Kami sedang melakukan monitoring ulang (uptime dan speed test) terhadap semua web host Indonesia yang kami review.
Saat ini, kami belum bisa merekomendasikan hosting Indonesia manapun hingga monitoring ulang selesai dilakukan.

PLEASE NOTE:
Kami menyarankan Anda untuk tidak memilih hosting manapun dalam daftar hosting yang kami review hingga update terbaru dipublikasikan.
(Anda bisa mengunjungi website review hosting lainnya yang professional).
Nantikan review terbaru kami yang kemungkinan akan diupdate pada 5 Oktober 2019. Terima kasih! :)

Review ArdetaMedia

Sayangnya Mereka Gagal di Uptime (99,88%)…

Dalam rangka untuk menguji seberapa bagus kualitas hosting ArdetaMedia, saya membeli paket "Unlimited PRO", lalu saya install WordPress yang di set up di alamat https://penasihathosting-am.com.

Saya monitoring uptime dan load timenya sejak 7 bulan lalu + saya juga melakukan pengujian terhadap supportnya sehingga hasil review ini bisa diandalkan karena menggunakan data-data yang valid.

Sudah 11 layanan web hosting yang saya review sejauh ini, ArdetaMedia adalah yang ke 12.

Jadi, seperti review saya yang sudah-sudah, mari kita mulai melihat dulu latar belakang atau background dari penyedia hosting yang di review kali ini, yaitu ArdetaMedia.

Apa itu ArdetaMedia?

Tidak banyak informasi yang bisa saya dapatkan tentang hosting yang satu ini, karena mereka tidak mempunyai halaman "About".

Hasil gugling pun tidak banyak membantu. 

review Ardeta Media

Desas desus mengatakan bahwa ArdetaMedia masih dalam satu perusahaan yang sama dengan Jogja Host, hanya beda entitasnya saja.

Jadi, informasi lainnya seperti kapan berdirinya atau sudah berapa lama berdiri, berapa jumlah kliennya, dan lain-lainnya... belum ditemukan.

Saya mungkin akan update informasi tentang ArdetaMedia jika sudah menemukannya, tapi untuk saat ini, tidak banyak yang bisa saya jelaskan.

Kelebihan Menggunakan ArdetaMedia

ArdetaMedia adalah pilihan hosting yang cepat. Rata-rata load time mereka terbaik ke 6 dari 20 web hosting yang saya uji.

Sayangnya mereka memiliki rata-rata uptime yang masih kurang stabil yang akan saya bahas pada poin kekurangan nantinya.

Sebelum itu, mari kita lihat beberapa kelebihan menggunakan ArdetaMedia berikut ini.

1. Rata-rata Load Time yang Cepat - 692ms (#6 dari 20)

Kabar baiknya adalah ArdetaMedia memiliki server yang cepat.

Hasil monitoring dalam 7 bulan terakhir ini menunjukan bahwa rata-rata load time mereka stabil di 650ms - 700ms.

Begini detailnya dari bulan ke bulan:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

614ms

Oktober 2018

652ms

November 2018

692ms

Desember 2018

653ms

Januari 2019

714ms

Februari 2019

727ms

Maret 2019

735ms

Ada peningkatan laod time sekitar 80ms, tidak terlalu signifikan. Speed mereka masih tergolong cepat (rank #6 dari 20 web host).

Rata-rata speed ArdetaMedia

Data lengkap bisa dilihat disini

2. Layanan Support yang Baik. Saya Pikir 8/10

Mungkin ArdetaMedia masih tergolong hosting baru. Mereka belum banyak menulis tutorial seputar dasar-dasar penggunaan hosting dan domain.

Halaman knowledgable nya sepi artikel.

Jadi, saya pikir mereka harus extra tenaga untuk handle setiap pertanyaan yang masuk karena mereka belum menyatukan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam sebuah artikel.

Tapi, poin plusnya adalah support mereka sangat membantu.

Saya mencoba melakukan pengetesan melalui live chat dan menanyakan beberapa pertanyaan dasar seperti bagaimana cara membuat sub domain, dimana letak nameserver ArdetaMedia dan cara menginstall WordPress.

Pertanyaan saya dijawab dengan cukup cepat oleh Arief. Dia bahkan membuatkan screenshoot tentang cara membuat sub domain sehingga memudahkan saya untuk memahaminya.

Ardeta-Media-Support

Ngomong-ngomong, technical support mereka tersedia selama 24/7, tetapi untuk support billing dan marketing hanya tersedia selama jam kerja / office hours.

3. Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain Untuk Paket Tertentu

Katakanlah Anda sudah menyewa hosting di provider lain dan Anda ingin pindah ke ArdetaMedia, maka mereka akan memberikan Anda penawaran gratis migrasi hingga website Anda aktif di server mereka.

Proses migrasinya berjalan maksimal dalam 72 jam.

Tapi jika Anda menggunakan server di luar Indonesia atau tidak menggunakan cPanel di control panel hosting Anda, maka penawaran gratis ini tidak berlaku, Anda perlu membayar Rp 100.000 untuk layanan tambahan ini.

Selain itu, ArdetaMedia akan memberikan gratis domain berekstensi .COM dan .NET jika Anda membeli paket Unlimited Freedom.

4. Memberikan Garansi 30 Hari

ArdetaMedia akan memberikan garansi pembelian hosting selama 30 hari pertama.

Akan tetapi garansi ini memiliki beberapa ketentuan khusus yang harus dipenuhi agar pengajuan garansi bisa dipenuhi, Anda dapat membacanya lengkap dihalaman ini. 

Salah satunya adalah garansi tidak berlaku jika Anda membeli hosting menggunakan kode promosi atau promosi lainnya.

Kekurangan Menggunakan ArdetaMedia

Sebenarnya ArdetaMedia adalah pilihan hosting yang bagus. 

Rata-rata page load time mereka cepat, bahkan layanan supportnya pun bagus.

Sayangnya uptime mereka masih kurang stabil, yang akan saya bahas pada poin kekurangan dibawah ini.

1. Rata-rata uptime yang masih kurang stabil (#3 dari 20)

Untuk menunjang kebutuhan bisnis, Anda membutuhkan website dengan server yang tidak hanya memiliki speed yang cepat, namun juga didukung oleh server yang stabil.

ArdetaMedia sukses dalam hal kecepatan, namun sayangnya uptime server mereka masih belum stabil. Rata-ratanya dalam 7 bulan ini adalah 99,88%.

Uptime Average ArdetaMedia Update Maret 2019

Data selengkapnya bisa dilihat disini

Rata-rata uptime ArdetaMedia dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,85%

855ms

Oktober 2018

99,68%

868ms

November 2018

99,87%

1176ms

Desember 2018

99,88%

1459ms

Januari 2019

100%

1516ms

Februari 2019

99,99%

1158ms

Maret 2019

99,91%

960ms

Tapi jika kita melihatnya lebih fair, sebenarnya mereka ada perbaikan yang dimulai dari awal tahun 2019 ini dan stabil selama 3 bulan hingga Maret 2019.

Menarik untuk melihat data bulan-bulan selanjutnya...

Tapi untuk saat ini, saya tetap masih ragu untuk merekomendasikannya kepada Anda. 

2. Ada Biaya Untuk Beberapa Tindakan yang Seharusnya Gratis

Layanan support ArdetaMedia bagus (8/10), saya sudah melakukan pengetesan sebelumnya.

Sayangnya, layanan support mereka memiliki keterbatasan yang menurut saya unik, karena dikebanyakan layanan yang saya ketahui, beberapa tindakan seperti dibawah ini justru ditawarkan secara gratis:

  • Install WordPress, Joomla dan CMS lainnya dikenakan biaya Rp 50.000
  • Custom domain blogspot dikenakan biaya Rp 50.000
  • Custom email ke Google App juga dikenakan biaya Rp 50.000
  • Biaya untuk downgrade hosting Rp 150.000

Well, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menginstall WordPress, custom domain di blogspot atau custom email, hanya dibutuhkan waktu sekitar 3-5 menit saja.

Jadi, jika Anda kurang mengerti bagaimana caranya, mungkin lebih baik Anda membaca tutorial yang banyak beredar di internet. Saya pikir itu lebih layak, karena Anda dapat ilmunya dan Anda tidak perlu membayar apapun 😛

3. Fitur Backup Memiliki Keterbatasan

ArdetaMedia akan mem backup data website beserta database Anda (full) secara gratis. Tapi fitur backup ini memiliki keterbatasan, yaitu maksimal jumlah data yang bisa dibackup adalah 10 GB.

Rangkuman Paket Hosting ArdetaMedia dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Rangkuman penawaran paket hosting di ArdetaMedia:

  • Hosting Unlimited (PRO, PLUS, PRIME): Harga mulai dari Rp 25.000/bulan dengan storage dan bandwidth unlimited. Memory yang didapat semuanya sama, yaitu 1GB. Informasi selengkapnya...
  • Hosting Unlimited Bisnis (GOLD, PLATINUM, TITANIUM): Harga mulai dari Rp 80.000/bulan dengan storage dan bandiwdth yang unlimited. Memory yang didapat 2GB dan mendapatkan gratis dedicated IP minimal paket PLATINUM. Informasi selengkapnya...
  • Hosting Freedom (IIX FREEDOM-1, IIX FREEDOM-2, IIX FREEDOM-3): Harga mulai dari Rp 420.000/tahun dengan storage dan bandwidth unlimited. Anda akan mendapatkan gratis domain .COM atau .NET. Jumlah memory 1 GB dan gratis SSL Certificate minimal paket IIX FREEDOM-2. Informasi selengkapnya...
  • Hosting SSD (LUXURY, ENTERPRISE, ELITE): Harga mulai dari Rp 90.000/bulan dengan jumlah storage mulai dari 10GB hingga 50GB dan bandwidth unlimited. Memory yang didapatkan besar, yaitu 2GB. Anda juga akan mendapatkan gratis dedicated IP minimal paket ENTERPRISE DAN Gratis SSL PremiumRapidSSL pada paket ELITE. Informasi selengkapnya...
  • Hosting Budget (Lavender, Raflesia, Edelweiss): Harga mulai dari Rp 16.000/bulan dengan disk space mulai dari 1GB hingga 4GB dan bandwidth unlimited. Jumlah memory lebih sedikit, yaitu rata 512MB pada semua paket. Informasi selengkapnya... 

Informasi penting lainnya:

  • Pilihan server: Hanya tersedia lokasi server di Indonesia
  • Metode pembayaran: Manual aktivasi (transer BCA dan Mandiri) dan Instan aktivasi (Virtual Account Bank Permata, Kartu Kredit, BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks)
  • Aktifasi acount: Untuk instan aktivasi Anda tidak memerlukan konfirmasi pembayaran.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Gratis domain .com dan .net jika Anda membeli paket Unlimited Freedom
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan ArdetaMedia?

Sebenarnya ArdetaMedia adalah pilihan hosting yang bagus.

Mereka memiliki web server yang cepat (692ms), tetapi sayangnya mereka gagal di faktor utama. Uptime mereka selama 7 bulan monitoring masih belum stabil di waktu yang ideal.

Ingat, uptime adalah faktor #1 yang harus selalu Anda perhatikan, jadi jika suatu web host gagal di uptime, maka saya ragu untuk merekomendasikannya kepada Anda.

Summary
Review Date
Reviewed Item
ArdetaMedia
Author Rating
41star1star1star1stargray
  • >