Review up-to-date

Review IDCloudHost

Provider ini cukup memuaskan dalam beberapa aspek, namun juga mengalami beberapa masalah yang serius di beberapa aspek yang lainnya.

Oleh

/ Web Hosting Reviewer

Updated:
review idcloudhost

Disclosure: Support Anda membantu website ini terus berjalan. Saya menerima komisi up to 70% dari pembelian hosting Anda melalui link affiliasi tanpa ada biaya tambahan dibebankan kepada Anda. Terima kasih atas support Anda. Baca lebih lengkap…

Kelebihan

Rata-rata uptime yang mengesankan dengan score 99,961% dalam 12 bulan terakhir

Harga hosting yang terbilang murah dan ada pilihan untuk berlangganan secara bulanan dengan struktur harga yang adil

Gratis migrasi hosting dan gratis domain untuk paket tertentu

Sudah menggunakan fitur JetBackup untuk backupnya dan memiliki akses file backup hingga 10 file

Memiliki halaman panduan yang bermanfaat untuk pengguna pemula

Menjalankan banyak program sosial untuk membantu banyak orang

Memiliki produk yang sangat lengkap. Saya pikir mereka adalah provider hosting dengan produk terlengkap saat ini.

Kekurangan

TIDAK ADA GARANSI REFUND

Layanan support yang lambat dan tidak bisa diandalkan (rating 0/5). Saya juga menemukan cukup banyak pengguna yang melaporkan hal yang sama di kolom komentar review IdCloudHost.

Dashboard atau client area yang lambat atau kurang responsive

Menurut saya, Anda tidak membutuhkan paket hosting Advanced Pro dan semua paket Corporate. Ambil paket VPS jika Anda sudah di level corporate.

Rating kami

Ingin menghemat biaya hosting di IdCloudHost? Gunakan kode kupon PENASIHATHOSTING saat membeli paket hosting Anda dan dapatkan diskon 40%!

Daftar isi:

Perkenalan

IdCloudHost berdiri pada bulan April 2015 dan mengklaim telah memiliki jumlah pengguna layanan lebih dari +300.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan mananegara.

Mereka memiliki tiga kantor yang tersebar di Sukabumi, Jakarta dan Pekanbaru.

Sebuah pencapaian yang luar biasa bukan?

Mungkin Anda bertanya-tanya: Apa yang IdCloudHost Lakukan?

Sesuai namanya, IdCloudHost sudah menggunakan teknologi cloud, tidak lagi menggunakan teknologi klasik.

Dan dengan teknologi cloud, harapannya adalah speed web server mereka bisa lebih cepat dan uptimenya lebih stabil dibandingkan para pesaingnya yang masih menggunakan teknologi web hosting klasik.

Apakah benar demikian?

Mereka bahkan memberikan jaminan uptime 99,99%. Itu adalah klaim yang sangat berani.

Saya beritahu Anda: Hampir semua provider hosting Indonesia suka sekali berbohong berlebih-lebihan dalam hal klaim untuk mempromosikan situs mereka.

Klaim-klaim seperti yang paling cepat, uptime 99,99%, support no 1 di Indonesia, harga hosting termurah – itu sudah menjadi barang dagangan ampuh untuk meyakinkan pelanggan baru.

Dan seperti review saya yang sudah-sudah, klaim-klaim dari perusahaan hosting belum tentu sesuai dengan kenyatannya, apalagi klaim jaminan uptimenya.

Bahkan berdasarkan hasil monitoring kami dalam 12 bulan terakhir ini, hanya ada 2 dari 16 provider yang kami review, uptimenya benar-benar diatas 99,90% sesuai yang dijanjikan.

Apakah IdCloudHost salah satu dari dua tersebut?

Untuk mengetahui jawabannya, saya telah membeli paket hosting IdCloudHost “Starter Pro”, lalu mengetesnya pada sebuah blog WordPress.

Tujuan dari review ini adalah untuk tidak hanya untuk memverifikasi kebenaran klaim uptime-nya, tapi juga untuk mengevaluasi kecepatan dan mengukur kualitas supportnya. Dengan memberikan gambaran yang jelas, review ini akan membantu Anda untuk menentukan apakah IdCloudHost layak menjadi rumah bagi website Anda yang baru.

Alternatif Terbaik
Rekomendasi Hosting Terbaik #1
review domainesia terbaru

DomaiNesia↗

Pilihan yang seimbang antara harga yang terjangkau dengan performa (uptime yang stabil dan support yang bisa diandalkan).

Pilihan yang ideal bagi Anda yang membutuhkan shared cloudhosting dengan performa yang cukup baik, fitur yang banyak, support yang baik dan bisa diandalkan, namun dengan harga yang terjangkau.

Baca Review..

Jasa Maintenance Website
jasa maintenance website wordpress

HarunStudio.com↗

Fokus pada bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang pengelolaan WordPress Anda. Biarkan tim WordPress Specialist kami yang melakukannya.

Anda seperti memperkerjakan karyawan internal yang ditugaskan untuk mengelola website Anda. Namun, layanan kami lebih luas dan terjangkau dibandingkan dengan memperkerjakan karyawan internal secara langsung.

Pelajari Selengkapnya..

Rangkuman Data Hasil Penelitian

Penelitian sudah berjalan selama 32 bulan yang dimulai dari tanggal 1 Agustus 2019.

RATING KAMI3,3/5
SAMPLE:Paket Hosting 'Starter Pro'
WEBSITE TEST:www.penasihathosting-ic.com
UPTIME SCORE:99,961% (1 Oktober 2021 - 30 September 2022)
LOAD IMPACT 10 VU:1653,4ms (September 2022)
SUPPORT RATING:Rating: 0/5
HARGA:Mulai dari Rp 13.888/bulan (renewal: Rp 13.888/bulan)
GARANSI:30 hari dengan syarat-syarat tertentu

Update Terbaru dari IdCloudHost di 2022

IdCloudHost adalah salah satu provider hosting yang memiliki produk terlengkap.

Anda dapat menemukan semua jenis layanan yang Anda butuhkan, mulai dari shared hosting, VPS, dedicated hosting, hingga hosting khusus WordPress, bahkan produk object storage yang kompatibel dengan protokol S3 juga tersedia.

Pada bulan November 2022, IdCloudHost juga menambahkan layanan Bare Metal Server di Data Center Tier-4 DCI Indonesia.

Update terakhir dari IdCloudHost?

Update terakhir yang dapat kami sampaikan, kami sudah membeli total 2000 server (investment strategy untuk 2023) berikut ada cuplikan servernya di akhir video https://youtu.be/8FQFN7K8_44

Alfian Pamungkas Sakawiguna (CEO – IdCloudHost)

Kelebihan Menggunakan IdCloudHost

Setelah melakukan monitoring performa dalam 12 bulan terakhir ini, saya bisa menyimpulkan apa-apa saja yang menjadi kelebihan IdCloudhost berikut ini.

1. Rata-rata Uptime IdCloudHost Boleh Dibilang Stabil Dalam 12 Bulan Terakhir

Dalam 19 bulan awal saya memonitoring server IDCloudHost (sejak Agustus 2019), saya menemukan bahwa rata-rata uptime mereka sangat buruk. Bahkan termasuk yang terburuk diantara semua provider yang saya review. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang mereka janjikan.

Masih ingat bahwa IdCloudHost berani memberikan garansi uptime 99,99%?.

Namun, berdasarkan data monitoring 12 bulan terakhir sejak Oktober 2021, agaknya saya perlu mengakui bahwa mereka memang cukup pantas menggunakan nama cloud di dalam brand perusahaan mereka.

Rata-rata uptime mereka dalam 12 bulan terakhir terbilang stabil. Scorenya adalah 99,961% atau yang terbaik atau terstabil ke #1 dari semua provider hosting yang saya review.

rata rata uptime idcloudhost dalam 12 bulan

Berikut data rata-rata uptime nya dari bulan ke bulan:

BULANRATA-RATA UPTIME
Oktober 202199,91%
November 202199,99%
Desember 202199,93%
Januari 202299,93%
Februari 202299,99%
Maret 202299,97%
April 202299,95%
Mei 202299,99%
Juni 2022100%
Juli 202299,95%
Agustus 202299,98%
September 202299,899%

Saya pikir saya harus bertanya ke mas Alfian Pamungkas atau Mas Faisal Reza selaku CTO nya IdCloudHost tentang apa-apa saja yang mereka lakukan sehingga membuat rata-rata uptimenya sangat jauh berbeda dari data 19 bulan sebelum Maret 2021 lalu.

Updated: Saya telah bertanya ke mas Alfian Pamungkas selaku CEO IdCloudHost. Berikut jawaban beliau:

Data Center utama kami sejak 2020 berada di Bogor https://youtu.be/95pcd6daZbg kendala utama data center di indonesia adalah fiber cut, Di awal kami sudah memikirkan untuk backup jaringan tetapi pernah terjadi Primary dan Backup sama-sama cut, hari ini koneksi dari data center kami ke Jakarta / Telkom / APJII / IIX / OPENIXP total ada 6 jalur berbeda, kami Juga pernah mengalami 4 link mati secara bersamaan tetapi karena ada 2 backup lainnya semua membuat uptime di sisi user terjaga. Untuk Cloud VPS kami saat ini sudah menggunakan teknologi shared storage. ketika ada HV / Server yang mati maka bisa menyalakan VPS / Cloud VPS di server yang tidak mati, hal ini juga yang membuat minimalisir downtime untuk pelanggan VPS.

IDCloudHost hari ini mempunyai server di beberapa lokasi berikut :

  1. DCI
  2. IDC
  3. BaliFiber DC
  4. Atria DC
  5. Bogor DC
  6. Network Only di Cyber (APJII)
  7. Network Only Telkom DC Karet (membuat koneksi dari jaringan indihome lancar)
  8. Telin 3 Singapore
  9. Epsilon DC Singapore
Alfian Pamungkas Sakawiguna (CEO – IdCloudHost)

Memang betul belum sampai pada level 99,99% seperti yang mereka janjikan, tapi perbaikan yang sudah terlihat jelas dalam 12 bulan terakhir ini saya pikir merupakan sebuah prestasi yang sangat perlu diapresiasi.

Sayangnya, perbaikan dari sisi uptime ini tidak dibarengi dengan perbaikan dari sisi support yang akan saya bahas nantinya pada poin pertama dari kekurangan IdCloudHost.

Tantangan dalam monitoring uptime:

Kami menemukan adanya masalah koneksi internasional pada beberapa web host, seperti Dapur Hosting dan Dewabiz saat melakukan inspeksi manual. Masalah ini menyebabkan alat monitoring yang kami gunakan, yaitu Uptimia, akan menganggap bahwa server sedang mengalami down, padahal jika diakses secara lokal di Indonesia, server tersebut tidak down. Mungkin masalah ini juga pernah terjadi pada server IdCloudHost yang tidak kami ketahui. Ini berarti bahwa data monitoring uptime kami tidak 100% akurat. Ini adalah tantangan dalam aktivitas monitoring uptime. Kami mohon maaf atas keterbatasan ini.

2. Rata-rata Waktu Response Servernya Lebih Cepat dari Rata-rata Semua Provider pada Pengujian Load Testing

Sebelumnya, apa itu Load Testing?

Secara singkat, dengan dilakukannya pengujian load testing, Anda bisa melihat bagaimana response server IdCloudHost dalam meng-handle traffic yang ramai.

Idealnya, kecepatan website harus sama cepatnya baik ketika pengunjung pertama datang, maupun ketika pengunjung kesekian, katakanlah ke-5, ke-10 atau ke-25 datang.

Nah, untuk mengukurnya, saya memanfaatkan alat load testing open source, yaitu Locust.io dan menggunakan server Singapore dari Digital Ocean.

Dan sama seperti pengujian pada provider hosting lainnya, saya mengirimkan 10 virtual user (bisa disebut sebagai pengunjung), untuk menjelajahi website test IdCloudHost sehingga Anda bisa melihat apakah kecepatan waktu response servernya tetap stabil atau malah melambat seiring meningkatnya jumlah virtual user (pengunjung).

Please note: Dalam test load impact, saya juga tidak mengaplikasikan cache atau opcache, apalagi CDN. Pengujian ini untuk mengukur performa server tanpa dipengaruhi oleh faktor ‘X’.

Bagaimana performa server IdCloudHost dalam pengujian load impact 10 vitual user? Berikut grafiknya:

Cara membaca grafik:

  • Garis biru menunjukan jumlah vitual user. Jumlahnya akan terus bertambah hingga stabil di angka 10 vitual user
  • Garis merah menunjukan jumlah permintaan yang dibuat. Semakin tinggi semakin bagus.
  • Dan garis hijau adalah waktu response. Idealnya, garis ini lurus atau tidak meningkat seiring bertambahnya jumlah virtual user.

Terlihat dalam grafik diatas, waktu response server tidak stabil. Garisnya ikutan meningkat seiring meningkatnya jumlah virtual user. Artinya, semakin banyak visitor yang masuk, maka semakin lambat lah waktu response server.

Sebagian besar provider lainnya yang saya uji juga mendapatkan hasil pengujian yang kurang lebih sama. Sama-sama tidak stabil. Faktanya, hanya satu provider yang berhasil, yaitu Dewabiz.

Yang menjadi perhatian adalah rata-rata waktu responsenya, yaitu 1653,40 ms. Tercepat ke #5 dari 16 provider.

3. Harga Hosting Termurah ke #3 dari 22 Provider dan Ada Pilihan Untuk Berlangganan Secara Bulanan

Harga hosting di IdCloudHost termasuk yang termurah jika dibandingkan dengan semua provider shared hosting Indonesia lainnya. Anda bisa menyewa hosting di IdCloudHost semurah 14.167/bulannya.

Bahkan, Anda juga bisa berlangganan secara bulanan dengan harga yang sangat adil. Tidak ada permainan harga atau trik-trik yang mereka lakukan untuk memaksa konsumen memilih paket yang lebih mahal.

Saya beritahu Anda: Tidak banyak provider yang adil seperti ini.

Kenyatannya hanya ada dua provider yang menurut saya punya struktur harga paling adil, yaitu IdCloudHost dan Kenceng Solusindo.

harga hosting IDcloudhost sangat fair

4. Kelebihan pada Fitur Backup yang Tidak Dipunyai (Mungkin) Semua Provider Lainnya yang Terdaftar di Penasihat Hosting

Dari 16 provider yang sudah saya review, IdCloudHost adalah yang terbaik dari sisi fitur backupnya karena tiga alasan:

  1. Mereka sudah menggunakan JetBackup dimana proses backup dan restore dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, hanya dengan 1-2x klik saja. Tidak menggunakan cara tradisional yang mengharuskan Anda untuk mendownload file backup secara manual dan merestore/upload secara manual juga.
  2. Akses file backup nya tersedia hingga sekitar 10 file. Kalau saya perhatikan, otomatis backupnya agak acak, yang jelas file backupnya tersedia secara harian, tiga harian, mingguan, bulanan hingga 3 bulan kebelakang.
  3. Fitur backup ini tersedia untuk semua pelanggan tanpa terkecuali, termasuk pelanggan yang memilih paket termurah sekalipun. Anda tidak perlu memilih paket yang lebih mahal untuk memanfaatkan fitur ini.
backup IDCloudhost

Saya sudah melakukan pengecekan per 19 Januari 2023 ketika review ini saya update dan fitur backup ini masih memiliki tiga keuntungan seperti yang saya sebutkan diatas.

5. Gratis Domain dan Migrasi atau Transfer Hosting

Jika Anda sudah memiliki website yang di-hosting di tempat lain, IdCloudHost dapat membantu Anda untuk memindahkannya secara gratis. Selain itu, Anda akan mendapatkan diskon hosting sebesar 50% selama masa promosi masih berlangsung.

Dan bagi Anda yang baru memulai membuat website, Anda akan mendapatkan gratis domain 1 tahun, yang sayangnya hanya akan Anda dapatkan apabila berlangganan minimal paket “Business Pro” dengan durasi 1 tahun.

6. Menjalankan Banyak Program Sosial Untuk Membantu Orang Banyak

Saya pikir ini boleh dimasukkan kedalam salah satu kelebihan IdCloudHost. Bukan soal layanannya, tapi apa yang mereka lakukan untuk membantu orang banyak patut diapresiasi.

IdCloudHost memiliki program CSR seperti:

  1. Program Beasiswa: Pemuda/i Indonesia akan diberikan beasiswa hingga lulus + diberikan pengalaman kerja dan manfaat lainnya.
  2. Program NGO Digital: Akan diberikan hosting gratis, domain hingga pembuatan website bagi NGO atau Non Goverment Organization dengan syarat dan ketentuan tertentu dengan tujuan untuk membantu NGO memperluas dampaknya melalui akses digital.
  3. Program Ekabima: Dengan tujuan untuk membangun Indonesia maju. IdCloudHost membantu sekolah-sekolah untuk mendapatkan hosting dan domain .sch gratis, hingga pembuatan website secara gratis juga dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  4. Program Pesantren: Program membangun digitalisasi untuk pesantren di Indonesia.

7. Memiliki Halaman Panduan yang Lengkap dan Kamus Hosting yang Bermanfaat Khususnya Untuk Pengguna Pemula

IdCloudHost memiliki halaman panduan yang bermanfaat khususnya untuk pengguna mereka yang masih baru atau pemula. Saya sudah memeriksa kontennya dan kelihatannya memang lengkap, mulai dari tentang billing, affiliate, cara order, hingga tentang WordPress.

Mereka juga memiliki halaman kamus hosting, jadi bagi pengguna yang tidak mengerti istilah-istilah asing tentang hosting, domain dsb.. bisa mengunjungi halaman kamus hosting berikut ini.

Halaman panduan

Kekurangan Menggunakan IdCloudHost

Persoalan server yang tidak stabil selalu menjadi masalah serius bagi IdCloudHost sejak dari awal review ini saya publikasikan pada tahun 2018 lalu. Namun, mereka melakukan pembenahan dan saat ini tidak lagi menjadi persoalan yang perlu mereka prioritaskan.

Akan tetapi, dalam catatan saya, masih ada beberapa kekurangan yang perlu di perbaiki oleh IdCloudHost, yang akan saya bahas secara detail dibawah ini.

1. Tidak ada Garansi Hosting!

Saya tidak tahu sejak kapan mereka mengganti kebijakan layanan mereka, tetapi per 19 Januari 2023 ini, saya menemukan bahwa ada update yang sangat mengejutkan dari IDCloudHost.

Apa itu?

IdCloudHost melakukan “perbaikan” yang sangat bagus pada kebijakan layanannya dimana saat ini semua transaksi layanan IDCloudHost tidak dapat dilakukan refund atau pengembalian dana.

Dengan kata lain, saya bisa katakan bahwa mereka sudah tidak percaya diri dengan kualitas produk yang mereka punya, karena tidak berani memberikan garansi refund apabila ada pelanggan barunya yang kecewa dengan layanan mereka.

Saya berharap semoga tidak ada lagi provider hosting yang memiliki kebijakan sangat tidak fair seperti IDCloudHost. Jika Anda tidak tahu, selain mereka, Qwords, Rumahweb, dan Jetorbit juga memiliki kebijakan yang sama.

tidak ada garansi di idcloudhost

2. Staf Teknis yang Tidak Paham Soal Teknis

Untuk mengetahui seberapa baik layanan support IdCloudHost, saya melakukan beberapa kali pengujian. Total sudah dilakukan empat kali pengujian sejak review IdCloudHost ini saya publikasikan pada tanggal 20 Maret 2018.

Karena review tentang support ini panjang, maka saya bagi menjadi 4 bagian dibawah ini:

Pengujian Pertama:

Pengujian pertama adalah pengujian umum melalui live chat. Saya mencoba menanyakan beberapa pertanyaan dasar tentang bagaimana cara menambahkan sub domain di cPanel, juga menanyakan tentang lokasi server yang stabil uptimenya.

Pesan saya ditanggapi kurang dari 5 menit, yang mana ini sangat bagus.

Mereka transparan soal server dengan mengatakan bahwa lokasi server di Singapore dan Indonesia banyak peminatnya dan membuat server kemungkinan lebih sering mengalami down karena ramainya aktivitas pada server (sepertinya mereka tidak percaya diri dengan kestabilan uptime nya, padahal sudah menyebutkan bahwa jaminan uptime nya 99,99%).

Tetapi, sayangnya jika Anda menanyakan pertanyaan yang agak technical seperti bagaimana cara menambahkan sub domain, mereka hanya akan mengirimkan link ke panduan mereka, alih-alih memandu dari A sampai Z atau hingga masalah Anda selesai.

Updated: Pengujian Kedua

Saya melakukan pengujian ulang terhadap support IdCloudHost. Kali ini sifatnya lebih teknis. Tujuan nya adalah untuk mengetahui seberapa cepat dan baik staf teknis mereka dalam menangani error pada website klien.

Jadi, saya secara sengaja membuat error establishing a database connection pada website test IDCloudHost. 

Sebagai informasi, saya juga melakukan pengujian yang sama seperti ini terhadap ke-17 provider hosting lainnya. Rata-rata perbaikan error adalah 22,3 menit. Tetapi, ada 9 dari 18 provider yang mampu menanganinya dalam waktu 10 menit atau kurang.

Bagaimana dengan IdCloudHost?

Saya mengirimkan keluhan melalui tiket (karena keluhan yang sifatnya teknis harus melalui tiket). Begini isi percakapan nya:

idcloudhost support test

Tiket dikirimkan tanggal 28 September jam 14:56 sore dan di balas jam 15:01. Hanya dalam waktu 5 menit mereka dapat memperbaiki error tersebut. 5 menit itu adalah waktu yang cepat, meski bukan yang tercepat.

Faktanya, kecepatan support IdCloudHost ini adalah yang tercepat ke #3 dari 18 provider.

Sekitar satu tahun setelah pengujian kedua, maka saya melakukan pengujian kembali. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kualitas layanan supportnya masih terjaga baik, ada peningkatan atau justru ada penurunan.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengetahuinya selain menguji supportnya kembali.

Sama seperti pengujian kedua, pengujian ketiga adalah pengujian teknis. Saya secara sengaja membuat error yang berkaitan dengan file core WordPress. Error ini masih tergolong umum dan cukup mudah untuk diperbaiki. Jadi, saya rasa seharusnya semua provider termasuk IdCloudHost bisa mengatasinya dengan benar dan cepat (dibawah 15 menit).

Pengujian dilakukan pada tanggal 6 September 2021.

Saya mengirimkan tiket mengeluhkan website test IdCloudHost saya yang muncul error dan meminta untuk memperbaikinya.

idcloudhost pengujian support

36 menit setelahnya saya mendapatkan balasan pertama bahwa mereka akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Kemudian, 29 menit sejak balasan pertama, mereka mengirimkan tiket kembali menanyakan apa perubahan yang saya lakukan hingga muncul error.

(Waktu yang sangat lama untuk hanya sekedar dilakukan pengecekan.)

Kemudian, ketika saya jawab bahwa saya melakukan editing pada file core WordPress, 40 menit setelahnya, mereka berhasil memperbaiki error dengan benar dan baik.

Total waktu yang dibutuhkan adalah 105 menit, yang mana sangat lama. Dibandingkan semua provider yang saya uji, support IdCloudHost dalam menyelesaikan error ini adalah yang terlama (rata-rata semua provider adalah 25 menit).

Pengujian Support IdCloudHost

Untuk mengevaluasi kualitas layanan support IdCloudHost di tahun 2022, kami melakukan pengujian ulang kembali dengan metode yang tidak jauh berbeda dengan dua pengujian sebelumnya.

Hanya saja, error yang sengaja kami buat berbeda dengan error sebelumnya. Kali ini ada kaitannya dengan gambar yang tidak muncul atau broken baik pada gambar yang sudah di upload, maupun yang akan diupload di WordPress. Tetapi, masih tergolong error yang mudah untuk diperbaiki.

Saya mengirimkan ticket pada Rabu, 9 November jam 14:33 siang mengeluhkan website test saya yang tidak bisa upload gambar atau gambar yang broken. Kemudian mendapatkan balasan pada 14:47 sebagai berikut:

pengujian support idcloudhost

Inti balasan ticketnya, mereka hanya memandu tentang bagaimana cara memperbaikinya tanpa bertanya lebih lanjut atau meminta izin untuk melakukan pengecekan lebih detail.

Walaupun hanya memandu, tetapi jawabannya salah.

Kemudian, saya meminta agar mereka mau membantu memperbaiki permasalahan ini, tetapi dari balasan kedua mereka ini, jelas bahwa mereka tidak mau membantu, karena mereka hanya meminta saya untuk mencari panduannya di internet.

Saya kira setidaknya mereka harusnya mau memberikan atau mencarikan link referensi panduan terkait masalah ini, karena tidak semua pengguna paham soal teknis bukan?

support 2 idcloudhost

Saya mungkin akan melakukan pengujian ulang di kuartal ketiga tahun ini.

Kesimpulannya adalah saya hanya merekomendasikan IdCloudHost HANYA JIKA Anda tidak masalah dengan layanan technical supportnya yang saya pikir tidak paham soal technical!

3. Kecepatannya Melambat Sekitar 246 ms (2021) Dari Pengujian Sebelumnya (2020)

Catatan tentang Pengujain kecepatan (TTFB):

Mohon maaf, kami belum dapat melakukan pengujian kecepatan TTFB di tahun 2022 lalu karena belum menemukan alat open source yang sesuai untuk mendukung pengujian tersebut. Data yang kami tampilkan disini adalah data perbandingan tahun 2021 dan 2020.

Untuk mengetahui speed IdCloudHost dan membandingkannya dengan 21 provider lainnya, saya melakukan pengujian speed yang dibantu oleh GTmetrix.com.

Metrik yang saya gunakan adalah TTFB atau time to first byte. Mengapa? Karena TTFB punya hubungan yang paling dekat dengan masalah pada sisi server. Artinya, tinggi atau rendahnya nilai TTFB bergantung pada performa server itu sendiri.

Dan dalam pengujian, saya tidak mengaplikasikan metode optimasi apapun, seperti caching, opcache, dan CDN. Semua versi PHP nya pun saya usahakan sama, yaitu versi 7.4. Jadi dengan metode pengujian seperti ini, akan jauh lebih adil dalam membandingkan speed server dari semua provider shared hosting yang saya review.

Bagaimana teknis pengujiannya?

Menggunakan GTmetrix.com, saya memonitoring TTFB IdCloudHost selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 11 April 2022 – 15 April 2022. TTFB diuji sebanyak satu kali setiap satu jam.

ProviderRata-rataTerendahTertinggi
IdCloudHost (Apr. 2022 test)598 ms242 ms20591 ms
IdCloudHost (Sept. 2022 test)352 ms224 ms1512 ms
22 Provider (Apr. 2022 test)426 ms36 ms20591 ms

Rata-rata TTFB IdCloudHost adalah 598 ms, yang mana terkategori LAMBAT. Dibandingkan 21 provider lainnya, speed mereka ada di rangking ke #19.

Jika melihat data pengujian sebelumnya bulan September 2021, terjadi kenaikan load time (naik berarti melambat), sebesar 246 ms. Kenaikan sebesar ini termasuk signifikan dan bukanlah signal yang bagus bagi provider hosting yang menggadang-gadangkan teknologi cloud dalam kampanyenya.

Mungkin Anda bertanya-tanya: Apa indikatornya saya bisa menyimpulkan bahwa kecepatan IdCloudHost termasuk lambat? Menurut kami, indikatornya seperti ini:

  • Dibawah 100ms = Perfect (sulit dicapai kecuali dengan mengaplikasikan cache)
  • Antara 100 – 200 = Sangat Cepat (Dewabiz)
  • Antara 200 – 300 = Cepat (ArdHosting, Dracoola, Dapur Hosting, Rumahweb)
  • Antara 300 – 400 = Cukup Cepat (Hoster, Rumah Hosting, Niagahoster, DomaiNesia, dan JogjaHost)
  • Antara 400 – 500 = Hanya ‘OK’
  • Diatas 500 = Lambat (salah satunya IdCloudHost)

4. Dashboard atau Client Area yang Terasa Kurang Responsive

Saya pikir dashboard mereka terasa agak lambat atau kurang responsif. Sebagian pengguna juga mengeluhkan hal yang sama. Terasa agak berat ketika Anda melakukan perpindahan menu dalam dashboard mereka.

5. Paket Advanced Pro dan Corpote Mahal dan Tidak Worth it

Menurut saya pribadi, Anda tidak membutuhkan paket hosting Advanced Pro dan semua paket Corporate. Saran saya, ambil paket VPS sekalian jika Anda sudah di level corporate atau jika Anda memiliki budget 100.000/bulan .

Rangkuman Paket Hosting IdCloudHost dan Informasi Lainnya yang Perlu Anda ketahui

Rangkuman penawaran paket cloud hosting cPanel di IdCloudHost:

Saat ini IdCloudHost banyak merilis produk-produk baru, seperti Cyberpanel VPS, Object Storage, bahkan Bare Metal Server dan beberapa add ons, seperti Managed Services, Cloud Storage Drive, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membangun website baru, saya pikir paket Cloud Hosting nya sudah cukup.

  • Paket Starter Pro: Harga mulai dari Rp 15.000/bulan. Anda akan mendapatkan storage 1GB, bandwidth unlimited, virtual memory 512MB dan CPU 1 core.
  • Paket Basic Pro: Harga mulai dari Rp 30.000/bulan dengan ketersediaan storage 3GB, bandwidth unlimited, VM 1GB dan CPU 1 core.
  • Paket Entrepreneur Pro: Harga mulai dari Rp 50.000/bulan. Storage 7GB dengan unlimited bandwidth. Virtual memory 2GB dengan CPU 2 core. Di paket ini Anda juga belum mendapatkan fitur add on domain.
  • Paket Business Pro: Harga mulai dari Rp 85.000/bulan dengan jumlah storage 13GB dengan unlimited bandwidth. CPU 3 core dan VM 2GB (sumber daya yang bagus sekali untuk performance website Anda). Oia, Anda juga aka mendapatkan gratis domain dan bisa meminta fitur add on domain mulai dari pada paket ini.
  • Paket Elite Pro: Harga mulai dari Rp 170.000/bulan dengan storage 25GB dan bandwidth unlimited. VM 3GB dan CPU 4 core.
  • Paket Advance Pro: Harga mulai dari Rp 230.000/bulan. Storage 35GB dengan unlimited bandwidth. CPU 5 core dan VM 4GB.

Informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihan server: Indonesia dan Singapore
  • Control Panel yang digunakan: cPanel Control Panel dan Plesk
  • Gratis domain: Jika Anda membeli minimal paket “Business Pro”
  • Instalasi aplikasi (WordPress, Joomla, Drupal, dll): Dapat di instal dengan sangat mudah, sudah ada tool Softaculous di cPanel.

Kesimpulan: Apakah Saya Merekomendasikan IdCloudHost?

Akan selalu ada tiga faktor yang menjadi tolak ukur di semua review kami, yaitu:

  • Uptime yang stabil (harus diatas 99,90%) ✅
  • Speed yang cepat (TTFB dibawah 400ms) ❌
  • Berhasil pada pengujian load testing dengan rata-rata response times dibawah 2 detik ✅
  • Dan support yang bagus ❌

Faktor lainnya yang mempengaruhi:

  • Harga hosting yang adil dan flat, artinya tidak ada permainan harga dalam struktur harga ✅
  • Adanya garansi refund yang adil dan tersedia selama 30 hari ❌
  • Dashboard yang responsive ❌
  • Fitur yang banyak, termasuk penggunaan JetBackup ✅

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah:

  1. Saya merekomendasikan IDCloudHost HANYA JIKA Anda tidak mempermasalahkan layanan support nya yang sangat buruk dan tidak bisa diandalkan
  2. Plus jika Anda tidak masalah dengan tidak adanya garansi refund

Jika Anda tidak masalah dengan dua hal diatas, saya menyarankan Anda mencoba hosting mereka terlebih dahulu selama 1 bulan atau berlangganan secara bulanan (per bulan) juga adalah pilihan yang tepat mengingat mereka memiliki struktur harga yang adil.

Kunjungi www.IdCloudHost.com (referral link)

Tinggalkan Komentar

Gunakan nama asli Anda dalam berkomentar. Anonim dan nama website hampir dipastikan tidak saya approve.

82 Komentar

  1. sharing saya menyewa cloud dengan menggunakan app catalog aplikasi, saya pikir dengan kapasitas custom yang di sediakan pasti kecepatan nya membuat saya puas, saya create server nya
    saya dengan sabar menunggu proses sinkron data, ternyata 4 hari belum kelar-kelar bertanya kepada CS hanya di suruh sabar padahal tenggat waktu nya sudah sangat mepet, akhirnya dengan keputusan melihat kemampuan server nya yang lelet saya menyewa di tempat lain yang memang luar biasa kecepatan sinkron data nya 1 hari tarik data dari server pusat 40 GB slesai dengan kapasitas sama dengan yg di sewa di IDCLOUDHOST
    saran saya jika memang server nggak mumpuni harusnya di perbaiki, bukan malah menyuruh pelanggan sabar agar para pelanggan puas….

    Reply
  2. sebenarnya besar harapan saya idcloudhost menjadi bagian vps cloud terbaik, tp di 1 bulan pertama saya sudah dapat PR besar di 2 minggu pertama, DNS nya lama nyangkut ke ip public, 1 minggu kemudian ada insiden yg gak masuk akal ip public saya tiba2 menghilang dan di sarankan untuk membuat network baru, setelah bikin network baru ip public saya masih pke ip public lama di ssh, dan seblm ini saya juga menemukan masalah ssh ke block yg akhir nya butuh benerin sendiri…

    permasalahan ini gak selesai di 3-4 minggu web saya down, yg awal nya io nya run di rata2 144mb/s jd turun 48mb/s respon server nya sampai saya bikin komentar ini run di 4 detik, bagi yang lama hidup di hostinger bakal merasa ini tuh lemot sekali, karena di hostinger respon server nya gak sampai 1 detik…

    saya pindah dari hostinger karena ada batasan inodes, dengan pindah vps yang ramah di kantong harapan nya bisa ramah di performa minimal tidak down dan respon server di 1-2 detik, semoga ini di baca idcloudhost, karena beberapa kali tanya soal server down saya ikuti mulai menaikkan ram dan core dan akhir nya di sarankan pindah ke vps klasik mereka cuman saya blm menemukan apakah lbh baik ato sama saja performa nya…

    sekitar awal bulan november cloud vps nya down terutama yang di SG dan di JKT (punya saya) jg down tp bisa di akses dg waktu cukup lama, mungkin ini jadi koreksi buat temen2, klo cuman coba dan test ini cocok tp klo sudah di tahap produksi saya tidak menyarankan karena 4 situs saya situs komersil selama bulan oktober dan 8 november saya belum ada transaksi dan baru tanggal 10-11 baru ada transaksi kecil, saya bertahan karena saldo masih banyak karena optimis ini pilihan terbaik tuk saat ini

    Reply
  3. Saya kebetulan beli domain dan hosting wordpress kecil untuk pribadi di idcloudhost.
    kendala yang selama ini saya alami adalah lambatnya mengakses menu di portal.
    perpindahan dari menu domain, ke menu dns atau ke menu service, tidak sat set.
    perbedaan sangat terasa dibanding rumahweb (dipakai untuk hosting wordpress kantor).

    di idcloudhost untuk pindah menu di portal itu almost diatas 5 detik. selemot itu.
    di rumahweb pindah menu di portal/clientzone itu selalu dibawah 5 detik.

    Reply
  4. Saya sangat tidak merekomendasikan idcloudhost karena walaupun HARGA MURAH tapi MURAHAN juga karena alasan sederhana dan paling mendasar yaitu tidak ada dns manager jika membeli domain saja, lain halnya jika membeli domain dan hosting/server seperti pada provider umumnya. Situsnya juga sangat sulit diakses.

    Reply
  5. Saya adalah orang yang memiliki bisnis Web Pulsa dan PPOB, dulu saya menggunakan IDCloudhost sebagai hosting Web Pulsa saya, Namun Satu Hari Kejadian sangat menyedihkan, WEB saya diJebol dan dimaling, semua saldo PULSA/EMONEY HABIS tidak tersisa sedikitpun, saya rugi hingga jutaan rupiah, dan saya menyelidiki masalah ber hari hari, karena saya base nya adalah programmer juga saya mengerti kode yang saya buat, Awalnya saya kira memang dari kodingan saya bermasalah mungkin terdapat celah bug, namun setelah saya cek 1 per 1 saya pun tidak menemukan celah, kemudian saya cerita ke salah satu senior saya, dan dugaan senior saya adalah hacker itu menggunakan teknik jumping dimana pengguna Cpanel bisa masuk ke Cpanel User lainnya tanpa perlu authentication dan memiliki akses penuh, WHAT???????
    sebenarnya sebelum itu saya juga mencurigai ada IP Adress yang tidak saya kenal ada di log login Cpanel saya.
    Perlu diketahui, Cpanel Saya menggunakan Password Hash Random bernilai 40.000 Karakter Ditambah Google Authenticator Secara logika Hal itu Mustahil Untuk Dimasuki Oleh Bot apalagi dengan Cara menebak.
    seharusnya Secara normal itu tidak boleh, ketika saya memiliki Cpanel harusnya saya tidak bisa masuk ke Cpanel Pengguna lainnya,
    Dan kenapa saya bisa mencurigai bug itu ada di Server IDCloudhost?
    Akhirnya saya memutuskan untuk pindah menggunakan Google Cloud Dan Amazon AWS sebagai Server WEB PULSA saya, dan berbulan2 pun Berlalu WEB saya Pun Aman sampe sekarang tidak ada orang yang Maling Saldo PULSA.
    Mungkin Anda bisa menyimpulkan Sendiri. hehe

    Reply
    • Apakah sudah coba dikomunikasikan dg tim IDCloudhost mas? Bagaimana tanggapan mereka atau apa yang mereka telah lakukan untuk memperbaiki masalah mas?

      Reply
      • A*** M****** H*****
        Staff
        Wednesday, February 9th, 2022 (13:12)

        Dear Client,
        Baik, mohon maaf atas ketidaknyamananya, jika di lihat dari kronologis yang anda informasikan tersebut sepertinya anda membutuhkan layanan VPS yang lebih dedicated sehingga diharapkan bisa lebih aman karena yang bisa masuk ke server sudah pasti hanya anda saja dan tidak berbagi sumberdaya dengan user lainnya.

        Terima kasih telah menggunakan layanan IDCloudHost, dengan senang hati kami siap menerima feedback dari anda.
        Bila masih ada pertanyaan silahkan membalas email ini secara langsung melalui client area. Kami akan memberikan respon terbaik untuk anda.

        Regards,
        A*** M****** H*****
        IDCloudHost

      • Betul, untuk web yang ada transaksi didalamnya, wajib menggunakan minimal VPS dengan sumber daya yang dedicated.
        Shared hosting itu memiliki tingkat keamanan paling rendah, karena sifatnya yang berbagi. Jadi, memang hanya ideal untuk website yang tujuannya untuk publikasi saja, seperti company profile, landing page, dsb.
        Rasanya saya, website mas nya memang sudah di target.

      • Saya kirim ticket dan jawabannya seperti itu, Karena penasaran akhirnya saya membeli beberapa Cpanel yang paling murah untuk diTest. Memang tidak semua Server IDCloudhost Bisa di Jumping, dan Kebetulan aja Apes saya menggunakan Server yang itu. Sekarang udah nyaman pake Amazon AWS, hehe

      • Semoga jadi pelajaran.. Jangan lupa server AWS nya juga ditingkatkan security nya. Jangan buka celah keamanan yang berpotensi dimasuki oleh hacker jahat.

      • iya mas, sebuah pembelajaran besar dalam hidup saya yang tidak bisa dinilai dengan uang. Terima Kasih sudah memberikan saran kepada saya.