MDDHosting Review: Apakah Termasuk Hosting yang Bagus?


MDD merupakan perusahaan hosting yang boleh dikatakan masih cukup baru, yang didirikan pada awal tahun 2007 oleh Michael Denney.

Pada halaman "About Us" nya, MDD mengatakan bahwa "We do not see our clients as a number or a dollar sign", yang sejujurnya, sudah selayaknya perusahaan yang masih tergolong baru berkata demikian, namun setelah menguji kualitas MDD, saya pikir itu bukanlah bualan semata.

More...

Dan sekali lagi... layaknya perusahaan yang masih tergolong cukup baru, MDD mencoba memposisikan ​dirinya sebagai perusahaan hosting yang berbeda dan terlihat lebih baik bila dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lebih lama berdiri.

Apa yang MDD lakukan agar terlihat beda dan lebih baik dari pesaingnya?

MDD melakukan klaim bahwa mereka lebih baik dalam hal "Speed dan Support".​

Ini menarik.​

Dalam rangka untuk mengetahui hal tersebut, dan tentu saja untuk memberikan review yang fair/tidak bias, saya melakukan pengetesan terhadap uptime, page load time, support dan hal-hal lainnya dari MDDHosting dengan menggunakan blog WordPress default yang telah dihostingkan di paket "Basic" shared hosting MDD​.

Apa yang saya temukan?

​Lanjutkan membaca... Anda akan menemukan fakta-faktanya dibawah ini.

Host: MDDHosting

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Kelebihan Menggunakan MDDHosting

Pada umumnya disebagian besar web hosting menawarkan fitur-fitur yang kurang lebih sama, baik penyedia hosting yang baru maupun yang sudah lama berdiri, namun yang paling membedakannya adalah uptime, page load time dan supportnya.

Bila sebuah penyedia web hosting gagal mencapai hasil yang bagus dari ketiga hal tersebut, maka itu akan menjadi persoalan besar, dan saya tidak akan ragu untuk TIDAK merekomendasikannya kepada Anda.

​Bagaimana bila hanya bagus dua dari ketiga hal tersebut? Saya akan dengan percaya diri untuk merekomendasikannya kepada Anda.

Bagaimana bila ketiganya bagus? Well, saya pikir Anda sudah tahu jawabannya :D​

.... Setelah melakukan pengujian dari ketiga hal tersebut, untungnya, MDD berhasil mencapai hasil yang bagus dua dari tiga hal tersebut, apa saja itu?

Mari kita tinjau lebih dalam.​

#1 Page Load Time yang Diatas Rata-rata

MDD mencatat waktu load time 490ms berdasarkan pengujian dengan menggunakan tools Pingdom, yang mana hasil ini menempatkan MDD sebagai web hosting tercepat ke-4 (Hanya kalah dari A2 Hosting, InMotion dan SiteGround).

Kecepatan inilah yang memang dibangga-banggkan oleh MDD dan dari sekian banyaknya testimonial yang diberikan oleh pelanggan MDD, kecepatan merupakan alasan terbanyak yang mereka kemukakan.

#2 Bagaimana Dengan Supportnya? Saya Pikir 9/10

MDD menyediakan layanan support selama 24/7/365 melalui live chat agent, email, telephone dan tiket bantuan.

Untuk menguji sebagus apa layanan support MDD, saya menghubungi support agent MDD melalui live chat dan direspon oleh Tim M.

Selama proses chat berlangsung, Tim M menjawab pesan chat saya kurang dari 1 menit dan menjawab dengan cepat dan efisien, yang mana hal ini sangat bagus.

Saya melemparkan Tim tiga pertanyaan, salah satunya adalah apakah MDD menawarkan tools pencegahan untuk email spam pada paket shared hosting "basic" dan bagaimana cara mengaktifkannya, serta apakah MDD menyediakan jasa migrasi grati/tidak.

Saya pikir akan memberikan rating support MDD 9 dari 10.

#3 Hosting yang Fair & Tidak Ada Permainan Harga

Menurut saya, MDDHosting adalah penyedia hosting yang sangat fair, tidak ada trik/permainan harga, dan mampu menyediakan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggan.

MDD menawarkan 2 paket shared hosting, yaitu Basic dan Professional.

harga shared hosting MDD

Bila Anda adalah pemula atau baru memiliki satu website, Anda tidak perlu ragu untuk memilih paket "Basic" dan bila Anda memilki banyak website tentus aja paket "Professional" yang harus Anda pilih.

Maksud saya, tidak ada perbedaan yang mencolok diantara kedua paket ini, Anda tidak perlu mendaftar paket yang lebih mahal bila meningingkan fitur yang lebih banyak, artinya baik paket "Basic" dan "Professional" menawarkan fitur yang sama..... hanya saja perbedaannya adalah jumlah domain dan disk space, yang tentu saja itu adalah hal yang wajar.​

Mengapa saya sebut fair?

Karen MDD tidak menampilkan harga termurah dalam informasi harga hosting dihalaman depan, yaitu $3 per bulan bila mendaftar selama 36 bulan, MDD lebih memilih menampilkan harga termahal dalam paket hostingnya, yaitu $3,5 untuk penyewaan hosting dalam jangka waktu sau bulan, yang mana menurut saya satu-satunya web hosting yang melakukan hal ini.

Dan kabar baiknya adalah harga hosting MDD lebih murah dari harga rata-rata web hosting.

#4 Gratis Migrasi Website

MDD menawarkan gratis jasa migrasi website dari hosting lama Anda secara gratis, alias tanpa biaya.

#5 Jaminan Uang Kembali Selama 30 Hari

Sama seperti kebanyakan web hosting, MDD juga memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari, yang mana hal ini bagus untuk pelanggan.


Kekurangan Menggunakan MDDHosting

Setelah selesai melakukan pengujian terhadap kualitas MDD, saya pikir MDD adalah hosting yang bagus.

Dengan menggunakan LiteSped technology yang membuat page load time website Anda menjadi lebih cepat, kemudian didukung oleh support yang baik dan tentu saja harga yang murah, saya pikir MDD akan menjadi salah satu dari tiga hosting terbaik.

Namun.... Sayangnya, ada satu kelemahan MDD yang membuatnya terlempar dari tiga besar penyedia web hosting terbaik, yaitu uptime yang tidak konsisten, yang artinya kinerja server yang tidak stabil.

Mari kita lihat lebih jauh tentang uptime ini.​

#1 Rata-rata Uptime MDD Dibawah Rata-rata

Dengan menggunakan layanan dari Pingdom, salah satu tools terbaik untuk memonitoring uptime, saya melihat selama 12 bulan terakhir, rata-rata uptime MDDHosting masih dibawah rata-rata.

​Rata-rata uptime yang baik adalah 99,94%, namun MDD ada di angka 99,92%, yang mana server mengalami down selama 7 jam dalam 12 bulan. Tidak bagus, tapi juga tidak jelek.

rata-rata uptime MDDHosting

Referensi: HostingFacts.com

#2 Tidak Memberikan Gratis Domain

Sementara sebagian besar web hosting memberikan gratis satu domain ketika melakukan pembelian paket shared hosting, namun tidak untuk MDDHosting. 

Anda perlu membayar domain yang Anda daftarkan yang harganya $14,99 untuk domain yang umum seperti .com, .net, .org, .info, .biz, dll.​


Apakah Saya Merekomendasikan MDDHosting?

Sekali lagi, MDDHosting masih tergolong pemain baru dalam dunia web hosting, namun MDD telah menunjukan kualitas yang baik, seperti page load time yang cepat, support yang baik, dan juga uptime yang layak.

MDDHosting mengklaim bahwa mereka menjamin uptime 99,90%, yang mana MDD sadar akan kemampuannya dalam menjaga server mereka tetap stabil dalam angka tersebut.

Jadi, menurut saya MDDHosting adalah hosting yang fair, mereka sama sekali tidak membual atau melakukan sesuatu trik yang mendorong pelanggannya melakukan pembelian hosting.

Yes, saya merekomendasikannya kepada Anda.

N/B: Bila Anda ingin melihat penyedia web hosting yang lebih bagus dari MDD, silahkan membuka halaman penyedia web hosting luar negeri terbaik ini.​

Leave a Comment: