Review Exabytes Indonesia

Bukan Pilihan Hosting yang Bagus (Hint: Uptime, Speed dan Support yang Buruk)

Selama 7 bulan terakhir, saya memonitoring server Exabytes Indonesia untuk menemukan data rata-rata uptime dan page load time (speed) nya.


Saya juga melakukan pengujian terhadap kualitas layanan supportnya, sehingga hasil review ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada Anda tentang kualitas hosting Exabytes Indonesia.

Apa itu Exabytes? Dan Apa yang Mereka Lakukan?

Exabytes adalah perusahaan hosting yang sudah lama berdiri.

Mereka didirikan pada tahun 2001 dan telah dipercaya lebih dari 100.000 pelanggan di 121 negara, mengelola lebih dari 1000 server dengan 100.000+ situs web dan 1.000.000+ akun email.

Sebuah pencapaian yang luar biasa, bukan?

Review Exabytes Indonesia

Melihat pengalamannya yang sudah 18 tahun dan pencapaian yang luar biasa tersebut, saya kira tidak berlebihan mengatakan bahwa saya dan Anda memiliki harapan besar terhadap kualitas hosting dari Exabytes.

Benar?

Nah, pada akhir April 2016 lalu Exabytes secara resmi masuk ke Indonesia. 

Mereka menggunakan data center yang diklaim terbaik di Indonesia, yaitu NEX Data Center, sebuah Data Center yang menyediakan premium neutral-carrier colocation server dan sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009.

Kelihatannya agak menjanjikan, bukan?

Dalam review Exabytes Indonesia ini, Anda akan mengetahui tentang seberapa baik web server yang mereka gunakan. Alat yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah Site24x7, salah satu alat/layanan monitoring terbaik yang ada di pasaran.

Tapi sebelum kita membahas tentang data, sebenarnya ada hal menarik yang mau saya bahas terlebih dahulu. Ini berkaitan dengan klaim yang disebutkan oleh Exabytes dalam halaman depan website mereka.

Jika Anda perhatikan bahwa mereka menggaransi server uptime 99,5%, sementara sebagian besar provider web hosting di Indonesia menggaransi uptime 99,9%.

Exabytes

Pertanyaannya, apakah 99,5% sudah cukup bagus? Bagaimana dengan sebagian besar yang 99,9%? Atau bahkan 99,999% yang terkadang disebut "Five Nines" atau bagaimana dengan Dewaweb Hosting yang menggaransi 100% uptime?

Saya kira Anda akan setuju ketika saya mengatakan bahwa angka yang lebih dari 99% itu selalu terdengar bagus. 

Tapi coba Anda pikirkan lagi...

Sebenarnya, perbedaan yang tampaknya kecil ini antara 99,5% ke 100% dapat memberikan dampak yang besar bagi kehandalan suatu layanan web hosting.

Jika saya hitung menggunakan kalkulator uptime, 99,5% itu artinya adalah website Anda akan mengalami downtime selama 3 jam 39 menit dan 8.7 detik dalam 1 bulan.

Faktanya, 18 dari 20 provider web hosting Indonesia yang telah saya review, rata-rata uptimenya lebih dari 99,5%. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa garansi server uptime 99,5% itu adalah garansi yang buruk.

Tapi, yes itu hanyalah sebuah garansi. Tentu saja masih ada peluang lebih bagus dari itu bukan? Meskipun juga bisa lebih buruk.

Dan untuk mengetahuinya, saya telah membeli paket hosting Ebiz Plus dan menginstall blog WordPress untuk tujuan pengetesan.

Kelebihan Menggunakan Exabytes Indonesia

Di Penasihat Hosting saya berkomitmen untuk memberikan Anda informasi yang tidak bias dan transparan. Semua review hosting sangat bergantung pada data yang relevan dan secara statistik dapat diukur untuk menentukan kualitas suatu layanan web hosting.

Jadi, setelah meninjau banyak aspek, saya menemukan beberapa kelebihan menggunakan layanan Exabytes Indonesia berikut ini.

1. Memberikan Garansi yang Sangat Panjang = 100 Hari

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari, tetapi di Exabytes Anda akan mendapatkan garansi 3x lipat lebih panjang + 10 hari dari standar garansi pada umumnya.

Pemberian garansi yang panjang adalah tanda bahwa suatu perusahaan percaya diri dengan kualitasnya. 

Saya kira Exabytes adalah satu dari sedikit provider di dunia yang berani memberikan garansi 100 hari kepada pelanggan barunya.

Jadi, 4 jempol buat Exabytes.

2. Gratis Fitur Bakcup Harian

Fitur backup harian adalah fitur premium.

Tidak banyak provider hosting yang menawarkannya secara gratis, bahkan provider tertentu seperti Rumah Hosting mengenakan fitur backup seharga Rp 600.000, sementara sebagian provider hosting lainnya hanya menyediakan fitur backup harian pada paket tertentu atau paket yang lebih mahal.

Kelebihan lainnya adalah file backup Anda akan disimpan hingga 14 hari terakhir dan fitur ini bahkan bisa dirasakan di semua paket hosting termasuk paket yang paling murah sekalipun (EBiz Lite).

3. Jumlah Resources yang Cukup Besar Pada Paket Termurah (Ebiz Lite)

Di paket EBiz Lite, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB dengan badwidth 20 GB, kemudian dapat membuat 10 akun email, 10 sub domain, dan 10 database MySQL. Max Physical Memory nya pun 1 GB, cukup besar bukan?

Meskipun paket ini hanya diperuntukkan untuk kebutuhan 1 website saja, tapi jumlah sumber daya yang ditawarkannya cukup besar untuk kelas paket termurah seharga Rp 15.000/bulan (70% diskon).

4. Gratis Domain Untuk Durasi Berlangganan Minimal 1 Tahun

Apapun paket hosting yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan gratis domain bila berlangganan dengan durasi minimal 1 tahun.

Kekurangan Menggunakan Exabytes Indonesia

Jika Anda mungkin sudah membaca review hosting lainnya di website ini, Anda akan menyadari bahwa ada faktor penting yang hilang dalam penjelasan kelebihan Exabytes Indonesia diatas.

Dan bukan hanya satu atau dua, tapi mereka kehilangan semua faktor penting yang menentukan kualitas suatu layanan web hosting.

Kesemua faktor itu adalah uptime yang bagus (diatas 99,9%). page load time yang cepat (dibawah 1 detik atau 1000ms) dan layanan support yang baik.

Kita akan bahas semuanya dalam poin kekurangan dibawah ini.

1. Rata-rata Uptime yang Sangat Buruk (#19 dari 20)

Uptime adalah faktor penting nomor satu yang harus Anda perhatikan ketika memilih layanan hosting.

Uptime ini dampaknya langsung ke pendapatan, jika sebuah server sering mengalami downtime dan dalam waktu yang lama, maka bisa dipastikan pendapatan Anda akan berkurang karena pengunjung yang tidak bisa mengakses website Anda.

Idealnya adalah uptime harus diatas 99,9%, tapi saya pribadi dan tentu saja saya yakin Anda sebagai pelaku bisnis pasti menginginkan server yang handal dimana angka 99,9% saja tidak cukup.

Ingat, rata-rata uptime 99,9% artinya adalah website Anda akan down selama 43 menit dan 49.7 detik dalam 1 bulan.

Jadi, selama 7 bulan monitoring, rata-rata uptime Exabytes Indonesia adalah 99,38%.

uptime Exabytes update Maret 2019

Begini detailnya dari bulan ke bulan:

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

99,99%

855ms

Oktober 2018

99,36%

868ms

November 2018

98,97%

1176ms

Desember 2018

98,02%

1459ms

Januari 2019

99,57%

1516ms

Februari 2019

99,88%

1158ms

Maret 2019

99,90%

960ms

Sebenarnya rata-rata uptime Exabytes Indonesia sangat mengesankan pada bulan pertama monitoring, tetapi saya tidak tahu apa yang terjadi pada bulan-bulan selanjunya dimana server mereka sering sekali mengalami downtime.

Saya mendapatkan email pemberitahuan adanya maintenance server pada bulan November/Desember, tetapi tidak ada perbaikan yang cukup terlihat setelahnya.

Tetapi, sepertinya mereka mulai melakukan perbaikan pada server sejak pertengahan Februari 2019. Cukup terlihat peningkatannya, uptime mereka jauh lebih baik, bahkan pada Maret 2019 menyentuh rata-rata yang baik, yaitu 99,90%.

Menarik untuk melihat datanya lebih jauh.

2. Speed yang Sangat Lambat (#19 dari 20)

Tidak hanya rata-rata uptime nya saja yang buruk, speed Exabytes Indonesia pun lambat.

Rata-rata page load time (speed) Exabytes Indonesia dalam 7 bulan terakhir:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

570ms

Oktober 2018

1273ms

November 2018

2011ms

Desember 2018

2719ms

Januari 2019

3258ms

Februari 2019

2175ms

Maret 2019

1171ms

Sepertinya mereka benar-benar melakukan perbaikan pada server. Terlihat pada tabel dan grafik page load time dibawah, adanya penurunan total page load time yang dimulai dari bulan Januari.

speed Exabytes Indonesia update hingga Maret 2019

Dan memang terlihat ada penurunan jika kita melihat data update per April 2019, page load time mereka turun menjadi hanya 1171ms, dari sebelumnya mencapai lebih dari 3258ms (3,2 detik).

Saya cukup penasaran untuk mengetahui apa yang Exabytes Indonesia lakukan dalam meningkatkan performa servernya, maka saya menghubungi Mas Indra Hartawan, selaku Country Manager Exabytes Indonesia.

Respons Exabytes Terhadap Perbaikan Performa Server

Ternyata memang benar, mereka melakukan perbaikan pada sisi server. 

Kita akan melihat datanya lebih jauh pada bulan-bulan selanjutnya untuk melihat sejauh apa perbaikan yang telah mereka lakukan.

Namun untuk saat ini, saya bisa katakan bahwa Exabytes Indonesia adalah perusahaan dengan management yang baik, mereka mendengar keluhan pelanggan dan cepat melakukan tindakan guna memperbaiki layanan.

Sebuah indikasi yang bagus, bukan? 

3. Technical Supportnya Agak Kurang Membantu

Untuk mengetahui seberapa baik kualitas layanan support Exabytes Indonesia, seperti biasa saya memelakukan pengujian support melalui live chat, karena terkadang pesan yang dikirim melalui tiket dan email akan lebih lama responsenya.

Dan seperti yang sudah-sudah juga, saya hanya menanyakan pertanyaan-pertanyaan dasar, seperti bagaimana menambahkan domain baru (add on domain), membuat akun email dan menanyakan soal fitur anti spam (security).

Support Exabytes Indonesia

Singkatnya, pengalaman saya agak kurang menyenangkan.

Pesan saya yang awalnya ditanggapi cepat kurang dari 5 menit, kemudian menjadi lama bahkan harus menunggu 18 menit untuk mengetahui jawaban tentang bagaimana cara membuat akun email.

Technical supportnya hanya menjawab bisa menggunakan alternatif G Suite untuk membuat akun email atau diminta untuk menanyakannya ke tim Sales yang mana agak membingungkan karena persoalan teknis yang kecil seperti ini harusnya bisa dibantu oleh tim technical support.

Dan agar review ini up-to-date, maka saya melakukan pengujian ulang pada tanggal 4 April 2019.

Ekspektasi saya cukup tinggi pada awalnya, karena mereka tidak hanya melakukan perbaikan dari sisi server, tetapi juga dari sisi support baik customer care maupun technical supportnya.

Lalu bagaimana hasilnya?

uji coba support Exabytes Indonesia

Sangat mengecewakan. Support saya tidak ditanggapi sama sekali oleh team support setelah lebih dari 30 menit menunggu.

Sepertinya perbaikan belum terlihat dari sisi support.

4. Dikenakan Biaya Untuk Migrasi Hosting

Sementara sebagian besar provider web hosting mau membantu secara cuma-cuma alias gratis untuk migrasi hosting, di Exabytes Indonesia, migrasi hosting dikenakan biaya sebesar Rp 300.000.

Hmm.. lumayan mahal si untuk harga pasaran jasa migrasi di Indonesia.

Tapi keuntungan migrasi ke Exabytes Indonesia adalah Anda akan mendapatkan diskon 50% dan keuntungan lainnya. Anda dapat membaca informasi lengkapnya disini.

Rangkuman Paket Hosting Exabytes Indonesia dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Exabytes Indonesia menyediakan berbagai jenis hosting, mulai dari shared hosting (Linux dan Windows), WordPress hosting, cloud VPS, reseller hosting dan dedicated server hosting.

Penawaran Paket Hosting Exabytes Indonesia:

Yang saya rangkum disini adalah khusus paket shared hosting nya saja, karena shared hosting sangat cocok untuk pemula.

Pilihan Paket Website Exabytes Indonesia
  • Web Hosting (EBiz Lite, EBiz Plus dan EBiz Gold): Harga mulai dari Rp 15.000 bulan dengan jumlah storage mulai dari 10 GB hingga 500 GB, bandwidth 20 GB hingga 500 GB. Anda bisa upgrade ke Paket PRO untuk mendapatkan kapasitas yang unlimited. Anda akan mendapatkan gratis domain apapun paket yang Anda pilih.
  • Web Hosting Premium SSD (EBiz Lite, EBiz Plus dan EBiz Gold): Ini adalah paket yang diperuntukkan untuk hosting bisnis. Biayanya mulai dari RP 82.500/bulan. Secara garis besar, paket hosting premium ini lebih besar resourcesnya, lebih besar memory nya, lebih bagus security nya, dan Anda juga akan mendapatkan gratis domain dan gratis privasi domain.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Untuk saat ini hanya tersedia server di Jakarta saja
  • Metode pembayaran: Aktivasi instan (Kartu kredit, Doku Wallet, iPay88, virtual account Bak Permata, PayPal dan group Alfamart) dan transfer bank manual (BCA, Mandiri dan CIMB Niaga).
  • Aktifasi acount: Aktivasi instan jika melakukan pembayaran via kartu kredit dan akun virtual, sedangkan metode transfer bank bisa memakan 3 hari kerja.
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Gratis domain: Apapaun paket yang Anda pilih Anda akan mendapatkan gratis domain.
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Apakah Saya Merekomendasikan Exabytes Indonesia?

Tentu saja tidak.

Mereka gagal di semua faktor penting: rata-rata uptime yang buruk (99,38%), speed yang lambat (2087ms) dan customer support yang buruk (5/10).

Jadi, saya sama sekali TIDAK merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Ingin melihat daftar web hosting terbaik Indonesia yang sukses di semua faktor: uptime, page load time dan support? Silahkan cek di halaman ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Exabytes Indonesia Review
Author Rating
11stargraygraygraygray
  • Saya pribadi sempat melirik Exabytes untuk berlangganan paket hosting di sana. Faktor terbesar yang mendorong saya untuk mempertimbangkan Exabytes tentu nama besar mereka dan dukungan infrastruktur teknis yang cukup mumpuni.

    Satu-satunya hal yang menunda keputusan untuk mencoba Exabytes pada saat itu adalah alokasi bandwidth yang sangat rendah. Bahkan untuk paket EBiz Plus sekalipun, jumlah 100GB masih bisa dibilang kecil. Jika saja Exabytes menawarkan unlimited bandwidth -seperti kebanyakan hosting di Indonesia, bahkan di paket terkecil sekalipun- maka saya mungkin sudah berlangganan di sana.

    Mencermati hasil pengujian di atas memang sangat menyedihkan karena hasil yang didapat ternyata tidak sesuai dengan nama besar Exabytes. Semoga menjadi bahan pembelajaran.

  • >