HostGator Review: Mengapa Saya Tidak Merekomendasikan HostGator

Direview oleh Willya Randika 


Jika ada satu perusahaan hosting luar negri yang Anda ketahui, saya yakin itu adalah HostGator.

Karena HostGator adalah perusahaan web hosting terbesar didunia saat ini.​ Mereka telah mengumpulkan lebih dari 9 juta domain dan lebih dari 400.000 pelanggan dari 200 negara di seluruh dunia.

More...

Dan satu alasan lagi kenapa saya yakin Anda lumayan akrab dengan nama hosting yang satu ini adalah karena HostGator beriklan dimana-mana, di Google ads, facebook, dsb... Jadi tidak heran Anda familiar dengan nama HostGator.

Namun seperti yang review saya yang sudah-sudah, yang terbesar atau yang terpopuler tidak selalu yang terbaik dalam hal kualitas.

Apakah HostGator juga demikian?

Diluar sana banyak sekali bertebaran review positif terhadap HostGator, maksud saya kebanyakan review terhipnotis dengan nama besar HostGator, tapi apakah banyak review yang juga menyediakan data yang akurat untuk membuktikan HostGator adalah pilihan hosting terbaik?

Tidak banyak.

Disini saya mempunyai cara yang berbeda dalam mereview hosting.

Brand yang besar bukanlah tolak ukur untuk menentukan bagusnya kualitas dari sebuah web hosting.

Tetapi data yang akurat, seperti uptime, page load time, customer support yang baik adalah tolak ukur utama dalam review hosting yang fair.

Jadi dalam rangka untuk menyediakan review yang fair dan tidak bias, saya mengetes performance HostGator, saya menggunakan paket shared hosting "Hatchling" dan menginstalnya pada blog WordPress default.

Dan inilah yang saya temukan...​

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Kelebihan Menggunakan HostGator

HostGator memiliki beberapa kelebihan, seperti jaminan uang kembali yang lebih lama dari rata-rata, gratis jasa migrasi hosting dan dukungan support yang cukup baik.

Berikut detailnya.​

#1 Dukungan Support Yang Cukup Baik

HostGator menyediakan dukungan pelanggan selama 24/7/365, baik melalui telephone, live chat, dan email.

​Untuk menguji kelayakan... Maksud saya menguji kecepatan balasan, keramahan dalam membalas pesan dan juga apakah technical support mereka "knowledgeable" atau tidak.

Saya menghubungi team support HostGator melalui live chat dan setelah menunggu selama 10 menit, pesan saya dibalas oleh David B, kemudian saya menanyakan hal-hal yang sederhana yang berhubungan dengan website dan juga hosting.

Pengalaman saya terhadap kualitas layanan dukungan HostGator adalah cukup baik, dalam arti layak untuk disebut bagus, saya tidak bilang diatas rata-rata, tapi saya tidak terkesan dengan support HostGator.

Live chat HostGator

#2 Jaminan Uang Kembali Selama 45 Hari

Sebagian besar web hosting memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari.

Namun HostGator memberikan jaminan uang kembali kepada Anda lebih lama 2 minggu, yaitu 45 hari. Hal ini tentu menguntungkan Anda untuk mengetes kualitas HostGator lebih lama.​


#3 Gratis Jasa Migrasi Hosting

HostGator akan membantu Anda secara gratis apabila Anda meminta untuk memindahkan website Anda dari hosting lama Anda ke hosting mereka.

Biasanya proses migrasi berlangsung 2-3 hari saja dan berita baiknya, website Anda tidak akan mengalami down selama proses migrasi tersebut.


#4​ Memiliki Support Portal yang Sangat Lengkap

Menurut saya, ini adalah kelebihan yang paling menonjol dalam "help & support" yang dimiliki oleh HostGator.

HostGator mempunyai support portal tersendiri yang sangat lengkap berupa text dan video, mulai dari bagaimana menginstal CMS seperti WordPress, menambah database dan​ cara mentransfer website ke HostGator.

Jadi sangat cocok untuk pemula.​


Kekurangan Menggunakan HostGator

HostGator memiliki sejumlah kelebihan yang telah saya jelaskan diatas, namun mereka mempunyai kekurangan yang sangat krusial pada tolak ukur yang penting, seperti buruknya rata-rata uptime dan kinerja server yang masih dibawah rata-rata.

Berikut detailnya.​

#1 Rata-rata Uptime yang buruk

HostGator mengklaim rata-rata uptime 99,9%.

Untuk itu saya melakukan research dan menemukan fakta bahwa HostGator telah gagal untuk mencapai rata-rata 99,9%.

Selama 12 bulan, rata-rata uptime HostGator hanya 99,85% atau mengalami down selama 13 jam.​

Ini adalah alasan utama mengapa saya tidak merekomendasikan HostGator kepada Anda.

Layanan hosting seperti SiteGround dan A2 Hosting dapat menjaga server mereka tetap online, stabil dan konsisten, dan berhasil mencapai rata-rata uptime 99,98% dalam 12 bulan terakhir.

rata-rata uptime HostGator

Referensi: HostingFacts.com


#2 Page Load Time: Dibawah Rata-rata

Saya telah mengetes page load time dari server HostGator dan menemukan bahwa kinerja server mereka masih dibawah rata-rata hosting terbaik lainnya, yaitu 730ms. Hanya sedikit lebih baik daripada GreenGeeks (799ms).


#3 Harga Hosting Lebih Mahal Dari Rata-rata

Harga hosting HostGator saat ini termasuk mahal bila dibandingkan dengan rata-rata hosting.

Paket "Hatchling Plan" atau paket shared hosting termurah HostGator adalah $3,95 per bulannya.

Namun perlu dicatat bahwa harga tersebut akan didapat apabila Anda mendaftar hosting selama 36 bulan.

Bila hanya mendaftar selama 12 bulan saja, maka harganya menjadi​ $6,25 per bulan (tetap termasuk murah bila dibandingkan harga rata-rata hosting lainnya).

Harga hosting HostGator

#4 Ada Biaya Tambahan Untuk Fitur 'Instant Backup'

Anda perlu membayar $19,95 per tahun apabila Anda menginginkan fitur 'instant backup' yang dapat membackup file-file website Anda secara otomatis, dimana fitur ini dapat Anda dapatkan secara gratis di sebagian web hosting lain.


#5 Tidak Menawarkan Gratis Domain

Tidak seperti sebagian besar web hosting lainnya, Anda tidak akan mendapatkan gratis domain setiap pembelian paket shared hosting di HostGator.


Apakah Saya Merekomendasikan HostGator?

Abosolutely Not!

Dengan mempertimbangkan rata-rata uptime yang buruk, kinerja server dibawah rata-rata, dan harga yang lebih mahal dari rata-rata.

Saya tidak merekomendasikannya baik untuk blog personal Anda ataupun blog/website bisnis Anda.

Kesimpulan saya, HostGator hanyalah web hosting yang 'average', atau masih jauh dari kata sempurna.

​Untuk pilihan hosting terbaik, silahkan lihat rekomendasi hosting terbaik saya dihalaman ini.

Leave a Comment: