iPage Review: Jangan Beli iPage Sebelum Anda Tahu Faktanya


Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan iPage hosting.

Ketika Anda mencari review hosting dengan harga termurah, saya yakin iPage adalah salah satunya.

Karena memang banyak review online yang memposisikan iPage sebagai hosting dengan harga termurah.

Akan tetapi...

More...

Saya rasa fakta tersebut tidak berlaku untuk saat ini, setidaknya pada saat review ini saya buat, karena harga iPage sekarang tidaklah semurah dulu yang hanya $1,99 per bulan.

iPage reviews

Harga perkenalan iPage, seperti yang Anda lihat di screen shoot halaman resmi iPage diatas, adalah $3,25 per bulan..... Harganya masih murah bila dibandingkan harga rata-rata hosting, tapi bukanlah lagi yang termurah dikelasnya.

​Well, saya pikir saat ini sudah banyak pengguna yang pintar.

Harga bukanlah pertimbangan utama dalam memilih hosting. Faktor-faktor seperti uptime dan page load time adalah dua faktor yang selalu tidak bisa dilepaskan dari suatu review online yang professional.

... Dengan kesuksesan telah menghostkan lebih dari 1 juta website dari seluruh dunia, dan memiliki dua data centers di United States (US)​.​.. iPage melalukan klaim bahwa mereka adalah "leader" dalam web hosting sejak 1998.

Meskipun faktanya, BlueHost dan HostGator memiliki jumlah/volume yang lebih banyak dari iPage.​

Tapi tahukan Anda bahwa BlueHost, HostGator dan iPage dimiliki oleh satu konglomerat yang disebut Endurance International Group (EIG ) ?​

Ada sedikit keraguan dalam diri saya ketika ​saya meninjau perusahaan yang dimiliki oleh EIG, karena dari pengalaman/kesimpulan direview-review saya terhadap perusahaan EIG adalah saya tidak merekomendasikannya.

Saya mengakui mereka adalah perusahaan hosting terbesar didunia, terkenal. Tapi tidak konsisten...

Lalu bagaimana dengan iPage? Apakah saya juga tidak merekomendasikannya sama halnya seperti Bluehost dan HostGator?

Untuk mengetahui hal tersebut, saya meninjau lebih jauh paket shared hosting iPage dan menggunakan blog WordPress default yang telah dihostingkan diserver iPage.

Berikut ini adalah review iPage yang fair dan tidak bias. Saya jelaskan apa kelebihan dan kekurangan iPage, serta melengkapinya dengan data aktual yang akurat.

Host: iPage

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Kelebihan Menggunakan iPage Hosting?

Diantara semua kelebihan yang dimiliki oleh iPage, harga memang masih merupakan yang paling menonjol dari iPage.

Selain itu supportnya yang ramah dan 'knowledgeable' juga sangat membantu.

Berikut detailnya.

#1 Harga Hosting yang Murah

harga hosting iPage

Bila dibandingkan dengan dua hosting terbaik direview saya, SiteGround dan A2 Hosting, harga iPage lebih murah $0,45 per bulan bila Anda mendaftar untuk jangka waktu 12 bulan.

Meskipun harganya tidak semurah dulu yang hanya $1,99 per bulan, Namun iPage masih dikategorikan hosting dengan harga yang murah.​

Updated: ​
Anda masih bisa mendapatkan harga $1,99 per bulan bila mendaftar selama 36 bulan, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi support iPage melalui live chat, lalu meminta harga $1,99 per bulan. Saya sudah mencobanya dan berhasil 🙂


#2 Support yang Ramah dan 'Knowledgeable'

Dengan bahasa inggris yang pas-pasan saya menghubungi support iPage melalui live chat, itu membutuhkan waktu 32 menit sampai mereka membalas pesan (well, itu sangat lama).

Namun support mereka sangat ramah dan 'knowledgeable'.


#3 Menawarkan Fitur yang Berbeda

Tidak seperti kebanyakan web hosting lainnya, di iPage Anda dapat menghostkan tidak hanya 1 domain saja, tetapi unlimited domain. 

Jadi, bila Anda berencana untuk menghostkan lebih dari 1 website, Anda tidak perlu untuk mengupgrade paket hosting Anda. Cukup 1 hosting untuk banyak kebutuhan website Anda.

Namun.... perlu diperhatikan juga, bahwa bandwidth iPage adalah scalable, tidak unlimited, yang artinya memiliki batasan.

Anda perlu untuk membaca ketentuannya terlebih dahulu bila Anda berencana untuk menghostkan banyak website (lebih dari 3 website).

Menurut saya, untuk website dengan traffic low to medium, di iPage dapat menampung 2-3 website.


#4 Terintegrasi dengan PayPal

Kelebihan iPage lainnya yang tidak banyak dimiliki oleh hosting lainnya adalah iPage hosting terintegrasi dengan PayPal.

Jadi, bila Anda berencana untuk menjual produk/jasa secara online atau membuat toko online yang menggunakan PayPal sebagai metode pembayarannya, baik Anda menggunakan CMS Prestashop, Opencart, Zen Cart atau CMS E-Commerce lainnya, Anda dapat menggunakan fitur integrasi PayPal ini dengan mudah.


#5 Memberikan Gratis Domain 

Sama seperti kebanyakan web hosting lainnya, iPage juga memberikan Anda gratis domain untuk tahun pertama dan juga jaminan uang kembali selama 30 hari.


#6 Enhanced Security

iPage bekerja sama dengan SiteLock.​

iPage mengklaim bahwa mereka mempunyai security yang lebih baik dibandingkan dengan hosting rata-rata, mereka menawarkan fitur SiteLock security suite yang berharga $100.

Dengan adanya SiteLock, website Anda akan akan dari malware dan membantu mencegah website Anda dari blacklist google. Maksudnya adalah bila website Anda terkena malware, Google akan memblacklist website Anda dan SiteLock akan membantu mencegah hal itu terjadi.


Kekurangan Menggunakan iPage Hosting

Pada dasarnya, setelah meninjau semua kelbihan yang dimiliki oleh iPage, saya bisa mengatakan bahwa dari segi harga dan fitur yang ditawarkan, iPage termasuk yang terbaik.

Namun.... Ada 2 alasan mengapa pada akhirnya saya tidak merekomendasikannya kepada Anda.

Berikut alasannya.

#1 Rata-rata Uptime Yang Buruk

Faktor yang paling utama yang menjadi pertimbangan saya dalam menentukan bagusnya suatu web hosting adalah uptime.

Bila rata-rata uptimenya buruk, mau semurah apapun harga hosting yang ditawarkannya atau sebanyak apapun fitur yang ditawarkan, saya tidak akan merekomendasikannya.

Setelah dimonitoring selama 12 bulan menggunakan layanan dari Pingdom, rata-rata uptime iPage​ adalah 99,77%.

Dan membuat iPage sebagai web hosting dengan rata-rata uptime terburuk dari 10 hosting yang saya review.



#2 Page Load Time yang Lambat

Page load time iPage juga tidak bagus, yaitu hanya 946ms, dimana rata-rata page load time yang bagus ada di 800ms.

Artinya performance server iPage masih kalah bila dibandingkan dengan rata-rata web hosting terbaik lainnya, seperti SiteGround dan A2 Hosting.


#3 Tidak Menggunakan cPanel

Hampir semua web hosting menggunakan cPanel.

Namun tidak bagi iPage. iPage menggunakan vDeck sebagai control panel web hosting.

​Menurut saya vDeck tidaklah ideal, karena cPanel lebih mudah dalam penggunannya dan lebih up-to-date daripada vDeck, yang kebanyakan review online menyebutkan sebagai alternatif dari cPanel.


Apakah Saya Merekomendasikan iPage Hosting?

Setelah mempertimbangkan uptime, page load time, support dan hal-hal lainnya yang disebut dalam iPage review ini.

Saya menyimpulkan untuk tidak merekomendasikannya kepada Anda.

Masih banyak web hosting yang lebih baik dari iPage, seperti SiteGround dan A2 Hosting.​

Leave a Comment: