Review SiteGround

Hosting Dengan Server yang Handal + Support 10/10

Saya sudah melakukan research dan pengujian secara manual terhadap 20 lebih web hosting yang berbeda, dan untuk kategori shared hosting, SiteGround adalah yang terbaik.

Anda bisa melihat hasil pengujiannya dihalaman hosting luar negri terbaik ini.

Review Layanan Shared Hosting SiteGround

Nah, diindividual review ini secara khusus saya akan mereview lebih dalam lagi tentang SiteGround.

Tapi, pertama-tama ada baiknya mari kita pelajari dulu...

Sedikit Background dari SiteGround

SiteGround didirikan tahun 2004 oleh sebuah group "IT Enthusiast" yang kebetulan anggota dari grup tersebut berasal dari universitas yang sama.

Pada awalnya, mereka hanya bekerja di kamar asrama mereka.

Sekarang SiteGround telah sangat berkembang menjadi lebih dari 320 karyawan dan telah mengumpulkan 450.000 domain diseluruh dunia, dengan memiliki 4 data center, yaitu di 1 di United States, dua di Europe and 1 di Asia (Singapore).

Bahkan SiteGround adalah satu dari 3 web hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org.

Pilihan Data Center SiteGround

Bagaimana dengan Pertumbuhan Siteground?

Saya pikir mereka pasti telah melakukan sesuatu yang luar biasa, hingga dalam kurung waktu 10 tahun ini mereka dapat berkembang lebih cepat dan dapat melewati para pendahulu mereka.

Tapi apa sesuatu dibalik cepatnya pertumbuhan mereka?

Apakah uptime yang bagus? Waktu load yang cepat? Atau layanan supportnya yang mengesankan? Atau fitur-fitur premiumnya?​

Dalam rangka untuk menjawab itu semua, saya telah membeli paket shared hosting SiteGround, yaitu "StartUp plan" dan menginstalnya pada situs default WordPress.

Jadi...

Dalam review SiteGround ini, saya akan membahas beberapa aspek yang berbeda dari paket shared hosting SiteGround, sehingga pada akhirnya review ini akan membantu Anda untuk memutuskan apakah SiteGround adalah pilihan yang tepat untuk Anda.


Rangkuman Singkat

review siteground

Rating Keseluruhan:

4.75 / 5 (sangat baik)

Uptime

SiteGround adalah provider shared hosting dengan rata-rata uptime server terbaik. Dalam 4 blan monitoring, server mereka hanya down selama 44 menit dengan score uptime 99,98%.

Speed

Kecepatan server SiteGround cukup cepat, dalam 7 hari terakhir monitoring, catatan speed server mereka adalah 0,841 detik. Lebih cepat dari FastComet, tapi belum mengungguli A2 Hosting.

Harga

Harga SiteGround mulai dari $3,95/bulan dan cukup bersaing dengan pesaing-pesaingnya. Tidak ada permainan harga dimana pelanggan 'dipaksa' untuk berlangganan dengan durasi yang lebih lama untuk mendapatkan harga termurah.

Support

Yang paling saya sukai dari SiteGround adalah support nya yang luar biasa. Pertama, support nya sudah bisa 100% via live chat sehingga waktu response lebih cepat. Juga, support nya sangat membantu. Saya belum pernah kecewa selama menggunakan SiteGround.

(Diskon saat ini: 60% untuk paket shared hosting)


Pengungkapan: Artikel ini berisi link affiliasi, yang artinya saya akan menerima komisi (mulai dari $50/sale) jika Anda mengklik link dan membeli hosting SiteGround. Ketika Anda mengklik link affiliasi, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Ini membantu saya untuk menjaga agar website ini dapat terus berjalan! Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap.

Tentang Metode Pembayaran di Siteground

Saya menulis tutorial bagaimana membayar hosting di SiteGround menggunakan PayPal di bagian paling bawah dari artikel ini.


Updated 10 April 2019:

Seharusnya juga bisa membayar hosting SiteGround menggunakan Virtual Credit Number (VCN) Master Card dari BNI Syariah. Caranya bisa lihat video berikut.


Ngomong-ngomong, Anda juga bisa menggunakan Prepaid Master/Visa Card seperti Payoneer dan Neteller.


Kelebihan Menggunakan SiteGround

Poin yang paling penting dalam menganalisis performance suatu web hosting adalah dengan menguji uptime, kecepatan load time, waktu respon server dan juga supportnya.

​Empat kategori tersebut adalah yang paling krusial dalam mendukung keberhasilan blog/website Anda.

Namun... ada juga beberapa poin lainnya, yang membuat suatu layanan web hosting memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan layanan web hosting lainnya.

Poin-poin yang positif inilah yang membuat rating SiteGround meningkat secara keseluruhan.

Saya akan membahasnya dibawah ini.

So, keep reading....

1. Rata-rata Uptime yang Mengesankan

SiteGround mencatat waktu uptime yang sangat mengesankan selama 5 bulan, yaitu 99,98%. Hasil ini adalah yang terbaik dari semua shared web host yang saya review. Itu artinya server Siteground sangat stabil dan sangat bisa diandalkan.

Dalam 5 bulan terakhir, server mereka hanya mengalami downtime selama 44 menit dengan 44x outages.

SiteGround Uptime Test Report Update Per Maret 2020

Begini rata-rata nya dari bulan ke bulan:

BULAN

RATA-RATA UPTIME

DURASI DOWNTIME

JUMLAH DOWNTIME

Oktober 2019

100%

-

-

November 2019

99,98%

8 Menit

4x

Desember 2019

99,98%

8 Menit

4x

Januari 2020

99,99%

5 Menit

4x

Februari 2020

99,94%

23 Menit

2x


2. Rata-rata Page Load Time yang Cepat

Jadi, saya melakukan pengujian load time dan membandingkan nya dengan penyedia hosting luar negeri lainnya, seperti A2 Hosting dan Fast Comet (dua web host yang mengklaim tercepat).

Dan bagaimana hasilnya?

SiteGround Load Time Report

Pengujian speed update terakhir, yaitu dilakukan pada 29 Feb - 7 Mar 2020.

Hasilnya bagus dimana rata-rata load time SiteGround adalah 0,841 detik.

Bagaimana jika dibandingkan dengan kedua pesaing nya, yaitu A2 Hosting dan FastComet?

Perbandingan Speed Ketiga Provider
Pada update terbaru ini saya hanya mereview tiga penyedia hosting luar saja, yaitu A2 Hosting, Fast Comet dan SiteGround, dengan alasan reputasi mereka yang sudah terbangun baik dalam industri web hosting, dan juga hanya mereka pilihan terbaik yang menyediakan server Singaproe (dekat dengan Indonesia).

Hasil pengujian page speed, ternyata A2 Hosting adalah yang tercepat dengan rata-rata speed 718 ms atau 0,718 detik, sedangkan FastComet lebih lambat dari SiteGround dengan rata-rata 0,934 detik.


3. Bagaimana Dengan Supportnya? Saya pikir 10/10

Layanan Support SiteGround

Sepengalaman saya menggunakan layanan web hosting baik dalam negri maupun luar negri, SiteGround adalah yang terbaik customer servicenya.

Mempertimbangkan juga bagaimana mereka memrposes lebih dari 1.000 tiket, 800 panggilan telefon, dan 2.000 permintaan chatting setiap harinya.

Pengalaman saya bermasa SiteGround adalah FANTASTIS.

Tidak peduli apakah pertanyaan Anda seputar layanan mereka sendiri atau CMS yang Anda instal pada blog/website Anda, mereka benar-benar membalas setiap pertanyaan dengan rinci, dan sangat membantu.

Bahkan pertanyaan-pertanyaan dasar seperti:

  1. Bagaimana mengganti nameservers domain?
  2. Bagaimana caranya menginstal WordPress di Cpanel secara otomatis?
  3. Atau bagaimana cara membuat alamat email di SiteGround?

Ini adalah salah satu alasan mengapa saya menganggap bahwa SiteGround adalah layanan hosting terbaik luar negri saat ini.


4. Menawarkan 'Auto' Managed WordPress Hosting

Manage WordPress Hosting pada SiteGround

Ini adalah salah satu fitur spesial yang ditawarkan SiteGround (yang mana tidak semua web hosting menawarkan fitur ini), yaitu managed WordPress hosting di semua paket shared hosting mereka.

Apa artinya ini?

Itu artinya SiteGround akan mengupdate secara otomatis ketika ada update dari plugin atau theme WordPress Anda, bahkan akan menyediakan backup bulanan in case situs Anda mengalami down karena kasus tertentu.

Berikut sebagai bocoran, saya kasih tau apa​ saja fitur-fitur khusus WordPress yang ada pada SiteGround.

Fitur Spesial SiteGround

​Seperti terlihat pada gambar diatas, Anda juga akan mendapatkan akses ke fitur SuperCacher WordPress mereka,

dan juga mendapatkan gratis Cloudflare yang dapat Anda instal di Cpanel, sehingga membuat situs Anda lebih cepat, meskipun Anda mempunyai banyak file multimedia dengan ukuran yang berat.


5. Ada Jaminan Uang Kembali Tanpa Syarat

SiteGround menawarkan jaminan uang kembali selama 30 hari in case Anda kecewa dengan layanan mereka.​

Tidak ada syarat apapun, no worries!


6. Gratis Migrasi Hosting

Apakah Anda saat ini sudah mempunyai website yang di host ditempat lain?
Dan berencana untuk mentransfer website Anda ke SiteGround?

Jangan khawatir, SiteGround akan mentransfer website Anda dari web hosting Anda yang sebelumnya tanpa biaya alias gratis.

Mereka juga dapat memastikan bahwa website Anda tidak akan mengalami down ketika proses transfer berlangsung.

Sayangnya, penawaran ini hanya tersedia di paket GrowBig dan GoGeek saja.


7. Gratis Fitur Backup Otomatis Harian

Berbeda dengan peneydia shared hosting kebanyakan, SiteGround membuat tool backup sendiri dimana website Anda akan di backup secara otomatis sampai 30 hari ke belakang.

Bagusnya lagi, Anda bisa memilih backup mulai dari full backup, files website saja, database atau email saja.

Sebelumnya fitur backup ini adalah fitur yang hanya bisa didapatkan jika Anda berlangganan paket GrowBig dan GoGeek, tapi sekarang semua paket termasuk paket StartUp juga ada.

Tetapi, sayangnya di Paket StartUp, Anda tidak bisa melakukan On-demand backup.

Fitur backup premium

8. Fitur Security yang Dapat Diandalkan

Di SiteGround Anda akan mendapatkan semua fitur premium bahkan jika Anda berlangganan paket termurah nya sekalipun, yaitu Paket StartUp, kecuali fitur advanced On-deman backups.

Saya yakin Anda akan menyukai semua fitur security yang ditawarkan SiteGround.

Mereka bahkan melakukan monitoring server dengan mengecek nya setiap 0,5 detik, bahkan memiliki team monitoring yang akan memonitoring server selama 24/7.

Tidak heran server Siteground sangat stabil sejauh ini, bukan?

Belum lagi adanya fitur 'Unique Account Isolation' dimana setiap account di semua shared server SiteGround akan di isolasi satu sama lain, itu artinya jika ada gangguan di salah satu account, maka tidak akan berdampak ke account lainnya. Ini membuat lingkungan hosting SiteGround menjadi lebih aman.

Fitur security yang bagus

9. Memiliki Halaman Pengetahuan Dasar yang Lengkap

Saat review ini saya update, ada 1.057 artikel dalam halaman pengetahuan dasar SiteGround yang sangat berguna untuk pelanggan SiteGround, mulai dari yang berhubungan dengan hosting, billing, cPanel, hingga tentang aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, Magento, dll).

SiteGround Knowledgabase yang lengkap

10. Harga Hosting Yang Bersaing

SiteGround menawarkan tiga pilihan paket shared hosting, diantaranya:

paket shared hosting SiteGround

Harga hosting SiteGround biasanya bukanlah pilihan dari web hosting yang termurah, namun saat ini harga hosting mereka termasuk yang termurah bila dibandingkan beberapa web hosting termurah lainnya.

Yaitu hanya $3,95/bulan untuk paket StarUp, turun dari $9,95/bulan (diskon 60%).

Jadi, saya pikir saat ini adalah saat yang tepat sekali bagi Anda yang berencana untuk membeli paket shared hosting SiteGround.

Agar Anda tidak bingung dalam memutuskan paket shared hosting mana yang cocok untuk Anda, berikut saya simpulkan:

  • StarUp : Untuk pemula yang hanya memiliki satu website untuk di hostingkan
  • GrowBig: Ini adalah paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna, karena selain dapat menghost kan banyak website, paket ini juga menawarkan fitur dan harga yang seimbang.
  • GoGeek: Biasanya digunakan oleh pengguna yang benar-benar menginginkan fitur-fitur tambahan yang tidak diapat dari paket StartUp dan GrowBig.

Kekurangan Menggunakan SiteGround

Disamping memiliki banyak kelebihan yang telah disebutkan diatas, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk membeli hosting di SiteGround.

Diantaranya adalah:

1. Metode Pembayaran di SiteGround

Secara default, SiteGround hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit (Anda bisa juga menggunakan prepaid debit master card yang dikeluarkan oleh BNI Syariah (VCN) dan kartu Payooner)

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat membayar hosting menggunakan account PayPal Anda.

metode pembayaran di SiteGround

Saya mengerti, bagi sebagian orang Indonesia termasuk saya sendiri, kartu kredit belumlah banyak digunakan sebagai alat pembayaran ketika membeli sesuatu.

Karena itu saya masukkan hal ini dalam kekurangan.

Tapi faktanya  membayar hosting menggunakan PayPal itu sangat mudah, dan prosesnya cepat, biasaya hanya 5-10 menit saja.

Untuk memudahkan Anda, silahkan ikuti tutorial cara membeli hosting di SiteGround yang ada pada bagian bawah artikel ini atau klik ini.


2. Ada "Setup Fee" Untuk Pembayaran Bulanan

Ada setup fee di pembayaran bulanan SiteGround

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan 'trial' terlebih dahulu, atau bagi Anda yang berencana untuk membayar hosting secara bulanan.

Saya sarankan jangan!

Karena SiteGround​ membebankan biaya yang mahal untuk biaya trial selama 1 bulan, yaitu $14,95.

Saya pikir Anda tidak perlu takut untuk menggunakan layanan hosting SiteGround, karena sampai saat ini saya tidak pernah kecewa dengan mereka.

Disamping itu, SiteGround pun memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari, in case Anda kecewa dengan mereka Anda bisa mengajukan refund dan uang Anda kembali 100%.


3. Keterbatasan Pada Paket StartUp

Limited Storage pada hosting SiteGround

Dibandingkan dengan web hosting lainnya, SiteGround memiliki ukuran storage yang lebih kecil, yaitu untuk paket StartUp 10GB dengan estimasi traffic bulanan kurang lebih 10.000/bulan (jadi Anda perlu mempertimbangkan hal ini bila storage adalah salah satu perhatian Anda).

Namun, jika Anda baru memulai, paket "StartUp" dengan 10GB space saja sudah lebih dari cukup.

Nanti ketika pertumbuhan website Anda sudah meningkat dan Anda membutuhkan resource yang lebih besar, Anda dapat dengan mudah mengupgrade paket hosting Anda.

Selain itu, di Paket StartUp, level SuperCacher yan Anda dapatkan hanya level 1, sementara paekt GrowBig dan GoGeek sampai level 3.

Kemudian, Anda tidak akan mendapatkan gratis migrasi hosting, fitur staging dan advanced On-demand backup.


Kesimpulan: Apakah saya Merekomendasikan SiteGround?

​Tentu saja, saya percaya diri merekomendasikan SiteGround.

SiteGround sempurna bagi Anda yang sangat menginginkan layanan support yang bagus, sementara tidak mengorbankan kecepatan loading halaman website dan juga uptime yang impresif (99,98%).

SiteGround membedakan dirinya dengan ratusan shared hosting lainnya dengan fitur-fitur terbaik dengan harga yang terjangkau. Meskipun bukan pilihan yang termurah, tapi SiteGround adalah yang terbaik bila kualitaslah yang Anda cari.

​Mungkin ada banyak penyedia web hosting yang Anda pikirkan saat ini.

Tapi dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh SiteGround, dan mengingat adanya penawaran diskon 60% yang membuat harga mereka setara dengan web hosting lainnya dengan kualitas yang lebih rendah. 

Saya rasa inilah waktu yang paling tepat untuk Anda bertindak dan mengambil keuntungan untuk segera mendaftarkan website Anda di SiteGround.

Kelebihan:

  • Rata-rata Uptime yang Mengesankan (99,98%)
  • Rata-rata page load time yang cepat (0,935 detik)
  • Bagaimana Dengan Supportnya? Saya pikir 10/10
  • Menawarkan 'Auto' Managed WordPress Hosting
  • Menawarkan Data Center di Singapura
  • Ada Jaminan Uang Kembali Tanpa Syarat
  • Gratis Fitur Backup Otomatis Harian
  • Fitur Security yang Dapat Diandalkan
  • Memiliki Halaman Pengetahuan Dasar yang Lengkap
  • Harga Hosting Yang Bersaing

Kekurangan:

  • Metode Pembayaran di SiteGround
  • Ada "Setup Fee" Untuk Pembayaran Bulanan
  • Keterbatasan Pada Paket StartUp

Cara Membeli Hosting SiteGround Menggunakan PayPal

Agar Anda tidak bingung, saya akan pandu Anda dalam proses pembelian hosting di SiteGround.

Proses ini biasanya tidak lebih dari 5 menit, saya sudah mencobanya berkali-kali.​

Klik Sign Up pada halaman depan SiteGround

​Kemudian klik tombol "Sign Up" seperti yang saya arahkan pada gambar diatas.

  • #2 Pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 
klik Order Hosting StartUp

Pilih paket "StartUp", klik "Order Now".

  • #3​ Masukkan nama domain Anda dan klik "Proced"
  • memilih nama domain

Apabila Anda sudah memiliki nama domain sendiri, pilih opsi "I already have a Domain".

  • #4​ Isi informasi account Anda pada form dibawah ini. 
  • isi informasi Anda

Isi informasi account Anda, mulai dari email, password hingga alamat rumah. Perhatikan bagian yang di (*), itu adalah bagian yang wajib Anda isi.

  • #5 Kosongkan Bagian "Payment Information"
kosongkan saja bagian payment information

Anda tidak membutuhkan bagian "Payment Information" ini, karena Anda akan melakukan pembayaran menggunakan PayPal - Jangan khawatir! Anda akan dipandu oleh CS SiteGround dalam proses pembayarannya.

  • #6 Kemudian isi form "purchase information" seperti dibawah ini:
  • Mengisi informasi pembelian pada siteground

JANGAN LUPA! Pastikan kembali informasi pembelian Anda pada bagian yang saya kotaki warna merah, mulai dari plan, data centers (apabila website Anda berbahasa Indonesia, pilih data center Singapura karena jarak yang lebih dekat).

Dan Anda tidak perlu menceklist "extra services", karena pada umumnya Anda tidak memerlukannya.

  • #7 Centang "I confirm that..blah..blah..blah" dan klik tombol "Pay Now"
  • klik pay now

Jangan khawatir apabila setelah mengklik "pay now" Anda akan mendapatkan error. Pada dasarnya ini hanya diperlukan untuk memberikan signal kepada CS SiteGround bahwa Anda sedang melakukan order. 

Saya sudah berhasil melakukan order menggunakan cara ini, jadi jangan takut.

Berikut jawaban CS SiteGround ketika saya menanyakan soal pembayaran menggunakan PayPal.

Cara membayar hosting siteground menggunakan paypal

Setelah mendapat error, silahkan lanjut ke langkah yang terakhir.

  • #8 Terakhir, huh! Hubungi CS SiteGround dengan mengikuti langkah berikut:
Hubungi cs siteground

Klik "Live Chat" yang ada dibagian paling atas sebelah kanan, kemudian pilih customer service bagian "pre-sales inquiries".

Dan pastikan Anda mengisi nama dan email yang sama dengan yang Anda gunakan pada pengisian form pembelian hosting​ dibawah ini:

Kontak CS SitGround untuk dipandu dalam proses pembayaran paypal

Kemudian diform "question", Anda dapat menulis seperti ini:

I just filled out the signup forms for my account, I leave the payment information empty, because I want to pay through PayPal, please guide me for this.

(Mohon dikoreksi grammar bahasa Inggris saya yang masih belepotan ini 😛 )

  • #9 Anda akan dipandu dalam proses pembayaran yang biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. 
Bayar dengan paypal

Kemudian mereka akan mengirimkan Anda link payment dengan menggunakan PayPal seperti gambar diatas.

Dan sampai sini, tentu Anda sebagai pengguna PayPal yang sudah pernah bertransaksi menggunakan PayPal pasti sudah tahu bagaimana cara menggunakannya.

Faktanya, proses pembelian hosting menggunakan PayPal ini hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja.

  • Mas Willya saya mau tanya, untuk yang diskon 60% paket startup itu hanya berlaku untuk pembelian pertama saja ya? Total biaya per tahun untuk perpanjangan hostingnya termasuk tax (jika ada) berapa ya untuk paket startup?

    Terima kasih sebelumnya, sangat membantu artikelnya.

    • Iya betul, diskon 60% hanya untuk pembelian pertama saja. Ketika perpanjangan nanti akan dikenakan harga normal, untuk paket StartUp menjadi $11.95/bulan (tidak ada pajak).
      Saran saya sebaiknya ambil 2-3 tahun kedepan biar lebih murah. Atau boleh juga ambil 1 tahun dulu, siapa tahu tahun depannya sudah mau upgrade ke Cloud VPS.

  • Halo mas Willya, akhirnya saya pindah dari si A2 ke siteground, karena di A2 saya downgrade sdh ga pakai speed 20x nya anjlok banget trafiknya (awal 1200/hr pindah jd 450/hari), klo mau tetap di paket ada 20x speed ga sanggup 200 an euro/tahun.

    Mumpung black friday sy pindah ke siteground langsung ambil paket 3 tahun. Ga enaknya utk biaya sub-domain kena 30 euro/sub-domain. Nah krn cuma 1 sub-domain yg menghasilkan duit (walau ga banyak amat sih!), 1 sub-domain sy mau salin ulang ke blog utama saya. Pertanyaanku bisa ga sih kita migrasi sendiri sub-domain?. 3 thn lagi klo naik harga ke normal, sy bakal balik ke hijau ambil paket 3 tahun yg ada speed 20x 🙂 Oh iya sy order siteground pakai link dr blog mas ini dan panduan bayar pakai Paypal membantu sekali 🙂 .

      • Hallo mas Willya, iya di charge 30 euro untuk pindahan per sub-domain klo pakai tenaga ahli, nah saya coba mau pindahin sendiri ko malah error. Memang sih waktu sy iseng pindahin sub-domain domain utama saya belum beres pindah ke Siteground nya.. Utk transfer yg gratis hanya 1 website saja, utk web berikutnya bayar klo dibantuin. Makasih link nya ya, nanti saya baca2 dulu, lumayan klo bisa hemat 60 euro 🙂 .

      • Oh iya lupa bilang, awalnya saya pengen pindah ke niagahoster, sdh dr tahun lalu cari tahu infonya (baca penasihathosting juga 🙂 ) ternyata pas sy mau pindah hosting, lihat cara pembayaran niagahoster pembayaran hanya pakai bank Indonesia, sedangkan sy posisi di luar Indonesia dan hanya punya Paypal.

        • Saran saya tetap di Siteground saja mbak. Jauh lebih bagus performance nya.
          Mbak Nella beli nya pas Black Friday kemarin ya? Mungkin engga samapi 100 euro langsung 3 tahun gitu.

          • Halo mas Willya, total saya bayar 237 Euro (Rp. 3,5 juta) rinciannya: 3 Years GrowBig Hosting (Singapore DC) 191,92 Euro ; Professional Migration 28,56€ ; Domain Transfer 16,60 Euro.

            Saya pakai jasa migrasi utk 1 sub-domain karena sdh 2 hari coba pindahin sendiri puyeng haha, saya sudah ngikutin link yg mas kasih, sudah sukses download data ke computer, mentoknya mau upload ke hosting baru, ya udahlah drpd puyeng sy bayar aja migrasinya.

            1 sub-domain lagi krn sama sekali ga menghasilkan duit, ya saya relakan akan hilang 2 minggu lagi. Berhasil salin ulang 20 artikel yg paling tinggi views nya aja.

            Iya sy pindah hosting pas black Friday, klo harga normal 2x lipat harga diatas. Cuma ko sy agak sedikit nyesel kenapa ga ambil paket Gogeek, krn paket yg sy beli Gowbig ini webspace 20 GB, setelah domain berikut 1 sub-domain free space nya sisa 7 GB.

            Growbig paket kan untuk 25rb pengunjung/bulan, sy beli krn pegunjung blog sy sekitar di 15rb/bln. Sedangkan paket lebih tinggi GoGeek utk 100rb pegunjung/bulan (pengen cuma harganya lebih mahal hehe). Sy ambil paket Growbig karena ga terlalu bisa focus di Blog, Youtubeku lebih bagus hasil monetasinya, namun agak dilema juga lihat free space hosting Cuma 7 GB.

            3 tahun ke depan sy akan pindah lagi ke A2 hosting haha .. untuk renewals Siteground 212 Euro (Rp.3,1 juta) belum masuk budget saya. Tiap 3 tahun akan bolak balik A2 dan Siteground 🙂 . Maaf curhat kepanjangan.

  • Saya pake Siteground. Hosting WP di SG ini sangat mantap. Saya merasakan peningkatan kecepatan diatas rata2. Siteground ini punya alat dynamic caching yang akan lebih membuat page load time jadi powerfull. Ditambah lagi perpaduan antara nginx dan memchaced yang sangat bagus.

  • Halooo..
    Saya pakai VPS dgn webserver nginx…
    1. Apakah siteground menggunakan nginx di webserver paket GoGeek ?? atau masih pake Apache ???
    2. Rencana ingin pindah kesana, tapi permaasalahan itu dari nginx pindah ke Apache.

    tolong infonya. tq

    • Halo, saran saya tetap di VPS saja. Karena meskipun paket GoGeek boleh dibilang semi VPS, tapi jika Anda sudah menggunakan VPS Nginx, mungkin di DO atau Vultr, saya pikir itu sudah lebih baik.

      Iya, Siteground sudah menggunakan Nginx pada webservernya. Informasinya bisa dilihat disini: https://www.siteground.com/speed
      Atau bisa cek langsung website test Siteground Penasihat Hosting di: http://penasihathosting-sg.com/

  • Haloo Mas Willya Randika

    Terima kasih atas artikel yang bermutu tentang website dan segala macam “jerohannya”

    oh ya mas, saya pernah membaca artikel tentang web speed dan menemukan bahwa Mas Willya Randika juga merekomendasikan A2 Hosting, kebetulan saya sedang bermasalah dengan speed dan waktu loading website saya (analisa saya berdasarkan dashboard fb dimana orang yang klik ke website dan menunggu website terbuka <60%)

    Mas saya tertarik dengan A2 hosting yang diklaim lebih cepat 20x dari hosting manapun

    Menurut mas Willya Randika, apakah A2 hosting adalah hosting terbaik saat ini (terutama mengatasi masalah saya diatas)?
    Apabila dibandingkan dengan Site Ground Mas Willya Randika lebih merekomendasikan mana?
    Untuk pemain ecommerce lokal, apakah saya bisa menggunakan A2 Hosting atau ada hosting lokal yang setara?

    terakhir minta kode affilasi nya mas Willya Randika, apabila ada untuk A2 Hosting (karena saya mendukung artikel-artikel berkualitas dari mas Willya Randika agar terus eksis)

    terima kasih

    • Halo Mas Fajar,

      Pertama, kecepatan website tidak melulu karena persoalan hosting yang lambat,.Di banyak kasus yang saya jumpai si justru bukan karena alasan hosting, tapi mungkin saja ada pengkodean yang salah dalam website mas, plugin yang makan banyak resources, dll.. Kebetulan saya sudah buat panduannya disini boleh dibaca jika mas ada waktu: https://penasihathosting.com/mempercepat-loading-website/

      Tergantung dari kebutuhan website mas, saya gabisa langsung bilang kalau mas perlu pindah ke A2 Hosting lalu persoalan selesai.

      Jadi pertama, mas perlu audit website mas dulu, boleh baca panduan yang telah saya tulis di link diatas, terus cek traffic mas berapa, dan cek juga penggunaan resources di cPanel, karena terkadang kalau butuh penggunaan resources yang banyak, mas perlu mempertimbangkan upgrade hosting ke VPS. Dari pengalaman saya selama ini di banyak kasus si masalah loading website yang lambat langsung kelar ketika pindah ke VPS.

      Boleh kontak saya langsung jika butuh bantuan ya.

      Semoga membantu.

  • Malam Pak Willya..

    Alhamdulillah berkat artikel Bapak tentang review hosting terbaik luar negri 2018 ini, yang salah satu reviewnya adalah siteground, akhirnya sy memilih siteground untuk paket hosting dan domain website saya.

    Sy memilih paket Grow Big di Siteground.

    Bagusnya, karena siteground ada fasilitas Auto Manage WordPress Hosting-nya. Jadi sy yg masih pemula dan tidak mengerti bahasa HTML, tetap bisa membangun website sy sendiri step by step. Hehehe..

    Dan sekarang, website yang baru saya buat tsb, yaitu http://www.wakilatours.com
    sudah berhasil tayang. Alhamdulillah…

    Dan satu lagi, website saya yg lain http://www.wakilaotorentmakassar.com (yg dulu dibuatkan oleh jasa website dan berada di hosting lokal), juga telah berhasil saya pindah ke siteground, namun domainnya masih tetap di hosting lama karena masa kontrak domain saya sdh hampir habis, sehingga tdk bisa dipindahkan ke siteground. Sy harus perpanjang dulu domain tersebut agar bisa dipindahkan.

    Overal,
    Sy ucapkan terima kasih banyak atas artikelnya yg sudah membimbing sy untuk memilih hosting yang tepat.

    Salam sukses selalu.
    Didi.

  • Malam Pak Willya..

    Saya mau konsul masalah paket hosting..

    Rencananya sy mau buat lagi website baru (website B) dengan menggunakan hosting SiteGround.

    Namun sy masih bingung mau ambil paket yang mana..
    Apakan paket StartUp, atau paket GrowBig.. !!

    Soalnya ada 1 (satu) website saya yg lain (website A), yang rencananya saya mau migrasikan sekalian ke SiteGround.
    Jadi nanti ada 2 website (website B & A) yang saya akan hostingkan di SiteGround.

    Keunggulan paket GrowBig, bisa multiple website, sedangkan StartUp hanya bisa 1 website saja.

    Pertanyaan saya :
    1. Bila saya memilih paket GrowBig (untuk website B), dan seumpama nanti saya akan migrasi (website A) ke paket hosting GrowBig tersebut, apakah saya akan dikenakan biaya hosting lagi untuk (website A) tersebut?

    atau

    2. Haruskah saya pilih paket StartUp saja untuk setiap website saya?

    3. Menurut Bapak, manakah paket hosting yg lebih hemat dan efisien untuk 2 (dua) website saya tersebut?

    Mohon masukannya.

    Terima kasih

    • Halo Pak Didi,

      Saran saya ambil paket Growbig saja untuk kedua website bapak, lebih efisien dan lebih hemat.

      Untuk migrasi website yang pertama itu gratis dari Siteground, tetapi untuk website kedua tidak lagi gratis. Yang jelas bapak tidak akan dikenakan biaya hosting lagi untuk website kedua, karena paket Growbig memang didesain untuk kebutuhan multiple website.

  • Gan mau nanya, Apakah Aman dan memungkinkan,
    jika saya membeli paket Grow Big (20gb, multiple web, 25rb visitor).
    dan saya mau jadikan semacam reseller hosting. misalnya saya menawarkan ke 10 orang yang mau menghosting webnya, dengan masing-masing batasan 2GB perorang (apakah bisa diatur di cpanel ?) .
    terus untuk domainnya saya beli misal di Idcloudhost (brhubung cukup murah) . untuk jumlah visitor sih, prediksi sy masih bisa diatasi untuk 10 web tersebut.

    slnjutnya. untuk masing2 Web, apakah CMS nya bisa beda2, misal ada yang wordpress, ada yg moodle, dll ?

    mdhn2 pertnyaan sy tdk membingungkan,
    jika membingungkan, pertanyaan sy, apakah di hosting Grow Big, saya bisa mengatur 10 domain berbeda (website tersendiri) dan bisa menginstal aplikasi yg berbeda?, terima kasih 🙂

    • Yang pasti kalau buat di resell tidak memungkinkan. Kalau tujuannya buat resell kenapa tidak beli hosting yang memang sudah didesain untuk tujuan reseller hosting saja? Siteground menyediakan kok.

      Dan Kalau dipakai sendiri bisa kok mau 10 domain atau 10 website berbeda didalamnya. Bisa install aplikasi berbeda juga.

      • Mas Willya, misal saya mau beli paket GrowBig. Kemudian saya mau membuka jasa bikin lending pej untuk 20 klien (artinya 20 domen & webset berbeda).

        Nah, kan itu lending pej kan nggak terlalu menguras resource kan ya kalo cuma sebatas membuat landing page 1 sampai 5 halaman saja di satu website ?.. (saya harap jawabannya iya, hehe)

        Nah, sekarang pertanyaannya, Apakah cukup paket GrowBig mengatasi ini ?

        Catatan : 20 Klien saya di kesepakatan tidak akan memiliki akses cPanel dan mereka setuju.

        • Cukup kok asal storagenya kurang dari 20GB dan jumlah kunjungan sebaiknya kurang dari 25.000 per bulannya. Mau 20, 50 atau 100an juga bisa asal resourcesnya masih mencukupi.

  • Gan, untuk pembayaran dengan kartu kredit, kira2 bisa tidak pake VCN BNI (virtual credit number) yang sejenis master card?

    • Saya tidak tahu soal ini, dicoba-coba saja pada saat checkout 😛
      Updated 10 April 2019: Seharusnya bisa mas kalau menggunakan VCB BNI Syariah (saya penggunanya soalnya dan sudah pernah coba pakai belanja online di merchant luar negeri lainnya dan kalau tidak salah VCN BNI Syariah ini juga bisa untuk verifikasi PayPal).
      Solusi lainnya bisa juga menggunakan Payoneer Debet Card.

    • Idealnya 1 bulan paket startup itu (kalau kamu ingin stabil ya) traffic sekitar 25rb – 30rb sebulan. Jd kalau traffic kamu 20rb per day tidak akan kuat bahkan paket shared hosting manapun yang kamu ambil tidak akan kuat. Saran saya pilih Cloud Hosting Siteground saja, ambil dulu yang Entry, nanti kalau tidak kuat bisa diupgrade.

  • Pak Randika, saya pindah kesini
    jika hostingnya di Siteground… domain nya sekalian saja ya Pak memanfaatkan free dari site ground… atau Bapak ada masukan tentang domain.. makasih Pak

  • >