Review Rumahweb

Oleh Willya Randika | June 13, 2020 50 Komentar

Update 8 Juni 2020:


Review Rumahweb ini akan saya tangguhkan untuk sementara waktu.


Dampak dari penangguhan ini antara lain:

  • Data uptime dari awal monitoring menjadi tidak akurat
  • Data load time dan load impact juga menjadi tidak akurat

Saat ini, saya sedang melakukan investigasi terhadap server monitoring Rumahweb. Karena sistem security yang mereka buat, ada indikasi bahwa Rumahweb melakukan blocking pada alat monitoring kami sehingga menyebabkan data yang dihasilkan sebelumnya menjadi kurang akurat. 


Jadi, kami meminta maaf kepada semua pihak terkhusus Rumahweb dan Anda agar tidak mempercayai data yang telah kami publikasikan sebelumnya di halaman review ini dan di halaman ini.


Review ini kemungkinan akan kembali kami update pada bulan November 2020 dengan menyajikan data-data yang lebih akurat lagi.


Salam,
Willya Randika
Founder Peansihat Hosting

Rumahweb adalah salah satu web hoster tertua, terbesar dan juga termasuk paling populer di Indonesia. 

Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah mengenalnya.

Review Rumahweb

Rumahweb didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta dan kini Rumahweb telah melayani lebih dari 14.000 domain pelaggan dan memiliki lebih dari 30 server yang tersebar di Jakarta, Singapore dan US.

Saya pikir pertumbuhaan mereka sangat bagus karena telah memiliki basis pelanggan yang banyak, bahkan di tahun 2020 ini mereka masih menjadi perusahaan hosting dengan jumlah pelanggan terbanyak berdasarkan data dari HostAdvice.

Pertanyaannya: Apa Rahasia dibalik Pertumbuhan Rumahweb?

Rumahweb mengklaim bahwa mereka sangat concern terhadap kepuasan pelanggannya. Mereka memiliki komitmen untuk dapat menjaga kepercayaan pelanggan apapun konsekuensinya.

Itu adalah sebuah prinsip yang sangat bagus, karena kepuasan pelanggan adalah faktor penting yang memang sudah seharusnya dijaga.

Namun faktanya:

Pelayanan yang bagus saja tidak cukup untuk menentukan bagusnya kualitas suatu web host, tapi ada 2 faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu uptime server yang stabil dan page load time (speed) yang cepat.

Dan kedua faktor utama ini akan saya bahas juga disini + tentu saja faktor layanan supportnya. 

So, just keep reading... 

Di akhir review ini, Anda akan melihat apakah kualitas Rumahweb sebanding dengan kuantitas nya.


Kelebihan Menggunakan Rumahweb

Rumahweb memiliki pelayanan yang cukup bagus. Kelebihan lainnya adalah mereka menyediakan fitur daily backup yang bisa dirasakan semua di semua paket hosting, termasuk di paket termurah sekalipun.

Mari kita tinjau lebih dalam lagi...

1. Layanan Support yang Cukup Baik (7/10)

Rumahweb menyebut diri mereka sebagai "Orang Rumah", karena selalu ada untuk pelanggannya selama 24/7.

Layanan supportnya tersedia via live chat, telephone (juga 24/7), tiket bantuan dan email.

Untuk menguji seberapa baik layanan supportnya, saya melakukan pengujian dengan menghubunginya via live chat (karena umumnya tiket dan email tidak bisa diandalkan, umumnya Anda perlu menunggu lebih lama).

Disini saya menanyakan beberapa hal dasar, seperti bagaimana cara melihat nameserver Rumahweb, cara menambahkan domain baru (add on) di cPanel dan membuat sub domain.

Pesan saya ditanggapi  dalam waktu yang cepat kurang dari 5 menit. Support mereka juga ramah, tetapi sayangnya mereka belum melakukan pendekatan support yang "lebih melayani".

Maksud saya adalah jika Anda menanyakan pertanyaan yang sifatnya technical, mereka cenderung hanya memberikan Anda link ke panduan mereka, jadi Anda perlu membacanya dan menemukan solusi Anda sendiri, alih-alih mereka memandu hingga masalah Anda selesai.

Jadi, saya pikir 7/10 adalah nilai yang layak.

Berikut isi percakapan saya dengan Rudiharto (staff support Rumahweb):

chat dengan Rumahweb

2. Berhasil Meng-handle Test Laod Impact Dengan 15 dan 25 Virtual user

Untuk melihat seberapa baik server Rumahweb dapat menghandle traffic yang ramai, maka saya melakukan pengujian Load Impact.

Melalui pengujian ini, Anda akan bisa melihat bagaimana waktu response server Rumahweb pada paket UKM 500 (shared hosting) yang saya uji, ketika menerima kunjungan/traffic dari 15 hingga 25 virtual user.

Tujuan nya adalah agar Anda bisa mengetahui apakah server mereka melambat ketika jumlah traffic semakin banyak, atau tetap stabil.

Untuk itu, saya melakukan dua kali pengujian yang hasil nya dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Test Ke

JUMLAH VIRTUAL USER

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

15VU

0

4.9K

0,750 detik

11 request/detik

2

25VU

0

8.8K

0,925 detik

22 request/detik

1

Test Pertama dengan 15 Virtual User

Test dimulai dari 1 virtual user dan terus meningkat hingga stabil di 15 virtual user (perhatikan garis yang berwarna hijau pada grafik dibawah).

Kemudian, yang berwarna biru menunjukan waktu response, sedangkan yang berwarna ungu adalah jumlah request/detik nya.

Idealnya adalah waktu response tetap stabil seiring bertambahnya jumlah pengunjung, tetapi server Rumahweb sepertinya agak melambat ketika jumlah virtual user semakin banyak.

Memang tidak terjadi kenaikan waktu response melebihi 1 detik. Rata-ratanya adalah 0,486 detik, jadi masih tergolong bagus.

Rumahweb load impact test 15 VU

Bagaimana jika saya tambah jumlah nya menjadi 25 virtual user?

2

Test Kedua dengan 25 Virtual User

Pada test dengan 25 virtual user, justru server Rumahweb agak stabil dengan rata-rata waktu response 0,365 detik. Bahkan kenaikan waktu response nya pun hanya sedikit, tidak seperti pada test dengan 15 virtual user.

Ada beberapa sebab yang bisa menjawab mengapa pada test dengan 25 virtual user ini justru lebih baik daripada test dengan 15 virtual user, salah satunya adalah mungkin karena aktivitas pada server ketika test berlangsung tidak terlalu berat, sehingga bisa meng-handle 25 virtual user dengan cukup baik. Tanpa ada error ataupun server menjadi overload karenanya.

Saya rasa Rumahweb cukup berhasil menjaga keseimbangan beban server nya.

Rumahweb Load Impact Test

3. Bisa Berlangganan Hosting Secara Bulanan

Rumahweb menawarkan opsi untuk berlangganan hosting secara bulanan. Tetapi, harga nya tentu saja akan lebih mahal dibandingkan jika Anda langsung berlangganan secara tahunan.

Harga hosting Rumahweb mulai dari Rp 25.000/bulan. Jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, harga di Rumahweb memang lebih mahal, tapi pilihan berlangganan secara bulanan bisa jadi opsi bagus karena Rumahweb tidak menawarkan garansi hosting sama sekali.

4. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti kebanyakan web hoster lainnya, Rumahweb juga menawarkan migrasi hosting secara gratis alias tanpa biaya. Bagusnya lagi, mereka akan memberikan diskon 50% dan gratis hosting pada bulan pertama.

5. Gratis Domain dan Web Builder

Jika Anda memilih paket hosting Professional keatas, Anda akan mendapatkan gratis 1 domain dan gratis web builder. Ada 2 pilihan web builder yang ditawarkan oleh Rumahweb, yaitu Weebly dan Rumahweb Sitebuilder.

Anda bisa melihat detail lengkapnya di halaman ini.


Kekurangan Menggunakan Rumahweb

Jika Anda membaca semua kelebihan Rumahweb diatas, apakah Anda menemukan bahwa mereka adalah pilihan hosting dengan server yang cepat dan memiliki server uptime yang stabil?

Kenyataannya tidak. Kecepatan dan uptime adalah kekurangan terbesar Rumahweb.

Mari kita lihat seberapa lambat hosting mereka.

1. Uptime...

2. Load Time...

3. Tidak Ada Garansi Pembelian Hosting!

Saya rasa ini adalah salah satu kekurangan yang sangat fatal.

Tidak peduli seberapa baiknya Anda dalam menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan Anda, garansi adalah hal yang tidak seharusnya dikesampingkan, bahkan web hoster paling populer di dunia seperti Bluehost yang memiliki basis lebih dari 2 juta pelanggan saja masih memberikan garansi 30 hari untuk pembelian hosting.

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari.

Tapi tidak di Rumahweb. Anda sama sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk mengklaim garansi atau melakukan refund.

Jadi, perhatikan hal ini baik-baik.

4. Paket "Professional 250MB" Menawarkan Sumber Daya yang Terbatas

Paket 'Proffessional 250MB' menawarkan jumlah resources yang terbatas, seperti storage 250MB dan hanya bisa untuk meng-host kan 1 website saja.

Tapi, jika Anda hanya berencana untuk meng-hostkan 1 website saja, seperti blog personal, hobby, portofolio, CV, maka keterbatasan ini tidak akan terlalu bermasalah.

Paket 250MB Rumahweb

5. Sebanarnya, Tidak ada Fitur Backup di Rumahweb. Begini Penjelasannya...

Secara default, Rumahweb akan membackup file website Anda secara mingguan, tetapi pada saat Anda melakukan setup hosting, Anda dapat memilih untuk menambahkan fitur backup harian untuk perlindungan yang lebih baik lagi.

Daily backup Rumahweb

Tapi, daily backup ini adalah fitur tambahan/add-on yang berbayar. Pilihannya sebagai berikut:

Layanan backup harian di Rumahweb

Sebenarnya backup harian memang adalah fitur premium dan hanya satu-dua provider hosting Indonesia yang menawarkan nya secara gratis untuk semua pelanggan.

Tapi, bahkan pada backup mingguan Rumahweb, ternyata pada kenyataannya tidak di backup. Saya sempet mengecek langsung pada cPanel website test saya dan juga mencoba menanyakan nya langsung ke staff support Rumahweb dan mereka membenarkannya bahwa backup otomatis (mingguan) memang tidak diaktifkan, karena bisa menyebabkan kuota hosting segera penuh.

Solusinya? Anda bisa melakukan backup manual secara rutin setiap hari/minggu/bulan.

Jadi, perhatikan ini baik-baik jika Anda berencana pindah ke Rumahweb.

Tentang backup di Rumahweb

Rangkuman Paket Shared Hosting Rumahweb dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Penawaran paket hosting Rumahweb:

paket shared hosting Rumahweb
  • Paket Personal hosting (50MB dan 100MB): Paket yang termurah di Rumahweb. Memiliki sumber daya yang terbatas yang mana menurut saya tidak ideal bahkan untuk membangun sebuah website baru, kecuali tujuan Anda hanya untuk belajar.
  • Paket Professional Hosting (250MB, 500MB, 1GB dan 2GB): Hosting ini cocok untuk traffic dari low to medium. Memiliki storage yang cukup lumayan mulai dari 250MB dengan harga mulai dari Rp 20.000/bulannya. Di paket ini Anda dapat memilih lokasi server di Jakarta/US/Singapore. Dapat dikontrak secara bulanan mulai dari 1 bulan.
  • Paket Enterprise (3GB, 4GB, 10GB, 30GB): Paket hosting ini bisa dikategorikan sebagai hosting bisnis, dimana cocok untuk website dengan traffic yang ramai dengan storage yang besar + bandwidth unlimited. Anda juga akan mendapatkan domain gratis.
  • Paket Hosting WordPress: Harga mulai dari Rp 25.00/bulan. Hosting ini khusus di desain untuk kebutuhan website WordPress yang sudah dioptimalkan demi menunjang performance WordPress. Control panel yang digunakan adalah Plesk. Fitur-fitur penting yang didapatkan termasuk: WordPress Toolkit, WordPress Accelerator, Free SSL dan LiteSpeed Web Browser.
  • Paket VPS/Cloud Server: Harga mulai dari Rp 199.000/bulannya.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Indonesia, Singapore dan US
  • Aktifasi acount: Anda perlu melakukan konfirmasi order/transfer sebelum account Anda aktif.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel dan Plesk (khusus WordPress hosting dan VPS).
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket "Profesional 500MB".
  • Aktivasi domain: Domain tidak langsung aktif, umumnya Anda perlu menunggu 24 - 48 jam (ini yang dinamakan propagansi domain).
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Rumahweb Kepada Anda?

Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan hosting Rumahweb? Jika iya, jangan sungkan-sungkan menulis reviewnya dikolom komentar ya. Positif atau negatif! Yang penting review yang Anda tulis jujur dan transparan.

  • selama menggunakan rumahweb, saya tidak ada keluhan pada hosting. dari saya belajar sampai beberapa projek pun menggunakan rumahweb. kekurangannya hanya di layanan support, mungkin karena keterbatasan sdm.

    kebetulan saya lagi ada projek web dan rencananya mau pakai rumahweb karna menurut saya sederhana dan fitur yang saya butuhkan bisa dikondisikan sesuai kebutuhan (menurut saya hosting kebanyakan fitur pun mubajir) tapi saya butuh review terpercaya untuk hosting tsb. karna harus dipresentasikan makanya saya mengunjungi penasihat hosting. ternyata review rumahweb baru ada di bulan november 2020 saya juga bingung ternyata komentar ttg. rumahweb kurang bagus.

  • Belakangan inilatensinya naik turun sama sering down, padahal saya pakai paket wordpress 5 cloud. hasil ping kadang sampai 150ms

  • Kalau ada hosting lain mending pake hosting lain,
    Masalah bermunculan dari rumahweb , mulai dari downserver yang sering banget , IP luar asia atau luar indoneisa gak bisa akses situs kita, sampe suspen yang gak jelas. Saya ngalamin sendiri

  • email saya seperti ada yg ambil alih, kirim ke bnyaak alamat email. minta tolong untuk di cek dari pihak rumahwebnya, bilangnya komputerr saya yg kena virus/malware. padahal di pc saya ada bbrpa alamat email juga, tapi yg kena cuma 1 email. dan pc saya juga baru di install ulang

  • Wajar ngga mas kalau rumahweb lebih lambat dibanding niagahoster karena seperti yang mas sendiri bilang, pelanggannya banyak?

    • Sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk bisa menjaga keseimbangan server, jadi mau pelanggannya banyak atau sedikit itu tidak bisa dijadikan alasan.

      • Saya coba minta konfirmasi rumahweb menyoal hal tersebut. Ini tanggapannya:

        External monitoring -seperti yang dilakukan oleh penasihathosting.com- banyak terdeteksi sebagai abuse dan diblokir oleh firewall kami. Sehingga, ketika terblokir, monitoring tools akan melaporkan bahwa layanan mengalami down/tidak dapat diakses. Pada satu sisi, downtime tersebut memang benar terjadi, namun hanya untuk satu tools tersebut saja. Sedangkan dari sisi pengunjung website Bapak, website tetap dapat diakses dengan normal.

        Sebagai informasi tambahan, hingga saat ini kami tidak memberlakukan whitelist untuk external monitoring tools manapun.

        Catatan berikutnya ada pada review fitur backup pada layanan shared hosting Rumahweb, dengan kutipan sbb:
        “Tapi, bahkan pada backup mingguan Rumahweb, ternyata pada kenyataannya tidak di backup. Saya sempet mengecek langsung pada cPanel website test saya dan juga mencoba menanyakan nya langsung ke staff support Rumahweb dan mereka membenarkannya bahwa backup otomatis (mingguan) memang tidak diaktifkan, karena bisa menyebabkan kuota hosting segera penuh.”

        Rumahweb melakukan backup rutin mingguan pada semua layanan shared hosting, selama akun hosting tersebut tidak melakukan pelanggaran terhadap AUP. Namun, file backup mingguan ini kami letakkan pada infrastruktur terpisah, di luar data center yang kami gunakan untuk shared hosting. Pemisahan lokasi backup ini bertujuan supaya data backup tetap terjaga dan kami dapat melakukan recovery data ketika terjadi gangguan pada server maupun komponen infrastruktur lainnya pada data center kami.

        Demikian informasi dari kami. Jangan sungkan atau ragu untuk menghubungi kami kembali apabila masih ada pertanyaan menyangkut produk dan layanan Rumahweb Indonesia.

        • Halo mas Pandu, terima kasih buat informasi nya. Saya akan melakukan investigasi lebih lanjut tentang masalah ini.

          Tapi, jika memang benar seperti itu, saya kira harusnya Rumahweb sudah mengirim kami pesan agar bisa mendiskusikannya, karena tentu akan merugikan mereka sendiri.

  • Akhirnya selesai juga proses pindahan hosting dari Rumahweb ke Niagahoster. 1 tahun pake Rumahweb parah banget servernya hampir tiap hari down, setiap kerja bikin artikel sering down, setiap kali lapor buka tiket, ditanggapinya lama, dan cuma bilang servernya tidak ada masalah. Ya iya wong downnya 10 menit yang lalu, loe balesnya kapan. Bukannya diatasi servernya supaya ga sering down, malah dibilang servernya tidak ada masalah.
    Padahal website saya masih kecil tapi malah dibilang website saya butuh paket yang lebih tinggi agar tidak sering down.. hahaha.

    Jangan pernah lah daftar di Rumahweb, dijamin nyesel.
    Udah 2 minggu di Niagahoster satu kalipun ga pernah down, semua fitur2nya juga langsung aktif tanpa masalah. Google crawl juga semua 200/OK, di Rumahweb Google crawlnya selalu bermasalah. Alhasil ngerusak peringkat/SEO. SSL di Rumahweb aja error mulu aktivasinya. Di Niagahoster langsung klik langsung aktif.

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Alternatif Terbaik Selain Rumahweb


    __CONFIG_group_edit__{"jv80vv8f":{"name":"All Image(s)","singular":"-- Image %s"},"jv812jsg":{"name":"All Title(s)","singular":"-- Text %s"},"jv812qp8":{"name":"All Name(s)","singular":"-- Text %s"},"jv812zdt":{"name":"All Divider(s)","singular":"-- Divider %s"},"jv813402":{"name":"All Paragraph(s)","singular":"-- Text %s"},"jv813af5":{"name":"All Button(s)","singular":"-- Button %s"},"jv813f5t":{"name":"All Content Box(s)","singular":"-- Content Box %s"},"jv813k1c":{"name":"All Column(s)","singular":"-- Column %s"}}__CONFIG_group_edit__
    __CONFIG_local_colors__{"colors":{"c85e2":"Button ","f242c":"Border"},"gradients":{}}__CONFIG_local_colors__
    Pilih Niagahoster Hosting

    Niagahoster

    Pilihan Terbaik untuk Provider Hosting Indonesia

    Avg. Uptime: 99,89%

    Avg. Load Time: 0,770 detik

    Support: 8/10
    Cost: Mulai Rp 10.000/bln

    __CONFIG_colors_palette__{"active_palette":0,"config":{"colors":{"46295":{"name":"Main Accent","parent":-1}},"gradients":[]},"palettes":[{"name":"Default Palette","value":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)"}},"gradients":[]},"original":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)","hsl":{"h":210,"s":0.83,"l":0.45}}},"gradients":[]}}]}__CONFIG_colors_palette__
    Baca Review
    Review SiteGround

    SiteGround

    Provider Shared Hosting "International" Terbaik

    Avg. Uptime: 99,99%

    Avg. Load Time: 0,845 detik

    Support: 10/10
    Cost: Mulai $3.95/bln

    __CONFIG_colors_palette__{"active_palette":0,"config":{"colors":{"46295":{"name":"Main Accent","parent":-1}},"gradients":[]},"palettes":[{"name":"Default Palette","value":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)"}},"gradients":[]},"original":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)","hsl":{"h":210,"s":0.83,"l":0.45}}},"gradients":[]}}]}__CONFIG_colors_palette__
    Baca Review

    Cloudways

    Managed Cloud Hosting Terbaik Untuk Apapun Platform Website Anda

    Avg. Uptime: 99,99%

    Avg. Resp Times: 0,616 detik

    Support: 8/10
    Cost: Mulai $10/bln

    __CONFIG_colors_palette__{"active_palette":0,"config":{"colors":{"46295":{"name":"Main Accent","parent":-1}},"gradients":[]},"palettes":[{"name":"Default Palette","value":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)"}},"gradients":[]},"original":{"colors":{"46295":{"val":"rgb(19, 114, 211)","hsl":{"h":210,"s":0.83,"l":0.45}}},"gradients":[]}}]}__CONFIG_colors_palette__
    Baca Review
    >