercaya oleh ribuan pelanggan aktif mulai dari personal, organisasi, pemerintahan, hingga perusahaan kecil dan nasional.

Review Rumah Hosting

Tidak seperti penyedia hosting lainnya yang biasanya menggunakan bahasa marketing di halaman depan seperti "server kami sekian kali lebih cepat", "harga termurah di Indonesia", "support terbaik", "uptime 99,99%", dll... 

Sebenarnya tidak mengapa menyuguhkan proporsi-proporsi nilai seperti itu asalkan dapat dibuktikan dengan data yang valid.

Karena tentu saja proporsi nilai tersebut dapat membantu pelanggan non teknis untuk dapat memahami apa yang akan mereka dapatkan ketika mendaftar.

Rumah Hosting justru tidak menjanjikan apa-apa untuk customer baru mereka. Ini bukan berarti mereka tidak percaya diri terhadap kualitas yang mereka miliki, tetapi mungkin saja mereka adalah penyedia hosting yang apa adanya.

Kalau Anda perhatikan, yang mereka bold adalah 'Corporate Email Solution', sebuah layanan email hosting terpercaya untuk kebutuhan bisnis.

Hanya itu plus informasi yang menunjukan bahwa Rumah hosting adalah penyedia layanan web hosting dan domain dengan harga yang terjangkau dan garansi 99% uptime SLA.

Layanan web hosting dari Rumah Hosting

Sebentar.. 99% uptime?

99% adalah jaminan uptime yang sangat buruk. Itu artinya website Anda akan mengalami downtime selama 7 jam, 18 menit dan 17.5 detik setiap bulannya.

Pertanyaannya, apakah uptime Rumah Hosting benar-benar seburuk itu?

Untuk menemukan semuanya, saya telah melakukan monitoring terhadap web server Rumah Hosting sejak September 2018 dan dalam review ini saya juga akan membahas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka.

Yang tentu saja disertai oleh data yang valid, seperti data rata-rata uptime dan rata-rata page load time.


Rangkuman Review Rumah Hosting

Data Hasil Penelitian

Data Penelitian

1 Agustus 2019 - 31 Januari 2020

Website Test

penasihathosting-rh.com (server Indonesia)

Paket Hosting yang di uji

Paket Hemat Large (Shared Hosting)

Rating Keseluruhan

3 / 5 (buruk)

Rata-rata uptime

98,98%

Rata-rata Page Load Time

1,44 Detik

Rating Rumah Hosting

Uptime

Catatan rata-rata uptime Dapur Hosting dalam 6 bulan monitoring ini sangat dan sangat buruk, yaitu 98,98%. Web server meeka mengalami downtime lebih dari 2 hari dengan total down sebanyak 256 kali.

Speed

Rata-rata load time Rumah Hosting pun tidak terlalu bagus, hanya 1,44 detik. Hasil ini tidak bagus, tapi tidak jelek juga. Jika dibandingkan dengan pesingnya yang lain, rank load time mereka hanya di rank #12 dari 15.

Harga

Harga paket hosting di Rumah Hosting termasuk yang termurah. Untuk paket 'Hemat Large' (paket yang saya gunakan dalam pengujian ini), biaya nya hanya Rp 16.000/bulan nya.



Support

Rumah Hosting menyediakan support via live chat dan WhatsApp dari jam 8 pagi hingga 1 malam. Sedangkan untuk tech support via ticket tersedia 24/7.

Dari pengujian saya, support nya cukup bagus, dan waktu response nya juga cepat. Saya pikir 7/10.

Kesimpulan Singkat:

Saya tidak merekomendasikan Rumah Hosting


Kelebihan Menggunakan Rumah Hosting

Rumah Hosting dari awal berdirinya sangat berfokus pada kepuasan pelanggan.

Mereka memiliki tujuan:

Untuk mengetahui kebutuhan Anda dan kami akan melakukan apapun untuk membantu Anda agar mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Mereka juga mengklaim menggunakan high-end server yang cepat dan berkeyakinan dapat memenuhi seluruh kebutuhan pelanggannya.

Apakah kedua hal diatas menjadi kelebihan Rumah Hosting? Menarik untuk di cari tahu.

Simak apa saja yang menjadi kelebihan Rumah Hosting berikut ini:

1. Garansi yang Panjang = 60 Hari

Rumah Hosting adalah satu dari sedikit penyedia hosting di Indonesia yang menggaransi pembelian hosting lebih dari 30 hari.

Itu sangat bagus. Garansi yang panjang adalah tanda bahwa penyedia hosting percaya diri terhadap kualitas yang mereka miliki.

Akan tetapi, garansi ini memiliki ketentuan khusus dimana:

Jaminan ini tidak bisa diberikan jika pelanggan sudah menggunakan Bandwidth lebih atau sama dengan 20GB selama periode jaminan.

20GB bukanlah bandwidth yang banyak, jadi jika Anda berencana untuk mencoba-coba hosting mereka terlebih dahulu, selalu perhatikanlah jumlah bandwidth yang telah Anda pakai.

2. Layanan Support yang Cukup Baik (7/10)

Di Rumah Hosting persoalan teknis jika bisa dibantu melalui live chat, maka akan dibantu lewat live chat, jika sebaliknya maka Anda harus mengirimkan ticket kepada technical support.

Kekurangan support melalui tiket adalah Anda perlu menunggu lama hingga pesan Anda dibalas dan Anda perlu bertukar pesan dengan team teknis dengan rentang waktu yang cukup lama, jadi bagi permasalahan yang sifatnya emergency, support melalui tiket tidak bisa diandalkan.

Saya mencoba mencoba mengirimkan beberapa pertanyaan seperti bagaimana cara menambahkan addon domain di cPanel, tentang nameserver Rumah Hosting dan fitur anti spam.

Pesan saya dibalas dalam waktu 35 menit dan dijawab dengan baik oleh staff teknis Rumah Hosting.

Support Rumah Hosting

Sebagai informasi tambahan, support via live chat dan WhatsApp Rumah Hosting tersedia mulai dari jam 8 pagi hingga 1 malam, sedangkan untuk support ticket tech support tersedia 24/7.

Live chat support Rumah Hosting

3. Sukses Dalam Test Load Impact dengan 25 Virtual User

Dalam update review terbaru ini, saya memasukkan faktor load impact dalam bahan penilaian atau penelitian.

Sebelumnya, apa itu Laod Impact?

Singkatnya, load impact akan menguji response server ketika menerima pengunjung yang datang bersamaan. Idealnya, Anda ingin kecepatan website Anda sama cepat nya baik ketika pengunjung pertama datang maupun ketika pengunjung ke 25 atau ke 50 datang bukan?

Pada intinya, ketika jumlah pengunjung semakin banyak, performa seharusnya tidak menurun.

Bagaimana performa server Rumah Hosting dalam test Load Impact yang sudah saya lakukan? Saya sudah menguji nya dengan mengirimkan 25 hingga 50 virtual user (atau bisa disebuh pengunjung) secara bersamaan.

Dan hasilnya dapat Anda lihat pada tabel berikut ini:

Test Ke

Jumlah Virtual User

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

25 VU

0

21495

170ms

57 request/detik

2

50 VU

Performance Issue: High HTTP failure detected

Test pertama dengan 25 virtual user

Dalam test pertama, saya mencoba mengirimkan 25 virtual user untuk menavigasi website test Rumah Hosting selama 10 menit.

Seperti yang Anda lihat pada grafik dibawah, test dimulai dari 1 virtual user dan kemudian meningkat hingga 25 virtual user.

Perhatikan garis yang berwarna biru (response times), ternyata seiring meningkatnya jumlah virtual user, response times masih tergolong stabil (tidak meningkat secara signifikan), karena response times tertinggi nya hanya 170ms.

Test kedua dengan 50 virtual user

Pada test pertama, Rumah Hosting sama sekali tidak kesulitan untuk meng-handle 25 virtual user yang datang secara bersamaan, nah kemudian saya melakukan test kedua dan meningkatkan jumlah virtual user nya menjadi 50.

Hasil nya bisa Anda lihat pada grafik dibawah ini:

Rumahweb 50Vus

Ternyata, ketika jumlah virtual user melebihi 25, ada banyak error terjadi (http failure) yang bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi indikasi nya adalah server sudah mencapai batas / limit nya ketika jumlah virtual user melebihi 25. Itu artinya, server shared hosting pada paket Hemat Large yang saya sewa tidak bisa meng-handle jumlah visitor lebih dari 25 secara bersamaan.

Faktanya, hanya ada 3 web host yang dapat meng-handle jumlah virtual user lebih dari 25, dan sayangnya Rumah Hosting bukan lah satu dari tiga tersebut.

4. Mendapatkan Gratis Domain Bila Berlangganan Tahunan Untuk Jenis Paket Hosting Tertentu

Untuk semua paket shared hosting kecuali paket hosting super hemat, Anda akan mendapatkan gratis 1 domain bila berlangganan secara tahunan.

5. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti kebanyakan penyedia hosting lainnya, Rumah Hosting juga dapat membantu melakukan migrasi dari hosting lama Anda ke hosting mereka secara gratis.


Kekurangan Menggunakan Rumah Hosting

Rumah Hosting akan berusia 15 tahun di 2019 ini, tetapi saya rasa mereka tidak banyak belajar dari pengalamannya selama ini.

Uptime yang buruk, page load time yang sedikit lambat plus support teknis yang hanya bisa dijawab via ticket adalah kekurangan-kekurangan dari Rumah Hosting.

1. Uptime yang Sangat Sangat Buruk (Rata-rata 98,98%)

Rumah Hosting menjamin uptime 99%, masih ingat?

99% adalah jaminan uptime yang buruk, saya sudah jelaskan sebelumnya di awal review ini.

Faktanya, dari 20 penyedia hosting yang saya review, Rumah Hosting adalah 1 dari 3 penyedia hosting yang menggaransi uptime 99%, lainnya ada yang menjamin uptime 99,90%, 99,98%, dan 99,99%.

Jadi, 99% bisa diartikan bahwa mereka juga tidak percaya diri terhadap kehandalan server yang mereka miliki.

Berikut rata-rata uptime Rumah Hosting dalam 6 bulan terakhir:

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

Agustus 2019

99,11%

7 Jam

45x

September 2019

99,22%

6 Jam

24x

Oktober 2019

98,35%

12 Jam

22x

November 2019

99,77%

2 Jam

14x

Desember 2019

98,70%

10 Jam

53x

Januari 2020

98,80%

9 Jam

92x

Rata-ratanya adalah 98,98% dan rata-rata uptime yang sangat buruk ini bahkan tidak mencapai rata-rata uptime 99% yang mereka janjikan.

Rumah Hosting sangat gagal dalam faktor ini.

Rumah Hosting Uptime Test Update Per Februari 2020

2. Rata-rata Load Time Lebih Lambat Dari Pesaing-Pesaing nya. Hanya #12 dari 15

Saya sudah menganalisa kecepatan penyedia hosting sejak awal mulai memonitoring 20 hosting terbaik di Indonesia dan saya mengambil kesimpulan bahwa speed yang bagus adalah dibawah 1 detik.

Ada 10 penyedia hosting yang rata-rata speed nya dibawah 1 detik, sayangnya Rumah Hosting bukanlah 1 dari 10 tersebut.

Begini rata-rata speed Rumah Hosting dari bulan ke bulan sejak awal monitoring di bulan Agustus 2019 - Januari 2020.

BULAN

PAGE LOAD TIME

Agustus 2019

1,25 Detik

September 2019

1,38 Detik

Oktober 2019

1,17 Detik

November 2019

1,18 Detik

Desember 2019

1,22 Detik

Januari 2020

3,64 Detik

Rata-rata speed mereka secara keseluruhan dalam 6 bulan terakhir adalah 1,44 detik. Mereka hanya lebih lambat dari pesaing-pesaing nya. Hanya rank #12 dari 15.

Rumah Hosting Page Speed Test Report Update Per Februari 2020

3. Ada Biaya Untuk Restore Data Backup

Rumah Hosting akan melakukan backup terhadap file website dan database Anda setiap hari (daily backup) secara gratis dan sebenarnya ini adalah sebuah kelebihan.

Namun sayangnya ketika Anda meminta untuk dilakukan restore data, Anda akan dikenakan biaya restore sebesar Rp 200.000, artinya fitur backup ini tidaklah gratis, karena percuma saja file website Anda di backup tapi Anda mesti bayar untuk melakukan restore.

Atau Anda bisa membeli fitur backup premium Rumah Hosting seharga Rp 600.000 dan Anda tidak akan dikenakan biaya lagi ketika meminta restore data.

Sementara penyedia hosting lain justru menggratiskan fitur backup dan restore, Rumah Hosting malah membebankan biaya, jadi saya pikir ini sebuah kekurangan yang perlu Anda perhatikan.

4. Tidak Memiliki Fitur Anti Spam yang Gratis

Di hampir semua penyedia hosting yang saya review sejauh ini, fitur anti spam email ini disediakan secara gratis dan Anda bisa menggunakannya bahkan jika Anda berlangganan paket hosting termurah sekalipun.

Tapi di Rumah Hosting tidak ada fitur anti spam yang gratis. Anda perlu membayar fitur anti spam seharga Rp 100.000.

Saya sudah mengkonfirmasinya langsung dengan menanyakannya melalui live chat.

fitur anti spam di Rumah Hosting

Jika Anda tidak menggunakan fitur anti spam, kemungkinan besar Anda akan menerima banyak sekali email spam pada inbox Anda.


Rangkuman Paket Rumah Hosting dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di Rumah Hosting:

Paket Hosting di Rumah Hosting

Rumah Hosting menawarkan 4 jenis paket shared hosting, diantaranya:

  • Super Hemat (Hemat Small, Hemat Medium dan Hemat Large): Harga mulai dari Rp8.000/bulan. Perbedaan ketiganya hanyalah jumlah disk spacenya saja (200MB, 300MB dan 400MB). Anda mendapatkan 10 email accounts, 10 database dan unmetered bandwidth.
  • Super Murah (Murah Small, Murah Medium dan Murah Large): Harga mulai dari Rp 24.000/bulan. Storage mulai dari 1GB dengan unmetered bandwidth. Paket Murah Small adalah paket yang saya beli dan di test dalam review hosting ini. Sebagai informasi saja, di paket Murah Small Anda telah mendapatkan PMEM sebesar 1GB.
  • Super Irit (Irit Small, Irit Medium dan Irit Large): Harga mulai dari Rp150.000/bulan. Semua sumber daya yang disediakan sudah unlimited seperti bandiwidth, email accounts, sub domain, add on domain dan database, kecuali jumlah storage yang masih dibatasi (6GB, 10GB dan 15GB).
  • Super Gede (Gede Small, Gede Medium dan Gede Large): Harga mulai dari Rp300.000/bulan. Perbedannya dengan Paket Super Irit adalah kapasitas storagenya saja yang lebih besar yaitu 20GB, 80GB dan 180GB.

Informasi penting lainnya:

  • Pilihan server: Indonesia dan International
  • Aktifasi acount: Anda perlu melakukan konfirmasi order/transfer sebelum account Anda aktif
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Jika Anda berlangganan minimal paket Murah Small berdurasi 1 tahun
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Rumah Hosting?

Tidak.

Rumah Hosting gagal di dua faktor penting, uptime yang tidak stabil dan load time yang tidak terlalu cepat atau hanya 'OK'.

Selain itu Anda juga perlu membayar untuk fitur bakcup dan anti spam, jadi saya pikir belum 'Worth It' untuk berlangganan hosting di Rumah Hosting.

Jadi, saya tidak merekomendasikannya kepada Anda.

Kelebihan:

  • Garansi yang Panjang = 60 Hari
  • Layanan Support yang Cukup Baik (7/10)
  • Sukses Dalam Test Load Impact dengan 25 Virtual User
  • Mendapatkan Gratis Domain Bila Berlangganan Tahunan Untuk Jenis Paket Hosting Tertentu
  • Gratis Migrasi Hosting

Kekurangan:

  • Uptime yang Sangat Sangat Buruk (Rata-rata 98,98%)
  • Rata-rata load time dibawah rata-rata para pesaing nya. Hanya rank #12 dari 15
  • Ada Biaya Untuk Restore Data Backup
  • Tidak Memiliki Fitur Anti Spam yang Gratis
  • Jika memakai layanan hosting dengan server indonesia / iix, rata2 baik cek uptime dan pageload hasilnya memang tidak akan sebagus jika menggunakan hosting dengan server luar indonesia (USA). Sebab biasanya upstream server indonesia yang dipakai tidak terlalu bagus jika diakses dari layanan2 uptime (seperti pingdom dll) / pageload yg rata2 berada di server luar Indonesia.

    Saran saya pergunakan juga layanan hosting dengan pilihan server di luar indonesia. Sebab jika dicek penasihathosting-rh.com menggunakan hosting dengan penempatan server Indonesia. 🙂

    • Karena web host yang saya review penempatan servernya di Indonesia, maka monitoringnya juga dari Indonesia, jadi fair kan? 🙂

  • >