Kami launching produk baru, yaitu MonitorUptime.id, sebuah alat monitoring gratis yang akan mengabarkan Anda ketika website Anda down. Cek Produk >

Review Rumahweb

Update 8 Juni 2020:

Review Rumahweb ini akan saya tangguhkan untuk sementara waktu.

Dampak dari penangguhan ini antara lain:

  • Data uptime dari awal monitoring menjadi tidak akurat
  • Data load time dan load impact juga menjadi tidak akurat

Akan dilakukan investigasi terhadap Rumahweb. Karena sistem security yang mereka buat, ada indikasi bahwa Rumahweb melakukan blocking pada alat monitoring kami sehingga menyebabkan data yang dihasilkan sebelumnya menjadi kurang akurat. 

Jadi, kami meminta maaf kepada semua pihak terkhusus Rumahweb dan Anda agar tidak mempercayai data yang telah kami publikasikan sebelumnya di halaman review ini dan di halaman ini.

Kami belum bisa memastikan kapan review Rumahweb ini akan diupdate, tapi Anda selalu bisa mengunjungi halaman ini untuk melihat rekomendasi provider hosting berdasarkan data hasil penelitian terbaru kami.

Salam,
Willya Randika
Founder Peansihat Hosting

Tinggalkan Komentar

70 Komentar

  1. Karena Gudung Cyber terjadi kebakaran, saya maklum kalau terjadi downtime beberapa hari, tetapi ini sudah berminggu-minggu belum UP.

    Namanya bencana tidak ada yang tahu, yang saya sayangkan adalah desain backup plan mereka yaitu datanya ditaruh di gedung yang sama, dimana ini sangat fatal sekali.

    Jadi, tidak ada gunanya sebenarnya mereka melakukan backup untuk kejadian seperti sekarang.

    UPTIME:
    Secara uptime saya tidak terlalu kecewa karena kebutuhan bandwidth saya tidak terlalu tinggi.

    CS:
    Tidak terlalu bagus, sistem ticketingnya jelek. Harus menggunakan chat, dimana tidak bisa dilakukan secara offline atau harus online.

    Saya ingin pindah ke web hosting lain yang lebih OKE.

    Reply
    • Apa mas tidak punya backup website ditempat lain? Di local computer, DropBox, Drive, etc..?
      Kejadian ini menyadarkan kita untuk tidak 100% mengandalkan data backup dari provider hosting.
      Minimal harus punya 2 data backup:
      1. Dari JetBackup cPanel misalnya,
      2. Dropbox, Drive atau semacamnya (bisa menggunakan plugin di WordPress, seperti BlogVault dan UpdraftPlus untuk otomatis backup ke provider storage yang disebutkan)

      Reply
  2. Awalnya ga percaya ma komen di sini, eh tau taunya bener
    iseng nyoba karena harga diskonan

    bayangin aja support seadanya, server sering ngadat
    PARAH bro, trust me. lu pake hosting lainnya aja

    Reply
  3. Saya uda dari tahun 2010 kali ya dirumahweb dan jarang kendala, tp akhir2 ini entah knp dengan rumahweb.

    Saya ada 2 hosting dirumahweb, yang 1 dalam 1 bulan uda down 4x dan itu kejadian tengah malam pas kita lg tidur. Sampe kesel banget. Akhirnya saya pindahin hostingnya ke yg satunya lg dan ga mau pakai hosting unlimitednya.

    Yang ke 2 lebih better, sampai saat ini baru terjadi down 1 kali dan itu terjadi kemarin pas jam 12 malam juga.

    Saya sedang berfikir mau pindah kemana ya yg jarang down ? Apakah niagahoster jarang down ?Krn website saya kebanyakan diakses diluar negeri yg mengharuskan jarang down.

    Reply
  4. Saya pengguna Rumahweb sejak tahun 2019 awal, dan mungkin akan berhenti di taahun 2021 ini (25/06/2021). Kenapa? selama 2 tahun berlangganan paket WordPress 3 cloudlet memang tidak ada kendala yg berarti, uptime memang belum optimal, namun 2 bulan belakang ini saya merasakan loading page yang teramat merugikan usaha saya.

    Saya pikir awalnya yang bermasalah adalah ISP saya, ternyata saya minta aclient saya akses dari berbagai ISP, sama saja hasilnya.

    Bisa jadi webnya yang bermasalah? Ya, saya sampe se-khusnuzon itu sama rumah web, saya udah otak atik webnya, masih juga. Dan cara terakhir saya untuk memastikan yg bermasalah webnya atau penyedia hostingnya, di awal bulan saya memutuskan untuk membeli domain baru beserta paket trial WP. Dan ternyata sama saja, web kosongan aja loadnya lama mintak ampun, untuk membuka Page Builder DIVI/Elementor, ya ampun lamanya, jadi ga mood lagi dah pokoknya.

    Dari sisi CS udah ga kaya dulu, dulu mah cepet tanggap, sat set sat set, sekarang chat nya kapan, dibalesnya kapan tau dah. Balesan pun udah ngga memberikan solusi.

    Goodbye rumahweb, I’m movin on!

    Reply
  5. Tahun pertama pake rumah web lancar banget sehari trafic 5k masih lancar, tahun kedua tiba-tiba trafick turun sampe dibawah 1k. Pas saya cek ternyata hosting di share lebih ke 20 web yang bikin web sering bengong dan Server down.
    Mau persiapan pindah rumah mungkin ada rekomendasinya yang pertahunnya 1 jutaan aja untuk visitor lokal.

    Reply
    • Mau tanya ke suhu sekalian, untuk cek hostingnya di share ke berapa website caranya gimana ya? Saya pengguna rumahweb juga, belakangan memang terasa jadi lambat. Pingin coba cek juga jadinya. thanks in advance

      Reply
  6. Rumahweb skrg time out dr web helper, telp sampe client, mohon bantuan krna kami sbg client merasa dirugikan saat siswa sedang melakukan ujian sekolah

    Reply
  7. Di rumahweb tidak ada fasilitas pemindahan data hosting, bagi mereka yang akan merubah/mengganti main domain dari paket hosting tsb, kerena tidak semua pengguna paham dengan database, ini cukup merepotkan. Apakah ini hanya di rumahweb saja? terimakasih.

    Reply
  8. gw pindah dari qwords ke rumahweb, malah lebih buruk dari load timenya sama bagian CSnya, Qwords itu cepet banget CSnya, justru rumahweb ini agak lama untuk bagian CSnya

    mana beli setahun lagi, rencana mau pindah kalau udah selesai masa setahunnya

    Reply
  9. saya menggunakan hosting wordpress rumah web untuk kebutuhan toko online saya, tapi setelah coba beberapa minggu akhirnya memutuskan untuk pindah layanan dikarenakan downtime yang terlalu sering, tapi untuk pelayanannya sepengalaman saya cukup memuaskan bagi saya pribadi, pernah melakukan komplain pada jam 2 malam ternyata ditanggapi dalam waktu kurang dari 5 menit.

    Reply
  10. menurut ku pelayanan support dan billing gemblung tidak memuaskan sama sekali, udah kirim bukti screenshot dll nunggu nyampe 1jam lebih gada 1 balasan pun gak jelas

    Reply
  11. Saya gunakan layanan Rumahweb sejak 2018 dan tidak terlalu mendapatkan persoalan. Ohya saya make VPS dan saya masang skrip monitoring server selama ini hasilnya 99% lancar

    Pernah mendapatkan persoalan email kena spam, setelah dikroscek ternyata saya pernah menggunakan layanan “abal²” luar dan mendaftar dengan email domain saya, yang berakibat terpublikasi alamat email ke mana² dan akibatnya email saya dikirim spam namun sudah dibantu teknisi Rumahweb dan kembali normal.

    Kebetulan sebelum menggunakan VPS,
    Saya gunakan hosting di Rumahweb juga 2 bulanan namun terdapat kendala website lambat akses, padahal disk space masih kosong banyak. Dan hasil pengecekan saya dimonitoring, ternyata pengunjung membludak. Saya coba cek pada resource hosting di cpanel pun begitu dibagian apa gitu sudah melebihi limit meskipun disk penyimpanan masih banyak kosong.
    Dengan sadar diri saya upgrade ke VPS dan sampai sekarang (2020) masih normal.

    Begitulah cerita saya tentang Rumahweb.

    Reply
  12. selama menggunakan rumahweb, saya tidak ada keluhan pada hosting. dari saya belajar sampai beberapa projek pun menggunakan rumahweb. kekurangannya hanya di layanan support, mungkin karena keterbatasan sdm.

    kebetulan saya lagi ada projek web dan rencananya mau pakai rumahweb karna menurut saya sederhana dan fitur yang saya butuhkan bisa dikondisikan sesuai kebutuhan (menurut saya hosting kebanyakan fitur pun mubajir) tapi saya butuh review terpercaya untuk hosting tsb. karna harus dipresentasikan makanya saya mengunjungi penasihat hosting. ternyata review rumahweb baru ada di bulan november 2020 saya juga bingung ternyata komentar ttg. rumahweb kurang bagus.

    Reply
  13. Belakangan inilatensinya naik turun sama sering down, padahal saya pakai paket wordpress 5 cloud. hasil ping kadang sampai 150ms

    Reply
  14. Kalau ada hosting lain mending pake hosting lain,
    Masalah bermunculan dari rumahweb , mulai dari downserver yang sering banget , IP luar asia atau luar indoneisa gak bisa akses situs kita, sampe suspen yang gak jelas. Saya ngalamin sendiri

    Reply
  15. email saya seperti ada yg ambil alih, kirim ke bnyaak alamat email. minta tolong untuk di cek dari pihak rumahwebnya, bilangnya komputerr saya yg kena virus/malware. padahal di pc saya ada bbrpa alamat email juga, tapi yg kena cuma 1 email. dan pc saya juga baru di install ulang

    Reply
  16. Wajar ngga mas kalau rumahweb lebih lambat dibanding niagahoster karena seperti yang mas sendiri bilang, pelanggannya banyak?

    Reply
    • Sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk bisa menjaga keseimbangan server, jadi mau pelanggannya banyak atau sedikit itu tidak bisa dijadikan alasan.

      Reply
      • Saya coba minta konfirmasi rumahweb menyoal hal tersebut. Ini tanggapannya:

        External monitoring -seperti yang dilakukan oleh penasihathosting.com- banyak terdeteksi sebagai abuse dan diblokir oleh firewall kami. Sehingga, ketika terblokir, monitoring tools akan melaporkan bahwa layanan mengalami down/tidak dapat diakses. Pada satu sisi, downtime tersebut memang benar terjadi, namun hanya untuk satu tools tersebut saja. Sedangkan dari sisi pengunjung website Bapak, website tetap dapat diakses dengan normal.

        Sebagai informasi tambahan, hingga saat ini kami tidak memberlakukan whitelist untuk external monitoring tools manapun.

        Catatan berikutnya ada pada review fitur backup pada layanan shared hosting Rumahweb, dengan kutipan sbb:
        “Tapi, bahkan pada backup mingguan Rumahweb, ternyata pada kenyataannya tidak di backup. Saya sempet mengecek langsung pada cPanel website test saya dan juga mencoba menanyakan nya langsung ke staff support Rumahweb dan mereka membenarkannya bahwa backup otomatis (mingguan) memang tidak diaktifkan, karena bisa menyebabkan kuota hosting segera penuh.”

        Rumahweb melakukan backup rutin mingguan pada semua layanan shared hosting, selama akun hosting tersebut tidak melakukan pelanggaran terhadap AUP. Namun, file backup mingguan ini kami letakkan pada infrastruktur terpisah, di luar data center yang kami gunakan untuk shared hosting. Pemisahan lokasi backup ini bertujuan supaya data backup tetap terjaga dan kami dapat melakukan recovery data ketika terjadi gangguan pada server maupun komponen infrastruktur lainnya pada data center kami.

        Demikian informasi dari kami. Jangan sungkan atau ragu untuk menghubungi kami kembali apabila masih ada pertanyaan menyangkut produk dan layanan Rumahweb Indonesia.

      • Halo mas Pandu, terima kasih buat informasi nya. Saya akan melakukan investigasi lebih lanjut tentang masalah ini.

        Tapi, jika memang benar seperti itu, saya kira harusnya Rumahweb sudah mengirim kami pesan agar bisa mendiskusikannya, karena tentu akan merugikan mereka sendiri.

  17. Akhirnya selesai juga proses pindahan hosting dari Rumahweb ke Niagahoster. 1 tahun pake Rumahweb parah banget servernya hampir tiap hari down, setiap kerja bikin artikel sering down, setiap kali lapor buka tiket, ditanggapinya lama, dan cuma bilang servernya tidak ada masalah. Ya iya wong downnya 10 menit yang lalu, loe balesnya kapan. Bukannya diatasi servernya supaya ga sering down, malah dibilang servernya tidak ada masalah.
    Padahal website saya masih kecil tapi malah dibilang website saya butuh paket yang lebih tinggi agar tidak sering down.. hahaha.

    Jangan pernah lah daftar di Rumahweb, dijamin nyesel.
    Udah 2 minggu di Niagahoster satu kalipun ga pernah down, semua fitur2nya juga langsung aktif tanpa masalah. Google crawl juga semua 200/OK, di Rumahweb Google crawlnya selalu bermasalah. Alhasil ngerusak peringkat/SEO. SSL di Rumahweb aja error mulu aktivasinya. Di Niagahoster langsung klik langsung aktif.

    Reply
  18. mudah2an bisa memperbaiki reputasinya, saya pelanggan juga nh,,kecewa, udah seharian ga bisa akses web sendiri, kalau ada rejeki mw migrasi, ada saran ?

    Reply
  19. Bang, bisa minta rekomendasi penyedia cloud hosting yang terbaik secara kualitas (kestabilan) & harga (murah, harga stabil tidak terus naik setiap kali perpanjangan)..?

    Reply
  20. Saya pengguna rumahweb dengan produk seed unlimited.

    Sudah jalan 2 tahun, kendala pasti ada namanya jg buatan manusia.

    Beberapa kali down, tapi langsung up seketika saat kontak via live chat meski tengah malam.

    Tapi sejauh ini sih cukup memuaskan ga terlalu buruk seperti yang diucapkan. (Entah karena saya awam)

    Kalau hanya sekedar hobi dan sharing sesuatu bukan serius worth kok, bahkan pendapatan adsense perbulan juga sudah menutupi biaya hosting domain setahun.

    Saat ini sih tetap stay di rumahweb.

    Mungkin coba lirik yang lain kalau down terlalu sering.

    Reply
  21. rumah web memang bermasalah sama kecepatan sih, imo. Page load cukup lama, baik untuk versi desktop maupun mobile. Semoga ada rezeki buat pindah hosting.

    Reply
  22. Saya sudah masuk tahun ke-3 untuk perpanjangan website di Rumahweb, dan traffic saya masih kurang memuaskan, tiap tahun saya harus update ulang isi website saya karena terasa berat, dan produck di website saya tidak sampai 30 product, padahal saya cuma pakai beberpa plugin dan image rata- rata dibawah 100 mb.

    Dan saya sudah melakukan yang terbaik dalam pengindeksan melalui seo, webmaster, search engine, google search console, dll.
    Jadi untuk toko online hosting apa yang terbaik mas,,? saya tunggu sarannya ya mas..!!!

    Reply
  23. Saya baru saja membeli paket web hosting beserta domainnya. Karena minta dibantu masalah setting email konfigurasi di Android bermasalah IMAP dan SSL tidak bisa detect servernya, eh pihak teknisinya tanpa izin masuk cpanel sy (yg sudah sy ganti passwordnya) dan bikin email buatan dia untuk show ke saya bahwa bisa fungsi email konfigurasinya. Loh.. No privacy dong kalo gitu.. Saya protes sangat keras. Web hosting sebelah aja minta izin dan password cpanel saya waktu mau remote perbaiki permasalahan ini kok seenak udel masuk tanpa permisi, berarti Rumahweb no privacy and no secure. Two thumbs down.
    Saat ini saya sedang protes keras dan minta klarifikasi kejadian ini. Saya sih minta dibatalkan saja paket itu, saya beli ditempat lain saja yah lebih “aman dan privacy” terjamin. Bagaimana tanggapannya dari kasus saya? Terima kasih.

    Reply
  24. dan saya di suspended sama rumahweb, karena addon domain, dan saya belum tahu dimana saja saya melanggar, ,, saya hubungi chatnya mereka seakan marah2 pada saya, dan suruh balas email..

    Reply
  25. saya berlangganan hosting di rumahweb. Share hostnya ga kira kira, web saya dishare sama 46 web lain. Bayangkan rebutan oksigen. dan 1 bulan terakhir ini, entah kenapa, rumah web seperti melimit resource saya, alhasil, web saya sering tidak bisa diakses sama sekali karena load resourcenya flat, dan berlangsung dalam waktu cukup lama, setelah itu normal sebentar dan time out lagi.

    benar-benar tidak disarankan hosting di rumahweb. hanya menang nama, tapi kualitas hostingnya very bad.

    Reply
    • Sama. Saya sangat 2 kecewa sama hosting ini. Udah terlalu banyak hal yang bikin kecewa . Saya sarankan pindah host aja ke yang lebih baik.

      Reply
  26. sebagai user rumah web saya sangat setuju. Akses situs baik dashboard maupun homepage sangat lambat..
    belom lagi sering down, traffic ilang bosss

    Reply
  27. saya udah dua tahun pake rumah web. tapi jujur aja akhir2 ini kecewa sama pelayanan bantuan teknisnya semenjak saya konsul untuk ngebuka blokir web saya yg di banned facebook dan instagram (yg katanya konten menyalahi pedoman komunitas, padahal isinya cuma tentang parenting sama review produk kecantikan). tim teknis rumah web tidak memberikan solusi yang jelas.

    Reply
  28. 2 tahun saya pakai rumahweb dan akhirnya pindah ke si nomor 1 karena di rumahweb sering down.

    Supportnya sih bagus tapi percuma kalau dering down

    Reply
  29. entahlah, saya pernah merasakan sangat lambat loading dalam dashboard wp saya. kemudian saya copot semua pluggin untuk memastikan bahwa ada plugging yg membuat berat, sampai pluggin tinggal 3 biji tetep saja berat. dari situ saya yakin saya perlu menghubungi team layanan rumah web.

    Reply
  30. Wah terimakasih atas reviewnya mas, saat ini saya sedang membangun aplikasi android tapi servernya menggunakan web gitu, saya ingin meng-upload server tersebut ke hostingan, agar aplikasi yg saya bangun bisa di gunakan banyak orang, rekomendasi hostingan yg bagus buat server semacam itu dimana ya?

    Reply
  31. Wah Terima kasih atas reviewnya,
    saat ini perusahaan di tempat saya bekerja menggunakan rumahweb untuk vps hosting web Learning Management System, kebetulan akan melakukan migrasi,
    mohon sarannya hosting yang recommended mas. (Web LMS sebagai media pembelajaran = 2000 user)

    Terima kasih

    Reply
  32. Bener banget mas saya pengguna rumahweb,kurang puas dengan kecepatan servernya.Saya menggunakan paket 500MB dan server IIX trafik saya turun tepat pada mei 2018 dan server sering mengalami down.

    Reply
  33. Mas randika,
    Sangat membantu sekali ulasan mas, terutama utk saya yg kurang pengetahuan masalah web.
    Saya berniat ingin membeli/menggunakan web utk jualan produk saya berupa carbon black (produk utk bahan tinta mesin poto copy, utk pewarna/pigmen dll).
    Baiknya sy menggunakan web mana ya mas…? Tks

    Reply