GreenGeeks Review: Green Hosting yang Menawarkan Fitur Terbanyak


GreenGeeks adalah hosting yang menggunakan teknologi ramah lingkungan yang berbasis di Los Angeles, California.

Didirikan pada tahun 2008 oleh Trey Gardner, hingga saat ini GreenGeeks telah memiliki lebih dari 35.000 pengguna terdadftar dan menghostkan lebih dari 300.000 website dari seluruh dunia (sebuah pencapaian yang luar biasa selama 8 tahun).

Apa yang mengesankan dari GreenGeeks?​

More...

Dihalaman resminya, GreenGeeks mengklaim:

  • Jaminan uptime 99,9%
  • Jaminan kepuasan pelanggan 100%​
  • Hosting yang menawarkan fitur terbanyak di internet

Dan tentu saja, di GreenGeeks review ini, saya akan melakukan pengetesan terhadap klaim-klaim tersebut guna memberikan review hosting yang fair dan tidak bias.

Namun pertama-tama, mari kita lihat dulu mengapa GreenGeeks mengatasnamakan dirinya sebagai hosting yang green/green hosting.

Apakah web hosting merupakah industri yang tidak ramah lingkungan?

Teruskan membaca untuk mengetahui jawabannya.

Sedikit Background Dari GreenGeeks Hosting

Greengeeks reviews

Mungkin Anda terkejut ketika saya memberitahu bahwa web hosting bukanlah industri yang ramah lingkungan.

Begitu juga saya pada awalnya.

​Perlu Anda ketahui bahwa penyedia web hosting mengkonsumsi sejumlah energi yang besar pada server / data center guna memberikan layanan 24/7, atau dengan kata lain menggunakan sumber daya listrik yang besar untuk menjaga server tetap online.

Dan tentu saja, penggunaan energi listrik dalam jumlah yang besar akan memberikan dampak yang negatif terhadap lingkungan.

GreenGeeks, sebagai green hosting, memberikan solusi untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari pengguanan energi listrik dan menggantinya dengan energi angin.

Pertanyaannya, seberapa bagus kualitas dari GreenGeeks?

Karena tentu saja, green hosting bukanlah pertimbangan utama dalam memilih hosting terbaik, bila tidak didukung oleh performance server yang handal dan didukung oleh customer support yang baik.

Dalam rangka untuk mengetahui kualitas GreenGeeks, saya melakukan pengetesan dengan menggunakan blog WordPress default yang telah dihostkan di shared hosting GreenGeeks.

Type: Shared Hosting

Performance

Uptime

Support

Price

Kelebihan Menggunakan GreenGeeks

Saya menemukan banyak kelebihan dari GreenGeeks, seperti uptime dan support yang bagus, dan menawarkan fitur terbanyak.

Begini detailnya.​

#1 99.97% Uptime Selama 12 Bulan

Sebelumnya, GreenGeeks mengklaim 99,9% uptime.

Untuk memastikan klaim tersebut, ​berikut saya suguhkan hasil test uptime GreenGeeks selama 12 bulan yang di tes menggunakan layanan dari Pingdom.

Rata-rata uptime menunjukan 99,97% dan mengalami down selama 3 jam dalam kurun waktu 12 bulan.

Hasil ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa uptime GreenGeeks ada diatas rata-rata standard hosting 99,94%.

Referensi: HostingFacts.com


#2 Customer Support Yang Baik dan Menjawab Dengan Cepat

Saya pikir GreenGeeks sangat berani membuat klaim 100% jaminan kepuasan pelanggan.

Dengan mempertimbangkan segala aspek yang biasanya menjadi tolak ukur bagusnya suatu layanan support seperti kecepatan dan jawaban yang membantu, saya mencoba untuk menghubungi team support GreenGeeks dengan bahasa Inggris saya yang pas-pasan 😀

Berikut saya lampirkan bukti sepenggal percakapan saya dengan Galvin (support dari GreenGeeks)​. 

Layaknya sepasang kekasih yang sedang berbalas pesan di BBM, biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk saling membalas :D....

Maksud saya, begitu juga pengalaman saya dengan customer support GreenGeeks. Galvin sangat cepat membalas pesan.


#3 Menawarkan fitur terbanyak

Saya telah membandingkan penawaran GreenGeeks dan web hosting lainnya, seperti SiteGround, InMotion Hosting, ataupun A2 Hosting, namun GreekGeeks adalah yang terbanyak.

Saya pikir review ini akan menjadi sangat panjang bila saya membahas semua fitur penting yang ditawarkan oleh GreenGeeks, tapi lihatlah gambar dibawah ini:​

Saya menjamin dalam hal penawaran fitur hosting, GreenGeeks tidak terkalahkan!


#4 Green Hosting Terbaik

Green hosting adalah ciri khas dari GreenGeeks.

​GreenGeeks mengklaim bahwa mereka menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, tapi apa yang sebenarnya mereka lakukan?

Pada dasarnya, sama seperti semua penyedia web hsoting lainnya, GreenGeeks juga menggunakan sumber daya energi listrik dengan jumlah yang besar untuk menjaga server mereka tetap online 24/7.

Namun untuk mengcover atau mengkompensasi penggunaan energi tersebut, GreenGeeks menggantinya dengan membeli energi angin 3x lebih banyak dari energi yang digunakan oleh server mereka.

Selama 8 tahun GreenGeeks berjalan, mereka telah mengganti lebih dari 615,000+ kilowatt’s setiap tahunnya.

Saya tidak begitu paham tentang ini, tapi apa yang GreenGeeks lakukan terdengar sangat mengesankan 😀


​#5 Harga Hosting Termurah Dikelasnya

Dengan begitu banyaknya fitur yang ditawarkan oleh GreenGeeks, dan komitmen mereka untuk mengganti energi yang mereka gunakan, saya pikir harga hosting GreenGeeks mahal.

Namun ternyata tidak.

Harga hosting GreenGeeks sangat bersaing, yaitu $3,95/bulannya.​

Berita bagusnya, meskipun Anda mendaftar untuk jangka waktu 12 bulan, harga hostingnya masih tetap $3,95/bulan (karena di sebagian web hosting hanya memberikan harga termurah bila mendaftar dalam jangka waktu 24 dan 36 bulan).

harga shared hosting GreenGeeks

#6 Gratis Domain dan Gratis Migrasi Website

Tidak cukup dengan penawaran fitur terbanyak dan harga hosting yang murah, namun GreenGeeks juga memberikan gratis 1 domain untuk Anda.

Dan jika website Anda sekarang di host di tempat lian dan berencana untuk pindah ke GreenGeeks, mereka akan membantu Anda tanpa biaya alias gratis.


#7 30 Hari Garansi Pengembalian Uang

Selain itu, GreenGeeks juga memberikan garansi pengembalian uang selama 30 hari, in case Anda tidak puas dengan kualitas atau pelayanan mereka.​

Sebenarnya masih ada fitur penting penting lainnya untuk dibahas pada GreenGeeks review ini, namun saya pikir review ini akan menjadi sangat panjang, tapi sebagai informasi tambahan, fitur-fitur penting yang perlu anda perhatikan adalah.

  • ​Free Nightly Backups
  • 1 clik instalation untuk WordPress, Joomla, Drupal, Prestashop dan berbagai CMS lainnya.

Kekurangan Menggunakan GreenGeeks

Disamping dengan banyaknya kelebihan GrenGeeks yang saya temukan, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan.

Yaitu page load time.​

#1 Page Load Time Dibawah Rata-rata Pesaingnya

Saya juga mengetes page load time dari GreenGeeks menggunakan tools Pingdom dan menemukan bahwa kecepatan server GreenGeeks masih dibawah rata-rata pesaing yang lain, seperti A2 Hosting, SiteGround dan InMotion Hosting, yaitu 799ms.

Artinya server membutuhkan waktu 799ms atau 0,79 detik untuk membuka halaman website.

Sebagai informasi tambahan, rata-rata page load time yang bagus adalah maksimal 700ms.

page load time GreenGeeks

Apakah Saya Merekomendasikan GreenGeeks?

GreenGeeks bukanlah yang terbaik, karena kekurangan page load time yang dibawah rata-rata, tapi mereka server mereka solid dan memiliki customer support yang bagus.

Selain itu, GreenGeeks juga mempunyai komitmen yang besar terhadap lingkungan, maksud saya mereka bukanlah web hosting pada umumnya.

Karena sebab-sebab itulah, dan mengingat fitur yang mereka tawarkan serta harga yang murah dikelasnya, saya pikir Anda perlu mempertimbangkan GreenGeeks sebagai pilihan hosting Anda.

Leave a Comment: