InMotion Hosting Review: Lebih Bagus Dari SiteGround dan Bluehost?


Untuk review hosting kali ini, saya memilih Inmotion Hosting karena merupakan salah satu perusahaan hosting yang besar dan kemungkinannya adalah, Anda sudah familiar dengan Inmotion.

​Sama seperti A2 Hosting, Inmotion telah sangat lama berdiri, yaitu sejak tahun 2001 dan hingga saat ini telah mengumpulkan setidaknya lebih dari 300.000 domain dengan memiliki dua data centers, di Los Angeles dan Virgina Beach.

Tapi ada satu hal.... 

More...

Saya akui bahwa Inmotion telah membangun brand mereka dengan sangat baik, sehingga dapat menamcapkan persepi yang kuat dalam benak pelanggan.

Namun... Sering kali, perusahaan yang besar justru adalah yang terburuk dalam hal kualitas.​

Apakah Inmotion juga demikian?

Pertanyaan yang menarik.

Dalam rangka untuk menjawab hal itu dan menyediakan sebuah review yang fair dan tidak bias, saya ​telah membeli "paket Launch" dari shared hosting Inmotion dan menginstalnya pada blog WordPress.

InMotion Hosting Reviews

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Kelebihan Menggunakan Inmotion Hosting

Inmotion menunjukan kualitas yang sangat bagus, baik dari segi uptime, page load time, customer support hingga fitur-fitur yang ditawarkan.

Pertanyaannya.. apakah Inmotion adalah yang terbaik? Bagaimana bila dibandingkan dengan SiteGround dan A2 Hosting atau Bluehost?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita tinjau kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Inmotion berikut ini.


#1 Rata-rata uptime yang mengesankan​

Hingga saat review ini dibuat, saya menghostkan satu blog Amazon saya di Inmotion dan memonitoring uptimenya dengan menggunakan Uptimerobot dimulai pada 12 September 2016.

Berikut rata-rata uptime Inmotion selama​ 3 bulan dan 14 hari (99,98%).

uptime Inmotion Hosting

Tentu saja, hasil rata-rata uptimenya mengesankan, namun agar dapat memberikan review yang fair, saya juga menyediakan data akurat lainnya yang menunjukan rata-rata uptime Inmotion selama 12 bulan.

Selama 12 bulan rata-rata uptime Inmotion adalah 99,96%.

Hasil ini menunjukan bahwa Inmotion ada di urutan ke-3 dengan rata-rata uptime terbaik setelah A2 Hosting dan SiteGround.

Referensi: HostingFacts.com


#2 Server Hosting Tercepat Ke-2 Setelah A2 Hosting

Page load time memainkan peranan yang penting dalam algoritma Google.

Semakin bagus speed website Anda, maka akan berpengaruh terhadap ranking website Anda di mesin pencarian Google.

Karena sebab itulah, page laod time merupakan salah satu faktor yang seharusnya Anda perhatikan dalam memilih web hosting.

Jadi, bagaimana dengan kinerja server Inmotion hosting?

Saya sudah mengujinya dengan menggunakan tools Pingdom. Berikut hasilnya:​

kecepatan server hosting Inmotion

Kecepatan server shared hosting dari Inmotion hosting adalah 432ms atau 0,43 detik.

Menempatkan Inmotion sebagai hosting tercepat ke-2 setelah A2 Hosting.​


#3 Bagaimana Dengan Supportnya? Saya Pikir 10/10

Inmotion mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik dalam hal customer support.

Ada 3 hal yang menjadi patokan saya dalam menentukan apakah customer supportnya bagus / tidak, yaitu kecepatan, keramahan dan membantu.

Nah untuk mengetahui seberapa baik kualitas dari customer support Inmotion, saya menghubungi technical support Inmotion.

Berikut sepenggal percakapan saya dengan Colton W, team support dari Inmotion.​

support dari Inmotion Hosting

Dengan English yang pas-pasan saya menanyakan bagaimana menambahkan domain dan membuat email account.

Kelebihan dari Inmotion adalah mereka juga memberikan layanan prioritas kepada seluruh pelanggannya, jadi Anda tidak perlu untuk membeli paket yang termahal bila ingin mendapatkan prioritas pelayanan.

Nilai plusnya adalah mereka juga akan dengan senang hati membantu Anda, bahkan membuatkan account email yang notabene sangat mudah untuk di set up.


#4 Free Sucuri WordPress Plugin

Masalah yang umum terjadi pada blog WordPress adalah website diserang oleh hacker-hackjer jahat yang baru aja nyoba ilmu.

Anda dapat kehilangan data-data website bila hal itu terjadi.

Berita bagusnya, di Inmotion Hosting Anda akan mendapatkan free sucuri plugin, yang akan membackup data-data Anda setiap 36 hari sekali.

Fitur ini terbatas hanya untuk blog/website dengan kapasitas 10GB.

Ngomong-ngomong, plugin sucuri ini juga dapat mencegah adanya serangan spam pada account email Anda yang terkoneksi di hosting Inmotion dan juga proteksi dari Virus, serta secara reguler akan menscan website Anda dari ancaman sesuatu yang tidak baik.


#5 Free Data Backups

Fitur penting lainnya dari Inmotion adalah fitur backupnya. 

Bila Anda mengalami masalah, semisal tidak sengaja menghapus file tertentu, database atau folder tertentu, email dan semacamnya, Anda cukup mengirimkan permintaan restore.


#6 Jaminan Uang Kembali Selama 90 Hari

Inmotion Hosting adalah satu dari sedikit hosting yang berani memberikan jaminan uang kembali selama 90 hari.

Namun sayangnya, ini hanya berlaku pada paket VPS dan reseller hosting saja.

Untuk shared hosting, sama seperti standard web hosting lainnya, yaitu 30 hari.


​#7 Gratis Migrasi Hosting

Sama seperti sebagian besar web hosting lainnya, Inmotion juga menawarkan gratis migrasi hosting secara gratis, alias tanpa biaya sama sekali.

Namun sayangnya, tidak seperti SiteGround. Inmotion tidak menjanjikan website Anda akan tetap online selama proses migrasi berlangsung, yang artinya bisa saja website Anda akan mengalami downtime selama proses migrasi.​


#8 Gratis Domain

Sama seperti sebagian besar web hosting terbaik pada review hosting lainnya, Inmotion hosting juga memberikan Anda gratis satu domain ketika Anda membeli apapun paket shared hosting mereka.'

Ngomong-ngomong, Inmotion menamakan paket shared hostingnya dengan "business hosting".


Kekurangan Menggunakan Inmotion Hosting

Pada dasarnya, dengan segala kelebihan yang Inmotion miliki, mereka bisa saja menjadi perusahaan hosting yang terbaik, namun menurut saya tidak ada satu hosting pun yang tidak memiliki kekurangan.

Harga yang sedikit lebih mahalpun juga adalah kekurangan.

Jadi apa saja kekurangan Inmotion?

Mari kita tinjau... so, keep reading.

#1 Harga Hosting Lebih Mahal Dari Rata-rata

Bila Anda mencari hosting dengan harga murah, Inmotion bukanlah pilihan terbaik, karena harga hosting Inmotion lebih mahal dari rata-rata harga shared hosting pada penyedia hosting lainnya.

​Dengan diskon saat ini 25%, harga Inmotion masih tergolong mahal dikelasnya, yaitu $5,99 per bulannya.

Berita kurang baiknya, Anda perlu mendaftar selama 24 bulan untuk mendapatkan harga $5,99 tersebut. Bila Anda berencana hanya mendaftar selama 12 bulan, maka harganya menjadi $6,99 per bulan.

​Namun... berita baiknya adalah Anda diperbolehkan untuk mendaftarkan 2 website pada account hosting di paket Launch, yang mana di sebagian besar web hosting lainnya hanya diperbolehkan 1 website saja.

2 website dalam 1 account untuk harga $5,99 per bulan? Saya pikir ini perlu dimasukkan dalam pertimbangan Anda bila Anda berencana untuk mendaftarkan 2 website.


#2 Tidak Ada Pembayaran Langsung dengan PayPal

Sebenarnya ini bukanlah kekurangan yang umum pada suatu web hosting.

Namun mengingat sebagian besar blogger dan orang Indonesia belum terlalu familiar, maksud saya pembayaran melalui credit card bukanlah alat pembayaran yang umum digunakan oleh orang Indonesia, jadi saya masukkan dalam kekurangan.​

Tidak ada pembayaran langsung di form order Inmotion. Berita baiknya adalah Anda dapat membayar dengan PayPal dengan cara menghubungi customer support dari Inmotion dan mengatakan bahwa Anda ingin membayar hosting dengan PayPal.

Ngomong-ngomong, saya juga membayar hosting Inmotion menggunakan PayPal dan dibantu proses transaksinya dengan hanya hitungan menit.


#3 Anda Perlu Memverifikasi Account

Tidak seperti web hosting lainnya yang hanya dengan beberapa klik hosting Anda siap digunakan, namun tidak untuk Inmotion.​

Anda perlu memverifikasi account Anda ketika melakukan pembelian hosting di Inmotion melalui telephone.

Apaa??? Maksudnya Saya akan di telphone oleh pihak Inmotion untuk verifikasi?​

Ah, jangan kaget begitu.

Memang aturan Inmotion mengharuskan untuk memverifikasi pembelian melalui telephone, tapi pengalaman saya bisa "diatur" dengan mengatakan via email, "tolong jangan verifikasi saya melalui telephone, English saya hancur, please lewat email saja".

(tentu saja saya menggunakan bahasa Inggris, tidak seperti diatas bahasanya :D)​


Jadi, Apakah Saya Merekomendasikan Inmotion Hosting?

Setelah memonitoring uptime Inmotion, menguji kualitas supportnya dan juga mengetes kecepatan server mereka, saya pikir, saya dapat merekomendasikannya kepada Anda.

Catatan: Bila Anda ingin melihat penyedia web hosting yang lebih baik dari Inmotion, silahkan lihat review hosting terbaik luar negri saya dihalaman ini.

Leave a Comment: