Review FastComet

Pilihan Hosting yang Bagus (+Free Domain)


FastComet adalah salah satu dari sedikit penyedia web host global miliki pribadi.

Maksud saya bukan perusahaan hosting milik EIG Group seperti HostGator, BlueHost, HostMonster, iPage, FatCow, JustHost, Arvixe, dan HostNine.

Review FastComet Hosting

Karena hosting dari EIG group memiliki reputasi yang buruk, jadi saya pikir merupakan pilihan yang bijak memilih penyedia hosting non EIG.

Sedikit Background dari FastComet

FastComet didirikan pada tahun 2013.

Awalnya mereka memulai bisnis dengan beranggotakan hanya ber empat orang saja, kemudian mereka bertumbuh cepat hingga pada tahun 2018 team mereka bertambah menjadi 70+ orang.

Tidak hanya itu, di 2018 mereka juga berhasil mengumpulkan setidaknya 50.000+ pelanggan aktif dan sudah memiliki 11 pusat data yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Singapore.

pusat data FastComet

Sebuah pencapaian yang bagus bukan?

Dan sepertinya perjalanan mereka agak mirip dengan SiteGround.

Tapi, apakah kualitas nya sudah setara dengan SiteGround? Atau mungkin lebih baik dari SiteGround?

Menarik untuk dicari tahu.

Jadi, agar review ini lebih kuat, saya membeli paket termurah FastComet, yaitu  FastCloud, kemudian menginstall blog WordPress dan mulai melakukan monitoring performance sejak awal November 2019.

Alamat website test: http://penasihathosting-fc.com/

Mari kita mulai dari melihat apa saja yang menjadi kelebihan FastComet berikut ini.


Rangkuman Singkat

fastcomet-logo-dark

Rating Keseluruhan:

4.75 / 5 (sangat baik)

Uptime

Secara keseluruhan rata-rata uptime FastComet bagus, hanya saja maintenance yang dilakukan pada bulan Desember 2019 menyebabkan score uptime nya jatuh.

Speed

Rata-rata load time FastComet cukup cepat, tapi tidka lebih cepat jika dibandingkan dengan kedua pesaingnya, yaitu SiteGround dan A2 Hosting.

Harga

FastComet cukup gencar melakukan promo di sepanjang tahun. Saya pikir Anda akan selalu mendapati promo diskon hosting 65%. Harga hosting nya pun lebih murah dibanding SiteGround dan A2 dan tidak ada permainan harga mereka lakukan.

Support

Support FastComet luar biasa. Mereka bahkan mendapatkan predikat sebagai 'Best Customer Service' oleh Host Advice. Satu-satu nya kekurangan nya adalah support mereka hanya tersedia pada hari-heri kerja saja, sedangkan di hari weekend support techs hanya dilayani via tiket.


Kelebihan Menggunakan FastComet

Secara pengalaman pengguna, FastComet adalah satu-satunya penyedia hosting global (selain SiteGround dan A2 Hosting) yang saya tidak punya pengalaman meng-host kan website secara real.

Artinya, domain dan hosting yang saya beli di FastComet hanya untuk tujuan review saja. Untuk membantu Anda melihat sebaik/seburuk apa kualitas yang mereka miliki.

Sudah 3 bulan berlalu sejak awal saya membeli hosting dan melakukan monitoring performa FastComet, jadi setidaknya saya bisa menyimpulkan beberapa kelebihan yang dimliki oleh FastComet berikut ini:

1. Rata-rata Load Time yang Cepat

Pertama, FastComet adalah pilihan hosting yang cepat.

Server mereka sudah menggunakan SSD baik untuk file website maupun database, yang diklaim 300% lebih cepat dari server yang non SSD.

Selain itu, setup server yang mereka bangun juga telah dioptimasi sedemikan rupa guna meningkatkan performa.

Dan sejujurnya, saya punya ekspektasi yang cukup tinggi terhadap performa FastComet.

Nah, dalam pengujian yang saya lakukan, rata-rata load time FastComet adalah 0,934 detik.

FastComet Load Time Report

Cukup cepat, tapi tidak lebih cepat dari dua pesaingnya.

Perbandingan Speed Ketiga Provider

Oia, dalam 'performance grade' pada screenshoot diatas, mungkin Anda menyadari bahwa score FastComet lebih rendah dari pesaingnya, yaitu 82. 

Optimasi antara ketiga penyedia tidak sama, karena score performance grade FastComet lebih rendah. 

Pertanyaannya mengapa score nya tidak sama semuanya 91?

Jawabannya karena paket 'FastCloud' tidak ada fitur 'Keep-Alive'.

keep alive

Tidak adanya fitur 'Keep-Alive' inilah yang membuat performance grade FastComet lebih rendah dari kedua pesaingnya.

Sayangnya, untuk mengaktifkan fitur tersebut Anda harus upgrade ke paket yang lebih mahal, yaitu FastCloud Extra. 

Padahal jika dibandingkan kedua pesaingnya, yaitu SiteGround dan A2 Hosting, fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah dengan menambahkan sebuah script sederhana ke dalam file .htaccess. Saya pikir seharusnya fitur ini bisa ditawarkan secara gratis untuk semua pelanggan.

Tapi meskipun begitu, rata-rata load time nya masih jauh lebih baik dari A2 Hosting dan hanya kalah tipis dari SiteGround.

2. Support yang Baik. Saya Pikir 9/10.

FastComet sangat percaya diri dengan kualitas support yang mereka punya.

Mereka mengatakan bahwa support adalah salah satu alasan utama mengapa para pelanggan menilai FastCloud adalah penyedia hosting yang terbaik.

Sebagai informasi, FastCloud memiliki memiliki 3 level support, mulai dari level 1, level 2 dan level senior support. Mereka akan memastikan Anda akan dilayani oleh orang yang tepat sesuai dengan kompetensi masalah Anda.

Dan mereka juga mengklaim bahwa dari 10.000 support, 83% dapat diselesaikan kurang dari 15 menit.

Kelihatannya lumayan menjanjikan bukan?

Jika Anda mengetahui bahwa FastComet juga telah memperoleh beberapa penghargaan sebagai best customer service di tahun 2019 oleh HostAdvice.

best customer service FastComet

Well, untuk melihat sebagus apa support FastComet, saya melakukan pengujian support melalui live chat dan ticket.

Melalui live chat pesan saya ditanggapi kurang dari 5 menit oleh Vasil T. Saya hanya menanyakan pertanyaan dasar tentang bagaimana cara membuat sub domain. Vasil T. menjawab pertanyaan saya dengan cepat, juga mengarahkan ke panduan terkait. 

Test Support FastComet

Oh iya, saya juga sempat menanyakan tentang apakah support techs mereka tersedia 24/7 atau tidak via live chat, sayangnya mereka menjawab tidak.

Support via live chat hanya tersedia pada hari kerja saja (Senin-Jum'at), sedangkan pada saat weekends Anda hanya bisa mengirim ticket untuk masalah techs.

Sebuah kekurangan, tapi agak tertutupi dengan baik nya support yang mereka berikan.

Nah, sebagai informasi tambahan, support FastComet selalu gratis, itu adalah komitmen mereka. Dukungan support yang diberikan bahkan lebih dari apa yang bisa Anda dapatkan dari penyedia hosting pada umumnya.

Mereka membuat perbandingannya dalam sebuah tabel:

support FastComet

3. Garansi Lebih Panjang, 45 Hari.

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari. Tetapi di FastComet Anda mendapatkan garansi yang lebih panjang, yaitu 45 hari.

Jika Anda tidak puas dengan layanan FastComet dalam 45 hari pertama, Anda dapat membatalkan layanan dan uang Anda akan di kembalikan. Bagusnya, mereka tidak akan menanyakan alasan mengapa Anda membatalkan layanan hosting Anda.

Garansi lebih panjang, 45 hari

4. Fitur-fitur Security yang Dapat Diandalkan

FastComet sangat memperhatikan sistem keamaan website klien-klien nya.

Mereka melindungi server mereka dengan berbagai macam alat guna menjaga website Anda tetap aman bahkan ketika di serang hacker jahat sekalipun.

Seperti yang Anda ketahui bahwa di shared hosting website Anda akan di tempatkan di website-website lainnya dalam satu server yang sama, yang artinya website Anda akan berbagi hosting atau sumber daya dengan website lainnya. 

Kemungkinan terburuknya adalah ketika ada website lainnya yang 'terinfeksi' oleh malware, maka besar kemungkinan website Anda juga akan kena malware yang sama.

Nah, untuk lebih menjaga agar website Anda tetap aman, FastComet akan mengisolasi website Anda dari website-website lainnya, seperti Anda meng-host website Anda pada VPS, jadi ketika ada website lainya yang 'terinfeksi', website Anda tidak akan terkena dampaknya.

Account Isolation

Ini adalah fitur-fitur security FastComet lainnya.

Apapun paket hosting yang Anda pilih, bahkan di paket termurah nya sekalipun, Anda tetap akan mendapatkan fitur security yang sama, kecuali ada perbedaan pada fitur backup yang akan saya bahas pada poin selanjutnya.

Fitur security di FastComet

5. Gratis Fitur Backup Harian

Fitur backup harian adalah fitur premium.

Anda tidak akan selalu mendapatkan fitur ini secara gratis. Tapi di FastComet apapun paket hosting yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan fitur ini.

Mereka memanfaatkan fitur JetBackup dari cPanel hosting untuk membuat backup harian secara otomatis.

Tetapi, ada perbedaan backup pada setiap paket, dimana paket FastCloud dan FastCloud Plus hanya bisa mengakses file backup dalam 7 hari kebelakang, sementara FastCloud Extra hingga 30 hari kebelakang.

Fitur Daily Backup

6. Gratis Domain dan Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti kebanyakan provider hosting lainnya, FastComet juga akan memberikan Anda gratis layanan migrasi hosting jika Anda pindah ke hosting mereka.

Bagusnya lagi, mereka juga memberikan penawaran gratis domain selama satu tahun.

Sebuah penawaran yang bagus bukan? 

Diantara ketiga provider hosting global yang saya review, faktanya hanya FastComet yang memberikan gratis domain kepada pelanggan barunya.

7. Penyedia Hosting yang Memiliki Banyak Pilihan Lokasi Server (Data Center)

Tidak banyak penyedia hosting yang menyediakan pilihan lokasi server sebanyak yang dimiliki oleh FastComet.

Mereka memiliki 11 data center yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Singapore (dekat dengan Indonesia).

Jika Anda tertarik dengan FastComet untuk meng-host website berbahasa Indonesia Anda, maka pilihlah lokasi server yang dekat dengan Indonesia, yaitu Singapore.

pusat data FastComet

8. Harga Hosting yang Sedikit Lebih Murah dari Pesaing nya

Dibandingkan kedua pesaingnya yang lain, yaitu SiteGround dan A2 Hostng, biaya hosting di FastComet sedikit lebih murah, yaitu $3,45/bulan.

Dan tidak peduli apakah Anda order hosting 1 bulan, 12 bulan, 24 dan 36 bulan, harganya tidak akan berubah, tetap sama di $3,45/bulan. Itu artinya mereka tidak bermain harga disini.

Harga hosting FastComet

Kekurangan Menggunakan FastComet

Sebenarnya FastComet adalah pilihan hosting yang bagus.

Tetapi, saya menemukan bahwa mereka belum memiliki server yang stabil dalam 3 bulan monitoring yang saya lakukan.

1. Secara Keseluruhan Rata-rata Uptime nya Bagus, Hanya Saja...

Saya mulai melakukan monitoring server FastComet sejak awal November 2019 dan sampai review ini saya publikasikan, boleh dibilang sudah 3 bulan monitoring berjalan.

Pada bulan pertama monitoring, sebenarnya saya cukup impresif dengan performa uptime FastComet, tetapi pada bulan Desember 2019 mereka melakukan maintenance yang memakan waktu sangat lama, yaitu 5 jam.

Saya menerima pemberitahuan bahwa mereka memang akan melakukan maintenance tengah malam.

Pemberitahuan Maintenance Server

Ini yang menyebabkan rata-rata uptime FastComet sangat jatuh sekali dan masuk dalam kategori buruk.

Tetapi jika Anda melihat uptime pada bulan Januari dan Februari, uptime mereka sangat mengesankan, yaitu 99,99%.

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

November 2019

99,97%

14 Menit

3x

Desember 2019

99,41%
(Server Maintenance)

4 Jam

15x

Januari 2020

>99,99%

2 Menit

1x

Februari 2020

99,99%

2 Menit

1x

Secara keseluruhan rata-ratanya adalah 99,84% seperti terlihat dalam laporan Pingdom (alat yang saya gunakan untuk monitoring uptime) berikut:

FastComet Uptime Report Update Per Maret 2020

Untuk saat ini saya tidak bisa mengatakan bahwa rata-rata uptime FastComet buruk, hanya saja ini bisa terjadi di penyedia hosting manapun, bahkan website sebesar Google dan Facebook saja pernah mengalami downtime dalam waktu yang lama.

Jadi, saya akan terus memantau uptime FastComet dan akan mengupdate nya untuk Anda pada bulan-bulan selanjutnya (Insha Allah).

2. Ada Verifikasi Via Phone Ketika Pertama Kali Melakukan Order Hosting

Ketika Anda order hosting di FastComet pertama kalinya, staff mereka akan menelfon Anda untuk memverifikasi hosting yang baru Anda beli.

Beberapa penyedia hosting lain juga melakukan hal yang sama seperti GreenGeeks. Ini buat keamanan saja karena sekarang ini banyak terjadi order 'fraud', sehingga verifikasi benar-benar diperlukan.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan FastComet?

Sebenarnya FastComet adalah pilihan hosting yang bagus.

Hanya saja ketika Anda mau mengeluarkan budget lebih untuk menyewa hosting luar negeri, tentu Anda menginginkan hosting yang terbaik di semua faktor, bukan?

Sayangnya dalam pengujian saya 3 bulan ini rata-rata uptime FastComet buruk karena maintenance yang mereka lakukan selama 5 jam pada bulan Desember 2019,.

Tapi perlu diingat, maintenance ini selalu terjadi di semua penyedia hosting, termasuk SiteGround, bahkan website sekelas Google dan Facebook sekalipun. Jadi, sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang buruk.

Keputusan ada ditangan Anda, tapi saat ini saya pribadi masih lebih memilih untuk merekomendasikan SiteGround daripada FastComet.

Kelebihan:

  • Rata-rata load time yang cepat
  • Bagaimana Dengan Supportnya? Saya pikir 9/10
  • Garansi yang lebih panjang, yaitu 45 hari
  • Gratis domain 1 tahun dan gratis migrasi hosting
  • Gratis Fitur Backup Otomatis Harian
  • Fitur Security yang Dapat Diandalkan
  • Menawarkan 11 data center, termasuk Singapore yang dekat dengan Indonesia
  • Harga Hosting Yang Bersaing, Sedikit Lebih Murah dari Pesaingnya

Kekurangan:

  • Secara keseluruhan rata-rata uptime nya bagus, hanya saja FastComet melakukan maintenance selama 5 jam sehingga membuat rata-rata uptime nya turun
  • Memerlukan verifikasi by phone ketika order hosting pertama kalinya
>