Review Rumahweb

Uptime dan Load Time yang Buruk [Berdasarkan Data Aktual]


Terakhir Diupdate: April 2020

Rumahweb adalah salah satu web hoster tertua, terbesar dan juga termasuk paling populer di Indonesia. 

Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah mengenalnya.

Review Rumahweb

Rumahweb didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta dan kini Rumahweb telah melayani lebih dari 14.000 domain pelaggan dan memiliki lebih dari 30 server yang tersebar di Jakarta, Singapore dan US.

Saya pikir pertumbuhaan mereka sangat bagus karena telah memiliki basis pelanggan yang banyak, bahkan di tahun 2020 ini mereka masih menjadi perusahaan hosting dengan jumlah pelanggan terbanyak berdasarkan data dari HostAdvice.

Pertanyaannya: Apa Rahasia dibalik Pertumbuhan Rumahweb?

Rumahweb mengklaim bahwa mereka sangat concern terhadap kepuasan pelanggannya. Mereka memiliki komitmen untuk dapat menjaga kepercayaan pelanggan apapun konsekuensinya.

Itu adalah sebuah prinsip yang sangat bagus, karena kepuasan pelanggan adalah faktor penting yang memang sudah seharusnya dijaga.

Namun faktanya:

Pelayanan yang bagus saja tidak cukup untuk menentukan bagusnya kualitas suatu web host, tapi ada 2 faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu uptime server yang stabil dan page load time (speed) yang cepat.

Dan kedua faktor utama ini akan saya bahas juga disini + tentu saja faktor layanan supportnya. 

So, just keep reading... 

Di akhir review ini, Anda akan melihat apakah kualitas Rumahweb sebanding dengan kuantitas nya.

Rangkuman Singkat


Data Hasil Penelitian

Waktu Penelitian

1 Agustus - 31 Maret 2020 (dan terus berlangsung)

Website Test

penasihathosting-rw.com (server Indonesia)

Paket Hosting

Professional 500MB

Garansi

TIDAK ADA GARANSI

Rata-rata Uptime

99,53% (440 outages)

Rata-rata Load Time

2,320 detik

Load Impact
(Max Response Times)

15 virtual user = 0,750 detik

25 virtual user = 0,925 detik

Kesimpulan Singkat

Saya tidak merekomendasikan Rumahweb


Overall Rating

2.625 / 5
#10 dari 17

Uptime

Rata-rata uptime Rumahweb buruk, dimana dalam 8 bulan pengujian rata-rata uptime nya adalah 99,53% dimana server mengalami downtime selama 24 jam lebih.

#14 dari 14

Speed

Sayangnya, speed Rumahweb (shared hosting) juga tidak bisa diandalkan, karena rata-rata nya adalah yang paling lambat diantara semua web host yang saya review sejauh ini (2,320 detik).

Cukup Baik

Support

Rumahweb menyediakan support selama 24/7 baik melalui live chat, email dan telephone. Ini adalah kelebihan Rumahweb. Mereka menyebut diri mereka sebagai "Orang Rumah", karena kapanpun Anda membutuhkannya, mereka siap membantu 24x7x365.

Low/Medium
/High

Harga

Dengan paket Professional 500MB (Paket yang saya rekomendasikan untuk starter), Anda perlu mengeluarkan uang Rp 25.000/bulan nya. Tidak mahal, tapi bukan pilihan termurah (ada pilihan lain yang lebih murah, tapi dengan performance yang lebih baik).


Kelebihan Menggunakan Rumahweb

Rumahweb memiliki pelayanan yang cukup bagus. Kelebihan lainnya adalah mereka menyediakan fitur daily backup yang bisa dirasakan semua di semua paket hosting, termasuk di paket termurah sekalipun.

Mari kita tinjau lebih dalam lagi...

1. Layanan Support yang Cukup Baik (7/10)

Rumahweb menyebut diri mereka sebagai "Orang Rumah", karena selalu ada untuk pelanggannya selama 24/7.

Layanan supportnya tersedia via live chat, telephone (juga 24/7), tiket bantuan dan email.

Untuk menguji seberapa baik layanan supportnya, saya melakukan pengujian dengan menghubunginya via live chat (karena umumnya tiket dan email tidak bisa diandalkan, umumnya Anda perlu menunggu lebih lama).

Disini saya menanyakan beberapa hal dasar, seperti bagaimana cara melihat nameserver Rumahweb, cara menambahkan domain baru (add on) di cPanel dan membuat sub domain.

Pesan saya ditanggapi  dalam waktu yang cepat kurang dari 5 menit. Support mereka juga ramah, tetapi sayangnya mereka belum melakukan pendekatan support yang "lebih melayani".

Maksud saya adalah jika Anda menanyakan pertanyaan yang sifatnya technical, mereka cenderung hanya memberikan Anda link ke panduan mereka, jadi Anda perlu membacanya dan menemukan solusi Anda sendiri, alih-alih mereka memandu hingga masalah Anda selesai.

Jadi, saya pikir 7/10 adalah nilai yang layak.

Berikut isi percakapan saya dengan Rudiharto (staff support Rumahweb):

chat dengan Rumahweb

2. Berhasil Meng-handle Test Laod Impact Dengan 15 dan 25 Virtual user

Untuk melihat seberapa baik server Rumahweb dapat menghandle traffic yang ramai, maka saya melakukan pengujian Load Impact.

Melalui pengujian ini, Anda akan bisa melihat bagaimana waktu response server Rumahweb pada paket UKM 500 (shared hosting) yang saya uji, ketika menerima kunjungan/traffic dari 15 hingga 25 virtual user.

Tujuan nya adalah agar Anda bisa mengetahui apakah server mereka melambat ketika jumlah traffic semakin banyak, atau tetap stabil.

Untuk itu, saya melakukan dua kali pengujian yang hasil nya dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Test Ke

JUMLAH VIRTUAL USER

ERROS

REQUEST HANDLED
(Higher is Better)

MAX RESPONSE TIMES
(Lower is Better)

MAX REQUEST RATE
(Higher is Better)

1

15VU

0

4.9K

0,750 detik

11 request/detik

2

25VU

0

8.8K

0,925 detik

22 request/detik

1

Test Pertama dengan 15 Virtual User

Test dimulai dari 1 virtual user dan terus meningkat hingga stabil di 15 virtual user (perhatikan garis yang berwarna hijau pada grafik dibawah).

Kemudian, yang berwarna biru menunjukan waktu response, sedangkan yang berwarna ungu adalah jumlah request/detik nya.

Idealnya adalah waktu response tetap stabil seiring bertambahnya jumlah pengunjung, tetapi server Rumahweb sepertinya agak melambat ketika jumlah virtual user semakin banyak.

Memang tidak terjadi kenaikan waktu response melebihi 1 detik. Rata-ratanya adalah 0,486 detik, jadi masih tergolong bagus.

Bagaimana jika saya tambah jumlah nya menjadi 25 virtual user?

2

Test Kedua dengan 25 Virtual User

Pada test dengan 25 virtual user, justru server Rumahweb agak stabil dengan rata-rata waktu response 0,365 detik. Bahkan kenaikan waktu response nya pun hanya sedikit, tidak seperti pada test dengan 15 virtual user.

Ada beberapa sebab yang bisa menjawab mengapa pada test dengan 25 virtual user ini justru lebih baik daripada test dengan 15 virtual user, salah satunya adalah mungkin karena aktivitas pada server ketika test berlangsung tidak terlalu berat, sehingga bisa meng-handle 25 virtual user dengan cukup baik. Tanpa ada error ataupun server menjadi overload karenanya.

Saya rasa Rumahweb cukup berhasil menjaga keseimbangan beban server nya.

3. Bisa Berlangganan Hosting Secara Bulanan

Rumahweb menawarkan opsi untuk berlangganan hosting secara bulanan. Tetapi, harga nya tentu saja akan lebih mahal dibandingkan jika Anda langsung berlangganan secara tahunan.

Harga hosting Rumahweb mulai dari Rp 25.000/bulan. Jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, harga di Rumahweb memang lebih mahal, tapi pilihan berlangganan secara bulanan bisa jadi opsi bagus karena Rumahweb tidak menawarkan garansi hosting sama sekali.

4. Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti kebanyakan web hoster lainnya, Rumahweb juga menawarkan migrasi hosting secara gratis alias tanpa biaya. Bagusnya lagi, mereka akan memberikan diskon 50% dan gratis hosting pada bulan pertama.

5. Gratis Domain dan Web Builder

Jika Anda memilih paket hosting Professional keatas, Anda akan mendapatkan gratis 1 domain dan gratis web builder. Ada 2 pilihan web builder yang ditawarkan oleh Rumahweb, yaitu Weebly dan Rumahweb Sitebuilder.

Anda bisa melihat detail lengkapnya di halaman ini.


Kekurangan Menggunakan Rumahweb

Jika Anda membaca semua kelebihan Rumahweb diatas, apakah Anda menemukan bahwa mereka adalah pilihan hosting dengan server yang cepat dan memiliki server uptime yang stabil?

Kenyataannya tidak. Kecepatan dan uptime adalah kekurangan terbesar Rumahweb.

Mari kita lihat seberapa lambat hosting mereka.

1. Rata-rata Uptime yang Sangat Buruk (99,53%)

Jika berbicara tentang hosting yang bagus, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa baik sebuah provider dapat menjaga server nya tetap 'alive' dalam waktu yang ideal.

Idealnya rata-rata uptime adalah 99,90% dan sebagian besar penyedia hosting di Indonesia juga menggaransi waktu uptime 99,90%, bahkan ada yang 99,98% dan 100%.

Mungkin Anda berpikir bahwa perbedaan antara 99,90% dan 99,98% atau dengan 99,00% tidak lah terlalu banyak.

Tapi, tahukah Anda bahwa 99% uptime itu sama dengan 7 jam 18 menit dan 17.5 detik. Itu artinya kalau sebuah server uptime nya 99%, maka rata-rata nya dalam 1 bulan server tersebut akan mengalami downtime selama 7 jam, 18 menit dan 17,5 detik atau 3 hari 15 jam 39 menit dan 29,5 detik dalam 1 tahun. 

Bisakah Anda membayangkan berapa potensi pendapatan Anda yang akan hilang?

Maka memilih provider dengan uptime yang stabil adalah faktor pertama yang harus Anda pertimbangkan.

Jadi, saya telah melakukan monitoring server Rumahweb (shared hosting) selama 8 bulan terakhir...

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

Agustus 2019

99,11%

7 Jam

85 kali

September 2019

99,40%

4 Jam

71 kali

Oktober 2019

99,74%

2 Jam

24 kali

November 2019

99,56%

3 Jam

48 kali

Desember 2019

99,44%

4 Jam

68 kali

Januari 2020

99,83%

1 Jam

26 kali

Februari 2020

99,68%

2 Jam

42 kali

Maret 2020

99,48%

4 Jam

75 kali

Seperti yang Anda lihat, semua nya merah.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, rata-rata uptime yang bagus adalah minimal 99,90%, namun sayangnya tidak ada satu kali pun dalam 8 bulan terakhir uptime Rumahweb yang bagus.

Tapi mungkin tidak ada yang salah dengan rata-rata uptime Rumahweb diatas, karena Rumahweb sendiri pun hanya menjamin uptime 99% saja.

mengapa memilih rumahweb?

Rata-rata uptime Rumahweb selama 8 bulan:

Dan ini adalah rata-rata uptime Rumahweb dari bulan Februari 2018 - Maret 2019 (yang saya publikasikan dalam review sebelumnya).

BULAN

UPTIME

Februari 2018

99,98%

Maret 2018

100%

April 2018

100%

Mei 2018

98,84%

Juni 2018

99,5%

Juli 2018

99,5%

Agustus 2018

99,65%

September 2018

99,98%

Oktober 2018

99,71%

November 2018

99,80%

Desember 2018

99,73%

Januari 2019

99,91%

Februari 2019

99,64%

Maret 2019

99,85%

Saya menilai tidak ada perbaikan yang dilakukan oleh Rumahweb karena rata-rata uptime nya masih buruk hingga update data bulan Maret 2020 lalu.

2. Hosting dengan Rata-rata Speed Paling Lambat (#14 dari 14)

Rata-rata uptime Rumahweb yang buruk, sayangnya juga di perburuk oleh rata-rata speed nya yang lambat.

Rata-rata page load time Rumahweb yaitu 2,32 detik (rank #14 dari 14).

Berikut data detail nya dari bulan ke bulan:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2019

2,19 detik

Oktober 2019

3,13 detik

November 2019

3,26 detik

Desember 2019

3,42 detik

Januari 2020

2,54 detik

Februari 2020

1,58 detik

Maret 2020

1,46 detik

3. Tidak Ada Garansi Pembelian Hosting!

Saya rasa ini adalah salah satu kekurangan yang sangat fatal.

Tidak peduli seberapa baiknya Anda dalam menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan Anda, garansi adalah hal yang tidak seharusnya dikesampingkan, bahkan web hoster paling populer di dunia seperti Bluehost yang memiliki basis lebih dari 2 juta pelanggan saja masih memberikan garansi 30 hari untuk pembelian hosting.

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari.

Tapi tidak di Rumahweb. Anda sama sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk mengklaim garansi atau melakukan refund.

Jadi, perhatikan hal ini baik-baik.

4. Paket "Professional 250MB" Menawarkan Sumber Daya yang Terbatas

Paket 'Proffessional 250MB' menawarkan jumlah resources yang terbatas, seperti storage 250MB dan hanya bisa untuk meng-host kan 1 website saja.

Tapi, jika Anda hanya berencana untuk meng-hostkan 1 website saja, seperti blog personal, hobby, portofolio, CV, maka keterbatasan ini tidak akan terlalu bermasalah.

Paket 250MB Rumahweb

5. Sebanarnya, Tidak ada Fitur Backup di Rumahweb. Begini Penjelasannya...

Secara default, Rumahweb akan membackup file website Anda secara mingguan, tetapi pada saat Anda melakukan setup hosting, Anda dapat memilih untuk menambahkan fitur backup harian untuk perlindungan yang lebih baik lagi.

Daily backup Rumahweb

Tapi, daily backup ini adalah fitur tambahan/add-on yang berbayar. Pilihannya sebagai berikut:

Layanan backup harian di Rumahweb

Sebenarnya backup harian memang adalah fitur premium dan hanya satu-dua provider hosting Indonesia yang menawarkan nya secara gratis untuk semua pelanggan.

Tapi, bahkan pada backup mingguan Rumahweb, ternyata pada kenyataannya tidak di backup. Saya sempet mengecek langsung pada cPanel website test saya dan juga mencoba menanyakan nya langsung ke staff support Rumahweb dan mereka membenarkannya bahwa backup otomatis (mingguan) memang tidak diaktifkan, karena bisa menyebabkan kuota hosting segera penuh.

Solusinya? Anda bisa melakukan backup manual secara rutin setiap hari/minggu/bulan.

Jadi, perhatikan ini baik-baik jika Anda berencana pindah ke Rumahweb.

Tentang backup di Rumahweb

Rangkuman Paket Shared Hosting Rumahweb dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Penawaran paket hosting Rumahweb:

paket shared hosting Rumahweb
  • Paket Personal hosting (50MB dan 100MB): Paket yang termurah di Rumahweb. Memiliki sumber daya yang terbatas yang mana menurut saya tidak ideal bahkan untuk membangun sebuah website baru, kecuali tujuan Anda hanya untuk belajar.
  • Paket Professional Hosting (250MB, 500MB, 1GB dan 2GB): Hosting ini cocok untuk traffic dari low to medium. Memiliki storage yang cukup lumayan mulai dari 250MB dengan harga mulai dari Rp 20.000/bulannya. Di paket ini Anda dapat memilih lokasi server di Jakarta/US/Singapore. Dapat dikontrak secara bulanan mulai dari 1 bulan.
  • Paket Enterprise (3GB, 4GB, 10GB, 30GB): Paket hosting ini bisa dikategorikan sebagai hosting bisnis, dimana cocok untuk website dengan traffic yang ramai dengan storage yang besar + bandwidth unlimited. Anda juga akan mendapatkan domain gratis.
  • Paket Hosting WordPress: Harga mulai dari Rp 25.00/bulan. Hosting ini khusus di desain untuk kebutuhan website WordPress yang sudah dioptimalkan demi menunjang performance WordPress. Control panel yang digunakan adalah Plesk. Fitur-fitur penting yang didapatkan termasuk: WordPress Toolkit, WordPress Accelerator, Free SSL dan LiteSpeed Web Browser.
  • Paket VPS/Cloud Server: Harga mulai dari Rp 199.000/bulannya.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Indonesia, Singapore dan US
  • Aktifasi acount: Anda perlu melakukan konfirmasi order/transfer sebelum account Anda aktif.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel dan Plesk (khusus WordPress hosting dan VPS).
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket "Profesional 500MB".
  • Aktivasi domain: Domain tidak langsung aktif, umumnya Anda perlu menunggu 24 - 48 jam (ini yang dinamakan propagansi domain).
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Rumahweb Kepada Anda?

Rumahweb adalah salah satu hosting yang paling berpengalaman di tanah air, mereka sudah berusia lebih dari 15 tahun. Mempertimbangkan bahwa mereka memiliki layanan support yang cukup baik (7/10), saya pikir Rumahweb adalah pilihan hosting yang bagus.

Akan tetapi, Rumahweb memiliki score yang sangat buruk dalam dua faktor utama lainnya, yaitu speed yang lambat (2,32 detik) dan uptime server mereka juga buruk (uptime 99,53%) + tidak memberikan garansi pembelian hosting.

Jelas ketiga hal tersebut adalah kekurangan yang sangat fatal.

Jadi, saya sama sekali tidak merekomendasikan Rumahweb kepada Anda.

Kelebihan:

  • Layanan support yang cukup baik (7/10)
  • Sukses dalam pengujian Load Impact, baik pada 15 dan 25 virtual user
  • Gratis Migrasi Hosting
  • Gratis Domain dan Web Builder
  • Bisa Berlangganan Hosting Secara Bulanan

Kekurangan:

  • Rata-rata Uptime yang Sangat Buruk (99,53%)
  • Rata-rata Page Load Time yang Lambat (2,32 detik)
  • Tidak Ada Garansi Pembelian Hosting!
  • Paket "Professional 250MB" Menawarkan Sumber Daya yang Terbatas
  • Tidak Ada Fitur Backup Otomatis
Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan hosting Rumahweb? Jika iya, jangan sungkan-sungkan menulis reviewnya dikolom komentar ya. Positif atau negatif! Yang penting review yang Anda tulis jujur dan transparan.
  • mudah2an bisa memperbaiki reputasinya, saya pelanggan juga nh,,kecewa, udah seharian ga bisa akses web sendiri, kalau ada rejeki mw migrasi, ada saran ?

  • Bang, bisa minta rekomendasi penyedia cloud hosting yang terbaik secara kualitas (kestabilan) & harga (murah, harga stabil tidak terus naik setiap kali perpanjangan)..?

  • Saya pengguna rumahweb dengan produk seed unlimited.

    Sudah jalan 2 tahun, kendala pasti ada namanya jg buatan manusia.

    Beberapa kali down, tapi langsung up seketika saat kontak via live chat meski tengah malam.

    Tapi sejauh ini sih cukup memuaskan ga terlalu buruk seperti yang diucapkan. (Entah karena saya awam)

    Kalau hanya sekedar hobi dan sharing sesuatu bukan serius worth kok, bahkan pendapatan adsense perbulan juga sudah menutupi biaya hosting domain setahun.

    Saat ini sih tetap stay di rumahweb.

    Mungkin coba lirik yang lain kalau down terlalu sering.

  • rumah web memang bermasalah sama kecepatan sih, imo. Page load cukup lama, baik untuk versi desktop maupun mobile. Semoga ada rezeki buat pindah hosting.

  • Saya sudah masuk tahun ke-3 untuk perpanjangan website di Rumahweb, dan traffic saya masih kurang memuaskan, tiap tahun saya harus update ulang isi website saya karena terasa berat, dan produck di website saya tidak sampai 30 product, padahal saya cuma pakai beberpa plugin dan image rata- rata dibawah 100 mb.

    Dan saya sudah melakukan yang terbaik dalam pengindeksan melalui seo, webmaster, search engine, google search console, dll.
    Jadi untuk toko online hosting apa yang terbaik mas,,? saya tunggu sarannya ya mas..!!!

  • Saya baru saja membeli paket web hosting beserta domainnya. Karena minta dibantu masalah setting email konfigurasi di Android bermasalah IMAP dan SSL tidak bisa detect servernya, eh pihak teknisinya tanpa izin masuk cpanel sy (yg sudah sy ganti passwordnya) dan bikin email buatan dia untuk show ke saya bahwa bisa fungsi email konfigurasinya. Loh.. No privacy dong kalo gitu.. Saya protes sangat keras. Web hosting sebelah aja minta izin dan password cpanel saya waktu mau remote perbaiki permasalahan ini kok seenak udel masuk tanpa permisi, berarti Rumahweb no privacy and no secure. Two thumbs down.
    Saat ini saya sedang protes keras dan minta klarifikasi kejadian ini. Saya sih minta dibatalkan saja paket itu, saya beli ditempat lain saja yah lebih “aman dan privacy” terjamin. Bagaimana tanggapannya dari kasus saya? Terima kasih.

  • dan saya di suspended sama rumahweb, karena addon domain, dan saya belum tahu dimana saja saya melanggar, ,, saya hubungi chatnya mereka seakan marah2 pada saya, dan suruh balas email..

  • saya berlangganan hosting di rumahweb. Share hostnya ga kira kira, web saya dishare sama 46 web lain. Bayangkan rebutan oksigen. dan 1 bulan terakhir ini, entah kenapa, rumah web seperti melimit resource saya, alhasil, web saya sering tidak bisa diakses sama sekali karena load resourcenya flat, dan berlangsung dalam waktu cukup lama, setelah itu normal sebentar dan time out lagi.

    benar-benar tidak disarankan hosting di rumahweb. hanya menang nama, tapi kualitas hostingnya very bad.

    • Sama. Saya sangat 2 kecewa sama hosting ini. Udah terlalu banyak hal yang bikin kecewa . Saya sarankan pindah host aja ke yang lebih baik.

  • sebagai user rumah web saya sangat setuju. Akses situs baik dashboard maupun homepage sangat lambat..
    belom lagi sering down, traffic ilang bosss

  • saya udah dua tahun pake rumah web. tapi jujur aja akhir2 ini kecewa sama pelayanan bantuan teknisnya semenjak saya konsul untuk ngebuka blokir web saya yg di banned facebook dan instagram (yg katanya konten menyalahi pedoman komunitas, padahal isinya cuma tentang parenting sama review produk kecantikan). tim teknis rumah web tidak memberikan solusi yang jelas.

  • 2 tahun saya pakai rumahweb dan akhirnya pindah ke si nomor 1 karena di rumahweb sering down.

    Supportnya sih bagus tapi percuma kalau dering down

  • entahlah, saya pernah merasakan sangat lambat loading dalam dashboard wp saya. kemudian saya copot semua pluggin untuk memastikan bahwa ada plugging yg membuat berat, sampai pluggin tinggal 3 biji tetep saja berat. dari situ saya yakin saya perlu menghubungi team layanan rumah web.

  • Wah terimakasih atas reviewnya mas, saat ini saya sedang membangun aplikasi android tapi servernya menggunakan web gitu, saya ingin meng-upload server tersebut ke hostingan, agar aplikasi yg saya bangun bisa di gunakan banyak orang, rekomendasi hostingan yg bagus buat server semacam itu dimana ya?

  • Wah Terima kasih atas reviewnya,
    saat ini perusahaan di tempat saya bekerja menggunakan rumahweb untuk vps hosting web Learning Management System, kebetulan akan melakukan migrasi,
    mohon sarannya hosting yang recommended mas. (Web LMS sebagai media pembelajaran = 2000 user)

    Terima kasih

  • berdasarkan pengalaman saya memang dulu beberapa tahun saya rasakan bagus sekali loading nya cepat tapi kesini2 sering down tiba2

  • Bener banget mas saya pengguna rumahweb,kurang puas dengan kecepatan servernya.Saya menggunakan paket 500MB dan server IIX trafik saya turun tepat pada mei 2018 dan server sering mengalami down.

  • Mas randika,
    Sangat membantu sekali ulasan mas, terutama utk saya yg kurang pengetahuan masalah web.
    Saya berniat ingin membeli/menggunakan web utk jualan produk saya berupa carbon black (produk utk bahan tinta mesin poto copy, utk pewarna/pigmen dll).
    Baiknya sy menggunakan web mana ya mas…? Tks

  • >