Review Domosquare

Mengapa Hanya Rank 14th Dari 20 Web Host?

Dalam rangka mengetahui seberapa baik kualitas hosting Domosquare, saya membeli paket hosting "Freedom 500" dan mengetesnya pada sebuah blog WordPress


Kemudian saya monitoring uptime dan page load timenya menggunakan tool monitoring Site24x7. Sehingga hasil review ini sangat bisa diandalkan karena menggunakan data yang dapat diukur.

Apa itu Domosquare? Dan Apa yang Mereka Lakukan?

Mungkin Anda sudah mengenal hosting yang satu ini, karena mereka bukanlah pemain baru dalam industri web hosting tanah air.

DomoSquare telah berdiri sejak tahun 2005. Mereka juga mengklaim sebagai salah satu pelopor pertama hosting murah di Indonesia.

Review DomoSquare

Jika Anda membaca halaman tentang DomoSquare, Anda akan menemukan bahwa mereka sangat percaya diri dengan kualitas yang mereka miliki.

DomoSquare bahkan dipercaya oleh beberapa perusahaan hosting besar di Indonesia untuk menjadi konsultan dan sysadmin dan ini membuktikan bahwa DomoSquare adalah 'Guru' dalam bidang hosting.

Mereka juga melakukan inovasi yang tiada henti hingga mempeoleh apresiasi penghargaan dari Menteri Pemuda & Olahraga Adiyaksa Dault semasa beliau menjabat atas dedikasi dalam dunia informasi dan teknologi di Indonesia.

Jika membca sekilas profile DomoSquare diatas, saya kira Anda akan setuju bahwa DomoSquare adalah perusahaan hosting yang sudah mumpuni.

Tapi, kita membutuhkan data untuk membuktikan itu semua.

Karena sebenarnya bukanlah klaim ataupun penghargaan yang menentukan kualitas layanan hosting, tetapi ada faktor-faktor lainnya yang jika faktor-faktor ini bagus, maka layanan hosting tersebut bisa dikatakan bagus.

Dan faktor-faktor tersebut tidak lain tidak bukan adalah uptime yang stabil (minimal 99,90%), page load time yang cepat (dibawah 1000ms/1 detik) dan support yang baik. 

Kelebihan Menggunakan DomoSquare

DomoSquare telah berada dalam industri ini selama lebih dari 10 tahun.

Tapi agaknya mereka tidak banyak belajar dari pengalaman. Tidak banyak kelebihan yang bisa saya paparkan dalam review ini.

Rata-rata uptime yang stabil dan server yang cepat sayangnya tidak menjadi kelebihan mereka.

1. Customer Support yang Cukup Baik

Customer is king.

Saya rasa quote itu masih berlaku hingga saat ini, terlebih dalam bisnis web hosting di Indonesia.

Tidak banyak pengguna yang memahami soal teknis, seperti uptime dan page load time. Tapi jika suatu perusahaan hosting dapat memberikan customer support yang bagus, maka orang non teknis pun akan menilai itu bagus, meski mereka tidak mengetahui se-stabil dan se-cepat apa web server yang mereka gunakan.

Jadi, saya melakukan pengetesan secara manual dengan bertanya hal-hal teknis melalui live chat dengan customer support DomoSquare.

Test support Domosquare 1

Respons nya cepat, tetapi supportnya tidak melayani. 

Apa maksud saya dengan tidak melayani?

Sekali lagi, tidak semua pengguna adalah orang teknis, maka idealnya adalah customer support harus benar-benar membantu setiap masalah client hingga selesai. 

Tidak hanya memberikan jawaban dengan mengirimkan sebuah link menuju panduan yang telah mereka tulis.

Sayangnya, support seperti ini sudah menjadi standar baku di sebagian besar penyedia hosting di Indonesia.

Jadi, saya menilai support seperti ini standar saja. Dalam kasus DomoSquare poin plusnya adalah respons mereka cepat.

2. Garansi Hosting yang Panjang: 45 Hari

Standar garansi dalam industri web hosting adalah 30 hari.

Tapi tidak untuk DomoSquare. Mereka sangat percaya diri dalam layanan mereka, bahwa mereka memberikan garansi selama 45 hari untuk shared hosting dan reseller hosting.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam ketentuan garansinya:

  • Untuk masa berlangganan tahunan, garansi berlaku penuh selama 45 hari
  • Untuk masa berlangganan yang sifatnya bulanan atau kurang dari 12 bulan, maka garansi hanya berlaku 7 hari dari awal pembelian
  • Jenis pembayaran berikut tidak bisa ditransfer ulang tapi bisa dimasukkan kedalam kredit/saldo member area: transfer tunai, pembayaran western union dan pembayaran langsung.
  • Tidak ada pengembalian uang pada dedicated server hosting, biaya IP, biaya administrasi dan biaya untuk menginstall/kustomisasi perangkat lunak dan pembelian nama domain
  • Refund hanya berlaku satu kali selama menjadi member, jadi apabila Anda sudah melakukan refund sebelumnya maka Anda tidak bisa lagi melakukan refund pada order kedua.

3. Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain

Sama seperti kebanyakan penyedia hosting lainnya, Anda juga akan mendapatkan bantuan gratis jika berencana pindah ke DomoSquare.

Selain itu, mereka juga memiliki paket hosting gratis domain yang dapat Anda lihat detailnya di halaman ini.

Kekurangan Menggunakan DomoSquare

DomoSquare gagal di 2 faktor penting. Mereka mencatat rata-rata uptime yang buruk dan page load timenya pun tidak terlalu bagus.

1. Rata-rata Uptime yang Dibawah Rata-rata (#17 dari 20)

Di bulan pertama monitoring, saya sangat kecewa karena mereka mencatat rata-rata uptime yang sangat buruk, yaitu 98,62%, artinya dalam bulan itu server mengalami downtime selama 10 jam, 4 menit dan 50,5 detik.

Rata-rata uptime server mereka selama 7 bulan terakhir adalah 99,52%.

Rata-rata uptime DomoSquare Hingga Maret 2019

Sebenarnya, server DomoSquare cukup mengesankan.

Jika Anda lihat dalam tabel dibawah, 4 dari 7 bulan catatan rata-rata uptime mereka sangat baik, bahkan di bulan Januari mencapai 100%.

Permasalahannya adalah tidak konsisten atau tidak stabil.

Yang terparah adalah di bulan Maret 2019 dimana server mereka mengalami downtime dengan durasi yang sangat lama, yaitu 11 jam dan 51 menit.

BULAN

UPTIME

RESPONSE TIME

September 2018

98,62%

565ms

Oktober 2018

99,96%

631ms

November 2018

99,91%

998ms

Desember 2018

99,76%

992ms

Januari 2019

100%

975ms

Februari 2019

99,99%

971ms

Maret 2019

98,41%

1038ms

2. Page Speed yang Hanya 'OK' (#11 dari 20)

Setelah website Anda 'live' dan bisa diakses semua orang di internet, yang Anda butuhkan selanjutnya adalah kecepatan.

Mengapa?

Karena pengguna internet sangat terobsesi dengan kecepatan.

Jika website Anda lambat, maka pengunjung yang datang akan lebih sedikit, itu artinya tingkat konversi akan menurun, maka tentu saja pendapatan Anda juga akan menurun.

Dan web host dengan server yang cepat adalah salah satu faktor terbesarnya.

Jadi, setelah melakukan pengetesan di banyak perusahaan hosting, saya mengambil kesimpulan bahwa minimal page load time yang cepat adalah dibawah 1000ms atau 1 detik.

Lalu, bagaimana hasil page load DomoSquare sejauh ini?

Rata-rata selama 7 bulan terakhir adalah 1,031ms. Tidak cepat, tidak lambat, hanya 'OK'.

Rata-rata speed DomoSquare hingga Maret 2019

Data lengkap dapat dilihat disini

Berikut detailnya dari bulan ke bulan selama 7 bulan terakhir:

BULAN

AVERAGE SPEED

September 2018

930ms

Oktober 2018

890ms

November 2018

1039ms

Desember 2018

1075ms

Januari 2019

1118ms

Februari 2019

1107ms

Maret 2019

1065ms

3. Keterbatasan Dalam Fitur Backup dan Restore

DomoSquare menawarkan fitur backup pada semua paket hostingnya. Itu bagus.

Tapi fitur backup yang ditawarkan memiliki keterbatasan-keterbatasan yang beberapanya terdengar konyol menurut saya.

Diantaranya:

  • Backup hanya dilakukan 1-2x dalam seminggu (weekly backup). Jadi, tidak tersedia daily backup walau pada paket bisnis sekalipun
  • Request restore maksimal hanya bisa diajukan 1x dalam setiap bulannya. Jika lebih dari itu, maka akan dikenakan biaya sesuai ukuran space yang dipakai.
  • Pada setiap dilakukan backup akan menimpa file backup sebelumnya, jadi Anda tidak bisa meminta backup sesuai tanggal tertentu.
  • Fitur backup manual tidak tersedia di cPanel jika Anda menggunakan space hingga 10GB. Anda perlu melakukan request backup manual maksimal 2x dalam 1 bulan
  • Jika pemakaian lebih dari 10GB, maka DomoSquare tidak bertanggung jawab untuk membackup website Anda. Backup manual di cPanel pun tidak tersedia, bahkan Anda tidak pula dapat merequest backup manual.

Masih ada beberapa keterbatasan lainnya yang dapat Anda lihat di halaman ini.

4. Beberapa Paket Hosting Standard Memiliki Keterbatasan Sumber Daya

Pada Paket Hosting Standard DS 50, DS 100 dan DS 200 memilki sumber daya yang terbatas. Meskipun bandwidth yang ditawarkan sangat banyak bahkan unlimited, namun disk space yang tersedia hanya 50 MB sampai 200 MB.

Tapi apabila Anda hanya berencana membuat blog personal atau blog hobby saja, saya kira keterbatasan ini tidak akan menjadi masalah buat Anda.

Saran saya ambil minimal paket DS 200 dengan storage 200 MB, karena jumlah storage yang tersedia pada paket DS 50 dan DS 100 sangat tidak ideal untuk membangun website baru.

Rangkuman Paket Hosting DomoSquare dan Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

Rangkuman penawaran paket hosting di DomoSquare:

DomoSquare menawarkan banyak sekali pilihan paket hosting.

Apapun kebutuhan Anda, semua ada di DomoSquare, mulai dari hosting standard (7 pilihan paket), hosting free domain (4 pilihan paket), hosting enterprise (5 pilihan paket), dan hosting radio, reseller hosting, VPS hosting dan Dedicated Server Hosting.

Tapi menurut saya pilihan paket shared hostingnya sangat tidak fleksibel karena banyaknya pilihan paket yang dapat membuat bingung pengguna pemula.

Paket Hosting DomoSquare
  • Hosting Standard (DS 50, DS 100, DS 200, DS 500,DS 1000, DS 2000, DS 3000): Hosting berbiaya murah mulai dari Rp 1rb/bulan.
  • Hosting Free Domain (Freedom 100, Freedom 200, Freedom 500 dan Freedom 1000): Bedanya dengan hosting standard adalah hosting ini sudah include dengan domain gratis selamanya untuk masa berlangganan minimal 1 tahun.
  • Hosting Unlimited (Unlimited 1, Unlimited 2, Unlimited 3): Harga mulai dari Rp 49,900/bulan dan akan mendapatkan gratis domain selamanya.
  • Hosting Enterprise (Enter 5, Enter 7, Enter 10, Enter 25 dan Enter 50): Ini adalah hosting bisnis yang ditujukan untuk kebutuhan sumber daya yang besar. Anda juga akan mendapatkan gratis domain selamanya untuk periode langganan tahunan.

Informasi Penting Lainnya yang Perlu Anda Ketahui:

  • Pilihan server: Singapore, USA dan Indonesia
  • Metode pembayaran: Rekening Pembayaran Otomatis (Mandiri, Mandiri Syariah, BCA, BRI, BNI dan PayPal), rekening pembayaran non otomatis - wajib melakukan konfirmasi manual dan menyertakan bukti transfer (CIMB NIAGA).
  • Gratis domain: Jika berlangganan tahunan untuk paket hosting free domain, unlimited dan enterprise
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.
  • Produk lainnya: Hosting radio, Payment gateaway Bank Indonesia, SMS Gateway, Premium SSL, Web Design, cPanel License & Server Addons

Apakah Saya Merekomendasikan DomoSquare?

Tidak.

DomoSquare memiliki server yang tidak stabil, rata-rata uptime mereka dalam 5 bulan terakhir adalah 99,52% yang mana jauh dibawah standar ideal.

Speed mereka juga tidak terlalu bagus, hanya 'OK'.

Jadi, saya tidak merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Ingin memilih web hosting yang berhasil di tiga faktor: uptime, page load time dan support? Lihat daftarnya di halaman web hosting terbaik Indonesia ini.


Catatan dan batasan review:

-Saya menginstal blog WordPress dengan pengaturan default dalam pengujian ini: www.penasihathosting-ds.com.

-Review ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan paket "Freedom 500" dengan pilihan lokasi server di Indonesia. Jika Anda memilih lokasi server di Singapore atau USA, maka uptime dan page load time yang Anda terima mungkin akan tidak sama.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Domosqaure Review
Author Rating
21star1stargraygraygray
>